Melengkapi dua varian Next-Gen Ford Everest yang telah diperkenalkan di ajang pameran otomotif IIMS pada Februari 2025 lalu, Ford RMA Indonesia akhirnya secara resmi meluncurkan varian Next-Gen Ford Everest Sport 4×2 dengan banderol yang lebih murah. Mengusung tagline “Smart Urban Adventure”, SUV 7-seater dari Ford ini ditawarkan dalam pilihan penggerak dua-roda (4×2) dan banderol mulai dari Rp799 juta (OTR Jakarta).
BestCar Indonesia – Melengkapi dua varian Next-Gen Ford Everest yang telah diperkenalkan di ajang pameran otomotif IIMS pada Februari 2025 lalu, Ford RMA Indonesia akhirnya secara resmi meluncurkan varian Next-Gen Ford Everest Sport 4×2 dengan banderol yang lebih murah. Mengusung tagline “Smart Urban Adventure”, SUV 7-seater dari Ford ini ditawarkan dalam pilihan penggerak dua-roda (4×2) dan banderol mulai dari Rp799 juta (OTR Jakarta).
Seperti diketahui, perjalanan Ford Everest yang berbasis pikap Ford Ranger di Indonesia dimulai pada 2003, dengan pilihan sistem penggerak dua roda (4×2) dan penggerak 4-roda (4×4). Kemunculan SUV 7-bangku asal pabrikan Amerika yang diproduksi di Filipina ini direspon positif oleh pasar dalam negeri. Selain digunakan sebagai kendaraan harian di perkotaan, saat itu Everest banyak digunakan pula sebagai kendaraan operasional di kawasan konstruksi, perkebunan, atau pertambangan. Sebagai mobil off-road, karakter suspensi Ford Everest bahkan sering disebut-sebut lebih nyaman ketimbang para pesaingnya, seperti Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport.
Ford Everest yang bermain di segmen yang sama dengan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport mengalami beberapa ubahan selama peredarannya di pasar Indonesia. Pada tahun 2007 misalnya, Everest menggunakan mesin diesel baru berteknologi TDCI(Turbo Diesel Common Rail), lalu tahun 2009 mengalami minor change dengan tampilan yang lebih modern, dan terakhir di tahun 2015 Ford Everest generasi ketiga hadir dengan ubahan tampilan baru yang lebih modern serta mesin dan fitur yang lebih kekinian.
“Kini kami menghadirkan Next Gen Ford Everest Sport ‘Smart Urban Adventure’, sebuah SUV yang mewarisi inovasi dan andalan Ford selama lebih dari satu abad di kancah otomotif dunia. Next-Gen Ford Everest Sport memadukan pengalaman berkendara yang berani, sentuhan sporty, serta kenyamanan dan ketangguhan sebagai SUV keluarga. Kami yakin, kombinasi antara desain yang menawan, fitur-fitur canggih, dan performa mesin yang bertenaga akan menjadikan Next-Gen Ford Everest Sport sebagai pilihan utama di kelasnya,” ujar Toto Suharto, Country Manager Ford RMA Indonesia, dalam peluncuran Next-Gen Ford Everest Sport di Jakarta, Sabtu (12/04/2025).
Toto Suharto meyakini, Next-Gen Everest Sport ini tidak hanya memenuhi kebutuhan fungsional, namun juga menjadikan partner ideal untuk aktivitas perkotaan maupun bertualang bersama keluarga. Lalu, dengan harga yang lebih murah dibanding varian XLT yang harganya mulai dari Rp 899.000.000 (OTR, Jakarta) dan varian termahal Titanium yang berbanderol mulai dari Rp 1.024.000.000 (OTR, Jakarta), apa saja perbedaan varian paling rendah dalam jajaran Next-Gen Everest ini?

Desain Eksterior
Dari sisi eksterior, perbedaan paling mencolok dari dua varian Next-Gen Everest sebelumnya terlihat lewat aksen hitam eksklusifyang disematkan padapada grille, door handle, roof rail, dan door mirror (spion samping).Eksterior bagian depan yang sporty dengan aksen hitam yang tegas ini memberikan kesan tangguh dan maskulin.
Perbedaan lainnya terlihat pada desain khas C-Clamp di LED Headlamp yang dilengkapi dengan Daytime Running Light. Sementara ‘kaki-kaki’ Next-Gen Everest Sport mengusung velg alloy berukuran 20inci, menciptakan tampilan sporty yang memikat.



Ford mengklaim desain Next-Gen Everest Sport dirancang bagi mereka yang ingin tampil beda, yang mengapresiasi perpaduan antara ketangguhan dan keindahan. “Dengan Next-Gen Ford Everest Sport, setiap perjalanan, baik itu rutinitas sehari-hari atau kegiatan akhir pekan bersama keluarga, menjadi kesempatan untuk mengekspresikan karakter unik dan berkelas,” papar Toto Suharto.
Desain Interior dan Fitur Kenyamanan
Desain interior yang berkelas berlanjut dengan dominasi nuansa hitam di sekujur kabin yang berpadu dengan hasil akhir, memberikan atmosfer kontras berbeda. Interiornya dibekali dengan 7 kursi berlapis kulit dengan pengaturan secara elektrik 8 arah di kursi depan.



Ruang penyimpanan yang luas di bagian belakang, terutama saat jok belakang dilipat, memungkinkan keluarga membawa berbagai perlengkapan dengan mudah. Untuk mengakses bagasi semakin praktis dengan hadirnya power liftgate, yang memungkinkan membuka dan menutup pintu bagasi secara otomatis hanya dengan sentuhan tombol.
Kabin Next-Gen Ford Everest Sport juga dibekali sistem hiburan (entertainment) dan informasi tanpa batas melalui Ford SYNC® 4A yang intuitif dan terintegrasi dengan Apple CarPlay dan Android Auto, memudahkan akses ke aplikasi favorit yang ditampilkan pada layar sentuh 10 inci. SYNC®4A adalah komunikasi dan hiburan yang terhubung dengan cloud. Terdapat beragam fitur yang memudahkan Anda melihat 5 menu terakhir dengan sistem sederhana untuk bernavigasi melalui integrasi ke smartphone secara nirkabel pada Layar Sentuh 12” yang memberikan pengalaman konektivitas terbaru dari sebuah kendaraan.
Sementara kombinasi 8 speakeryang ada di sekujir kabin menghasilkan suara jernih dan imepresif, memanjakan telinga sepanjang perjalanan. Perangkat elektronik keluarga pun selalu siap digunakan berkat wireless chargerdan 4 port USByang tersebar di seluruh kabin.


USB dapat diakses pada baris depan dan kedua. Terdapat juga soket 12V di baris ketiga dan area bagasi dengan inverter 400W di bagian belakang yang akan memberikan kenyamanan ekstra pada tiap petualangan anda. Selain itu, masih disediakan pula Wireless Charging Pad untuk mengisi daya secara nirkabel tanpa harus kesulitan mencolokkan ponsel.
Tentu saja disediakan sistem pendingin udara dalam kabin Electronic Dual-Zone Climate Control, yang memungkinkan pengaturan suhu terpisah antara sisi pengemudi dan penumpang, memastikan suhu ideal di segala kondisi cuaca.


Powertrain Baru yang Lebih Baik
Di balik bonnet (kap mesin) panjangnya, Next-Gen Everest Sport dibekali mesin Diesel yang sesuai dengan kebutuhan semua orang. Powertrain premium 2.0L Bi-Turbo – A dengan sistem pasokan bahan bakar solar Commonrail Direct Injection yang yang cerdas ini mampu menghasilkan pengendaraan yang hemat bahan bakar namun mencuatkan tenaga maksimal 125 kW (170 PS) pada 3.500 rpm dan torsi puncak 405 Nm yang dituai pada 1.750-2.500 rpm.
Seluruh daya mesin disalurkan ke roda belakang melalui transmisi otomatis 6-speed dengan SelectShift™, memastikan perpindahan gigi yang halus dan efisien, menghasilkan akselerasi responsif saat menyalip di jalan tol atau ketika harus melahap tanjakan curam.


Sebagai SUV, Next-Gen Everest Sport tentu dirancang juga untuk mampu melahap berbagai medan, baik on-road maupun off-road meskipun hanya berpenggerak dua-roda (4×2). Ini dimungkinkan karena varian terendah dari Next-Gen Everest ini juga dibekali mode pengendaraan Selectable Drive Modes (Normal, Eco, Tow/Haul, Slippery)yang mendistribusikan daya mesin ke roda secara cerdas di segala kondisi jalan.
Kemampuan Next-Gen Everest Sport melahap medan off-road juga didukung oleh ground clearance (jarak terendah kolong mobil ke permukaan tanah) yang mencapai 200 mm (20 cm), berkat sistem suspensi dan penggunaan velg ukuran 20 inci plus ban ukuran 255/55. Belum lagi kemampuannya melintasi genangan air (water wading) setinggi hingga 800 mm (80 cm).




Dengan dimensi yang lumayan bongsor — panjang total 4.915mm, lebar 1.930mm, tinggi 1.841mm, dan jarak sumbu roda (wheelbase) mencapai 2.900mm — serta bobot kotor mencapai 3.000 kg (3 ton), Next-Gen Everest Sport memang terkesan kurang lincah untuk bermanuver. Apalagi radius putarnya tergolong lebar, 11,8 meter. Belum lagi kendala pada overhang depan yang mencapai 875mm dan overhang belakang 1.140mm, memperbesar sudut datang (approach angle) dan sudut berangkat (departure angle) yang kurang ideal ketika harus melintasi tanjakan dan turunan curam dengan permukaan tidak rata. Untungnya kelemahan ini bisa sedikit diredusir lewat sistem kemudi Rack and Pinion with Electronic Power Assisted Steering (EPAS) yang diusungnya, membuat pengendalian setir jauh lebih mudah.

Fitur Keselamatan
Next-Gen Ford Everest Sport mengusung sederet fitur keselamatan (safety) dengan teknologi pintar terdepan. Sistem keselamatan pasifnya termasuk 7 airbagsyang melindungi pengemudi, penumpang depan, serta seluruh penumpang dengan tirai samping serta airbag lutut. Selain itu, kombinasi system keselamatan aktif Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA)bekerja sama secara cerdas untuk mencegah roda terkunci, memberikan pengemudi kontrol penuh atas mobil saat menghadapi situasi pengereman mendadak.

Tentu, SUV 7-penumpang ini juga dibekali fitur Electronic Stability Control (ESC) dan Traction Control System (TCS)yanghadir untuk menjaga stabilitas kendaraan, terutama saat berkendara di jalanan licin atau saat berbelok tajam untuk meminimalkan risiko tergelincir sekaligus memberikan kepercayaan diri ekstra. Untuk menghadapi tanjakan curam, Ford membekali SUV ini dengan fitur Hill Launch Assist (HLA)yangsecara otomatisakan mencegah mobil mundur ketika berhenti di tengah tanjakan, sebelum kembali melaju begitu pedal gas diinjak kembali.
Dan demi keamanan berkendara lebih maksimal, Ford juga menyematkan fitur Rollover Mitigation serta Adaptive Load Control untukmenjaga stabilitas kendaraan, bahkan ketika membawa beban berat. Dengan rangkaian teknologi pintar ini, setiap perjalanan menggunakan Next-Gen Ford Everest Sport tidak hanya aman dan nyaman, tetapi juga menjadi pengalaman yang menyenangkan.
Harga dan Layanan Purna Jual
Tersedia dalam 6 pilihan warna menarik yang terdiri dari Blue Lighting, Equinox Bronze, Absolute Black, Arctic White, Meteor Grey, dan Alluminium Metallic, Next-Gen Ford Everest Sport kini telah tersedia di seluruh dealer resmi Ford di Indonesia dengan harga mulai dari Rp 799,000,00,- (OTR, Jakarta). Ford bahkan menawarkan harga spesial khusus untuk pembelian selama periode launching Next-Gen Ford Everest Sport berlangsung.
Ford melalui Agen Pemegang Mereknya, RMA Indonesia, terus berkomitmen di industri otomotif Tanah Air dengan menghadirkan 32 dealer resmi di seluruh Indonesia baik itu dealer 3S (Sales, Service, Spareparts) maupun dealer 2S (Service & Spareparts). Dalam waktu dekat, Ford RMA Indonesia juga akan segera meresmikan dealer 3S terbarunya di Pekanbaru dan Medan, sebagai bukti komitmen yang kuat dari Ford RMA Indonesia.
Sebagai bagian dari peluncuran Next-Gen Ford Everest Sport, Ford RMA Indonesia juga menggelar roadshow di Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan produk secara langsung kepada konsumen, termasuk menawarkan test drive langsung di dealer Ford terdekat dan promosi khusus selama periode peluncuran berlangsung.
Spesifikasi Teknis Next-Gen Ford Everest Sport 2025
POWERTRAIN (Mesin dan Performa) |
Tipe Diesel (I4) with Turbo |
Kapasitas Silinder (cc) 1.996 cc |
Daya 125 kW (170 PS)@3500 rpm |
Torsi 405 Nm @ 1750-2500 rpm |
Sistem pasokan Bahan Bakar Commonrail Direct Injection |
DRIVETRAIN (Sasis & Transmisi) |
Tipe Transmisi 6-Speed Automatic with SelectShift* |
Suspensi Depan Double Wishbone with Coil Spring and Anti Roll Bar |
Suspensi Belakang Coil Spring with Watt’s Link |
Rem Depan Ventilated Disc |
Rem Belakang Discs |
Sistem Kemudi Rack and Pinion with Electronic Power Assisted Steering (EPAS) |
Ban & Velg 255/55 R20,Alloy |
Sistem 4WD Standard |
Mode Berkendara 4 Selectable Drive modes: Normal, Eco, Tow/Haul, dan Slippery |
EKSTERIOR |
Gril Depan Black |
Bumper Body Colour |
Pegangan Pintu Glossy Black/Glossy Black |
Pelindung Lumpur Belakang Standard |
Pelindung Lumpur Depan Standard |
Lampu Depan LED with Manual Levelling |
Lampu Kabut Depan Standard |
Lampu Kabut Belakang Standard |
Lampu Depan Dengan Pemadatan Manual |
Lampu Siang LED C-Clamp Daytime Running Lights |
Sistem Penghapus Kaca Rain Sensing |
Kaca Spion Sayap Power adjustable & Foldable |
Kaca Spion Samping Standard |
Tangga Samping Standard |
Lampu Belakang LED Standard |
Lampu Rem LED Standard |
Pintu Bagasi Belakang Elektrik Standard |
Rel Atap Standard |
Recovery Hooks depan Standard |
INTERIOR |
Setir Material Vinyl with 4-Spoke type, Tilt & Telescopic adjustment |
Setir dan knop gigi Kulit, Leather Gear Shift Knob |
Sistem Audio 10” Multi Touchscreen Head Unit with Wireless Apple CarPlay”, Android AutoTM, Bluetooth and Voice Recognition with 8 speaker |
SYNC® SYNC 4A |
Kaca Spion Belakang Auto Dimming |
Pendingin Udara Electronic Dual-Zone Climate Control |
Soket 12V Depan Centre Box, 3rd Row and Rear Bonnet and USB Charging 4 (Front : 1 USB Type-C USB) (Rear:1 USB Type-C 1 USB) |
Jendela Otomatis Driver & Front Passenger – Touch Up/Down |
Kursi Pengemudi 8-Way Power Adjustable Seat |
Kursi Penumpang 8-Way Power Adjustable Seat |
Pengisian Nirkabel Standard |
Akses Tanpa Kunci & Tombol Start/Stop Standard |
Panel Instrumen 8”TFT Multi Information Display |
Pelindung Matahari (Sun Visor) With Light |
Warna Interior Trim Ebony |
Kursi Lipat Manual |
Pegangan Bantuan 4 – ALL Doors |
Penghilang Kabut Kaca Belakang Standard |
FITUR KESELAMATAN & KENYAMANAN |
Kontrol Jelajah Standard |
Sinyal Pengereman Darurat Standard |
Sistem Kontrol Traksi Standard |
Sensor Parkir (Depan/Belakang) Front/Rear |
Kamera Mundur Standard |
Sabuk Pengaman 3-Point ELR x2 (front and Rear Seat Belts-3nd Row), 3-Point ELR x3 (Rear Seat Belts-2nd Row ) |
Penguncian Sentral Jarak Jauh Global & Selective |
Airbag (Pengemudi & Penumpang Depan) Standard |
Airbag Samping (Pengemudi & Penumpang Depan) Standard |
Airbag Tirai (Pengemudi & Penumpang Depan) Standard |
Airbag (Bantalan Lutut Inflatable Pengemudi) Standard |
Airbag Lutut Standard |
Rem Parkir Listrik Standard |
Ingat Sabuk Baris Depan Standard |
Kamera Belakang Standard |
Sensor Parkir Front and rear |
Sistem Alarm Anti Pencurian Volumetrik Standard |
Tanpa kunci dan mulai dengan tombol tekan Standard |
ISOFIX Standard |
Sistem Pengereman Anti Terkunci (ABS) Standard |
DIMENSI & BOBOT |
Panjang Keseluruhan 4.915 mm |
Lebar Keseluruhan 1.930 mm |
Tinggi Keseluruhan 1.841 mm |
Jarak Poros Roda 2.900 mm |
Jarak ke Tanah 200 mm |
Overhang Depan 875 mm |
Overhang Belakang 1.140 mm |
Berat Kotor 3.000 kg |
Radius Putar Minimum 11,8 m |
Kedalaman Rintangan Air 800 mm |
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 80L |