Ambil Momentum di GIIAS 2023, Suzuki Berkomitmen Menjadi Perusahaan Lebih Ramah Lingkungan

Hadir di ajang pameran GIIAS 2023 di Hall 9C, ICE BSD City dengan memamerkan 10 lini produk mobil unggulan dan menawarkan beragam aktivitas menarik di booth bertajuk Hybrid World, Suzuki Indonesia mengambil momentum tersebut untuk menampilkan wujud aksi perusahaan yang saling terintegrasi untuk menjadi perusahaan yang lebih ramah lingkungan.

BestCar Indonesia – Menjadi salah satu peserta ajang pameran otomotif terbesar yaitu Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 dengan menghadirkan booth yang bertempat di Hall 9C ICE BSD City, Tangerang Selatan, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengambil momentum untuk menampilkan wujud aksi perusahaan yang saling terintegrasi untuk menjadi perusahaan yang lebih ramah lingkungan.

Target tersebut dapat dicapai tidak hanya melalui beragam lini produk andalan yang ramah lingkungan melalui teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS), namun Suzuki juga menerapkan berbagai proses bisnis yang terus ditingkatkan secara berkesinambungan untuk memberikan dampak yang positif kepada pelanggan dan masyarakat Indonesia secara luas.

Suzuki Indonesia hadir di ajang pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 di Hall 9C, ICE BSD City, Tangerang Selatan selama 10-20 Agustus 2023 dengan memamerkan 10 lini produk mobil unggulan dan menawarkan beragam aktivitas menarik di booth termasuk Mural Car Projection dan 360 Spinner Photobooth, untuk memberikan pengalaman yang seru bagi untuk para pengunjung booth Suzuki Indonesia.

Acara pembukaan GIIAS 2023 dihadiri langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, yang juga turut mengunjungi Booth Suzuki Indonesia Hybrid World yang mengusung tema “New Generation of Urban Mobility” yang berada di Hall 9C, ICE BSD City, Tangerang. Bersama dengan Shingo Sezaki, Presiden Direktur Suzuki Indonesia dan jajaran manajemen Suzuki Indonesia lainnya, Airlangga mengunjungi Suzuki Hybrid World dan menyempatkan diri untuk masuk ke dalam New XL7 Hybrid. Selain itu Airlangga juga berdiskusi mengenai komitmen Suzuki Indonesia terhadap visi pemerataan edukasi teknologi ramah lingkungan lewat penyematan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) pada produk-produk unggulan Suzuki, yaitu New XL7 Hybrid, All New Ertiga Hybrid, serta Grand Vitara.

“Suzuki Indonesia berkomitmen untuk memperkenalkan tidak hanya produk yang bagus tetapi juga realistis, efisien dan bernilai dari sudut pandang pelanggan. Secara paralel, kami juga berkomitmen untuk berkontribusi dalam mengatasi masalah lingkungan di Indonesia dan terus memberikan nilai bagi masyarakat Indonesia,” terang Matsushita Ryohei, 4W Sales & Marketing Director Suzuki Indonesia dalam pidatonya di pembukaan booth Suzuki.

Pemerataan Teknologi Ramah Lingkungan

Sejak tahun 2014, Suzuki telah memulai debut penerapan teknologi ramah lingkungan pada produk terlarisnya di pasar Jepang yaitu melalui penggunaan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). Mengikuti kesuksesan teknologi tersebut, Suzuki turut menghadirkan teknologi SHVS ke produk-produk mobil yang ada di Indonesia secara bertahap, dimulai dari All New Ertiga Hybrid pada tahun 2022, kemudian Grand Vitara pada tahun 2023 dan langsung diikuti dengan New XL7 Hybrid.

Suzuki Indonesia telah memproduksi teknologi SHVS tersebut di pabrik Suzuki Cikarang, dan kedepannya akan terus berupaya menambahkan model dan angka produksi, sehingga dapat lebih mudah menjangkau masyarakat Indonesia secara lebih luas. SHVS menjadi langkah yang bijak yang terus ditawarkan oleh Suzuki karena selain ramah lingkungan, teknologi ini juga mengungguli teknologi lain dari sisi biaya yang lebih murah dan perawatan yang lebih mudah, sehingga cocok dikawinkan dengan kendaraan yang terjangkau serta bernilai tinggi, seperti Suzuki.

Penerapan teknologi SHVS pada mobil penumpang terpopuler Suzuki bertujuan untuk mempercepat pemerataan distribusi mobil lebih ramah lingkungan di Indonesia, sekaligus mengedukasi pelanggan untuk ikut peduli dan menjaga terhadap keberlangsungan lingkungan yang lebih baik. Hingga Juli 2023, Suzuki Indonesia sudah memasarkan produk hybrid-nya hingga 12.457 unit secara nasional, dan 12.448 unit ke 15 negara di dunia.

Identitas Baru yang Lebih Modern

Menyeimbangkan pembaruan era lini produk yang menyematkan teknologi modern dan lebih ramah lingkungan, Suzuki juga menghadirkan penampilan baru bagi para wiraniaga Suzuki yang akan melayani kebutuhan pelanggan secara langsung. Secara bertahap, seluruh wiraniaga Suzuki yang ada di Indonesia akan segera mendapatkan sentuhan seragam baru tersebut.

Pembaruan ini dilakukan agar lebih sesuai dengan konsep modern dan mudah dikenali oleh pelanggan. Seragam wiraniaga Suzuki akan mengadopsi perpaduan warna Navy dan Khaki yang lebih menarik dengan konsep dan bentuk seragam lebih casual dan sporty. Dibuat dengan mengutamakan 3 prinsip dasar yang menjadi citra merek Suzuki di Indonesia yaitu advance, assertive, dan powerful, seragam baru ini diharapkan dapat menunjukkan ketulusan, passion, rasa percaya diri, dan representatif yang lebih baik untuk para wiraniaga dalam memberikan solusi kendaraan terbaik kepada pelanggan.

Program Sosial Terhadap Lingkungan

Melengkapi aksi yang sudah dilakukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, Suzuki juga berkontribusi kepada lingkungan dan masyarakat Indonesia dengan berbagai program sosial. Salah satu kegiatan kepedulian terhadap sosial yang hingga saat ini masih dijalankan adalah program Clean Up The World.

Dalam program Clean Up The World ini, Suzuki mengajak masyarakat dari berbagai kalangan yang bertempat tinggal di wilayah pantai untuk bersama-sama menjaga kebersihan dan mengumpulkan sampah agar tidak mencemari keindahan pantai tersebut.

Selain itu, pada produk mesin tempel kapal (Out Board Motor) yang dipasarkan oleh Suzuki juga dilengkapi dengan perangkat tambahan bernama Micro-plastic Collecting Device yang berfungsi untuk mengambil dan mengumpulkan sampah plastik berukuran kecil pada saat mesin tempel Suzuki dioperasikan di perairan laut.

Terkumpulnya sampah-sampah tersebut tentu dapat mengurangi pencemaran di pantai, dan dengan semakin rutin atau meluasnya pelaksanaan program ini maka Suzuki memiliki bukti andil positif dalam melakukan upaya pelestarian lingkungan. Melalui kampanye yang dijalankan dalam cakupan global ini, Suzuki telah berhasil melibatkan lebih dari 1.300 orang untuk mengumpulkan lebih dari 30 ton material plastik dan akan terus lanjutkan setiap tahun.

“Kami menghadirkan beragam lini produk unggulan, termasuk 3 model hybrid unggulan dari Suzuki. Kami persilakan kepada seluruh pengunjung booth Suzuki untuk melihat-lihat dan mencoba produk kami melalui fasilitas test drive,” tutup Matsushita.

Teks: Yusran Hakim