PEVS 2023 Resmi Dibuka, 81 Peserta Adu Setrum

PEVS 2023 dinilai menjadi momentum penting bagi para produsen, pemangku kepentingan, dan masyarakat untuk bersama-sama mengeksplorasi potensi luar biasa yang ditawarkan oleh kendaraan listrik. Konteksnya, kendaraan listrik saat ini tak hanya sebagai solusi mobilitas yang ramah lingkungan, namun juga sebagai salah satu pilar penting dalam mempercepat transisi energi dari konvensional ke listrik.

BestCar Indonesia – Pameran kendaraan listrik PERIKLINDO Electric Vehicle Show (PEVS) 2023 hari ini, Rabu (17/05/2023), resmi dibuka di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta.  Dihadiri pembukaannya oleh Ketua Umum PERIKLINDO Moeldoko; Direktur Sarana Transportasi Jalan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia Danto Restyawan; Presiden Direktur Dyandra Promosindo Ery Erlangga, Direktur Utama Mandiri Tunas Finance Pinohadi G Sumardi, Direktur Retail dan Niaga PT PLN Persero Edi Srimulyanti, President Of Electric Vehicle Association Of Malaysia Dato Dennis Chuah, President Of The Electric Vehicle Association Of The Philippines (EVAP) Rommel Juan, PEVS 2023 akan berlangsung hingga 21 Mei 2023.

PEVS 2023 dinilai menjadi momentum penting bagi para produsen, pemangku kepentingan, dan masyarakat untuk bersama-sama mengeksplorasi potensi luar biasa yang ditawarkan oleh kendaraan listrik. Konteksnya, kendaraan listrik saat ini telah menjadi sorotan utama dalam pergeseran paradigma industri otomotif global. Tidak hanya sebagai solusi mobilitas yang ramah lingkungan, namun juga sebagai salah satu pilar penting dalam mempercepat transisi energi dari konvensional ke listrik.

PEVS 2023 diikuti oleh 81 peserta yang terdiri dari kategori roda empat, roda dua, industri pendukung kendaraan listrik, sponsor, FnB serta supporting partners. Dari sisi kepesertaan merek otomotif, beragam brand roda empat ikut ambil bagia, di antaranya BMW, DFSK, Hyundai, KEVCBU, MAB, MG, Prestige, Seres, serta Wuling. Pada kategori brand roda dua ada Benelli-Keeway, Davigo, BUMN yang menampilkan Gesits, Greentech, Kymco Ionex, Rakata, Saige, Selis, Smart by, Smoot dan Volta.

Sedangkan untuk kategori industri pendukung turut diramaikan oleh ABC Lithium, Advance, Birubatt, FAST, Gotion High-Tech, Gramedia, Honda Power Products Indonesia, Jakarta E-Prix, London Taxi, Motoriz, Musashi, Proteksindo, PMB Toys, SSK, Tanva, Tianneng, Venom, Voltron, Von Dutch, Wallbox, dan Wanhoo.

Deretan kendaraan yang telah diluncurkan pada acara pembukaan adalah PLN: SPKLU Generasi ke-2, pengguna motor listrik maupun konversi bisa melakukan pengisian daya di SPKLU tersebut melalui aplikasi PLN Mobile, MTF. Lalu ada penawaran khusus untuk mobil baru dengan bunga 0% untuk tenor waktu 1 tahun, program bebas mikir asuransi sampai dengan 5 bulan, pemberlakuan admin 1 rupiah untuk customer, dan pemberian emas logam mulia sampai dengan 2 gram untuk para customer Mandiri Tunas Finance.

Sementara itu, dari kendaraan roda empat telah diluncurkan kendaraan listrik keluaran terbaru seperti Wuling Binggo, MAB:PSDB E-Double Cabin, DFSK yang meluncurkan brand Seres berupa mobil mungil “Seres E1”, lalu ada pula MG yang meluncurkan MG4EV, dan KEVCBU KX yang melakukan upgrade series kendaraan listrik yang ramah lingkungan untuk mengurangi jejak karbon dengan memanfaatkan listrik yang canggih. Dengan desain yang futuristik, teknologi canggih, dan keunggulan performa, kendaraan-kendaraan ini akan membawa pengalaman berkendara yang baru dan memberikan solusi berkelanjutan untuk mobilitas masa depan.

Seres E1 yang merupakan brand baru di bawah payung DFSK

PEVS 2023 menampilkan deretan produk inovatif yang membuat kagum, seperti SMOOT yang mempersembahkan Motor Listrik Pintar Tanpa Cas Seri Zuzu, memberikan subsidi perjalanan selama satu tahun hingga 500Km. Lalu ada DAVIGO yang hadir dengan 5 model kendaraan terbaru dengan jarak tempuh 120Km dan subsidi sebesar Rp 4 Juta. Sementara itu, GESITS memikat hati dengan kendaraan RAYA E, menghadirkan pengalaman berkendara nyaman dan ramah lingkungan. Tidak ketinggalan VOLTA, yang menawarkan program cicilan dengan bunga rendah dan kesempatan menarik melalui SEMOLIS (sewa motor listrik) dengan biaya terjangkau. Selain itu, GREENTECH menghadirkan penawaran menarik berupa Free Charging selama 2 Tahun.

Rangkaian peluncuran yang mendebarkan ini hanya sebagian dari beragam aktifitas yang ditawarkan ajang PEVS 2023. Para peserta juga memberikan daya tarik dari masing-masing produknya seperti Selis yang menghadirkan tipe E-Max Long Range, Benelli-Keeway yang meluncurkan skuter listrik dengan tampilan retro “Keeway EV Anne”, SAIGE dengan seri Power Bull, dan Kymco yang menghadirkan 4 varian Ionex, yaitu Agility EV, i One Series (i One Plus dan i One XS) dan Mo One sebagai motor prototype

Selain itu, pengunjung juga dapat merasakan sensasi mengendarai kendaraan listrik melalui program test drive dan ride di dalam ruangan. Program EV Taxi Ride oleh Prestige memberikan pengalaman eksklusif kepada pengunjung untuk menjadi penumpang dalam mobil Tesla, memberikan pengalaman berkendara yang ramah lingkungan.

PEVS 2023 terbuka untuk seluruh masyarakat umum, tiket seharga Rp 50.000 berlaku untuk pengunjung yang hadir pada tanggal 18 hingga 21 Mei (Kamis – Minggu). Sementara tiket Premium Day dibanderol Rp 100.000 pada hari pembukaan pameran (17/05). PEVS 2023 digelar selama pukul 13.00 – 20.00 WIB pada Rabu, 17 Mei 2023, sedangkan untuk hari Kamis-Minggu (18–21 Mei 2023) mulai pukul 10.00 – 20.00 WIB. Bagi pengunjung yang ingin menggunakan fasilitas Shuttle Car PEVS 2023, silakan mengunjungi Mall Senayan City. Tersedia fasilitas tersebut tanpa dikenakan biaya, dengan menggunakan bus listrik dari Mall Senayan City dan menuju JIExpo Kemayoran selama PEVS 2023 berlangsung (17-21 Mei 2023). Untuk pembelian tiket, kunjungi website pevs-id.com atau melalui platform Dyandra Promosindo di dyandratiket.com.

Teks: Yusran Hakim