Mitsubishi Indonesia Bidik 10% Pangsa Pasar Tahun 2025 ini

Optimis hadapi tantangan pasar otomotif Indonesia tahun 2025, MMKSI menargetkan dapat memperoleh pangsa pasar 10% tahun ini. Berbagai strategi, mulai dari meluncurkan model-model baru unggulan, termasuk model yang benar-benar baru pada tahun ini serta penyegaran model untuk New Xpander dan New Xpander Cross pada Mei 2025 ini, mempermudah konsumen dalam proses kepemilikan kendaraan dengan menyediakan berbagai pilihan program penjualan menarik, hingga dukungan program pembiayaan, menjadi senjata MMKSI untuk mencapai target tersebut.

BestCar Indonesia – Untuk tahun 2025, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) telah memproyeksikan penjualan mobil baru sebanyak 900.000 unit. Proyeksi ini menjadi dorongan tersendiri bagi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) untuk mempertahankan eksistensi merek Mitsubishi Motors, dan meningkatkan kualitas serta keandalan pada sisi produk, layanan penjualan, dan purna jual terbaik kepada konsumen di pasar otomotif di Indonesia. Apalagi tahun 2025 juga menandai 55 tahun kehadiran Mitsubishi Motors tumbuh, berkembang, dan berkontribusi bersama masyarakat di Indonesia.

Pada sisi penjualan, MMKSI menargetkan penjualan unit kendaraan tahun 2025 dapat melebihi capaian tahun 2024, dengan pangsa pasar 10%. Untuk mencapai target penjualan dengan pangsa pasar 10% tersebut, MMKSI akan melakukan berbagai strategi dan Upaya. Di antaranya melakukan peluncuran model-model baru unggulan, termasuk model yang benar-benar baru pada tahun ini, mempermudah konsumen dalam proses kepemilikan kendaraan dengan menyediakan berbagai pilihan program penjualan menarik, antara lain seperti, uang muka ringan – bunga ringan – lucky draw, hingga dukungan program pembiayaan. MMKSI bahkan telah meluncurkan penyegaran model untuk New Xpander dan New Xpander Cross di event pada event media gathering, Jumat (16/05/2025).

Selain itu MMKSI akan meningkatkan frekuensi event pameran setiap bulan di berbagai daerah di Indonesia. Bersama diler, MMKSI akan berusaha untuk meningkatkan pembelian kembali dari target konsumen baru maupun konsumen-konsumen loyal model backbone, seperti Xpander, Pajero Sport, Xforce, L300, dan juga Triton. Juga tak ketinggalan untuk menggarap kembali potensi penjualan fleet dengan model-model komersialnya, terutama untuk projek-projek besar.

Sedangkan dari sisi peningkatan pengalaman konsumen, MMKSI memastikan ketersediaan dan keterjangkauan kualitas terbaik di setiap tahap titik interaksi dengan konsumen. Mulai dari layanan pembelian hingga purna jual, baik melalui aktivitas offline – tatap muka, hingga aktivitas berbasis online dan digital secara mulus, sehingga konsumen dapat merasakan manfaat dari kemudahan mendapatkan layanan MMKSI. Kepastian ketersediaan layanan dengan standar Mitsubishi Motors untuk konsumen di seluruh Indonesia juga akan dilanjutkan dengan penambahan 13 jaringan diler menjadi total 188 outlet, yang didukung 29 fasilitas Mitsubishi Bodi & Cat, serta 5 authorized part shop pada akhir tahun fiskal 2025.

Kesemua layanan dan fasilitas yang disediakan MMKSI akan dapat dirasakan dan berjalan maksimal untuk konsumen dengan kualitas humanware yang mumpuni. Untuk itu, MMKSI akan terus meningkatkan kualitas humanware berbasis hasil survey yang dilakukan melalui aspek indeks kepuasan penjualan, indeks kepuasan konsumen, skor loyalitas konsumen, dan juga evaluasi fasilitas diler.

Guna mendukung kualitas hidup pengguna diberbagai aktivitas dan kegiatan dengan memastikan kondisi kendaraan konsumen dalam kondisi baik dengan melakukan perawatan resmi di bengkel resmi Mitsubishi Motors, MMKSI memperkirakan jumlah kedatangan unit untuk melakukan servis di bengkel resmi Mitsubishi Motors (Service Incoming Unit/ SIU) akan terus naik, begitu pula dengan penjualan suku cadang resmi dan juga skor CSI.

Tentu, bukan tanpa dasar jika MMKSI cukup optimis dengan target-targetnya tahun ini. Berkaca pada tahun 2024 yang merupakan tahun penuh tantangan dan kompetisi bagi industri otomotif nasional, termasuk merek Mitsubishi Motors di Indonesia, dengan capaian total penjualan retail hanya 889.680 unit atau turun 10,9% dibandingkan dengan periode sebelumnya tahun 2023. Dalam kondisi seperti itu, pada tahun fiskal 2024 PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) berhasil mencatat penjualan 71.451 unit pada periode April 2024 – Maret 2025, dan menjaga posisi pangsa pasar positif di tiap segmen pasar otomotif Indonesia sebesar 8,2%.

Capaian tersebut terdiri dari penjualan kendaraan penumpang sebanyak 49.559 unit, dan kendaraan niaga ringan sebanyak 21.892 unit dengan rincian sebagai berikut:

KategoriModelFY2024 (April 2024 – Maret 2025)
UnitPangsa PasarSegmen
Kendaraan Penumpang (PC)Xpander18.85323%Small MPV/ Low SUV
Xpander Cross11.495
Xforce7.10814%Small SUV
Pajero Sport12.10040%Medium SUV
Total PC49.5597,6% 
Kendaraan Niaga Ringan (LCV)Triton 4×49.56840%Small Pick-Up 4×4
 L30012.12347%Small Pick-Up 4×2
 Model Lainnya201BEV, mini car, lainnya
Total LCV21.89215% 
Total PC + LCV71.4518.2% 

Sisi purnajual MMKSI juga meraih capaian positif, dimana total kendaraan datang ke diler resmi untuk melakukan servis dan perawatan pada tahun 2024 naik sebesar 3%. Selain itu, pertumbuhan penjualan suku cadang, aksesoris dan genuine part naik sebesar 2% dibandingkan dengan tahun fiskal 2023. Dari sisi skor indeks kepuasan konsumen/Customer Satisfaction Index (CSI), MMKSI menerima peningkatan sebesar 13 poin dari sebelumnya di tahun 2023. Lalu berkat penerapan “Passion to Care’” melalui layanan secara menyeluruh di tahun 2024, Net Promotor Score (NPS) MMKSI naik 22,7 poin dibanding tahun sebelumnya, dengan skor akhir 66,7 poin. Hal tersebut tentunya menjadi motivasi MMKSI untuk terus memperbaiki dan menyempurnakan layanan yang sudah ada.

Dari hasil survei internal yang dilakukan oleh MMKSI pada akhir 2024 terkait persepsi masyarakat terhadap brand Mitsubishi Motors, diketahui bahwa Mitsubishi Motors menjadi salah satu brand yang berada di posisi tiga besar merek teratas yang dipikirkan konsumen Indonesia. Sedangkan dari sisi model kendaraan, semua model Mitsubishi Motors yang dipasarkan di Indonesia berada di posisi tiga besar teratas tiap segmennya, mulai dari segmen small-MPV, small-SUV, Mid–SUV, hingga model-model kendaraan niaga ringan.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada konsumen setia Mitsubishi Motors, rekan media masa nasional, serta seluruh pihak yang telah mendukung proses perkembangan bisnis Mitsubishi Motors di Indonesia, sehingga dapat melewati berbagai tantangan ada di tahun 2024 dan meraih capaian positif. Kami sangat bersemangat tahun ini, dikarenakan 2025 menjadi tahun yang menandai kehadiran Mitsubishi Motors ke-55 tahun, tumbuh berkembang dan berkontribusi kepada masyarakat Indonesia,” ungkap Atsushi Kurita, President Director PT MMKSI dalam event MMKSI Media Gathering di Jakarta, Jumat (16/05/2025).

Pada tahun ini, lanjut Atsushi Kurita, MMKSI juga akan memperkenalkan model baru yang akan menjadi salah satu unggulan Mitsubishi Motors di pasar Indonesia. “Sekaligus pada event ini kami meluncurkan penyegaran model New Xpander dan New Xpander Cross agar tetap aktual dalam mengakomodasi preferensi konsumen. Dengan semangat perayaan ‘Celebrate Every Journey with Mitsubishi Motors’ serta bekal pengalaman panjang dan reputasi sebagai merek yang dapat diandalkan dan dipercaya, kami bertekad untuk terus meningkatkan kualitas produk dan layanan yang khas namun sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat, dapat menemani serta mendukung beragam aktivitas pengguna dalam mengejar cita dan tujuan dalam hidup,” pungkasnya.

Teks: Yusran Hakim