Didatangkan langsung dari China dalam versi Left Hand Drive (setir kiri), BAIC BJ80 diperkenalkan terlebih dulu sebagai unit riset untuk mengetahui respon masyarakat terhadap SUV 4×4 premium ini. Ini diharapkan dapat memberikan gambaran kepada BAIC International untuk segera merealisasikan versi setir kanan atau Right Hand Drive BJ80 untuk pasar Indonesia, yang harga jualnya nanti diperkirakan di bawah Rp 1,5 miliar.
BestCar Indonesia – PT JIO Distribusi Indonesia secara resmi menghadirkan produk Off Road Vehicle Premium BAIC BJ80 melalui exclusive preview perdana yang diadakan di BAIC Headquarter Alam Sutera, Tangerang, Senin (28/10/2024). Didatangkan langsung dari China, SUV Premium berpenggerak empat-roda (4WD) yang diperkenalkan ini masih mengusung setir kiri (left hand drive), dan nantinya akan dikonversi versi setir kanan atau Right Hand Drive BJ80 ketika secara resmi mulai dijual di pasar Indonesia. Menurut Dhani Yahya, COO PT Jio Distribusi Indonesia, BJ80 merupakan Brand Shaper dari kelas Off Road Vehicle (ORV) BAIC yang memiliki fitur, keunggulan, dan kualitas tertinggi di kelasnya.
“Kami yakin kendaraan ini memiliki tempat tersendiri untuk masyarakat Indonesia, khususnya penggemar kendaraan 4×4 premium. Kami memang sengaja menghadirkan BAIC BJ80 versi Left Hand Drive dalam Exclusive Preview ini, karena tujuannya adalah sebagai riset terhadap respon masyarakat yang diharapkan dapat memberikan gambaran kepada BAIC International untuk segera merealisasikan versi setir kanan atau Right Hand Drive BJ80 untuk pasar Indonesia,” ujarnya.
Tampil dengan desain boxy yang tak lekang oleh waktu, BAIC BJ80 memadukan spesifikasi kendaraan tangguh dengan kemewahan khas premium yang melekat sebagai keunggulan SUV ini. Tampilan eksteriornya yang maskulin dan gagah mencerminkan karakter mobil yang siap melibas berbagai medan, dari jalanan perkotaan hingga petualangan di jalur off-road.
Di bagian dalam, interior BJ80 menyuatkan atmosfer yang elegan dan sekaligus fungsional. Desain interior yang ditata secara ergonomis dilengkapi dengan atap dan pilar berlapis kulit suede serta kursi dengan lapisan berbahan kulit nappa. Sentuhan akhir krom dan aksen kayu menambah kesan elegan dan premium di sekujur kabin BJ80.
Sebagai kendaraan off-roader, BJ80 didesain untuk menaklukkan berbagai medan dengan kemampuan sudut masuk/datang (approach angle) 39 derajat, sudut tanjakan (ramp departure angle) 25 derajat, dan sudut keluar (departure angle) 33 derajat, memastikan kemampuan manuver yang baik di berbagai kondisi jalan.
‘Kaki-kakinya’ mengadopsi suspensi depan Double Wishbone Torsion Bar Spring Independent Suspension, yang memberikan pengendalian lebih baik di segala kondisi jalan. Sedangkan di bagian belakang menggunakan Five Connecting Rod Variable Stiffness Spiral Coil Spring Non-Independent Suspension, memberikan kenyamanan ekstra bagi pengendara dan penumpang. O ya, sebagai offroader sejati BJ80 juga menggunakan Rigid Axle alias gardan solid pada sistem penggerak roda belakang, menjamin kekuatan dan daya tahannya saat melahap medan off-road dengan berbagai obstacle (rintangan) berat.
Lalu sistem pengereman depan dan belakang menggunakan Ventilated Disc alias rem cakram yang memaksimalkan pendinginan untuk efisiensi pengereman yang lebih baik. Tentu, ini juga mendukung keamanan dan kontrol yang superior.
Di balik bonnet besarnya bersemayam mesin bensin berbahan aluminium V6 twin-turbo berkapasitas 3.000cc, menghasilkan daya sebesar 241 Hp dengan torsi maksimum 420 Nm yang dituai dalam rentang 1.700 hingga 5.500 rpm. Kombinasi ini memberikan tenagadan akselerasi cepat, sementara struktur aluminium menjaga bobot mesin tetap ringan dan mendukung efisiensi bahan bakar.
Seluruh daya mesin disalurkan ke semua roda melalui transmisi otomatis ZF 8AT dengan 8-tingkat kecepatan. Transmisi racikan produsen transmisi kondang ZF ini menawarkan perpindahan gigi yang lebih cepat, respon lebih baik, dan pengalaman berkendara yang halus di berbagai kondisi jalan. Peningkatan Fitur Perpindahan Gigi Kendaraan ini menonjolkan kekuatan teknologi, seperti otomatisasi yang memungkinkan perpindahan gigi kembali ke posisi “P” ketika kendaraan dimatikan, untuk memastikan keamanan parkir. Fitur koreksi otomatis juga mencegah kerusakan transmisi akibat kesalahan perpindahan gigi, sehingga akan meningkatkan keselamatan dan ketahanan kendaraan.
Sistem perpindahan pengerak empat-rodanya dilakukan secara electronik, memberikan kenyamanan sekaligus kepraktisan dalam menempuh berbagai medan jalan. Ada tiga pilihan mode berkendara yang tersedia, yaitu Eco Mode (respon daya yang lembut, hemat bahan bakar, dan ramah lingkungan); Comfort Mode (tenaga yang halus, memberikan kenyamanan dan efisiensi); dan Sport Mode (yang menawarkan respon dinamis, memaksimalkan performa kendaraan).
BAIC BJ80 tidak hanya menjanjikan performa unggul untuk petualangan off-road, tetapi juga memberikan kenyamanan premium yang biasanya hanya ditemukan pada kendaraan kelas atas. Dengan desain yang maskulin dan interior yang canggih, BAIC BJ80 siap menjadi pilihan utama bagi pengendara yang menginginkan performa sekaligus kemewahan.
Teks: Yusran Hakim