Wuling Luncurkan Almaz Hybrid dengan Harga ‘Hanya’ Rp 470 Juta

Ditawarkan hanya dalam satu varian dengan banderol Rp 470 juta (OTR, Jakarta) – tercatat paling murah dibandingkan para kompetitornya di pasar electric vehicle (EV) nasional – Almaz Hybrid mengusung sederet teknologi modern yang terdiri dari Advanced Driver Assistance System (ADAS), Internet of Vehicle (IoV), dan Wuling Indonesian Command (WIND), menjadikan SUV terbaru ini sebagai lini produk yang paling lengkap inovasinya dalam keluarga Almaz.

BestCar Indonesia – Setelah sempat dipamerkan dalam ajang Indonesia Electric Motor Show (IEMS) pada akhir September 2022 lalu, Wuling Motors (Wuling) akhirnya secara resmi meluncurkan kendaraan hybrid pertamanya di Indonesia, Almaz Hybrid, di Jakarta International E-Prix Circuit Ancol, Kamis (03/11/2022). Ditawarkan hanya dalam satu varian dengan banderol Rp 470 juta (OTR, Jakarta) – tercatat paling murah dibandingkan para kompetitornya di pasar electric vehicle (EV) nasional – Almaz Hybrid mengusung sederet teknologi modern yang terdiri dari Advanced Driver Assistance System (ADAS), Internet of Vehicle (IoV), dan Wuling Indonesian Command (WIND), menjadikan SUV terbaru ini sebagai lini produk yang paling lengkap inovasinya dalam keluarga Almaz.

Apa yang membuat Wuling memutuskan masuk ke pasar kendaraan hybrid (hibrida) justru ketika produk kendaraan fully electric-nya yang diwakili Air ev telah lebih dulu beredar dan memperoleh respon sangat baik?

“Dengan kesuksesan yang diraih oleh Air ev sebagai solusi mobilitas modern, kami pun semakin terdorong untuk memperkuat komitmen dalam menghadirkan kendaraan yang rendah emisi. Kali ini, kami juga menambahkan aspek performa yang hadir melalui inovasi hybrid ini. Perpaduan antara performa yang bertenaga, fuel efficiency, dan mobilitas ramah lingkungan, kami wujudkan melalui Almaz Hybrid. Ini adalah kombinasi yang sempurna untuk menghadirkan sensasi berkendara yang exciting, sehingga bisa menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Almaz Hybrid juga merupakan bukti komitmen Wuling untuk memberikan yang terbaik bagi Indonesia,” ujar Arif Pramadana, Vice President Wuling Motors.

Pertama kali diluncurkan pada tahun 2019, Wuling Almaz mencuri perhatian pasar lewat inovasi perintah suara berbahasa Indonesia WIND (Wuling Indonesian Command) yang membuat masyarakat familiar dengan ‘Halo Wuling’. Almaz selanjutnya muncul dengan inovasi teknologi Internet of Vehicle (IoV) dan Advanced Driver Assistance System (ADAS) pada tahun 2021. Teknologi ini terdiri dari 4 kategori fungsi, yaitu Adaptive Cruise, Lane Recognition, Safe Distance and Braking Assistance, dan Automatic Light dengan total 12 fitur yang mendukung keselamatan dalam berkendara ini menjadikan Almaz RS menyandang gelar ‘The First Leading Intelligent Digital Car’. Kemudian pada tahun ini, Wuling menghadirkan inovasi hybrid melalui Almaz Hybrid yang menjadikannya sebagai kasta tertinggi dari keluarga Almaz.

Almaz Hybrid mengusung mesin bensin 2.0-liter yang mampu meletupkan tenaga hingga 123hp dan torsi 168Nm. Mesin konvensional berpembakaran dalam (Internal Combustion Engine/ICE) ini dikombinasikan dengan motor listrik yang berkompetensi 174hp dan torsi 320Nm, serta didukung baterai berkapasitas 1,8 kWh. Perpaduan ini menghasilkan emisi yang lebih rendah serta meningkatkan efisiensi bahan bakar serta menyajikan performa berkendara yang mengesankan.

Bukan cuma itu, Wuling juga mengaplikasi teknologi Dedicated Hybrid Transmission (DHT) yang dikembangkan khusus untuk membagi output daya baik dari mesin bensin maupun motor listrik ke roda depan Almaz Hybrid secara cepat dan tanpa jeda. Wuling Almaz Hybrid mengaplikasikan Multi-mode Hybrid Performance yang dengan pilihan tiga mode berkendara; EV Mode, Series Hybrid, dan Parallel Hybrid, yang diatur melalui sistem cerdas kendaraan.

Pada EV Mode, roda digerakkan oleh motor listrik yang mengambil energi listrik dari baterai Ternary Lithium. Sementara dalam mode Series Hybrid, roda tetap digerakkan oleh motor listrik namun mesin bensin beroperasi mengisi daya listrik pada baterai melalui motor generator. Performa maksimal dihasilkan pada mode Hybrid Parallel, dimana mesin bensin dan motor listrik beroperasi untuk menghasilkan daya penggerak roda secara bersamaan. Sistem ini bekerja secara otomatis dengan menyesuaikan kondisi baterai, kebutuhan daya, serta kondisi jalan.

Dari sisi penampilan, baik eksterior maupun interior, Wuling Almaz Hybrid tak banyak berbeda dengan pendahulunya. Wuling sedikit memberi pembaharuan di area interior Almaz Hybrid, yang kini lebih menonjolkan kesan premium dan berkelas berkat penggunaan nuansa Warm Beige. Di bagian atap kabinnya tersemat Panoramic Sunroof yang luas, dengan seluruh kursi dalam balutan bahan kulit berwarna Warm Beige.

Di bagian luar, desain eksteriornya tetap sporty dan dinamis. Dibanding pendahulunya, eksterior Almaz Hybrid diberi sedikit perbedaan lewat Prominent Hybrid Emblem, Dynamic Blue Lines, dan juga velg Alloy berukuran 18inci. Tercatat ada empat pilihan warna yang ditawarkan oleh Wuling, antara lain Starry Black, Pristine White, Aurora Silver, dan Carnelian Red.

Terkait layanan purna jual dari Almaz Hybrid, Wuling menyediakan garansi umum kendaraan 3 tahun atau 100.000 kilometer, garansi baterai 8 tahun atau 120.000 kilometer seperti yang diberlakukan juga pada Wuling Air ev, garansi komponen utama motor listrik 3 tahun atau 60.000 kilometer, dan garansi transmisi DHT 5 tahun atau 100.000 kilometer. Tentunya dengan syarat dan ketentuan berlaku.

 

Teks: Yusran Hakim

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *