Mitsubishi X-FORCE 2023: New ASEAN Runner on Global Circuit

Kesempatan untuk membuktikan apa yang digadang-gadang Atsushi Kurita, juga Takao Kato (President and Chief Executive Officer Mitsubishi Motors) tentang Mitsubishi XFORCE, akhirnya datang. Menempuh jarak sekitar 500km sepanjang rute Yogyakarta, Solo, dan Semarang (Joglosemar) selama dua malam tiga hari, saya mecoba sebisa mungkin mengeksplor performa compact SUV 5-pintu ini, termasuk berbagai fitur inovatif yang disandangnya. Emang bisa sehebat itu?

OVERVIEW

BestCar Indonesia – Secara resmi melakukan Debut Dunia (World Premiere) di ajang pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, Agustus 2023 lalu, Mitsubishi XFORCE menjadi model compact SUV terbaru dari Mitsubishi Motors untuk pasar Asia Tenggara (ASEAN). Ya, Mitsubishi XFORCE memang merupakan model compact SUV  5-seater yang dikembangkan dengan fokus digunakan di wilayah ASEAN.  Model terbaru ini diproduksi di pabrik perakitan Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) yang berlokasi di Bekasi, Jawa Barat (komposisi saham: Mitsubishi Motors 51%, Mitsubishi Corporation 40%, Krama Yudha Group 9%), dan dijadwalkan untuk dipasarkan di negara-negara ASEAN lainnya, Asia Selatan, termasuk juga untuk pasar Amerika Latin, Timur Tengah, dan Afrika.

“Segmen Compact SUV sudah hadir di pasar Indonesia sejak lama, namun belakangan popularitasnya terus naik. Dalam dua tahun terakhir, segmen ini telah tumbuh lebih dari 50% dengan banyak merek yang bermain, dan banyak pendatang baru yang diluncurkan secara agresif. Memasuki pasar di segmen ini, Mitsubishi Motors akan berhadapan dengan kompetitor yang memiliki teknologi, model dan fitur terbaru yang menawarkan ragam pilihan yang luas untuk konsumen. Untuk menyesuaikan situasi ini, maka model compact SUV kami perlu menjadi sebuah ‘game changer’, mengikuti jejak Xpander di 2017 ketika memasuki pasar small MPV yang merupakan segmen yang paling popular di Indonesia,” ungkap Atsushi Kurita, President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) di saat world premiere Mitsubishi XFORCE, Agustus lalu.

Compact SUV ini dikembangkan untuk menjawab kebutuhan pengemudi di kawasan ASEAN dan telah melalui uji coba secara berulang di kawasan ini. Dengan pengembangan dari desain, fitur dan teknologi yang berdasar pada riset mendalam dan tes berdasarkan kebutuhan konsumen ASEAN, kami berharap Mitsubishi XFORCE akan menjadi teman yang paling cocok untuk setiap petualangan yang ingin dilakukan oleh para pengemudi, memberi mereka kekuatan ekstra untuk melangkah lebih jauh dan mengalami sesuatu yang baru. Kehadiran Mitsubishi XFORCE akan memberikan definisi baru pada segmen compact SUV di Indonesia yang sejalan dengan preferensi beragam konsumen yang menyiratkan kebutuhan akan mobil compact SUV yang mengakomodasi sisi futuristik, prestisius, dan comfort, ditunjang oleh layanan purnajual dalam tingkatan yang optimal,” tambah Atsushi Kurita.

“Selain memastikan memenuhi kebutuhan akan performa berkendara, kemudahan handling, interior yang nyaman, kemudahan penggunaan berbagai fitur, dan segalanya yang dituntut dari sebuah compact SUV, kami telah mencurahkan hati dan jiwa kami ke dalam pengembangan XFORCE untuk menghadirkan kegembiraan berkendara sehari-hari bagi pelanggan kami,” timpal Takao Kato, President and Chief Executive Officer Mitsubishi Motors, beberapa waktu lalu.

Dan…kesempatan untuk membuktikan apa yang digadang-gadang Atsushi Kurita, juga Takao Kato selaku President and Chief Executive Officer Mitsubishi Motors tentang XFORCE, akhirnya terjawab ketika MMKSI mengajak saya bersama rekan-rekan jurnalis lainnya dari 108 media yang kompeten dalam bidang otomotif untuk menjajal langsung kemampuan beradaptasi dan ketahanan XFORCE di skenario dunia nyata. Melalui ekspedisi eksklusif yang dikemas dalam sebuah event media test drive yang bertajuk “XFORCE Infinite Xcitement – Media Adventure 2023” selama dua malam tiga hari, saya mecoba sebisa mungkin mengeksplor performa Mitsubishi XFORCE, termasuk berbagai fitur inovatif yang disandangnya, di sepanjang rute Yogyakarta, Solo, dan Semarang (Joglosemar) yang berjarak total sekitar 500 km.  

“Rute yang kami pilih telah dipertimbangkan dengan sangat seksama. Rute ini menjadi kanvas ideal untuk menggambarkan kelincahan dan keandalan XFORCE di berbagai kondisi jalan, mulai dari jalan raya yang mulus hingga lanskap yang menantang yang dapat mempertegas kemampuan dinamis model ini. Tidak hanya itu, jalur ini pun familiar bagi para peserta yang mempermudah mereka menemukan poin menonjol dari XFORCE dibandingkan dengan model sejenisnya. Test drive ini menjadi wadah media untuk mendapatkan life’s adventure yang berbeda bersama seluruh keistimewaan dan kemudahan yang diberikan oleh XFORCE. Kami harap media dapat menikmati perjalanan ini dan membagikan pengalaman baik mereka kepada masyarakat yang lebih luas untuk bergabung dalam #InfiniteXcitement yang diberikan oleh XFORCE,”papar Atsushi Kurita.

IN THE CABIN

Berbeda dengan eksteriornya yang menyuguhkan karakter stylish dan robust layaknya desain sebuah SUV autentik, interior Mitsubishi XFORCE justru tampil lebih elegan dengan atmosfer kemewahan yang menyeruak, begitu Anda memasuki kabinnya. Sekujur kabin yang terasa lumayan luas untuk sebuah SUV kompak tampil modern dan elegan, dengan dominasi warna mélange dan mocha plus sentuhan warna silver dan hitam di beberapa ornamen interior.

Cuma, sejujurnya, saya agak sedikit terganggu dengan tampilan tombol pengunci di semua trim pintu yang masih menggunakan tombol model tuas kecil seperti yang ada pada mobil-mobil lama. Namun menurut Hikaru Mii (Director of Product Strategy Division PT MMKSI), desain interior XFORCE sebenarnya memang terinspirasi dari mobil premium Eropa, seperti BMW misalnya. “Makanya kita bikin tombol pengunci seperti yang banyak digunakan pada mobil-mobil premium Eropa, termasuk adanya door handle seperti BMW. Mungkin jadi terlihat aneh karena customer Indonesia tidak terbiasa,” ujarnya Ketika ditanya soal ini.

Pertama kali mencoba duduk di kursi pengemudi, saya bisa merasakan posisi mengemudi yang ideal untuk pengemudi dengan postur rata-rata orang Asia Tenggara dengan tinggi badan 165-170cm. Bangku pengemudi bisa diatur dalam 6 cara (maju-mundur jok, sudut rebah sandaran kursi, dan naik-turun jok untuk lutut), meski pengaturan jok (seat adjuster) masih konvensional alias secara manual. Apalagi posisi roda kemudi juga bisa diatur secara naik-turun (tilt steering) dan maju-mundur (telescopic steering).

Pandangan ke depan sangat luas, Anda cukup mengatur posisi mengemudi yang paling sesuai, karena kap mesin (hood/bonnet) XFORCE lumayan lebar dan bisa tak terlihat bagian ujungnya jika posisi mengemudi kurang pas. Pandangan ke belakang juga cukup baik, meski kaca belakang tak begitu besar.

Drive Mode – dengan empat mode berkendara: Normal, Wet, Gravel, dan Mud. Fitur ini pertama kali disematkan pada model Mitsubishi Motors

Dual Zone Auto Climate Control – dengan teknologi Panasonic, Nanoe-X TM dan Memory Function

          Secara keseluruhan, dashboard XFORCE yang bernuansa mélange kombinasi mocha terasa mewah dan elegan, terutama lewat balutan bahan kain di sekujur dashboard, namun tak berlebihan. Panel instrumennya mengadopsi model horizontal axis, yang menyatu dengan layar monitor Advanced Monolithic Display & Meter, terdiri dari Smartphone-link Display Audio (SDA) berukuran 12,3 inci yang menampilkan visual berkualitas tinggi, dilengkapi fungsi dan konten yang menarik dengan Wireless Connectivity Android Auto dan Apple Carplay4. Di dalamnya terintegrasi Digital Driver Display ukuran 8 inci yang memberikan informasi beragam tentang kondisi mobil dan mudah dibaca dengan visual berkualitas tinggi.

          Nah, Mitsubishi jelas sangat concern dengan urusan informasi/data mengenai kondisi real time mobil yang terkait dengan pengendaraan. Multy Information Display (MID) di panel instrumen dipenuhi banyak angka, mulai dari indikator standar seperti kecepatan, putaran mesin (rpm), indikator ketersediaan bahan bakar dalam tanki, odometer (jarak tempuh), suhu mesin (coolant), suhu di luar kabin, attitude (ketinggian jalan) dan sudut elevasinya, hingga berbagai informasi mobil yang lebih kompleks, seperti data akselerasi real time (dalam %), putaran lingkar kemudi, tekanan keempat ban (dalam psi), dan bahkan MID menyajikan pula informasi semburan injeksi bahan bakar (dalam cc/detik) setiap kali pedal gas Anda tekan, serta torsi (dalam Nm) secara real time. Luar biasa, mungkin ini MID terlengkap yang pernah saya temui di segmen compact SUV dalam negeri.

          Buat pengemudi/pengguna awam, tampilan panel instrumen digital Mitsubishi XFORCE yang dipenuhi banyak angka dan simbol itu mungkin memang agak mengganggu,   

          Di luar semua data MID tersebut, Mitsubishi XFORCE juga menyediakan fitur Driving Score yang bisa Anda lihat layar monitor.

Sementara di hadapan penumpang depan terpampang floating console yang mampu menampung berbagai barang kecil, termasuk telepon seluler. dan ambient lighting

Floor Console Box with Armrest & Cooling Function

Dual Zone Auto Climate Control – dengan teknologi Panasonic, Nanoe-X TM dan Memory Function

Connected Car Service

Dengan dimensi 4.390 (Panjang) x 1.810 (lebar) x 1.660mm (tinggi) dan wheelbase ideal sepanjang 2.650mm, kabin Mitsubishi XFORCE harus diakui menyajikan ruang luas bukan hanya untuk pengemudi, tetapi juga bagi penumpang depan maupun belakang. Mitsubishi mengklaim kabin XFORCE memiliki shoulder room, leg room dan hip room yang terluas di kelasnya, diperkuat dengan 8-step reclining (17 hingga 33 derajat) pada sandaran bangku-bangkunya. Sementara  kursi belakang didesain dengan konfigurasi 40:20:40, dengan lapisan seat material dan fitur anti-heat guard technology.

Sekujur kabin XFORCE juga dilengkapi beragam ruang penyimpanan serbaguna dan ruang kargo yang dapat diatur sesuai kebutuhan. Lebih dari itu, pintu belakang XFORCE juga dibekali fitur Hands-free Power Liftgate yang memberikan kemudahan dan kepraktisan membuka pintu bagasi dengan sensor kaki.  

Masih di dalam kabin, salah satu andalan XFORCE adalah Dynamic Sound Yamaha Premium, sebuah sistem audio yang dikembangkan atas kolaborasi semangat dan teknologi Mitsubishi Motors dengan Yamaha, melibatkan engineer Mitsubishi Motors dan Yamaha Sound Meister yang menciptakan dynamic sound untuk sistem audio tingkat tinggi. Dilengkapi dengan 8 speaker yang terintegrasi dan 4 Preset Equalizer (Signature, Lively, Powerful, Relaxing) yang dapat disesuaikan dengan mood pengendara, serta fitur Speed Compensated Volume (SCV).

Hiroshi Nagaoka juga mengakui, kualitas audio yang dikembangkan bersama Yamaha untuk XFORCE ini juga hadir untuk menjawab kebutuhan pelanggan di wilayah Asia Tenggara. Bagian interior kendaraan yang berfungsi sebagai ruang dengar akan memiliki kualitas audio yang optimal, yang akan mengeluarkan kemampuan terbaik dari speaker yang terpasang.

Sound system ini tidak hanya akan menyesuaikan volume suara, namun juga kualitas suara itu sendiri, sehingga akan tetap memperdengarkan suara bass yang terasa hidup, serta nada-nada yang tetap jernih terdengar, bahkan pada saat mobil dikendarai di permukaan jalan yang kasar. Dan saya membuktikannya sendiri…

Mitsubishi, kata Chief Technology Engineer MMC, Hisashi Sugiyama, telah berhasil menciptakan audio setara, atau bahkan lebih baik dari kualitas premium. Kejernihan dan rentang frekuensi tinggi menjadi titik fokus Mitsubishi. Kejernihan merujuk pada kemampuan suara untuk terdengar jelas. Mitsubishi tidak mengorbankan kualitas dalam upaya membawa kelancaran dan jernihnya alat musik dan vokal. “Fitur unggulan audio Yamaha ini tidak hanya soal penyesuaian volume suara, tapi juga kualitasnya. Perbedaan terbesar antara audio mobil, audio rumah, dan gedung konser adalah mobilitasnya. Bergerak berarti lingkungan suara sekitar berubah. Tantangan terbesar bagi kami adalah menghadapi perubahan suara karena mobilitas itu…suara angin, ban, dan perubahan lingkungan akibat perjalanan adalah hal yang harus kami hadapi. Bagaimana cara mengatasi suara yang berubah ini adalah tantangan besar bagi kami,” ujar Sugiyama.

Tantangan itu membuat Mitsubishi memperkenalkan Speed Compensated Volume (SCV), yang mengoreksi perubahan suara sesuai karakteristik frekuensi dan kondisi jalan. SCV memungkinkan penyesuaian halus dan selektif untuk menghadapi perubahan lingkungan akibat perjalanan. “Mitsubishi tidak hanya melakukan penyetelan untuk memperbaiki suara, tapi juga mengatasi tantangan kecepatan kendaraan dan kebisingan jalan. Mitsubishi juga melakukan investasi dalam perangkat keras audio, seperti speaker, dengan panduan dari Yamaha.

Karena itu, masih kata Sugiyama, Mitsubishi memberikan perhatian terhadap integrasi audio dalam kendaraan. Kekokohan panel pintu, dimana speaker terpasang adalah aspek penting. Hanya dengan struktur yang kokoh, suara berkualitas tinggi dapat dihasilkan. Mitsubishi meningkatkan kekokohan panel pintu hingga lima kali lipat untuk mencapai suara ideal yang mampu menghasilkan frekuensi rendah, yang kuat tanpa distorsi atau gangguan.

Hal yang sama juga diungkapkan pihak Yamaha, yang menegaskan keseriusan mereka dalam memproduksi speaker yang digunakan pada XFORCE. Menurut Tomokazu Hikida selaku Sound Master Yamaha Corporate, ada beberapa rahasia dari speaker yang digunakan pada XForce.

Pada perangkat tweeter, Yamaha menggunakan sutra pada bagian diapraghm atau bagian atasnya serta bagian sirkuit magnet yang lebih bertenaga dan responsif. Tidak hanya itu, Yamaha juga menggunakan kabel tembaga yang dianggap mempunyai kualitas yang lebih baik dibandingakan dengan alumunium.

Pada bagian subwoofer juga mendapatkan sentuhan inovasi dari Yamaha, karena mampu menangkap frekwensi suara bass yang lebih rendah, bahkan hingga 2,4 kali dari biasanya dengan frekwensi hingga 55 Hz. Rahasianya, Yamaha menggunakan magnet yang lebih besar dan 4 layer coil, dimana magnet tersebut lebih kuat 2,5 kali dari yang biasa digunakan. “Dengan inovasi dan teknologi yang kami gunakan maka Sound Master Yamaha Corporate mampu menghasilkan kualitas suara yang sangat luar biasa dalam kabin XFORCE yang akan memani pengendara dan keluarga saat berkendara,” tambah Hikida.

Selain itu, dalam mempermudah untuk memilih karekter suara yang sesuai dengan kebutuhan pengendara, terdapat 4 pilihan menu pada audio XFORCE, di antaranya Lively, Signature, Relaxing dan Powerful. Penggunaan menu Lively disarankan untuk mendengarkan music Pop serta sejenisnya. Sementara menu Signature lebih sesuai untuk karakter musik classic, jazz dan blues. Sedangkan menu Powerful cocok untuk menikmati musik jenis rock, hiphop dan sejenisnya. Dan yang terakhir, menu Relaxing, dapat dipilih untuk menikmati musik yang santai.

ON THE ROAD

Pada hari pertama di batch pertama, para peserta diajak untuk melakukan perjalanan menuju Kopi Panggang dan Gua Pindul di mana medan yang dilalui cenderung datar berkelok hingga menanjak. Disusul dengan perjalanan menuju Candi Prambanan dan kota Yogyakarta, melalui rute di area Patuk, Kabupaten Gunungkidul yang didominasi oleh jalanan yang menanjak.

Feeling mengemudi hampir mirip dengan Xpander -karena memang satu platform- namun XForce menawarkan visibilitas lebih leluasa, clear, dengan ground clearance lebih tinggi. 

Fokus saya saat mencoba, mengacu pada empat keunggulan yg ditawarkan XForce. Yakni Driving Comfort, Interior Comfort, Handling & Ride Comfort, dan Special Tuned CVT yang bikin performa SUV Mitsubishi ini jadi lebih nyaman dan responsif performanya.

Interior Comfort XForce tercipta berkat aplikasi Dynamic Sound Yamaha, Layar 12,3″ terbesar di kelasnya, Dual zone AC with nanoeX, kabin luas dan mewah, konsol boks dengan pendingin minuman, dan ruang bagasi yang luas dan nyaman.

Sementara Driving Comfort tercipta berkat sematan fitur unggulan Drive Mode untuk penggunaan di medan Normal, Wet, Gravel, Mud, yang memberi pengalaman menyenangkan.

Drive mode ini  juga menyatukan semua fungsi fitur mengemudi secara keseluruhan dan mengontrol Steering Effort, Akselerasi, hingga traction and AYC.

Fitur unggulan lainnya; Handling & Ride Comfort yang lebih nyaman dan bikin percaya diri. Hal ini tercipta dari sentuhan ‘well-tuned suspension’ depan dan belakang. 

Dalam perjalanan ini, para peserta dapat mengeksplor performa berkendara XFORCE, peserta juga akan dipermudah saat berkendara dengan fitur Active Yaw Control (AYC), beberapa fitur keselamatan ADAS seperti Active Stability Control, Hill Start Assist, Blind Spot Warning, Rear Cross traffic Alert, Auto Light Control, dan lainnya.

Tidak hanya berkendara, MMKSI juga mengajakan para peserta untuk melakukan aktivitas adventure lainnya yang tidak melibatkan kendaraan. Khusus di batch pertama ini, peserta mengikuti kegiatan art workshop bersama Eko Nugroho, seorang pelukis kontemporer ternama di Indonesia di mana peserta diharapkan dapat mengekspresikan diri mereka melalui sebuah seni melukis. Kegiatan fisik lainnya yang dihadirkan untuk memberikan adventure berbeda dari keseharian peserta berupa kegiatan river tubing yang dilakukan bersama untuk memberikan sensasi relaksasi yang menyenangkan.

Seluruh perjalanan yang dihadirkan fokus untuk memfasilitasi peserta untuk memaksimalkan fitur utama dari XFORCE yang dapat mempermudah life’s adventure para penggunanya. Tidak hanya itu, kehadiran XFORCE dalam perjalanan ini dapat memberikan banyak sekali momen menyenangkan dan memberikan nilai-nilai adventure dalam kehidupan sehari-hari.

Ground Clearance 222mm (Model ban berukuran 18 inci. Angka ini tidak menyertakan under cover) terbaik di kelasnya, yang membuat pengendara lebih percaya diri melewati berbagai kondisi jalan Well-Tuned Suspension untuk kenyamanan berkendara Easy Handling, dengan radius putar yang kecil (5.2m) dan steer kemudi yang ringan Active Yaw Control (AYC) Connected Car Service.

  • Well-Tuned Suspension untuk kenyamanan berkendara
  • Easy Handling, dengan radius putar yang kecil (5.2m) dan steer kemudi yang ringan
  • Active Yaw Control (AYC)
  • Drive Mode – dengan empat mode berkendara: Normal, Wet, Gravel, Mud. Dan Wet Mode. Fitur ini pertama kali disematkan pada model Mitsubishi Motor
  • ·       Ground Clearance 222mm (Model ban berukuran 18 inci. Angka ini tidak menyertakan under cover) terbaik di kelasnya, yang membuat pengendara lebih percaya diri melewati berbagai kondisi jalan

Tentu, XFORCE juga telah dibekali sederet fitur keselamatan yang memberikan keamanan berkendara di berbagai cuaca dan kondisi jalan. SUV kompak Mitsubishi ini dilengkapi dengan 4 airbags (driver, passenger dan side airbags) sebagai fitur standar keselamatan pasif. , serta beberapa fitur ADAS, seperti: Active Stability Control, Hill Start Assist, Blind Spot Warning, serta Rear Cross Traffic Alert, Tire Pressure Monitoring System, dan sebagainya.

Varian XFORCE saat ini telah dilengkapi dengan varian baru dengan beberapa fitur ADAS, seperti: Active Stability Control (ASC), Blind Spot Warning (BSW), dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA), antara lain untuk lebih mendukung keselamatan berkendara. Selanjutnya, Mitsubishi juga berencana untuk meluncurkan satu varian yang lebih tinggi dengan fitur ADAS yang lebih lengkap.

Berlanjut ke hari kedua, petualangan dimulai dengan perjalanan menuju Klaten, Boyolali hingga Semarang dengan dominasi jalanan perkotaan yang memberikan kesempatan peserta untuk berakselerasi dengan maksimal. Pada jalur ini, XFORCE dapat melaju tanpa hambatan mengingat teritori utama dari model ini adalah untuk mobilitas urban.

Peserta juga dapat merasakan dengan maksimal kenyamanan serta utilitas fitur yang ada di antaranya, namun tidak terbatas pada kabin yang luas, ruang penyimpanan yang banyak, 12.3-inch smartphone link display audio dengan berbagai kontennya, connected car service, dan masih banyak lagi. Sepanjang perjalanan, peserta juga dapat meningkatkan sensasi berkendara mereka dengan kehadiran Dynamic Sound Yamaha Premium dan tentunya 4 mode berkendara yang memberikan kenyamanan lebih saat melewati beragam medan.

Spesifikasi (Spesifikasi Indonesia. Spesifikasi kendaraan dan fitur mungkin berbeda tergantung dari model dan market

Sistem Penggerak2WD
Dimensi dan beratKeseluruhan Panjang x lebar x beratmm4.390 x 1.810 x 1.660
Wheelbasemm2.650
Ground clearancemm222
Kapasitas tempat dudukOrang5
PerformaTurning radius minimumm5,2
MesinTipe 4A91
Valves, cylinders DOHC 16-valve, 4-cylinders
Displacementcc1.499
Maximum outputkW/rpm77 / 6.000
Maximum torqueNm /rpm141 / 4.000
Fuel type Regular unleaded gasoline
Kapasitas tangki bahan bakarL42
TransmisiTransmisi CVT
Ban, Suspensi, dan PengeremanSuspensi depan MacPherson strut
Suspensi belakang Torsion beam
Pengeraman, depan/ belakang Disc brakes
Ban 225/50R18

Varian XFORCE saat ini telah dilengkapi dengan varian baru dengan beberapa fitur ADAS, seperti: Active Stability Control (ASC), Blind Spot Warning (BSW), dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA), antara lain untuk lebih mendukung keselamatan berkendara. Selanjutnya, Mitsubishi juga berencana untuk meluncurkan satu varian yang lebih tinggi dengan fitur ADAS yang lebih lengkap.

Teks: Yusran Hakim