Mengintip Kecanggihan Sound Sistem Premium dari Yamaha di Mitsubishi XFORCE  

Sistem audio Dynamic Sound Yamaha Premium pada Mitsubishi XFORCE yang terdiri dari delapan speaker, tweeter depan di pilar A pada kedua sisi, woofer di pintu depan, dan speaker koaksial dua arah di pintu belakang ini disebut-sebut sebagai sistem tata suara a la panggung konser yang terbaik. Apa rahasia kecanggihannya?

BestCar IndonesiaMitsubishi XFORCE yang melakukan debut dunia (World Premiere) di ajang pameran GIIAS 2023 pada 10 Agustus lalu merupakan model pertama Mitsubishi yang menggunakan Dynamic Sound Yamaha Premium, yang dikembangkan bersama Yamaha Corporation. Sistem audio yang terdiri dari delapan speaker, tweeter depan di pilar A pada kedua sisi, woofer di pintu depan, dan speaker koaksial dua arah di pintu belakang ini disebut-sebut sebagai sistem tata suara a la panggung konser yang terbaik.

Mengapa Mitsubishi memilih audio sound Yamaha untuk XFORCE? Apa keunggulan audio sound Dynamic Sound Yamaha Premium ini?

Bagi Mitsubishi, pemilihan sistem audio Yamaha tersebut bukanlah keputusan yang sembarangan. Executive Vice President Mitsubishi Motor Corporation (MMC), Hiroshi Nagaoka mengungkapkan bahwa pemilihan Yamaha setelah melalui proses penelitian yang matang. Keputusan ini didukung oleh keahlian Yamaha dalam teknologi dan bidang musik, termasuk produksi instrumen musik mereka sendiri.

Selain Yamaha, lanjut Nagaoka, Mitsubishi juga telah melihat berbagai produk audio dari berbagai merek yang ada di Jepang. “Beberapa perusahaan dari Yamaha memiliki teknologi kapabilitas yang baik. Yamaha sendiri memang juga punya kapabilitas yang baik di teknologi ini, karena mereka memiliki home audio yang premium,” paparnya dalam konferensi pers Mitsubishi di GIIAS 2023, Kamis (10/08/2023).

Nagaoka menambahkan, perbedaan Yamaha dan perusahaan teknologi lainnya adalah Yamaha memproduksi instrumen musiknya sendiri. Hal ini membuat Yamaha lebih mengerti sisi audio dan karakteristiknya. “Yamaha selalu mempertimbangkan keinginan penyanyi untuk bisa didengarkan oleh pendengarnya melalui instrumen musik yang mereka mainkan. Jadi Yamaha tahu dan mengerti musik, artis dan pendengarnya melalui sentuhan-sentuhan musiknya,” ungkapnya.

Dengan sejumlah keunggulan tersebut, Mitsubishi memutuskan untuk menggunakan sistem audio Yamaha pada SUV terbarunya, Mitsubishi XFORCE. Dan karena itu pula, audio dari Yamaha ini nantinya juga bakal digunakan pada model-model Mitsubishi selanjutnya. “Teknologi Dynamic Sound Yamaha Premium yang diterapkan pada XFORCE menjadi bukti nyata tentang keahlian Yamaha dalam menciptakan pengalaman audio yang luar biasa,” ujar Nagaoka.

Hiroshi Nagaoka juga mengakui, kualitas audio yang dikembangkan bersama Yamaha untuk XFORCE ini juga hadir untuk menjawab kebutuhan pelanggan di wilayah Asia Tenggara. Bagian interior kendaraan yang berfungsi sebagai ruang dengar akan memiliki kualitas audio yang optimal, yang akan mengeluarkan kemampuan terbaik dari speaker yang terpasang. Sound system ini tidak hanya akan menyesuaikan volume suara, namun juga kualitas suara itu sendiri, sehingga akan tetap memperdengarkan suara bass yang terasa hidup, serta nada-nada yang tetap jernih terdengar, bahkan pada saat mobil dikendarai di permukaan jalan yang kasar.

Sementara itu, Chief Technology Engineer MMC, Hisashi Sugiyama menegaskan bahwa Mitsubishi memiliki keinginan kuat menciptakan pengalaman perjalanan yang nyaman. “Berkaitan dengan hal ini, kami membangun ruang yang mencerminkan perasaan ini. Kami ingin membagikan rasa nyaman dan kebebasan yang kami rasakan dalam sebuah ruang khusus,” kata Sugiyama dalam konferensi pers tentang audio Yamaha di XFORCE di ICE BSD City, Tangerang, Sabtu (12/08/2023).

Mitsubish, lanjut Sugiyama, telah berhasil menciptakan audio setara, atau bahkan lebih baik dari kualitas premium. Kejernihan dan rentang frekuensi tinggi menjadi titik fokus Mitsubishi. Kejernihan merujuk pada kemampuan suara untuk terdengar jelas. Mitsubishi tidak mengorbankan kualitas dalam upaya membawa kelancaran dan jernihnya alat musik dan vokal.

“Fitur unggulan audio Yamaha ini tidak hanya soal penyesuaian volume suara, tapi juga kualitasnya. Perbedaan terbesar antara audio mobil, audio rumah, dan gedung konser adalah mobilitasnya. Bergerak berarti lingkungan suara sekitar berubah. Tantangan terbesar bagi kami adalah menghadapi perubahan suara karena mobilitas itu…suara angin, ban, dan perubahan lingkungan akibat perjalanan adalah hal yang harus kami hadapi. Bagaimana cara mengatasi suara yang berubah ini adalah tantangan besar bagi kami,” ujar Sugiyama.

Tantangan itu membuat Mitsubishi memperkenalkan Speed Compensated Volume (SCV), yang mengoreksi perubahan suara sesuai karakteristik frekuensi dan kondisi jalan. SCV memungkinkan penyesuaian halus dan selektif untuk menghadapi perubahan lingkungan akibat perjalanan. “Mitsubishi tidak hanya melakukan penyetelan untuk memperbaiki suara, tapi juga mengatasi tantangan kecepatan kendaraan dan kebisingan jalan. Mitsubishi juga melakukan investasi dalam perangkat keras audio, seperti speaker, dengan panduan dari Yamaha.

Karena itu, masih kata Sugiyama, Mitsubishi memberikan perhatian terhadap integrasi audio dalam kendaraan. Kekokohan panel pintu, dimana speaker terpasang adalah aspek penting. Hanya dengan struktur yang kokoh, suara berkualitas tinggi dapat dihasilkan. Mitsubishi meningkatkan kekokohan panel pintu hingga lima kali lipat untuk mencapai suara ideal yang mampu menghasilkan frekuensi rendah, yang kuat tanpa distorsi atau gangguan.

Hal yang sama juga diungkapkan pihak Yamaha, yang menegaskan keseriusan mereka dalam memproduksi speaker yang digunakan pada XFORCE. Menurut Tomokazu Hikida selaku Sound Master Yamaha Corporate, ada beberapa rahasia dari speaker yang digunakan pada XForce.

Pada perangkat tweeter, Yamaha menggunakan sutra pada bagian diapraghm atau bagian atasnya serta bagian sirkuit magnet yang lebih bertenaga dan responsif. Tidak hanya itu, Yamaha juga menggunakan kabel tembaga yang dianggap mempunyai kualitas yang lebih baik dibandingakan dengan alumunium.

Pada bagian subwoofer juga mendapatkan sentuhan inovasi dari Yamaha, karena mampu menangkap frekwensi suara bass yang lebih rendah, bahkan hingga 2,4 kali dari biasanya dengan frekwensi hingga 55 Hz. Rahasianya, Yamaha menggunakan magnet yang lebih besar dan 4 layer coil, dimana magnet tersebut lebih kuat 2,5 kali dari yang biasa digunakan.

“Dengan inovasi dan teknologi yang kami gunakan maka Sound Master Yamaha Corporate mampu menghasilkan kualitas suara yang sangat luar biasa dalam kabin XFORCE yang akan memani pengendara dan keluarga saat berkendara,” tambah Hikida.

Selain itu, untuk mempermudah untuk memilih karekter suara yang sesuai dengan kebutuhan pengendara, terdapat 4 pilihan menu pada audio XFORCE, di antaranya Lively, Signature, Powerfull, dan Relaxing. Penggunaan menu Lively di sarankan untuk mendengarkan music Pop serta sejenisnya. Sementara menu Signature lebih sesuai untuk karakter musik classic, jazz dan blues. Sedangkan menu Powerful cocok untuk menikmati musik jenis rock, hiphop dan sejenisnya. Dan yang terakhir, menu Relaxing, dapat dipilih untuk menikmati musik yang santai.

“Kami bangga telah menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih dari sekadar pergerakan. Kami ingin memberikan inspirasi, kenyamanan, dan kegembiraan dalam setiap perjalanan mobil, membuat setiap momen menjadi berharga dan berkesan,” pungkas Sugiyama. 

Teks: Yusran Hakim