Diboyong langsung oleh TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) sebagai bagian dari lineup terbarunya, GR Yaris Rally2 menjadi mobil Rally2 pertama yang hadir di negara Asia setelah Jepang, sekaligus menjadi mobil Rally2 pertama milik tim pabrikan di Indonesia yang diharapkan dapat meningkatkan performa TGRI di tengah persaingan rally dan sprint rally yang makin sengit.
BestCar Indonesia – Sebuah kabar gembira datang dari tim TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI). Untuk pertama kalinya, GR Yaris Rally2 hadir di negara Asia (setelah Jepang) yang diboyong oleh TGRI sebagai bagian dari lineup terbarunya. GR Yaris Rally2 sekaligus menjadi Mobil Rally2 pertama milik tim pabrikan di Indonesia yang diharapkan dapat meningkatkan performa TGRI di tengah persaingan rally dan sprint rally yang makin sengit. Pasangan pembalap Ryan Nirwan dan navigator Adi Indiarto bakal tetap berada di dalam kokpit GR Yaris Rally2, dengan target meraih gelar juara nasional.
“Kami sangat bersemangat menerima kehadiran GR Yaris Rally2 yang akan menjadi andalan TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) di ajang kejurnas rally dan sprint rally nasional tahun ini. Dengan spesifikasi Rally2 yang sama dengan mobil peserta senior lainnya, kami berharap TGRI makin kompetitif dengan race car yang lebih powerful supaya dapat berbicara banyak, sehingga lebih percaya diri dalam mengejar target menyandingkan gejar juara nasional rally dan sprint rally 2025,” papar Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Jap Ernando Demily.
Selama berkolaborasi dengan GR Yaris AP4 dalam 3 musim, duo Ryan Nirwan dan Adi Indiarto berhasil meraih gelar Juara Nasional Sprint Rally 2022 dan Juara Kedua Kejurnas Rally 2022. Selanjutnya, TGRI kembali merebut gelar Juara Nasional Sprint Rally 2023. Meskipun penuh tantangan menghadapi para pesaing yang menggunakan mobil balap Kelas Rally2, TGRI sanggup meraih Juara Pertama Kelas H2 Kejuaraan Sprint Rally 2024.
Masih bersama GR Yaris AP4, TGRI telah menabung poin penting dengan merebut Podium Pertama Kejurnas Sprint Rally 2025 Seri ke-2. Menjadi krusial karena seri pertama dibatalkan, sehingga peluang mendulang poin kian ketat. Nantinya bersama GR Yaris Rally2, pereli TGRI akan berlaga di Kelas RC2, naik satu kelas dari sebelumnya Kelas RC3.
GR Yaris Rally2 Jadi Senjata Baru Tim TGRI
Mobil rally yang paling ditunggu di Indonesia akhirnya memperlihatkan sosok utuhnya tahun ini. GR Yaris Rally2 merupakan mobil balap yang bertarung di Kelas WRC2 di kompetisi rally global, dan kini menjadi solusi yang diambil oleh Toyota dalam menghadapi persaingan yang makin ketat di ajang rally dan sprint rally nasional. Sekarang, mobil yang dikembangkan oleh TOYOTA GAZOO Racing World Rally Team (TGR-WRT) ini menjadi andalan terbaru tim TGRI.
Rally2 adalah klasifikasi mobil reli yang mengikuti peraturan yang dibuat oleh Fédération Internationale de l’Automobile (FIA) untuk bersaing dalam kejuaraan reli internasional seperti Kejuaraan Reli Dunia atau World Rally Championship (WRC), kejuaraan regional seperti Asia-Pacific Rally Championship (APRC), dan kejuaraan nasional lainnya. Rally2 menjadi kasta tertinggi ke-2 di bawah Rally1 di ajang WRC.




“Kami bangga Indonesia mendapat kehormatan untuk menjadi negara pertama di Asia yang memiliki GR Yaris Rally2 setelah Jepang. Kehadirannya bukan hanya sebagai mobil balap terbaru TGRI, tetapi sebuah simbol kontribusi Toyota dalam mengembangkan kompetisi motorsport nasional sekaligus implementasi semangat Pushing the Limits for Better milik GAZOO Racing. Kami percaya kedatangan GR Yaris Rally2 tidak hanya akan membuat TGRI semakin kompetitif, tetapi juga menjadi sarana penyebaran joy & excitement of GR serta lebih banyak orang dapat mendukung TGRI dari sisi lintasan balap,” jelas Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Hiroyuki Oide.
Profil dan Spesifikasi GR Yaris Rally2
Berbeda dengan Rally1 yang mengadopsi space frame, mobil Rally2 dikembangkan dari versi produksi massal. Sasis dan mesin mobil Rally2 harus memanfaatkan model produksi dengan volume lebih dari 2.500 unit, dimana tampilan serta desain eksteriornya wajib mencerminkan mobil asli yang menjadi basisnya.

GR Yaris Rally2 mengikuti spesifikasi khusus terkait sasis, output mesin, transmisi, suspensi, dan perlengkapan safety. Tim dan pembalap yang menggunakan ‘jasanya’ juga harus mematuhi standar yang ditetapkan oleh FIA untuk memastikan keamanan semua peserta di lintasan, serta menjaga kompetisi yang adil dan setara.
Sasis
Panjang : 3.995 mm
Lebar : 1.820 mm
Tinggi : Adjustable
Berat : 1.230 kg (termasuk 1 ban serep) sesuai aturan FIA
Konstruksi : Bodi baja dengan roll cage berkekuatan tinggi sesuai aturan FIA
Mesin dan Transmisi
Tipe : 3-silinder segaris turbocharger
Kapasitas : 1.618,2cc
Manajemen mesin : Bosch Motorsport ECU
Transmisi : Sekuensial 5-speed
Diferensial : Limited-slip differential spesifikasi balap
Suspensi, Kemudi, dan Rem
Suspensi depan : MacPherson strut
Suspensi belakang : MacPherson strut
Shock absorbers : REIGER adjustable racing dampers
Kemudi : Hydraulic rack and pinion
Kaliper rem : Kaliper balap 4-piston Alcon
Diameter cakram rem : Gravel 300 mm, Aspal 355 mm dan 300 mm
Kampas rem : ENDLESS racing brake pads
Ban Depan/Belakang : Aspal 235/40 R18, Gravel 205/65 R15
Teks: Yusran Hakim