Hadir di IIMS 2024, Mitsubishi Resmi Mulai Jual Mitsubishi L100 EV di Indonesia

Dipasarkan dengan harga Rp 320.000.000 on the road Jakarta (Harga spesial selama periode Februari – April 2024), Mitsubishi L100 EV hanya terdiri dari satu varian yaitu Two-Seaters Blind Van dan satu pilihan warna yaitu White Solid. Untuk pengadaan unit operasional konsumen fleet dapat lebih lanjut menghubungi diler resmi Mitsubishi guna mendapatkan program penjualan dan purna jual terbaik.

BestCar Indonesia – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) yang kembali berpartisipasi pada gelaran otomotif internasional tahunan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 mengumumkan dimulainya penjualan model Mitsubishi L100 EV di Indonesia. Seperti diketahui, Mitsubishi L100 EV merupakan model kei-car (microcar di Jepang) kendaraan niaga ringan berbasis baterai (BEV) dan dilengkapi komponen listrik termasuk motor dan baterai penggerak.

“Kami yakin bahwa Mitsubishi L100 EV sangat kompetitif secara produk, baik dari segi spesifikasi dan range harga yang ditawarkan, sehingga model ini dapat diserap dengan baik oleh pasar di Indonesia yang membutuhkan kendaraan operasional untuk mendukung bisnisnya, terutama konsumen fleet (armada). Dari hasil proof of concept (POC) yang telah dilakukan bersama para partner, disimpulkan bahwa L100 EV menawarkan keunggulan baik dari sisi produk maupun operasional. PT Pos Indonesia sebagai salah satu partner pelaksana dalam aktivitas POC telah mengutarakan intensi lebih lanjut untuk menggunakan L100 EV pada kegiatan operasional logistik di hub Ibu Kota Nusantara (IKN). Di samping itu, pada IIMS yang kali ini mengusung tema “Your Infinite Autotainment Experience”, kami kembali menghadirkan Mitsubishi Xforce sebagai bintang yang mendominasi area booth pameran guna memberikan gambaran lebih jelas mengenai fitur unggulan, yang menunjang kenyamanan, performa, fungsionalitas dan juga desain, dengan beragam program dan aktivitas menarik yang dapat diikuti, serta program penjualan dan purna jual yang lebih menarik dan dapat dimanfaatkan oleh pengunjung,” ungkap Atsushi Kurita, Presiden Direktur PT MMKSI.

Produksi Mitsubishi L100 EV telah dimulai pada Desember 2023 di fasilitas perakitan Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, dan sekaligus menandakan produksi model ini pertama kalinya di luar Jepang. Sebelumnya Mitsubishi Motors bersama MMKSI telah melakukan aktivitas Proof of Concept (POC) di Indonesia bersama dengan beberapa partner dari perusahaan yang bergerak dibidang logistik dan jasa sejak tahun 2020.

Aktivitas POC yang dilakukan bersama para partner tersebut, disimpulkan bahwa Mitsubishi L100 EV mampu mengakomodir kebutuhan untuk mendukung aktivitas operasional sehari-hari. Dengan ukuran yang ringkas dengan kemudahan pengendaraan – termasuk turning radius yang kecil; electric power steering & A/T Transmission; performa yang baik di jalan; suspensi yang nyaman; serta terdapat air conditioner (AC) yang mendukung kenyamanan. Sedangkan dari sisi operasional, Mitsubishi L100 EV memiliki biaya operasional yang efisien, dan juga license plate yang mendukung mobilitas dengan terbebas dari kawasan ganjil-genap (di wilayah Jakarta).

Informasi Produk Mitsubishi L100 EV

Mitsubishi L100 EV (disebut Minicab EV di Jepang) merupakan sebuah kendaraan niaga ringan kelas kei-car berbasis baterai (BEV) dan dilengkapi komponen listrik termasuk motor dan baterai penggerak. Jangkauan jelajah telah diperluas hingga 180 km (dalam mode WLTC – Worldwide Harmonized Light-duty Test Cycle, siklus pengujian yang diakui secara internasional yang terdiri dari mode berkendara perkotaan, pinggiran kota, dan jalan raya dengan rasio penggunaan rata-rata) per pengisian daya, yang merupakan peningkatan sekitar 20% dibandingkan model sebelumnya. Pengisian daya normal pada AC200V (15A) memerlukan waktu kurang lebih 7,5 jam untuk mengisi penuh baterai, sehingga jika baterai diisi pada malam hari, baterai akan terisi penuh dan siap digunakan  pada keesokan harinya. Selain itu, baterai dapat terisi hingga 80% dalam waktu sekitar 42 menit3 dengan pengisian cepat (tersedia sebagai opsi pabrik).

Motor listrik ini menghasilkan torsi maksimum sebesar 195Nm secara instan, sehingga meskipun kendaraan memuat banyak muatan, motor ini tetap mempertahankan performa berkendara yang khas dari kendaraan listrik.

  • Generasi baru sistem EV Mitsubishi Motors

Dibandingkan model sebelumnya yang dijual di Jepang, kapasitas baterai penggeraknya ditingkatkan sebesar 26%. Motor dan inverter telah diintegrasikan ke dalam satu unit untuk meningkatkan efisiensi motor, sehingga menghasilkan daya jelajah 180 km (dalam mode WLTC) per pengisian daya, yang merupakan peningkatan 20% dibandingkan model tahun sebelumnya.

  • Fitur keamanan

Mitsubishi L100 EV dilengkapi dengan teknologi keselamatan 2 airbag untuk pengemudi dan penumpang baris pertama, Automatic Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Traction & Active Stability Control, Immobilizer, Seatbelt Warning, dan Auto Light Control (ALC) yang dapat menghidupkan lampu ketika di jalan gelap. Dengan fitur keselamatan yang ditingkatkan, L100 EV memenuhi syarat untuk “Safety Support Car S Wide” yang dipromosikan oleh pemerintah Jepang..

  • Fitur kenyamanan

Mitsubishi L100 EV ini telah dilengkapi dengan Air Conditioner (AC), Seat Heater di sisi pengemudi, power steering, suspensi nyaman dan radius putar yang kecil (4,3 meter) dapat membuat pengemudi dan penumpang menjadi nyaman.

  • Performa berkendara

Kinerja shock absorber depan dan belakang telah ditingkatkan untuk meningkatkan kenyamanan penumpang dan mengurangi goyangan kabin, sehingga mengurangi guncangan pada kargo. Konsumsi daya ditingkatkan dengan meningkatkan daya regeneratif saat berada di posisi B, yang mengaktifkan rem regeneratif.

Spesifikasi Mitsubishi L100 EV

Spesifikasi Mitsubishi L100 EV

ModelL100 EV
Variants2-Seater Blind Van
DIMENSION 
Overall Length x Width x Height (mm)3395 x 1475 x 1915
Cargo Length x Width x Height (mm)1830 x 1370 x1230
Wheelbase (mm)2390
Min. Turning Radius (m)4.3
Curb Vehicle Weight (kg)1125
Total Capacity Load (kg)350 (1 driver: 425)
Ground Clearance (mm)165
EV SYSTEMS 
Power TrainElectric Motor
Power kW (PS)31(42)
Torque (kgf.m(N.m))20(195)
Max. Speed (km/h)100
Battery TypeLithium Ion
Battery Capacity (kWh)20.1 kWh
EV Range180 (WLTC)
AC Charging Socket (Normal)Type 1
DC Charging Socket (Quick)CHAdeMO
AC Charging Duration (hour)7.5
DC Charging Duration (80%) (minute)42
TransmissionCVT
CHASSIS 
Body TypeMonocoque
Drive System4×2
Front SuspensionMacpherson Strut
Rear Suspension3 Link De Dion
BRAKE 
Front / RearDisc / Drum
EXTERIOR 
HeadlampHalogen Headlamp with Manual Levelling & Auto Light Control
Rear LampHalogen
Wheel & Tire145R12-8PR LT Steel
Rear Wiper and NozzleAvailable
Rear Mounted Stop LampAvailable
Rear DefoggerAvailable
INTERIOR 
Audio1-Din Audio & Speaker
Air ConditionerAvailable
Wiper with intermittent speedAvailable
Seat Heater (Driver)Available
Cup Holder (Driver & Passenger)Available
Power WindowAvailable
Assist Grip (Pillar A)Available
Temporary Spare TireAvailable
SAFETY & SECURITY 
Front SRS Airbags (Driver & Passenger)Available
Traction & Active Stability ControlAvailable
ImmobilizerAvailable
Seatbelt WarningAvailable
ABS + EBD + BAAvailable

Harga, Program Penjualan, dan Purna Jual

Mitsubishi L100 EV terdiri dari satu varian yaitu Two-Seaters Blind Van, dan satu pilihan warna yaitu White Solid, dipasarkan dengan harga Rp 320.000.000 on the road Jakarta (Harga spesial selama periode Februari – April 2024). Untuk pengadaan unit operasional konsumen fleet dapat lebih lanjut menghubungi diler resmi Mitsubishi guna mendapatkan program penjualan dan purna jual terbaik.

Konsumen dapat memanfaatkan kemudahan dalam pembelian Mitsubishi L100 EV dengan program penjualan berikut:

  • Setiap pembelian Mitsubishi L100 EV mendapatkan gratis paket SMART yang mencakup gratis biaya jasa dan gratis suku cadang untuk perawatan berkala hingga 4 tahun/ 50,000 KM (mana yang tercapai lebih dahulu; sesuai syarat dan ketentuan berlaku)
  • Selain metode pembelian, konsumen dapat memanfaatkan dan menggunakan skema rental kendaraan untuk Mitsubishi L100 EV bekerjasama dengan partner Perusahaan pembiayaan yang disediakan, yakni: PT Dipo Star Finance, PT Srikandi Multi Rental, PT Takari Kokoh Sejahtera.

Selain program penjualan, sebagai bagian dari program dan layanan purna jual dari Mitsubishi L100 EV juga mencakup garansi unit kendaraan, seperti:

  • Garansi kendaraan hingga 5 tahun/ 100.000 KM (Sesuai syarat dan ketentuan berlaku; sesuai informasi merujuk pada owner’s manual)
  • Garani baterai hingga 8 tahun/ 160.000 KM (Sesuai syarat dan ketentuan berlaku; sesuai informasi merujuk pada owner’s manual)

Teks: Yusran Hakim