Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Inilah Land Rover Defender 110 yang Bikin Iri Para Pemilik New Defender

Alih-alih mengganti mesin aslinya dengan LS3 V8 6.2-liter yang biasanya dijadikan sebagai mesin pengganti paling popular di kalangan para penggila Defender, sang pemilik justru memilih mesin diesel Cummins 2.8-liter di bawah kap mesin Defender 110 NAS itu, dikawinkan dengan gearbox otomatis delapan-kecepatan dan knalpot kustom berbahan stainless steel sebagai saluran gas buang.

BestCar Indonesia – Seperti yang Anda tahu, All-New Land Rover Defender mengambil sejumlah gaya retro dari nenek moyangnya, Defender 110 yang ikonik. Anda mungkin saja bisa mendandani sebuah Defender tua menjadi lebih stylish layaknya All-New Defender, tapi bisa dipastikan hasilnya tidak akan memuaskan semua orang. Dan seorang pemilik Defender 110 yang sudah langka di Amerika ini mengetahui persis hal itu. Karenanya, ia menugaskan ECD Automotive Design yang berbasis di Florida untuk merombak sepenuhnya kendaraan kesayangannya, Defender 110 North American Spec (NAS) lansiran 1993.

Karena usianya yang semakin tua, beberapa pembaruan tentu saja diperlukan untuk membuat Defender 110 NAS ini tampil lebih segar dan modern. Tetapi alih-alih mengganti mesin aslinya dengan mesin LS3 V8 6.2-liter yang biasanya dijadikan sebagai mesin pengganti paling popular di kalangan para penggila Defender, sang pemilik justru memilih mesin diesel Cummins 2.8-liter di bawah kap mesin Defender 110 NAS itu. Sebagai penerus daya mesin ke keempat rodanya, dicangkokkan gearbox otomatis delapan-kecepatan dan knalpot kustom berbahan stainless steel sebagai saluran gas buang.

 

Dalam proyek kustom yang dinamakan “Project Alpine Yeti” ini Defender 110 NAS juga dilengkapi dengan sederet fitur keren lainnya, termasuk rem kinerja-tinggi yang ditingkatkan lagi performanya, suspensi ditinggikan 2 inci dengan peredam kejut Fox dan pegas berperforma lebih baik, dan pengunci diferensial (locking differentials)  heavy-duty tipe air-locker merek ARB. Sesuai dengan bawaan Defender aslinya, bagian kaki-kaki tetap mengusung velg baja berdiameter 16inci dan bahkan roll cages eksternal dan internal orisinal Defender 110 untuk pasar Amerika Utrara (NAS). Namun, ECD Automotive Design menambahkan lapisan cat baru ke banyak komponen asli Defender long-wheelbase yang satu ini, seperti pada bumper depan ‘brush guard’ yang telah dibekali winch, side step (pijakan samping) model lipat, pijakan belakang, dan snorkel.

Masuk ke bagian dalam kabin, Anda akan menemukan kulit dua warna Cadence Spice dan Licorice yang tampak keren menutupi jok aslinya. Sementara pintu dan headliner juga telah ditrim ulang. Airbag? Siapa yang butuh?

Desain dasbor asli juga tetap dipertahankan, meskipun telah dilengkapi dengan instrumen pengukur Moal Bomber Sport Sweep. Beberapa peningkatan modern ditambahkan, seperti konsol tengah kustom, AC, keyless entry, kamera back-up, dan outlet (stop kontak) 110 volt yang ditempatkan di bawah kolom setir.

Perombakan lengkap Defender 110 seperti ini mungkin tidak murah, meskipun ECD Automotive Design sendiri tidak mengungkapkan seberapa besar angka pasti biaya total untuk proyek ini. Tetap saja, ini adalah cara terbaik untuk memompa kehidupan segar dan umur panjang untuk sebuah jip Inggris yang legendaris.

 

Teks: Yusran Hakim

Sumber: carbuzz.com

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga