Secara lebih detail, Suzuki telah menjual 28,9 juta unit mobil di Jepang dan 51,27 juta unit sisanya di luar negeri. Secara global berdasarkan wilayah, angka penjualan di Jepang berkontribusi 36%, di India sebesar 32,6%, Eropa sebesar 10%, Asia sebesar 13,5%, dan wilayah lainnya (meliputi Amerika Utara, Amerika Tengah dan Selatan, Oseania, Timur Tengah, Afrika, dan negara lainnya) sebesar 7,8%.
BestCar Indonesia – Suzuki Motor Corporation mencatatkan penjualan kendaraan roda empat global secara kumulatif telah mencapai 80 juta unit hingga akhir Agustus 2023. Secara lebih detail, Suzuki telah menjual 28,9 juta unit mobil di Jepang dan 51,27 juta unit sisanya di luar negeri. Secara global berdasarkan wilayah, angka penjualan di Jepang berkontribusi 36%, di India sebesar 32,6%, Eropa sebesar 10%, Asia sebesar 13,5%, dan wilayah lainnya (meliputi Amerika Utara, Amerika Tengah dan Selatan, Oseania, Timur Tengah, Afrika, dan negara lainnya) sebesar 7,8%.
Sejak pertama kali meluncurkan kendaraan roda empat ringan pertama yang diproduksi secara massal di Jepang, Suzulight, pada Oktober tahun 1955, Suzuki selalu berkomitmen untuk menghadirkan produk original yang telah disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan konsumen. Suzuki juga terus bergerak maju dengan inovasi dan pengembangan beragam jenis kendaraan ringan roda empat. Setelah itu, pada tahun 1965, perusahaan memasuki pasar mobil compact dengan merilis Suzuki Fronte 800.
Penjualan di luar negeri dimulai pada tahun 1959 ketika Suzuki mulai mengekspor Suzulight. Pada tahun 1975, Suzuki mulai memproduksi kendaraan roda empat lokal pertamanya di Pakistan, dan kemudian memperluas produksi di luar negeri, termasuk di India pada tahun 1983 dan Hungaria pada tahun 1992. India kini turut berperan sebagai basis produksi bukan hanya untuk keperluan dalam negeri saja, tetapi juga untuk diekspor ke Afrika dan negara lain.
Saat ini, Suzuki memiliki 15 basis produksi mobil di 10 negara di seluruh dunia, termasuk Jepang, dan mobil Suzuki telah dipasarkan di 184 negara dan wilayah yang tersebar di seluruh dunia. Suzuki Alto saat ini menyumbang sekitar 20% dari total penjualan Suzuki Global yang telah mencapai 80 juta unit akhir bulan lalu. Mobil mungil ini sendiri telah digunakan oleh banyak konsumen selama 44 tahun sejak dirilis pertama kali pada tahun 1979, dan telah menjadi model perwakilan light four-wheeled vehicle atau kendaraan ringan roda-empat milik Jepang. Suzuki Alto yang merupakan kendaraan roda-empat ringan asal Jepang ini tidak hanya tersebar di Jepang, tetapi juga di seluruh dunia dan berkontribusi terhadap penjualan secara signifikan terutama di India.
Peningkatan penjualan sebesar 80 juta unit (Total peningkatan kendaraan merek Suzuki. Kendaraan OEM tidak termasuk):
Capaian 10 juta unit penjualan : Juni 1989
Capaian 20 juta unit penjualan : Juni 1998
Capaian 30 juta unit penjualan : Desember 2004
Capaian 40 juta unit penjualan : Mei 2009
Capaian 50 juta unit penjualan : April 2013
Capaian 60 juta unit penjualan : November 2016
Capaian 70 juta unit penjualan : Januari 2020
Capaian 80 juta unit penjualan : Agustus 2023
Model Mobil teratas dalam penjualan kumulatif global
Rank | Nama Mobil | Jumlah Unit Terjual | Rasio Komposisi |
1 | Alto type | 16,01 juta Unit | 20,0% |
2 | WagonR series | 9,5 juta unit | 11,8 % |
3 | Swift type | 8,95 juta Unit | 11,2% |
4 | Every type | 8,39 juta unit | 10,5% |
5 | Carry type | 7,28 juta unit | 9,1% |
6 | Vitara series | 3,95 juta unit | 4,9% |
7 | Jimny series | 3,33 juta unit | 4,2% |
Kedepannya, Suzuki akan terus memproduksi mobil yang berasal dari sudut pandang konsumen yang ada di seluruh dunia dan menyediakan produk yang memiliki value untuk memenuhi kebutuhan masyarakat lokal.
”Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada pelanggan kami yang telah menggunakan produk Suzuki. Suzuki Alto memiliki catatan penjualan tertinggi, dan memiliki peran penting terhadap kendaraan mini milik Suzuki dan juga sejarah Suzuki sendiri. Meninjau kembali prinsip ’Menempatkan diri pada posisi pelanggan’ yang telah diturunkan dari pendiri kami, Suzuki akan terus melakukan upaya lebih lanjut untuk mewujudkan nilai-nilai ’Sho, Sho, Kei, Tan, Bi (Smaller, Fewer, Lighter, Shorter, and Beauty)’ yang mewakili inti manufaktur Suzuki. Kami juga akan terus menghadirkan produk dan layanan yang mendukung transportasi harian bagi pelanggan, kendaraan yang ramah lingkungan, dan menjadi teman sehari-hari yang selalu dapat diandalkan,” ungkap Presiden Suzuki Motor Corporation.
Teks: Yusran Hakim