Suzuki Indonesia Resmi Lakukan ‘Product Quality Update’ (Recall) untuk Model Jimny 3-pintu

Di Indonesia, sejauh ini teridentifikasi sebanyak 448 unit Jimny 3-pintu dengan rentang nomor VIN JSAGJB74VK5100010 ~ JSAGJB74VK5100469 — produksi 20 November 2017 hingga 29 Agustus 2019 – yang berpotensi mengalami degradasi kualitas pada komponen Fuel Pump setelah penggunaan jangka panjang. Melalui kampanye Suzuki Product Quality Update ini, para pemilik Jimny 3-pintu akan mendapatkan pemeriksaan dan penggantian Fuel Pump Set secara gratis.

BestCar Indonesia – Sebagai bentuk hasil dari evaluasi serta tanggung jawab berkelanjutan terhadap pelanggan, PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) secara resmi menggulirkankampanye Suzuki Product Quality Update (SPQU) — umumnya dikenal sebagai recall — untuk produk Suzuki Jimny 3-pintu dengan rentang produksi 20 November 2017 hingga 29 Agustus 2019 sejumlah 448 unit, untuk mendapatkan pemeriksaan dan penggantian komponen fuel pump atau pompa bahan bakar. Penggantian ini merupakan wujud komitmen Suzuki dalam menjaga kualitas produknya hingga pada tahap layanan purna jual produk.

“Suzuki Motor Corporation telah mengumumkan adanya pemeliharaan kualitas komponen pada Suzuki Jimny, untuk menjaga ketenangan dan keamanan pelanggan. Karena Jimny yang ada di Indonesia juga merupakan bagian dari produk global tersebut, sehingga Suzuki Indonesia juga perlu turut serta dalam kampanye Suzuki Product Quality Update yang saat ini sedang berjalan. Pelanggan tidak perlu khawatir, karena Bengkel Resmi Suzuki siap untuk melakukan pemeriksaan dan penanganan secepatnya,” ungkap Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT SIS dalam keterangan pers-nya, Selasa (16/04/2024).

Menurut Hariadi, penggantian Fuel Pump Set yang dicanangkan dalam kampanye Suzuki Product Quality Update untuk Jimny 3-pintu itu karena terdapat potensi degradasi kualitas pada komponen tersebut setelah penggunaan jangka panjang. Hasil evaluasi dan investigasi yang dilakukan Suzuki ditujukan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut serta penggantian terhadap komponen impeller fuel pump atau baling-baling pada pompa bahan bakar yang berada di dalam tangki bahan bakar Suzuki Jimny yang berpotensi mengalami perubahan bentuk atau deformasi melebihi standar ketentuan.

Dampak lebih lanjut jika dibiarkan yaitu pompa bahan bakar tidak berfungsi dan menyebabkan mesin mobil tersendat. Namun, dengan penggantian komponen yang akan dilakukan oleh PT SIS, maka dipastikan kinerja komponen tersebut dapat kembali normal.

Bukan Cuma di Indonesia, program recall yang sama terhadap Jimny 3-pintu juga dilakukan di negara lain yang menjadi destinasi distribusi Jimny 3-pintu periode 20 November 2017 hingga 29 Agustus 2019. Tindakan proaktif yang sama juga dilakukan berupa penggantian Fuel Pump Set yang berpotensi menimbulkan masalah. Tentunya seluruh layanan penggantian parts Fuel Pump Set dilakukan secara gratis. Beberapa negara seperti Jepang, Eropa, Australia, Afrika Selatan, hingga Indonesia telah melakukan penggantian komponen ini secara bertahap guna memastikan keamanan dan kepuasan pelanggan setia kami.          

Suzuki Australia misalnya, telah menarik kembali 726 unit Jimny 3-door karena cacat pompa bahan bakar yang dapat menyebabkan hilangnya tenaga mesin. Penarikan kembali ini identik dengan kesalahan yang mempengaruhi 286 Jimny 3-door yang dijual oleh Suzuki Queensland. “Karena cacat produksi, impeler pompa bahan bakar mungkin membengkak dan menyebabkan pompa bahan bakar berhenti bekerja. Jika ini terjadi, mesin bisa mati sehingga mengakibatkan hilangnya tenaga saat mengemudi, sehingga meningkatkan risiko kecelakaan, menyebabkan cedera serius atau kematian bagi penumpang kendaraan dan pengguna jalan lainnya,” ungkap Suzuki Australia dalam pemberitahuan penarikannya belum lama ini.

Di Indonesia, sejauh ini teridentifikasi sebanyak 448 unit Jimny 3-pintu dengan rentang nomor VIN JSAGJB74VK5100010 ~ JSAGJB74VK5100469 yang merupakan produksi 20 November 2017 hingga 29 Agustus 2019. Jumlah yang secara resmi diumumkan oleh PT SIS tersebut selaras dengan jumlah unit yang diproduksi dalam batch yang terdampak, sehingga jumlahnya tidak akan bertambah. Namun jika ada kondisi khusus di luar VIN yang sudah diumumkan mengalami kondisi malfungsi pada Fuel Pump ataupun ingin melakukan pengecekan untuk memastikan kondisi mobil, maka PT SIS menyarankan untuk dapat mengunjungi Bengkel Resmi dan tenaga ahli Suzuki akan siap melayani.

Pemeriksaan lebih lanjut serta penggantian komponen ini hanya akan memakan waktu 2 jam, serta akan dilakukan oleh tim ahli dari pelayanan purna jual Suzuki yang ditopang oleh 192 lokasi Bengkel Resmi dan 48 Service Point yang tersebar di 33 provinsi di Indonesia. Sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan dan menjaga kualitas pelayanan, penggantian komponen ini, baik barang baru maupun jasanya, tidak akan dikenakan biaya alias gratis.

Menurut Hariadi, kampanye Suzuki Product Quality Update untuk Jimny 3-pintu akan dijalankan hingga seluruh unit milik pelanggan yang terdampak telah mendapatkan penggantian Fuel Pump Set. Sejak tanggal 16 April 2024, seluruh jaringan Bengkel Resmi Suzuki akan melakukan pendataan dan menghubungi pelanggan Jimny 3-pintu yang terdampak secara berkala untuk booking jadwal penggantian parts yang terdampak.

Para pengguna Jimny 3-pintu juga dapat melakukan pengecekan secara mandiri di website resmi Suzuki www.suzuki.co.id untuk memastikan apakah kendaraannya termasuk dalam daftar unit yang terdampak atau tidak. Bila terkonfirmasi perlu melakukan penggantian parts Fuel Pump, pelanggan dapat menghubungi Halo Suzuki dan menentukan jadwal service.

Berikut ini langkah-langkah pengecekan di website Suzuki:

  1. Masuk ke website resmi Suzuki www.suzuki.co.id
  2. Pilih laman Service
  3. Pada bagian Suzuki Service Quick Tools, pilih opsi Suzuki Quality Update
  4. Pelanggan memasukkan nomor rangka kendaraannya pada laman Campaign Form
  5. Website Suzuki secara otomatis menginformasikan status terdampak/tidaknya unit pelanggan
  6. Pelanggan yang terdampak dapat langsung memilih untuk menghubungi Halo Suzuki atau bersedia dihubungi oleh Halo Suzuki

Selain pengecekan mandiri, jaringan Bengkel Resmi Suzuki Indonesia juga secara bertahap akan menghubungi pemilik Jimny 3-door yang terdampak untuk menentukan jadwal penggantian parts. “Saat ini, Suzuki akan menghubungi para pemilik Jimny 3-pintu yang terindikasi terdampak guna mendapatkan pelayanan terbaik di Bengkel Resmi Suzuki. Langkah ini merupakan komitmen dan prioritas Suzuki Indonesia untuk memberi kepuasan dan kepercayaan terhadap pelanggan dalam bentuk tanggung jawab, yaitu menjamin kualitas produk yang dipasarkan, bahkan setelah periode warranty berakhir,” ungkap Hariadi.

Lalu, bagaimana dengan pelanggan atau pemilik Jimny 3-pintu lainnya yang tidak termasuk dalam kriteria program SPQU ini? Nah, masih kata Hariadi, bagi pemilik Jimny 3-pintu yang nomor rangkanya tidak terdaftar dalam unit yang terdampak tidak perlu khawatir, karena unit yang dimiliki dapat dipastikan aman dari malfungsi Fuel Pump. “Namun, bila pelanggan tetap ingin melakukan pengecekan untuk memastikan keamanan kondisi mobilnya, dapat mengunjungi Bengkel Resmi dan tenaga ahli kami akan siap melayani,” ujarnya.

Mengenai spare parts Fuel Pump pengganti, Suzuki Indonesia menegaskan bahwa pihaknya melakukan impor spare parts pengganti Fuel Pump Jimny 3-pintu dari Suzuki Motor Corporation (SMC) Jepang. Spare parts tersebut juga merupakan parts yang didistribusikan kepada seluruh jaringan Suzuki di negara lain. Suzuki telah melakukan pengujian terhadap parts pengganti Fuel Pump ini dan menjamin  ketahanannya, sehingga tidak akan terjadi masalah serupa kembali. Jikapun, misalnya, terjadi masalah serupa kembali nantinya, pemilik Jimny 3-door yang masih dijamin oleh garansi resmi dapat memanfaatkan garansinya bila dibutuhkan tindakan service di Bengkel Resmi. Namun, bila masa garansi telah habis, pelanggan akan mendapat garansi 20.000 Km atau 1 tahun untuk parts Fuel Pump Set.

Suzuki juga telah melakukan riset dan pengecekan mendalam mengenai malfungsi pada Fuel Pump Juimny 3-pintu ini. Berdasarkan hasil temuan Suzuki, malfungsi pada Fuel Pump Jimny 3-pintu tidak berpengaruh terhadap komponen mobil lainnya. Bila terdapat kendala lain, pemilik Jimny 3-pintu bisa melakukan checking ke Bengkel Resmi dengan memanfaatkan garansi resmi yang dimiliki.

Untuk tetap menjaga kualitas produk, serta memastikan kenyamanan, keamanan, dan keselamatan berkendara, Suzuki menghimbau para pelanggan untuk melakukan service berkala di Bengkel Resmi Suzuki sesuai dengan kebutuhan dan manual kendaraan yang dimiliki. Booking service dapat dilakukansecara mandiri melalui layanan yang telah tersedia seperti Halo Suzuki di nomor 0800-1100-800 atau Whatsapp Halo Suzuki di nomor 0811-1993-0800. Selain itu, Suzuki juga memberikan kemudahan lain dalam melakukan booking service yaitu melalui fitur live chat yang tersedia di website www.suzuki.co.id dan akan langsung mendapatkan tanggapan dari tim profesional Suzuki. 

Teks: Yusran Hakim