Ini Dia Susunan Tim Mitsubishi RALLIART untuk Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023

Seperti tahun lalu, Hiroshi Masuoka dari Mitsubishi Motors akan menjabat sebagai direktur tim, kemudian Chayapon Yotha (Thailand) pereli juara AXCR 2022 dan Rifat Sungkar (Indonesia) juga akan kembali lagi tahun ini, bergabung dengan pereli baru asal Jepang, Katsuhiko Taguchi.

BestCar Indonesia – Mitsubishi Motors Corporation (selanjutnya disebut Mitsubishi Motors) mengumumkan bahwa Tim Mitsubishi RALLIART, yang didukung oleh Mitsubishi Motors, akan kembali berkompetisi di ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023 yang dijadwalkan akan berlangsung pada bulan Agustus tahun ini. Seperti tahun lalu, Hiroshi Masuoka dari Mitsubishi Motors akan menjabat sebagai direktur tim, kemudian Chayapon Yotha (Thailand) pereli juara AXCR 2022 dan Rifat Sungkar (Indonesia) juga akan kembali lagi tahun ini, bergabung dengan pereli baru asal Jepang, Katsuhiko Taguchi.

Tim Mitsubishi RALLIART meraih kemenangan secara keseluruhan tahun lalu dalam keikutsertaan pertamanya di AXCR. Tahun ini, para pereli dan co-driver tim yang akan berusaha untuk meraih kemenangan kedua kalinya secara beruntun adalah:

  • Juara bertahan Chayapon Yotha (Thailand) dan Peerapong Sombutwong (Thailand);
  • Pereli peringkat ke-5 tahun lalu, Rifat Sungkar (Indonesia) dan Chupong Chaiwan (Thailand); serta
  • Duo pereli Jepang, Katsuhiko Taguchi dan Takahiro Yasui.

Ketiga pasangan pereli ini akan mengendarai total tiga unit Triton Group T1, yang merupakan prototipe kendaraan lintas alam. Tim Mitsubishi RALLIART juga akan mengoptimalkan seluruh sumber daya yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan AXCR; TANT SPORT (Thailand), yang memiliki tim, bergabung dengan direktur tim Hiroshi Masuoka, mantan pereli yang dua kali berturut-turut menjuarai Reli Dakar, serta para teknisi Mitsubishi Motors akan mendampingi tim untuk memberikan dukungan teknis.

Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023, yang kini memasuki tahun ke-28, akan dimulai dengan seremonial pada hari Minggu, 13 Agustus, di Pattaya, salah satu lokasi wisata terbaik di Thailand. Reli sesungguhnya akan dimulai pada hari berikutnya, Senin tanggal 14 Agustus 2023, dengan rute ke arah timur, kira-kira sejajar dengan perbatasan Kamboja, memasuki Laos pada hari Kamis tanggal 17 Agustus, dan mencapai tujuan pada hari Sabtu tanggal 19 Agustus.

Selama reli berlangsung, para pereli akan menempuh jarak sekitar 2.000 km, termasuk lebih dari 1.000 km Special Stage. Lintasan tahun ini juga memiliki banyak variasi, termasuk daerah pegunungan, hutan lebat, jalan berlumpur, penyeberangan sungai, dan masih banyak lagi. Lintasan yang sulit ini diharapkan dapat menguji kemampuan handling dan ketahanan mobil reli. Tahun ini, acara ini akan diselenggarakan pada bulan Agustus yang merupakan musim hujan, dan kondisi berlumpur diperkirakan akan lebih parah daripada tahun lalu.

Pada tanggal 19 Juni hingga 23 Juni lalu, Tim Mitsubishi RALLIART telah melakukan uji ketahanan yang ketat terhadap mobil reli Triton, dengan menggambarkan kondisi reli yang sebenarnya, di lintasan off-road di dekat Taman Nasional Khao Yai, di jantung Thailand. Mobil reli Triton yang baru tersebut telah didesain ulang sepenuhnya, termasuk bodi, rangka, sasis, dan mesinnya, sehingga akan meningkatkan potensi kompetitifnya. Keandalan dan daya tahan mobil reli, terutama bodi dan mesinnya, telah diuji dengan mengemudikannya sejauh kurang lebih 800 km selama lima hari uji ketahanan, dan penyesuaian dilakukan untuk persiapan kompetisi yang sebenarnya.

“Berdasarkan kekuatan Triton terbaru, performa handling, stabilitas di jalan yang kasar, dan kenyamanan berkendara semakin ditingkatkan sebagai mobil kompetisi reli. Selain itu, turbocharger telah ditingkatkan untuk meningkatkan respons mesin di seluruh rentang putaran mesin mulai dari RPM rendah hingga tinggi, sehingga menghasilkan mobil reli yang tangguh dan mampu menghadapi segala kondisi jalan,” ujar Hiroshi Masuoka, Direktur Team Mitsubishi RALLIART. “Kami telah melakukan uji ketahanan dengan kondisi lintasan yang lebih sulit daripada kondisi reli yang sebenarnya, namun mobil-mobil yang diuji mampu menempuh jarak sekitar 800 kilometer tanpa ada masalah berarti, yang membuktikan performa di luar ekspektasi kami dan memberikan kepercayaan diri yang tinggi untuk meraih gelar juara kedua kalinya secara berturut-turut,” tambahnya.

Profil Tim Mitsubishi RALLIART

Team Director                : Hiroshi Masuoka (Mitsubishi Motors)

Team Principal               : Chayut Yangpichit (Thailand: TANT SPORT)

Technical Director          : Kopong Amatayakul (Thailand: TANT SPORT)

Technical Support (body, chassis): Noriyoshi Aiba (Mitsubishi Motors);                      (engine): Takashi Shibayama (Mitsubishi Motors)

Drivers and co-drivers:

Chayapon Yotha

Asal: Udon Thani Province, Thailand

Lahir: 16 Agustus 1987 (35)

Karir: Pembalap juara AXCR 2022, yang memimpin Tim Mitsubishi RALLIART meraih kemenangan secara keseluruhan pada saat pertama kali berkompetisi di AXCR dengan mengemudi secara cermat dan tepat. Dia telah memenangkan berbagai balapan sejak tahun 2012, termasuk Thailand Super Series dan RAAT Thailand Endurance Championship International. Pada tahun 2019, ia meraih kemenangan di Supercar GTC Thailand Super Series.

Co-driver: Peerapong Sombutwong (Thailand)

Rifat Sungkar

Asal: Jakarta, Indonesia

Lahir: 22 Oktober 1978 (44)

Karir: Salah satu pembalap terbaik di Indonesia, ia telah memenangkan Kejuaraan Sprint Rally Indonesia pada tahun 1997, menjadi pemenang Kejuaraan Reli Indonesia tiga tahun berturut-turut hingga tahun 2002, dan masih banyak lagi. Pada tahun 2012, ia dinobatkan sebagai brand ambassador untuk PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Pada tahun 2019 dan 2021, ia meraih kemenangan secara keseluruhan di Kejuaraan Sprint Rally Indonesia dengan Mitsubishi Xpander.

Co-driver: Chupong Chaiwan (Thailand)

Katsuhiko Taguchi

Asal: Okayama, Japan

Lahir: 7 Februari 1972 (51)

Karir: Pada usia 18 tahun, ia terjun ke dunia motorsport melalui dirt trial. Saat berusia 20 tahun, ia memenangkan All Japan Dirt Trial Championship yang pertama, yang menunjukkan bakatnya pada usia dini. Sebagai anggota Mitsubishi Motors Works Team, ia mulai berpartisipasi dalam reli di luar negeri seperti World Rally Championship (WRC) sejak usia muda. Pada tahun 1999 dan 2010, ia memenangkan FIA Asia Pacific Rally Championship (APRC). Pada tahun 2007, ia memenangkan Rally Jepang di Grup N.

Co-driver: Takahiro Yasui

Partner companies

Tim Mitsubishi RALLIART berpartisipasi dalam AXCR 2023 dengan dukungan dari perusahaan mitra berikut ini (sesuai urutan abjad).

PerusahaanDukungan
CARROSSER Co., Ltd.Mendukung pengembangan dan penyediaan suspensi depan dan belakang CUSCO, serta LSD depan dan belakang
ENDLESS PROJECT Co., Ltd.Menyuplai kaliper rem ENDLESS, rotor dan bantalan
ENEOS CorporationMenyuplai engine oil
Fortec Motorsport LtdMenyuplai racing coolant, brake fluid
HANKYU HANSHIN EXPRESS Co., Ltd.Mendukung transportasi suku cadang reli khusus ke Thailand
HKS Co., Ltd.Mendukung pengembangan mesin spesifikasi reli
PT PERTAMINASponsor
The Yokohama Rubber Co., Ltd.Menyuplai GEOLANDAR M/T G003 (ban medan lumpur untuk truk pikap)
Mitsubishi Heavy Industries Engine & Turbocharger, Ltd.Menyuplai turbocharger
Work Co., Ltd.Menyuplai competition wheels

Teks: Yusran Hakim