Resmi Diproduksi Lokal, Suzuki Fronx Dibanderol Rp 259 Juta – Rp 319 Juta

Secara resmi mulai diproduksi oleh melalui PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) secara lokal di pabrik Cikarang, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) secara resmi juga mengumumkan harga Suzuki Fronx mulai dari Rp 259.000.000 hingga Rp 319.900.000 (on-the-road untuk wilayah DKI Jakarta). Harga sangat kompetitif yang membuat Suzuki Fronx siap menjadi pilihan utama konsumen.

BestCar Indonesia – Mengukir sejarah besar di Indonesia dan dunia, Suzuki resmi memproduksi secara lokal model mobil terbaru yaitu Suzuki Fronx melalui PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) dan langsung dipasarkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Indonesia, Rabu (28/05/2025). Bersamaan dengan Product Announcement Ceremony tersebut, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) secara resmi juga mengumumkan harga Suzuki Fronx mulai dari Rp 259.000.000 hingga Rp 319.900.000 (on-the-road untuk wilayah DKI Jakarta). Calon konsumen juga bisa melakukan pemesanan terlebih dahulu melalui beberapa layanan yang dapat dipilih, dan bagi calon konsumen yang melakukan pembelian Suzuki Fronx mulai 28 Mei hingga September 2025, Suzuki memberikan program khusus senilai Rp10.000.000 untuk seluruh varian di seluruh wilayah Indonesia.

Suzuki Fronx merupakan mobil berkapasitas 5 penumpang berdesain SUV Coupe yang mengusung berbagai teknologi mutakhir, termasuk sistem bantuan mengemudi untuk meningkatkan keselamatan pengendara bernama Suzuki Safety Support (SSS), serta mesin hybrid 1.500cc yang menonjolkan efisiensi bahan bakar. Kehadiran Suzuki Fronx turut menambah jajaran lini produk ramah lingkungan Suzuki di Indonesia dengan kemampuan dekarbonisasinya.

Mengutamakan sejumlah keuntungan bagi pelanggan, Suzuki Fronx memiliki ruang kabin lapang, nyaman, dan senyap. Ditunjang dengan kelengkapan perangkat hiburan modern yang dapat terkoneksi dengan smartphone untuk menemani perjalanan secara lebih menyenangkan. Rasa aman bagi seluruh penumpang turut dioptimalkan melalui keberadaan 6 Airbags yang telah menjadi standar di seluruh varian.

Bersamaan dengan Product Announcement Ceremony hari ini, kami juga segera umumkan harga resmi Suzuki Fronx. Mobil ini bukan hanya memiliki harga yang menarik dan bernilai tinggi, namun didukung pula oleh servis gratis (jasa dan parts) hingga 50.000 km atau 30 bulan, warranty, penyebaran jaringan purna jual seperti Bengkel Resmi, serta jaminan ketersediaan spare parts,” papar Dony Saputra, Deputy 4W Sales & Marketing Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales.

Keberadaan 3 varian dengan opsi transmisi berbeda menjadikan strategi harga Suzuki Fronx sangat unik dan kompetitif. SUV bergaya coupe ini menyasar beberapa segmen maupun calon konsumen sekaligus. Sebagai acuan, Suzuki melansir harga untuk wilayah DKI Jakarta seperti berikut:

Model – Varian & TransmisiHarga (OTR DKI Jakarta)
Fronx – GL (M/T)Rp 259.000.000
Fronx – GL (A/T)Rp 271.000.000
Fronx – GX (M/T)Rp 276.000.000
Fronx – GX (A/T)Rp 293.900.000
Fronx – SGX (A/T) Rp 319.900.000
*opsi Two Tone color: tambah Rp2.000.000

Harga penjualan yang kompetitif tersebut semakin menarik dengan penawaran spesial. Bagi calon konsumen yang melakukan pembelian Suzuki Fronx mulai 28 Mei hingga September 2025, Suzuki memberikan program khusus senilai Rp10.000.000 untuk seluruh varian di seluruh wilayah Indonesia.

Selain menawarkan kendaraan bernilai tinggi, Suzuki Fronx juga dilengkapi jaminan purna jual yang menguntungkan. Suzuki memberikan Servis Gratis (meliputi Jasa dan Parts tertentu) hingga 30 bulan/50.000 km, sehingga membantu konsumen mengurangi biaya perawatan. Sebagai tambahan, sistem hybrid SHVS juga mendapatkan warranty hingga 8 tahun/160.000 km untuk memberikan ketenangan dan rasa aman dalam jangka panjang.

Suzuki menyediakan sejumlah cara kepada calon konsumen untuk bisa segera melakukan pemesanan Suzuki Fronx. Antara lain, dengan mengunjungi jaringan outlet dealer resmi Suzuki terdekat yang telah tersebar di 240 lokasi, dan bertanya langsung kepada wiraniaga agar mendapatkan penjelasan lebih lengkap.

Selain itu, mulai awal bulan Juni 2025 Suzuki Fronx juga akan hadir di lebih dari 50 lokasi untuk mempermudah calon konsumen melakukan pemesanan. Semenjak keran pemesanan tersebut dibuka, Suzuki akan segera melakukan pendistribusian unit dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama, agar kepuasan pelanggan tetap terjaga. 

“Semua keunggulan Suzuki Fronx tidak akan sepenuhnya terasa tanpa merasakan pengalaman berkendara secara langsung. Oleh karena itu, kami akan menyiapkan lebih dari 300 unit test drive di seluruh outlet resmi mulai pertengahan Juni. Kami menantikan kehadiran publik untuk mencobanya secara langsung,” tutup Dony. 

Resmi Diproduksi Secara Lokal

Sebagai bagian dari sejarah besar Suzuki di Indonesia, peresmian produksi Suzuki Fronx secara lokal di Jakarta dihadiri oleh prinsipal Suzuki Motor Corporation (SMC) Japan, Pejabat Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Direksi SIM/SIS, pemilik jaringan penjualan, mitra pembiayaan hingga awak Media. Selain menambah pilihan mobil baru bagi masyarakat, Suzuki Indonesia juga menekankan bahwa Suzuki Fronx memiliki peran penting dalam memberi kontribusi nyata bagi industri dan ekosistem otomotif nasional.

“Indonesia selalu menjadi bagian penting bagi Suzuki Global dalam pengembangan teknologi. Kami berkomitmen untuk memberikan kontribusi positif dan signifikan bagi masyarakat Indonesia,” ungkap Minoru Amano, President Director PT Suzuki Indomobil Sales & PT Suzuki Indomobil Motor.

Model terbaru ini memegang peranan penting bagi bisnis Suzuki di berbagai belahan dunia, tidak terkecuali Asia Tenggara. Sebagai salah satu pilar penting dari Suzuki Global, Suzuki Indonesia berperan aktif sebagai produsen sekaligus penyuplai kebutuhan pasar domestik maupun ekspor yang telah menyambut positif dan menantikan keberadaan Suzuki Fronx. 

Berbekal pengalaman memproduksi mobil dan sepeda motor berkualitas tinggi selama lebih dari 50 tahun, Suzuki Indonesia melakukan keseluruhan proses produksi Suzuki Fronx di fasilitas pabrik Suzuki Cikarang, Jawa Barat yang telah berstandar global. Guna meningkatkan kontribusi bagi negara dan ekosistem industri dalam negeri, Suzuki juga menerapkan penggunaan local content melebihi batas Regulasi Kendaraan Rendah Emisi (Low Carbon Emission Vehicle/LCEV) yang sedang dijalankan Pemerintah.

“Suzuki masuk ke Indonesia tahun 1970, dan sejak saat itu telah menginvestasikan lebih dari Rp 22 Triliun untuk pengembangan produk baik roda dua maupun roda empat. Selama lebih dari 50 tahun keberadaan Suzuki di Indonesia, kami telah memproduksi lebih dari 3,2 juta kendaraan roda empat, lebih dari 11,8 juta kendaraan roda dua, baik untuk kebutuhan domestik maupun ekspor,” papar Shodiq Wicaksono, Managing Director PT Suzuki Indomobil Motor (SIM).

Dalam menjalankan aktivitas produksi, lanjut Shodiq, Suzuki Indonesia didukung oleh sekitar 873 vendors atau suppliers baik untuk memenuhi kebutuhan komponen maupun non komponen. “Dari jumlah itu, 443 vendors atau lebih dari 50% adalah PMDN, termasuk 277 UMKM. Saat ini lebih dari 1.650 orang bekerja di pabrik Cikarang, 665 orang di Cikarang Powertrain, 996 orang di Cikarang Assembly,” tambahnya.

Suzuki menjanjikan pengalaman berkendara yang memuaskan melalui kontrol kualitas ketat sejak proses produksi hingga layanan purna jual. Pengawasan kualitas dilakukan sejak pemilihan bahan baku produksi, pembuatan komponen, perakitan, inspeksi akhir, hingga mobil didistribusikan ke tangan konsumen. Sebagai produk buatan dalam negeri, Suzuki memberikan kepastian layanan perawatan kendaraan maupun suku cadang yang terstandarisasi, mudah diakses serta terjangkau.

Menariknya lagi, kehadiran Suzuki Fronx turut menjadi sarana alih pengetahuan bagi tenaga terampil lokal. Pengetahuan tersebut meliputi ilmu dan informasi terkait teknologi, keterampilan individu maupun organisasi, serta perilaku dalam berkendara yang aman. Suzuki yakin kemajuan sumber daya manusia memerlukan wawasan, kesempatan belajar, dan konsistensi penguasaan keterampilan. Keyakinan ini tidak hanya sekadar menjadi angan-angan, namun Suzuki turut mewujudkannya.

Perpaduan kemampuan manufaktur Suzuki menciptakan nilai tambah secara multidimensi. Proses ini melibatkan pengolahan sumber daya alam, inovasi teknologi, serta pengelolaan tenaga kerja yang berujung pada penciptaan produk baru. Bukan hanya perusahaan-perusahaan saja yang akan merasakan manfaatnya, namun berdampak positif pula untuk para kelompok pekerja, lingkungan sosial, hingga pelanggan. Gerakan ini berupaya memberikan efek ganda kepada pertumbuhan ekonomi nasional.

“Hari ini, Suzuki Indonesia dengan bangga akan memperkenalkan produk baru kami: Suzuki Fronx. Ini bukan sekadar mobil baru, ini adalah babak baru bagi Suzuki di Indonesia,” tutup Minoru Amano.

Teks: Yusran Hakim