Toyota Luncurkan All New Alphard Hybrid di GIIAS 2023

Diluncurkan secara resmi di ajang pameran GIIAS 2023, Toyota All-New Alphard yang kini mengusung platform Toyota New Global Architecture (TNGA) menawarkan hospitality dan kenyamanan berkendara jauh lebih baik, terlebih dikombinasikan pula dengan teknologi ramah lingkungan Hybrid EV.

BestCar Indonesia – PT Toyota-Astra Motor (TAM) secara resmi meluncurkan All New Alphard di pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 di ICE BSD City, Tangerang, Banten, pada 10–20 Agustus 2023. Lewat advanced platform yang diadopsi, All New Alphard diklaim memiliki kualitas berkendara yang jauh lebih tinggi, diperkuat sentuhan teknologi modern sehingga mampu beradaptasi di jalan Indonesia.

Ditawarkan dalam 4 pilihan tipe, mulai dari basic model 2.5 X, 2.5 G, dan 2.5 HV, Premium Luxury MPV ini menghadirkan fitur-fitur baru yang tidak hanya meningkatkan kenyamanan, namun juga memberikan peace of mind kepada penumpang. All New Alphard memiliki opsi Hybrid Electric Vehicle (HEV) dengan efisiensi mesin tinggi, powerful, dan low emission sebagai bagian dari langkah penyediaan carbon-neutral mobility dariToyota.

“Toyota Alphard telah menjadi pemimpin pasar di kelasnya sejak datang ke Indonesia di tahun 2008 sampai kini. Pengalaman melayani pelanggan selama 15 tahun, membuat Premium Luxury MPV ini terus menjalani continuous improvement sehingga dicintai dan dihargai oleh banyak orang. Sekarang, All New Alphard hadir dengan penampilan yang lebih bermartabat dan canggih, memberikan hospitality dan kemewahan sejak pelanggan masuk ke dalam mobil, terintegrasi dengan teknologi elektrifikasi untuk menjamin mobilitas paripurna yang ramah lingkungan, dan lebih aman berkat teknologi Toyota Safety Sense dan pembaruan telematika T Intouch,” papar President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Hiroyuki Ueda.

Toyota Alphard mendominasi segmen Premium Luxury MPV di Indonesia, di mana tahun 2022 lalu market share-nya mencapai 85%. Toyota berkomitmen untuk terus menghadirkan Mobility for All yang sesuai kebutuhan pelanggan, sekaligus melengkapi line-up kendaraan elektrifikasi (xEV) Toyota pada segmen kendaraan mewah untuk memperluas jangkauan carbon neutral mobility di masyarakat.          

Dengan semangat continuous improvement, All New Alphard memperoleh begitu banyak sentuhan inovasi, sehingga tidak hanya memberikan kenyamanan berkendara terbaik, MPV ini juga memperkuat positioning-nya di segmen luxury vehicle yang sangat eksklusif. Sebagai benchmark, All New Alphard ditargetkan untuk memberikan kenyamanan dan pengalaman berkendara yang high quality setara Premium Luxury Sedan, bahkan melampauinya dengan meningkatkan value yang hanya dimiliki oleh MPV mewah.

Mengusung tema ‘The Joy of Comfortable Mobility’ menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA), target pengurangan noise vibration harsh (NVH) yang tinggi merupakan mandatory untuk menjamin kualitas berkendara terbaik di kelasnya. Aplikasi peredam kejut yang secara mekanis menyesuaikan gaya redam berdasarkan frekuensi getaran yang ditransmisikan dari permukaan jalan, memberikan keuntungan ganda berupa kemampuan manuver dan stabilitas yang unggul, serta menyerap getaran kecil yang tidak diinginkan dari permukaan jalan. Atensi pada detail yang kompleks ini sanggup meredam getaran sekitar 30% dibandingkan pendahulunya.  

Tantangan aerodinamika ditemui saat ingin mengurangi kebisingan dari permukaan jalan dan gerakan mobil dari terpaan angin mengingat posturnya yang besar dan mengotak khas Boxy MPV. All New Alphard menggunakan ban low noise dan menambah bahan peredam suara di kap mesin untuk mengurangi noise. Toyota juga mengoptimalkan bentuk kap mesin, kaca spion, dan pilar A, serta penambahan sirip di beberapa sudut supaya angin dapat mengalir dengan smooth. Dengan menekan kebisingan sebaik mungkin dan menetapkan frekuensi gelombang suara yang seimbang, interior MPV ini menjanjikan ketenangan yang luar biasa.

Gerakan naik-turun yang terjadi pada roda depan dan belakang ketika melewati jalan pegunungan, ditekan dengan Body Pitching Control sehingga gerakan mobil lebih tenang dan halus. Sementara terpaan angin kencang dari samping mobil (crosswind) yang dapat mendorongnya hingga pindah lajur, diatasi oleh fitur S-VSC (Side-Vehicle Stability Control) dengan mengaplikasikan rem depan-belakang dengan tekanan yang berbeda di sisi yang mendapatkan tekanan dari crosswind.

“Salah satu daya tarik utama Toyota Alphard sejak pertama hadir adalah desain luar yang terbilang atraktif untuk sebuah Big MPV. Desain mengotak tidak membuatnya kehilangan kharisma, malah mempertegas status sosial pemiliknya. Dengan tema desain eksterior Forceful x IMPACT LUXURY dengan postur yang tangguh dan solid, membuat model ini menciptakan kesan bertenaga seolah-olah mobil melaju ke depan yang ikut dipertegas pada bagian depan bergaya reverse slant face berpenampilan agresif. Membentang dari depan ke belakang, sisi samping menampilkan ketidakteraturan dinamis yang membangkitkan kekuatan All New Alphard,” jelas Vice President PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

Memberikan akses pengembangan kabin lebih lanjut, dimensi Premium Luxury MPV ini ikut berubah. Panjangnya mencapai 5.010mm, lebar 1.850mm, tinggi 1.945mm, dan wheelbase 3.000mm. Artinya, All New Alphard lebih panjang 50mm dan lebih rendah 10mm dari pendahulunya untuk meningkatkan kestabilan manuver dan kabin yang lebih spacious.

Jarak sandaran seluruh baris bangku kini 2.205mm dari sebelumnya 2.195mm, sehingga menambah ruang kaki penumpang, dimana jarak sandaran bangku baris ke-1 dan ke-2 mencapai 1.315mm dari sebelumnya 1.310mm. Bangku tengah dapat digeser sejauh 500mm untuk memberikan kebebasan mengatur posisi duduk penumpang. Celah antara executive power seat kiri dan kanan juga ditingkatkan menjadi 175 mm untuk memudahkan akses ke bangku belakang.

Konsep Hospitality diperlihatkan oleh beberapa sentuhan yang memberikan pengalaman berkesan, mulai dari masuk-keluar kendaraan hingga dalam perjalanan sendiri. Toyota berkomitmen untuk mengembangkan berbagai fitur yang menghadirkan keramahan dan kenyamanan, seperti Universal Steps di kedua pintu geser kanan dan kiri yang memudahkan akses anak kecil dan orang tua.

Saat pintu terbuka, sebuah footstep keluar sekitar 220mm di atas tanah, memberikan pijakan pertama yang lebih rendah dari lantai mobil untuk masuk dan keluar penumpang. Long assist grips dirancang agar mudah dipegang oleh penumpang segala usia, yang juga ditempatkan di pilar C dan di kedua sisi atap untuk memastikan pergerakan penumpang yang effortless.

Penumpang yang duduk di bangku tengah dan belakang All New Alphard menginginkan atmosfer kabin yang teduh, tenang, dan memberikan peace of mind. Ceiling storage dipasang memanjang di tengah dari bangku baris ke-2 ke belakang, ditambah kehadiran Rear Seat Entertainment (RSE) 14 inci untuk masing-masing baris bangku dan lighting system yang mengelilingi ceiling storage dan bisa diatur sesuai mood penumpang.

Uniknya, moon roof juga dipasang memanjang ke belakang di sisi kiri-kanan ceiling storage yang memberikan kebebasan kepada masing-masing penumpang untuk menikmati pemandangan langit atau menutupnya supaya dapat beristirahat dengan tenang. Semakin private dan nyaman, power sunshade dipasang di dalam frame kaca samping yang rapi, memungkinkan penumpang untuk mengurangi panas sinar matahari sambil tetap menikmati pemandangan keluar.

All New Alphard menjadikan kenyamanan bangku tengah sebagai prioritas pengembangan, sehingga kendaraan dapat digunakan sebagai super-luxury mobile office atau private room yang sangat nyaman. Dengan perhatian pada detail yang outstanding, jok didesain ulang untuk memenuhi kebutuhan di atas. Kemudian dilakukan pembenahan, seperti memasang penyangga cushion frame di alas bangku, Low Repulsion Foam Pad pada sandaran, dan anti-vibration rubber bush supaya getaran dan noise tidak diteruskan ke tubuh penumpang.

Panel instrumen di balik kemudi berukuran 12,3 inci Full TFT dan Head Up Display (HUD) di atasnya, High Grade Audio Monitor 14 inci di tengah dashboard, wireless charger, dan Electrostatic Switch di kemudi ada pada semua tipe. Fitur kenyamanan lainnya adalah Power Back Door with Voice Command dan Digital Video Recorder sebagai dashboard camera yang dapat terintegrasi dengan smartphone. Tipe 2.5 HV mendapatkan paddle shift, Detachable Smartphone-like Remote Control, natural leather seat, dan seat massage. Sedangkan, tipe 2.5 G dan 2.5 HV disematkan Captain Seat with Large Headrest and Electric Power, di mana jok tipe 2.5 G dibungkus synthetic leather.

“PT Toyota-Astra Motor (TAM) menargetkan untuk memasarkan setidaknya 30% kendaraan elektrifikasi (xEV) dalam produknya di tahun 2030. Strategi Multi Pathway dijalankan untuk melengkapi jajaran carbon neutral vehicle Toyota, salah satunya adalah All New Alphard 2.5 HV yang menggunakan hybrid engine berkode A25A-FXS dengan kapasitas 2.487cc 4-silinder yang meletupkan tenaga hingga 140kW pada 6.000rpm dan torsi 239Nm pada 4.300–4.500rpm. Mesin ini menggunakan teknologi yang mereduksi ukuran dan berat serta ditingkatkan efisiensinya, sehingga powerful dan hemat bensin, yang kemudian disalurkan lewat transmisi CVT yang smooth dan responsif ke roda depan,” papar Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

Tipe 2.5 X dan 2.5 G dilengkapi gasoline engine berkode 2AR-FE dengan kapasitas 2.494cc 4-silinder dan bertenaga 134kW pada 6.000rpm plus torsi 235Nm pada 4.100rpm yang diteruskan oleh transmisi CVT ke roda depan. Hanya ada 2 pilihan warna All New Alphard, yakni Platinum White Pearl dan Black. Sedangkan untuk interior, tersedia pilihan warna Black untuk diseluruh tipe.

Active Safety Package Toyota Safety Sense (TSS) 3.0 hadir sebagai bentuk perlindungan kepada pengemudi dan membantu mencegah kecelakaan sedini mungkin. Pre Collision System (PCS) mencegah mobil menabrak dari belakang, Dynamic Radar Cruise Control (DRCC)menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan di jalan tol, Lane Departure Assist (LDA) mencegah mobil secara tidak sengaja meninggalkan lajurnya, Lane Tracing Assist (LTA) membantu mobil supaya tetap berada di tengah lajurnya, Adaptive High Beam (AHB) akan menyalakan lampu jauh (high beam) secara otomatis dan beradaptasi saat ada kendaraan lain di depan di malam hari, dan yang paling baru Driver Monitoring System (DMS) untuk menjaga kewaspadaan pengemudi dari risiko mengantuk saat mengemudi mobil.

Teks: Yusran Hakim