Toyota Tangguk 5.796 SPK Sepanjang GIIAS 2023, Didominasi Duo Avanza-Veloz

Duo generasi terbaru Avanza – Veloz memimpin penjualan dengan SPK sebanyak 1.213 unit (20,9%), sementara di tempat kedua dikuasai All New Kijang Innnova Zenix yang mengumpulkan SPK 823 unit (14,2%) dengan komposisi varian Hybrid mencapai di atas 80%, kemudian dilanjutkan oleh model low cost green car Calya sebanyak 816 unit (14,1%), dan All New Agya dengan SPK 648 unit (11,2%). Sementara produk terbaru All New Alphard cukup mengagetkan, karena mampu meraih SPK sebanyak 382 unit (6,6%).

BestCar Indonesia — PT Toyota-Astra Motor (TAM) berhasil menuai hasil positif di pameran akbar GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, dengan mengumpulkan total Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) sebanyak 5.796 unit sepanjang event berlangsung antara 10–20 Agustus 2023.

Duo generasi terbaru Avanza – Veloz sebagai mobil favorit keluarga Indonesia memimpin penjualan dengan SPK sebanyak 1.213 unit (20,9%), sementara di tempat kedua dikuasai All New Kijang Innnova Zenix yang mengumpulkan SPK 823 unit (14,2%) dengan komposisi varian Hybrid mencapai diatas 80%, kemudian dilanjutkan oleh model low cost green car Calya sebanyak 816 unit (14,1%) dan All New Agya dengan SPK 648 unit (11,2%). Sementara produk terbaru All New Alphard cukup mengagetkan, karena mampu meraih SPK sebanyak 382 unit (6,6%).

“Terima kasih atas kepercayaan pengunjung GIIAS 2023 yang telah menjadikan Toyota sebagai kendaraan pilihannya di event GIIAS 2023. Semangat Toyota untuk menghadirkan beragam carbon neutral mobility solution dengan membawa formasi lengkap Electrified Vehicle (xEV) di GIIAS 2023, ternyata hasilnya melampaui ekspektasi kami dan berkontribusi besar pada penjualan. Ini membuktikan bahwa kendaraan elektrifikasi semakin dikenal dan diminati masyarakat. Melihat kepercayaan dan antusiasme pelanggan yang tinggi, kami berharap perekonomian nasional dan industri otomotif akan tumbuh semakin kuat ke depannya, sekaligus mempercepat langkah menuju masyarakat netralitas karbon,” kata Vice President PT. Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

Seperti diketahui, melalui strategi Multi Pathway, Toyota memperkenalkan berbagai teknologi elektrifikasi yang lengkap kepada masyarakat Indonesia, mulai dari Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), hingga Battery Electric Vehicle (BEV). Disertai oleh program promo yang sesuai kebutuhan pelanggan, varian xEV mendominasi komposisi penjualan pada model-model yang memiliki opsi tipe dengan teknologi elektrifikasi.

All New Kijang Innova Zenix Hybrid misalnya, mampu meraih SPK sebanyak 658 unit dengan komposisi 80% dibandingkan total penjualan model ini. Lalu All New Alphard Hybrid yang mencatat SPK 305 unit dengan komposisi 80%, All New Yaris Cross Hybrid meraih SPK 222 unit dengan komposisi 80%, Toyota BZ4X dengan SPK sebanyak 5 unit, dan RAV4 PHEV GR Sport sebanyak 3 unit. Secara keseluruhan, total SPK unutk kendaraan elektrifikasi (xEV) Toyota mencapai 1.255 unit atau 22% dari seluruh penjualan Toyota selama pameran GIIAS 2023 berlangsung. Angka ini naik signifikan lebih dari 10 kali lipat dibanding GIIAS tahun lalu yang tercatat di angka hanya 114 unit.

Toyota juga melakukan pengembangan Flex-Fuel Technologyuntuk kendaraan Toyota dengan mesin pembakaran internal (ICE) yang saat ini masih menjadi pilihan utama masyarakat. Corolla Cross Hybrid bersama Fortuner yang sudah 100% kompatibel dengan bahan bakar Bioetanol (E100), mengundang perhatian pengunjung main booth Toyota, bersama concept car Corolla Cross yang sanggup menggunakan BBM hidrogen murni (H2). Semua model ICE terbaru telah dirancang supaya dapat memakai bahan bakar Bioetanol (E10) dengan mudah tanpa perubahan apapun. Secara berkelanjutan, Toyota mengajak pelanggan untuk memberikan kontribusi lebih besar guna mengurangi pemakaian bahan bakar fosil dan menekan emisi karbon dalam mobilitas sehari-hari.

Berlanjut ke booth Toyota Commercial di Hall 3E ICE BSD City, Rangga Concept menjadi primadona pengunjung bermodalkan fleksibilitas untuk dikonversi sesuai kebutuhan pelaku usaha. Commercial Concept Car yang mengusung DNA Toyota Kijang Pick Up ini, siap mendukung segala macam aktivitas bisnis mulai dari UMKM, corporate hingga public services, dengan menggunakan basis ladder frame IMV yang sudah teruji ketangguhannnya di berbagai model seperti Hilux & Fortuner.

Meskipun belum ada versi produksi masal, tidak kurang dari 200 pelanggan dari berbagai sektor bisnis menyatakan minat untuk menjadi pembeli pertama Rangga Concept, dan lebih banyak lagi yang tertarik kepada model commercial terbaru ini. Toyota memberikan kesempatan kepada masyarakat luas untuk berkolaborasi dalam pengembangan desainnya dengan mengikuti Toyota Rangga Concept Digimodz Contest di website www.ranggaconceptdigimodz.com berhadiah total Rp 130 Juta untuk para pemenang.

Booth dan produk Toyota memperoleh berbagai penghargaan dari penyelengara dan pengunjung GIIAS 2023. Di antaranya adalah, penghargaan booth terbaik untuk luas area lebih dari 2.000 m2, serta penobatan Rangga Concept sebagai Special Exhibit Commercial Vehicle yang mampu bersaing dengan mobil-mobil komersial lainnya yang tidak kalah menarik.

“Partisipasi Toyota di event GIIAS 2023 lebih dari sekadar memasarkan berbagai jenis kendaraan yang sanggup memenuhi kebutuhan pelanggan yang lebih luas. Tidak hanya kendaraan yang lebih aman dan nyaman, namun juga ramah lingkungan sesuai visi masa depan yang berkelanjutan serta menyediakan layanan dan infrastruktur pendukung yang lengkap. Seperti fasilitas charging baterai BEV dan PHEV secara gratis yang telah ada di 30 outlet Toyota dan akan terus bertambah. Melalui IT’S TIME FOR EVERYONE, Toyota berharap semua upaya yang dilakukan sanggup meningkatkan kontribusi masyarakat untuk mengurangi emisi karbon di masa depan,” tutup Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

Teks: Yusran Hakim