INEOS Perkenalkan Grenadier Quartermaster, ‘Pikap Monster’ yang Lebih ‘Buas’ daripada Jeep Gladiator

Dibekali ground clearance setinggi 26,4cm dan mampu melintasi air dengan kedalaman hingga 80cm, Ineos Grenadier Quartermaster didukung oleh pilihan mesin enam silinder segaris 3.0 liter turbocharged dari BMW (baik versi bensin maupun diesel), transmisi otomatis 8-speed dari ZF, sistem penggerak empat roda dengan center differential lock, transfer case 2-speed, differential lock depan dan belakang (opsional), gardan solid, sistem kemudi model recirculating ball, dan rem Brembo.

BestCar IndonesiaINEOS akhirnya secara resmi mengungkap varian baru Grenadier di ajang Goodwood Festival of Speed yang berlangsung 16-23 Juli 2023 di Inggris. Namanya adalah Quartermaster. Nah, ini dia, dengan segala kehebohannya, apa yang Anda lihat di halaman ini adalah truk pikap kabin ganda bermesin BMW, dengan ground clearance 10,4 inci (26,4cm) yang luar biasa, mampu mengarungi air dengan kedalaman hingga 31,5 inci atau sekitar 80cm.

Tidak diragukan lagi, ini adalah ‘truk monster’! Dan menurut INEOS, Grenadier Quartermaster ini memiliki kemampuan off-road yang sama seperti saudara tuanya, Ineos Grenadier Station Wagon — yang namanya aneh, walau pada dasarnya ia adalah sebuah SUV.

Meskipun berbagi sebagian besar komponen dan arsitekturnya dengan varian SUV, chassis Grenadier Quartermaster lebih panjang 305mm (12 inci) dari versi Station Wagon, menghasilkan bak truk serbaguna dengan panjang 1.564mm (61,57 inci) dan lebar 1,619mm (63,7 inci). Dengan bak sepanjang itu, Anda seharusnya dapat dengan mudah membawa palet berukuran 1.200mm x 800mm (47,2 – 31,5 inci), yang biasanya banyak digunakan di Eropa.

Bak belakang Quartermaster mampu menampung muatan seberat 760kg (1.675 lb), dengan kapasitas derek (towing capacity) 3.500kg (sekitar 7.716 lb) — sama dengan varian Station Wagon-nya. Dalam hal daya angkut penumpang, kabin Quartermaster secara total menampung lima orang dewasa, dan jika Anda membutuhkan lebih banyak keserbagunaan kargo, INEOS juga menyediakan empat ring pengikat di ruang bagasi Quartermaster (dengan rel serba guna hanya tersedia sebagai opsional).

Sementara dalam hal kepraktisan, Quartermaster menyediakan banyak hal mulai dari power take-off 400W, mounting bar terintegrasi, tailgate selebar 1.280mm (50,4 inci) yang dapat menopang beban hingga 225kg (sekitar 496 lb) saat dibuka, plus berbagai aksesori lainnya.

Omong-omong, Anda dapat memasang rangka roll cage tambahan yang kuat, kanopi kanvas tahan air, atau penutup roller tonneau yang dapat dikunci, di ruang kargo. Sementara di bagian atasnya disediakan roof rack (rak atap) yang meningkatkan kapasitas daya angkut secara keseluruhan, dan bahkan tersedia juga sejumlah breket dudukan untuk jerigen, sand ladders (tatakan ban ketika terjebak di medan pasir), sekop, dan sebagainya.
Lalu bagaimana dengan kemampuan pikap kabin-ganda Quartermaster ini di medan off-road? Pertanyaan yang menyenangkan, karena Grenadier Quartermaster menawarkan kemampuan off-road terdepan di kelasnya. Pikap besar ini dibekali ground clearance 264mm (26,4cm atau 10,4 inci) dan mampu melintasi air dengan kedalaman hingga 800mm (80cm atau 31,5 inci). Quartermaster juga menawarkan sudut dating (approach angle), breakover angle, dan sudur berangkat (departure angle) yang oleh INEOS digadang-gadang tak tertandingi oleh sederet pikap truk lainnya.

“Mobil ini benar-benar sebuah off-roader tangguh dan tak terkalahkan,” kata CEO INEOS, Lynn Calder.

Benarkah? Kita belum dapat memastikan semua itu, tetapi faktanya bahwa meskipun kemampuan mengarungi kedalaman air (wading depth) mirip dengan Jeep Gladiator, namun ground clearance INEOS Grenadier Quartermaster memang  lebih besar. Sejujurnya, keduanya pikap off-roader ini sebetulnya tidak benar-benar cocok disandingkan sebagai saingan, mengingat bagaimana upaya Jeep yang terus menekan harga jual Gladiator menjadi jauh lebih murah untuk dibeli.
Yang pasti, untuk urusan performa, Grenadier Quartermaster didukung oleh pilihan mesin enam silinder segaris 3.0 liter turbocharged dari BMW, baik versi bensin maupun diesel. Sebagai pengantar daya mesin ke keempat rodanya, Grenadier Quartermaster mengadopsi transmisi otomatis ZF delapan tingkat kecepatan (8-speed). Sistem penggerak empat rodanya dibekali center differential lock (pengunci diferensial tengah), transfer case dua-kecepatan (sayangnya, pengunci diferential/differential lock depan dan belakang hanya ditawarkan sebagai opsional). Quartermaster juga dibekali gardan solid, sistem kemudi model recirculating ball, dan rem Brembo.

Seperti SUV Grenadier versi SUV Station Wagon, Quartermaster juga akan tersedia dalam level trim Standar, Trialmaster, dan Fieldmaster.

Teks: Yusran Hakim

Sumber: autoevolution.com