Kehadiran konsep mobil listrik Suzuki eWX di Indonesia menjadi debut perdana di Asia Tenggara, sekaligus menegaskan perannya sebagai bagian integral dari strategi multi-pathway Suzuki dalam mewujudkan netralitas karbon.
BestCar Indonesia – Mengukuhkan komitmennya terhadap masa depan mobilitas berkelanjutan, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memperkenalkan konsep mobil listrik terbaru, eWX, di ajang pameran otomotif bergengsi Indonesia International Motor Show (IIMS) 2025 yang berlangsung 13 – 23 Februari 2025 di Hall A JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Kehadiran eWX di Indonesia menjadi debut perdana di Asia Tenggara, sekaligus menegaskan perannya sebagai bagian integral dari strategi multi-pathway Suzuki dalam mewujudkan netralitas karbon.
Suzuki menjadikan debut eWX di Indonesia sebagai tonggak penting dalam pengembangan portofolio kendaraan listriknya. Dengan berbagai inovasi teknologi, eWX diyakini akan menjadi daya tarik utama di IIMS 2025, memberikan perspektif baru tentang bagaimana Suzuki merancang kendaraan listrik yang lebih berkelanjutan, efisien, dan adaptif terhadap kebutuhan mobilitas modern.
“Suzuki secara global terus mengembangkan solusi mobilitas rendah emisi dengan mengedepankan efisiensi dan kenyamanan. eWX merupakan manifestasi dari visi Suzuki dalam menciptakan kendaraan listrik yang tidak hanya berkelanjutan tetapi juga fungsional, hemat energi, serta memberikan pengalaman berkendara menyenangkan. Tujuan kami menampilkan eWX di Indonesia, kami ingin masyarakat lebih memahami bagaimana Suzuki berkontribusi dalam menciptakan solusi mobilitas lebih hijau dan dapat diakses oleh banyak orang,” papar Minoru Amano, President Director PT Suzuki Indomobil Sales ketika menyampaikan sambutannya di booth Suzuki Indonesia di ajang IIMS 2025, Kamis (13/02/2025).

Seperti diketahui, strategi multi-pathway Suzuki merupakan pendekatan holistik dalam mencapai netralitas karbon dengan menghadirkan beragam teknologi ramah lingkungan, mulai dari kendaraan listrik berbasis baterai (BEV), hybrid, hingga pengembangan bahan bakar alternatif. Suzuki memahami bahwa transisi menuju mobilitas rendah emisi tidak dapat dilakukan dengan satu pendekatan tunggal. Oleh karena itu, Suzuki menghadirkan berbagai solusi yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar dan infrastruktur masing-masing negara, memungkinkan pelanggan menikmati kendaraan yang efisien, terjangkau, serta relevan dengan kondisi lokal.
Suzuki Indonesia sendiri meyakini pentingnya pengembangan serta roadmap kendaraan ramah lingkungan. Kehadiran 3 model hybrid Suzuki sebagai bagian dari program Low Carbon Emission Vehicle juga menjadi andalan di pasar otomotif Indonesia. Mengikuti model-model tersebut, prinsipal Suzuki kini tengah mengembangkan BEV sebagai alternatif lain, yang termasuk dalam salah satu strategi Suzuki global.


Suzuki eWX mengusung filosofi design Simple, Lighthearted and Fresh yang memadukan estetika minimalis dengan sentuhan ekspresif, menghadirkan kesan dinamis, modern, sekaligus menyenangkan. Garis eksterior tegas dan aerodinamis dipadukan dengan pencahayaan LED horizontal canggih, menciptakan tampilan futuristik serta tetap selaras dengan estetika perkotaan. Suzuki merancang interior eWX secara ergonomis untuk memberikan kenyamanan maksimal, memastikan pengalaman berkendara yang intuitif dan menyenangkan dalam berbagai kondisi.
Sebagai konsep mobil listrik, eWX mengusung dimensi ideal untuk mobilitas perkotaan. Memiliki panjang 3.395mm, lebar 1.475mm, dan tinggi 1.620mm, kendaraan ini menawarkan keseimbangan antara kelincahan dan kenyamanan. Dari segi performa, eWX mampu menempuh jarak hingga 230 km dalam sekali pengisian daya, menjadikannya solusi ideal untuk mobilitas harian bebas emisi. Suzuki juga melengkapi eWX dengan sistem penggerak listrik yang memberikan akselerasi responsif serta efisiensi daya optimal.
“Kami yakin masyarakat Indonesia semakin siap untuk mengadopsi mobilitas yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan. Kehadiran eWX merupakan eksplorasi Suzuki terhadap solusi kendaraan listrik yang lebih relevan, terjangkau, dan dapat diakses oleh lebih banyak konsumen di masa depan,” pungkas Amano.
Teks: Yusran Hakim