Raih Pangsa Pasar 38,1%, Mitsubishi Fuso Rajai Pasar Kendaraan Niaga Tahun 2024

Mitsubishi Fuso berhasil mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar di segmen kendaraan niaga dengan meraih 38,1% pangsa pasar atau setara dengan 27.683 unit di sepanjang tahun 2024. Kendati kondisi pasar masih mengalami tantangan, tahun 2025 ini Mitsubishi Fuso justru menargetkan pangsa pasar sebesar 40% atau tumbuh sebesar 1,9% di segmen kendaraan niaga. Bagaimana strateginya?

BestCar Indonesia PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso Truck dan Bus Corporation di Indonesia, berhasil mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar di segmen kendaraan niaga dengan meraih 38,1% pangsa pasar atau setara dengan 27.683 unit di di tengah kondisi pasar yang cenderung melemah sepanjang tahun 2024. Kendati kondisi pasar masih mengalami tantangan, tahun 2025 ini Mitsubishi Fuso justru menargetkan pangsa pasar sebesar 40% atau tumbuh sebesar 1,9% di segmen kendaraan niaga pada momentum penting kehadiran Mitsubishi Fuso selama 55 tahun di Indonesia.

Terlepas dari kondisi pasar kendaraan niaga nasional yang mengalami penurunan sekitar 15% — dipicu oleh tahun politik (Pilpres 2024), leasing yang makin selektif, harga komuditas menurun, dan persaingan brand baru segmen kendaraan niaga, Mitsubishi Fuso tetap mampu menjaga stabilitas pangsa pasarnya dengan meraih 38,1% pangsa pasar kendaraan niaga atau setara dengan 27.683 unit. Perolehan market share ini cukup signifikan dibanding dua kompetitor terdekatnya dari brand lain yang masing-masing hanya mencapai pangsa pasar 31,5% dan 23,4%.

Penyumbang terbesar penjualan Mitsubishi Fuso tersebut berasal dari varian Canter di kelas Light Duty Truck (LDT) yang mencatatkan dominasi pasar sebesar 53,1% atau setara dengan 25.219 unit. Sementara itu, Fighter X mencatatkan perolehan pangsa pasar sebesar 13,3% atau sebanyak 2.436 unit di kategori Medium Duty Truck (MDT).

Tidak hanya dari segi penjualan, beragam aktivitas layanan purna jual telah dilakukan oleh Mitsubishi Fuso seperti perluasan layanan After Sales Service yang di antaranya perluasan jaringan diler yang saat ini berjumlah 223 outlet untuk lebih menjangkau konsumen. Selain itu, juga menambah lokasi Bengkel Siaga 24 Jam menjadi 19 lokasi, 5 Service Point, 21 Parts Depo, 135 armada Mobile Workshop Service dan lebih dari 7.000 outlet Spare Parts.  Tidak hanya itu, inovasi digital pun terus diperkenalkan dengan meluncurkan Fuso Spare Parts Official di Shopee, Tokopedia, dan Lazada, serta mengembangkan aplikasi MyFUSO dan Runner Telematics guna memudahkan konsumen mengatur operasional bisnisnya dengan efektif.

Selain tetap mempertahankan posisi sebagai market leader, Mitsubishi Fuso juga meraih berbagai penghargaan bergengsi, seperti Top Brand 100 Award 2025 dan WOW Brand 2025 sebagai Gold Champion, yang semakin mempertegas posisi Mitsubishi Fuso sebagai merek kendaraan niaga terpercaya dan terkemuka di Indonesia.

“Perjalanan Mitsubishi Fuso 55 tahun di Indonesia menjadi sebuah milestones bersejarah bagi kami, dan kami sangat bangga bisa tetap mempertahankan Mitsubishi FUSO sebagai market leader 2024 di tengah kondisi pasar yang cukup menantang. Tentunya ini memotivasi kami untuk siap melaju lebih jauh di tahun 2025, kami sudah menyiapkan berbagai strategi agresif serta line-up terbaru untuk penetrasi pasar kendaraan niaga, termasuk meluncurkan produk baru tahun ini,” ujar Aji Jaya, Sales & Marketing Director PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, dalam acara FUSO Media Gathering 2025 di Jakarta, Jumat (21/03/2025).

Strategi 2025: Optimalkan Zero Down Time

Meski tahun ini kondisi ekonomi masih diwarnai berbagai tantangan, seperti defisit APBN, berbagai pengetatan (efisiensi) di beberapa Kementerian terkait infrastruktur, dan bunga utang luar negeri yang mencapai Rp 800 Triliun, Mitsubishi Fuso tetap melihat tahun 2025 sebagai tahun yang diproyeksikan lebih menjanjikan bagi industri kendaraan niaga. Ini karena industry kendaraan niaga tahun ini masih akan didorong oleh pertumbuhan ekonomi yang stabil, peningkatan aktivitas logistik dan konstruksi, serta permintaan komoditas Indonesia di pasar global.

Karena itu, Mitsubishi Fuso menargetkan pangsa pasar sebesar 40% atau tumbuh sebesar 1,9% di segmen kendaraan niaga di momentum penting yaitu hadirnya Mitsubishi Fuso selama 55 tahun di Indonesia. Dari angka tersebut, segmen Light Duty Truck (LDT) ditargetkan akan tumbuh 1,9% dari 53,1% (2024) menjadi 55% (2025). Sementara segmen Medium Duty Truck (MDT) ditargetkan akan tumbuh 4,7%, dari 13,3% (2024) menjadi 18% (2025). Bahkan di segmen Truk High Duty (TH), tahun ini penjualannya ditargetkan bertumbuh dari 23 unit (2024) menjadi 200 unit.

Mitsubishi Fuso optimis bisa meningkatkan penjualan kendaraan niaga dengan lebih fokus memberikan pelayanan yang berkualitas selayaknya ‘Andalan Bisnis Sejati’. “Andalan Bisnis Sejati akan menjadi kunci bagi Mitsubishi Fuso menuju 55 tahun dengan sukses dan memberikan nilai tambah untuk konsumen! Mitsubishi Fuso telah menyiapkan beberapa program untuk mewujudkan pelayanan terbaik untuk konsumen dimanapun dan kapanpun. Caranya yang pertama, kami akan fokus memperkuat Zero Down Time dengan mengoptimalkan fungsi seluruh fasilitas After Sales Service. Layanan purna jual adalah senjata utama kami untuk memenangkan persaingan,” papar Daisuke Okamoto, Presiden Direktur PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors, Dalam sambutannya di acara yang sama.

Kedua, lanjut Okamoto san, Mitsubishi Fuso akan memberikan pelayanan penuh layaknya seorang Konsultan Bisnis Konsumen yang turut mendampingi kesuksesan bisnis mereka dari awal hingga akhir dengan profesional. “Dan Ketiga, kami akan memberikan pengalaman berbisnis dengan Nilai Masa Guna Terbaik dengan menyediakan solusi yang bisa disesuaikan dengan karakter, area, dan bisnis konsumen untuk meningkatkan kinerja bisnis mereka,” tandasnya.

Itu artinya, dalam menyongsong tahun 2025 ini Mitsubishi Fuso tidak hanya akan bergerak agresif dalam menerapkan strategi penjualan yang inovatif, tetapi juga memastikan seluruh konsumen mendapatkan pengalaman berbisnis yang menguntungkan bagi mereka. Pada kesempatan tersebut, Mitsubishi Fuso juga meluncurkan logo perayaan 55Tahun kiprahnya di Indonesia. Logo yang mengandung simbol infinity (tak terbatas) berwarna emas tersebut, melambangkan pelayanan yang tidak akan pernah putus dari hulu hingga ke hilir untuk seluruh konsumennya.

Teks: Yusran Hakim