GIIAS 2023 Resmi Dibuka, Durabilitas Kendaraan Listrik Jadi Sorotan

Menghadirkan merek terbanyak sepanjang penyelenggaraannya dengan total 49 merek kendaraan bermotor, GIIAS tahun ini kembali menyoroti kelebihan, durabilitas dan fitur terkini dari kendaraan listrik, dalam upaya meyakinkan masyarakat untuk mendukung dan mulai beralih ke kendaraan yang ramah lingkungan.

BestCar Indonesia – Penyelenggaraan pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 resmi dibuka pada Kamis (10/08/2023). Mengusung tema Future Now, pameran ke-30 kalinya yang digelar oleh GAIKINDO di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD-City, Kab. Tangerang ini merepresentasikan masa depan industri otomotif Indonesia, dan tahun ini GIIAS akan kembali menyoroti kelebihan, durabilitas dan fitur terkini dari kendaraan listrik, meyakinkan masyarakat untuk mendukung dan mulai beralih ke kendaraan yang ramah lingkungan.

Dibuka secara resmi oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, didampingi oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, keduanya melihat bahwa GIIAS 2023 menjadi momentum keberlanjutan bangkitnya perekonomian nasional melalui sektor otomotif. Dalam pemaparannya di acara pembukaan pameran GIIAS 2023, Airlangga Hartarto mengatakan bahwa Ia mengapresiasi pameran GIIAS 2023 yang mengangkat tema Future Now dengan representasi teknologi masa depan ditarik ke masa kini. Apalagi di tengah kondisi perekonomian dunia yang melambat dan membandingkannya dengan kondisi pasar otomotif Indonesia.

“Di tengah perekonomian global yang melambat, Kita bisa lihat China pasar ekspornya turun 14 persen, demikian juga impornya dan Purchasing Manager’s Index turun hingga level di bawah 50. China ini merupakan mitra utama Indonesia, namun Indonesia berhasil tumbuh di luar ekspektasi baik menurut analis atau lembaga. Pertumbuhan pasar kita di kuartal kedua, Indonesia mampu tumbuh sebesar 5,17 persen. Pertumbuhan ini terjadi selama 7 kuartal berturut-turut di atas 5 persen. Sesuai arahan dari presiden, angka target Gross National Income (GMI) perkapita kita berada di angka 5,500 di akhir 2024. Pendukung utamanya dari sektor perdagangan dan backbone-nya dari industri otomotif,” papar Airlangga Hartarto.

Airlangga juga berharap dengan peningkatan sektor industri termasuk di otomotif nasional, bisa memperkuat kondisi pasar Indonesia di mata dunia. Apalagi di pasar otomotif Indonesia banyak yang masuk, termasuk kendaraan listrik. “Saya juga mendengar bahwa banyak merek yang ingin masuk dan kita bisa lihat di pameran GIIAS 2023 ini. Jika dilihat pameran yang sama tahun lalu, transaksinya Rp14,3 triliun yang terdiri dari 26 ribu lebih. Artinya tahun ini Future Now harusnya lebih baik dari tahun kemarin,” tambahnya.

Sepakat dengan apa yang diungkapkan oleh Airlangga Hartarto, Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi juga berharap bahwa industri otomotif Indonesia tetap jadi tulang punggung perekonomian bangsa yang semkain menguat. Apalagi tahun ini merupakan penyelenggaraan pameran otomotif GAIKINDO yang ke-30, sejak pertama kali diinisiasi pada tahun 1986 lalu.

“Sebuah kebanggaan bagi GAIKINDO, di setiap penyelenggaraannya telah menampilkan berbagai capaian, dan karya industri otomotif Indonesia. Tentu saja, seluruh hasil positif yang dicapai industri otomotif Indonesia tidak lepas dari dukungan Pemerintah Republik Indonesia. Kami laporkan bahwa industri otomotif Indonesia berhasil menutup tahun 2022 dengan capaian yang sangat baik, bahkan melebihi capaian sebelum pandemi. Pertumbuhan wholesales kendaraaan pada tahun 2022 naik hingga 18 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Secara global produksi kendaraan bermotor di Indonesia menduduki peringkat ke-11, sementara untuk penjualan domestik Indonesia berada diposisi ke-14 di dunia,” ujar Nangoi dalam opening ceremony GIIAS 2023 pada Kamis (10/08/2023).

Nangoi menambahkan bahwa industri otomotif Indonesia juga berhasil menggenjot kenaikan ekspor hingga 60 persen, mencapai angka tertinggi lebih dari 470 ribu unit, dan meliputi 93 negara tujuan. Kedepannya, industri otomotif Indonesia berkomitmen untuk terus meningkatkan pasar domestik dan mendorong peluang Indonesia menjadi basis produksi untuk kegiatan ekspor. Industri otomotif Indonesia juga berhasil menarik kenaikan nilai investasi asing sebesar 3,3 persen. Sejumlah lebih dari 1,5 miliar dolar, berada di posisi 11 dari 23 sektor industri di Indonesia.

Banyak hal akan tersaji pada penyelenggaraan pameran GAIKINDO yang ke-30 kalinya ini, di antaranya adalah puluhan kendaraan elektrifikasi yang saat ini menjadi fokus bagi pemerintah Indonesia. GIIAS akan tetap menjadi ajang acuan teknologi otomotif bagi masyarakat dan pencinta otomotif Indonesia. “GIIAS tidak pernah absen menjadi ajang perkenalan industri otomotif, tahun ini pun puluhan inovasi, teknologi kendaraan terbaru termasuk juga dari kendaraan berbasis listrik, hingga kendaraan world premiere akan diluncurkan di GIIAS 2023,” ujar Rizwan Alamsjah, Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran GAIKINDO.

GIIAS 2023 akan terus menjadi ajang untuk memberikan informasi, edukasi, dan pengalaman tentang teknologi otomotif terbaru kepada masyarakat Indonesia khususnya kendaraan bermotor listrik berbasis baterai. ”Di tahun sebelumnya, program EV Test Track GIIAS berada di dalam ruangan untuk menampilkan kelebihan kendaraan bermotor berbasis baterai yang tidak memiliki polusi udara dan suara. Tahun ini kami siapkan di luar ruangan untuk menyoroti durabilitas EV yang tidak kalah dari kendaraan konvensional, dan kali ini pengunjung dapat langsung mengemudikan dan merasakan sendiri durabilitasnya melewati beberapa obstacle khusus yang disediakan,” ungkap Rizwan.

Kemudian area khusus juga telah dipersiapkan untuk mendemonstrasikan fitur-fitur canggih kendaraan listrik, mulai dari fitur auto break assist, hingga fitur auto parking akan dapat dicoba langsung oleh para pengunjung.

          Sebagai pameran berskala internasional, GIIAS juga akan menjadi tempat untuk penyelenggaraan konferensi otomotif tingkat dunia. Tahun ini pada ajang GIIAS 2023 akan menjadi tempat penyelenggaraan the 17th GAIKINDO International Automotive Conference (GIAC) yang diselenggarakan pada Selasa, 15 Agustus 2023. Penyelenggaraan konferensi the 17th GIAC akan mengangkat isu masa depan industri otomotif. Mengusung tema Towards Net Zero Emission Now, GIAC 2023 akan menyoroti perkembangan Teknologi Baterai, Teknologi Manufaktur, Kebijakan Pemerintah, serta Tren Ekonomi Global. GAIKINDO akan mengulas isu terkini industri otomotif Indonesia bersama para pakar nasional dan juga internasional.

”Suatu kebanggaan bagi kami selaku pelaksana, GIIAS adalah sebuah event otomotif internasional yang diperhitungkan tidak hanya lewat peluncuran kendaraan dan teknologi otomotif terkini namun juga menjadi ajang yang mengangkat isu terkini dari industri otomotif lewat penyelenggaraan konferensi internasional, yaitu GIAC,” ujar Sri Vista Limbong, Project Director Seven Event selaku pelaksana GIIAS.

Vista juga menambahkan bahwa selain sebagai tempat penyelenggaraan konferensi internasional, GIIAS juga menyelenggarakan beberapa seminar harian otomotif, yang akan dilaksanakan sebanyak 3 (tiga) kali. Yang pertama pada Rabu (16 Agustus 2023) akan mengangkat tema Implementasi ASEAN MRA untuk meningkatkan Ekspor Produk Otomotif ke Regional ASEAN dan seminar kedua mengambil tema Pengembangan Pasar Domestik “Upaya Untuk Keluar dari Jebakan Volume 1 Juta Unit”. Sedangkan untuk seminar ke-3 akan dilaksanakan pada Jumat (18 Agustus 2023) dengan mengangkat tema Utilization of Renewable Energy Towards Net Zero Emission in 2060.

Hadirkan Merek Terbanyak Sepanjang Penyelenggaraan GIIAS

Pameran GAIKINDO International Auto Show (GIIAS) 2023 yang ke-30 merupakan pameran yang special, karena menghadirkan merek kendaraan bermotor terbanyak dalam kurun waktu 8 tahun terakhir serta banyaknya peluncuran model dan teknologi terbaru yang dijanjikan para peserta.

Hari pertama GIIAS 2023, puluhan peluncuran model dan teknologi baru berlangsung, mulai dari peluncuran Indonesian PremiereAsian Premiere, hingga World Premiere dari total ada 49 Merek kendaraan penumpang dan komersial yang di antaranya akan membawa kendaraan baru masing-masing, yaitu: Audi, BMW, Chery, Citroen, Daihatsu, DFSK, GWM Tank, Haval, Honda, Hyundai, KIA, Lexus, Maxus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Ora, Porsche, Seres, Subaru, Suzuki, Toyota, Volkswagen, Volvo, Wuling. Selain itu ada 5 merek dari kendaraan komersial yang hadir, yaitu Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Toyota Komersial, UD Trucks.

Tentu saja tak ketinggalan15 merek dari kendaraan roda dua, yang terdiri dari Alva, Aprilia, Astra Honda Motor, Benelli, Exotic, Harley-Davidson, Ion Mobility, Keeway, Motoguzzi, Pacific, Piaggio, Polytron, Royal EnfieldSegway, dan Vespa. Selain kendaraan penumpang, kendaraan komersial, dan kendaraan roda dua, 3 merek Karoseri juga hadir pada GIIAS 2023, yakni Adiputro, Laksana, dan Tentrem. Lebih dari 100 merek peserta dari industri pendukung juga akan unjuk gigi dalam penyelenggaraan GIIAS 2023.

Tahun ini pengunjung juga memiliki kemudahan untuk mengamankan tiket masuk GIIAS 2023 lebih dahulu lewat pembelian tiket secara online yang tersedia di aplikasi Auto360. Lewat aplikasi Auto360, pengunjung sudah dapat membeli tiket masuk GIIAS untuk hari weekdays maupun weekend, dengan harga sebagai berikut: untuk pembelian tiket secara online GIIAS 2023 pada saat weekdays (Senin-Jumat) adalah 50.000 rupiah, pada weekend (Sabtu-Minggu) seharga 100.000 rupiah. Namun khusus pada tanggal 17 Agustus 2023, tiket GIIAS 2023 dijual secara online seharga Rp 78.000,-.

Dengan membeli tiket masuk GIIAS 2023 secara online, pengunjung akan mendapatkan berbagai kemudahan, di antaranya adalah waktu transaksi yang lebih fleksibel dan dapat pesan tiket dari jauh hari sebelumnya, kemudian juga keamanan bertransaksi yang terjamin, berbagai pilihan metode pembayaran, bebas antrean, dan yang juga penting adalah para pengunjung dapat menikmati berbagai promo menarik seperti harga tiket online spesial hari kemerdekaan Republik Indonesia, tiket GIIAS 2023 dijual secara online seharga 78.000 rupiah.

”Kami sangat menyarankan pengunjung untuk memanfaatkan berbagai penawaran spesial dan kemudahan yang didapatkan dengan melakukan pembelian tiket masuk GIIAS 2023 secara online di aplikasi Auto360 sebelum datang ke pameran, agar dapat menikmati pameran dengan aman dan nyaman tanpa harus mengantri tiket sebelum masuk,” tutur Vista.

GIIAS 2023 juga menyediakan penjualan tiket masuk secara onsite pada area pameran dengan harga weekdays (Senin-Jumat) Rp 70.000,- dan weekends (Sabtu-Minggu) serta tanggal 17 Agustus 2023 seharga Rp 120.000,-.

Rangkaian pameran GIIAS 2023 The Series akan berlangsung pada empat kota di pulau Jawa, GIIAS Tangerang, 10 – 20 Agustus 2023 mengambil tempat di ICE – BSD City. Kemudian dilanjutkan berturut-turut penyelenggaraan GIIAS di Surabaya pada 20 – 24 September 2023, di Grand City Convex, Semarang pada 18 – 22 Oktober 2023, di Marina Convention Center, dan ditutup dengan pelaksanaan GIIAS dikota baru, GIIAS Bandung pada 22 – 26 November 2023, di Sudirman Grand Ballroom.

Teks: Yusran Hakim