Toyota All New Vios dengan Platform Daihatsu Resmi Mengaspal di Indonesia

Mengusung platform baru dari Daihatsu (Daihatsu New Global Architecture/DNGA), sedan Vios generasi ke-4 yang kini tampil dengan transformasi desain serta fitur-fitur advance sedan kelas atas ditawarkan dalam 2 varian (G dan E) dan 5 tipe dengan banderol mulai dari Rp 314,9 juta hingga Rp 369,9 juta.

BestCar Indonesia PT Toyota-Astra Motor (TAM) secara resmi memasarkan Toyota All New Vios untuk mengisi pasar sedan sub compact atau B-segment Class nasional, Rabu (12/10/2022). Mengusung platform baru dari Daihatsu (Daihatsu New Global Architecture/DNGA), sedan Vios generasi ke-4 kini tampil lebih elegant dan powerful dengan fastback silhouette pada desain eksterior dan interior yang semakin berkelas. Ditawarkan dalam 2 varian (G dan E) dan 5 tipe dengan banderol mulai dari Rp 314,9 juta hingga Rp 369,9 juta, All New Vios kini dilengkapi sederet fitur baru yang lebih lengkap dan advance, termasuk fitur berteknologi tinggi Toyota Safety Sense (TSS).

Seperti diketahui, Toyota Vios pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2003 untuk menggantikan Toyota Soluna yang telah lebih dahulu disukai oleh pelanggan dalam mengisi pasar sedan sub compact atau B-segment Class. Seiring dengan kebutuhan pelanggan dan trend yang terus berkembang, Vios terus dikembangkan hingga melahirkan empat generasi. Dalam perjalanannya, Toyota Vios generasi pertama berhasil memenuhi harapan pelanggan sehingga dilanjutkan oleh generasi kedua tahun 2007 dan generasi ketiga tahun 2013. Seluruh generasi sedan Vios berhasil memikat masyarakat menengah perkotaan yang membutuhkan solusi mobilitas yang bergengsi, nyaman, dan fungsional dengan harga kompetitif.

“Sebagai mobil sedan yang telah menemani masyarakat Indonesia selama hampir 20 tahun, Vios telah menjadi brand penting bagi Toyota. Kami bersyukur mobil sedan yang dikenal memiliki quality, durability, dan reliability yang tinggi ini mendapatkan penerimaan yang sangat baik di seluruh dunia. Bahkan di Indonesia sendiri, Vios tampil sebagai market leader di segmennya. Secara total, sejak diperkenalkan tahun 2003 lalu, Vios telah membukukan penjualan retail lebih dari 130.000 unit. Sebagai bentuk apresiasi, hari ini kami hadirkan All New Vios dengan platform baru dan all new design pada seluruh aspek eksterior dan interior, serta peningkatan safety feature dan tambahan advance teknologi baru yang merupakan bentuk apresiasi terhadap pelanggan agar bisa merasakan cita rasa dan pengalaman berkendara sedan kelas atas pada sebuah entry sedan,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

Hadirnya All New Vios juga untuk makin memperkuat segmen Toyota sekaligus menggairahkan pasar otomotif nasional yang masih menunjukkan pertumbuhan penjualan signifikan hingga saat ini. Sepanjang 2022 hingga Agustus total penjualan mobil nasional mencapai 658.000 unit, atau lebih besar dari penjualan 2021 yang mencapai 543.000 unit. Tren penjualan positif tersebut juga mencakup peningkatan penjualan pada pasar sedan yang tumbuh mencapai 4.100 unit pada 2022 dibanding 2021 yang sebesar 3.500 unit.

“Sejak awal, Vios kami kembangkan sebagai sedan yang tangguh dan dapat diandalkan. Seiring berjalannya waktu, kami terus melakukan continuous improvement untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan mobil sedan berkelas yang valuable. Kehadiran All New Vios ini dapat memenuhi ekspektasi pelanggan dengan desain interior dan eksterior yang lebih elegan dan powerfull, serta dilengkapi dengan berbagai macam teknologi, khususnya advanced safety technology, yaitu TSS. Kami harap All New Vios dapat menghadirkan kemudahan, kenyamanan, dan keamanan dalam bermobilitas,” timpal Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

Transformasi Total All New Vios

Pada Vios generasi keempat ini, penggunaan platform baru DNGA memberikan kesempatan kepada Toyota untuk meningkatkan unsur kenyamanan dengan mengubah dimensinya yang kini memiliki panjang 4.410mm, lebar 1.740mm, dan tinggi 1.480mm, dengan jarak sumbu roda (wheelbase) hingga 2.620mm. Dengan dimensi yang lebih lebar 10mm dan lebih rendah 20mm serta wheelbase bertambah 70mm dibanding generasi sebelumnya, All New Vios tetap dapat lincah dalam bermanuver. Bodi All New Vios yang lebih lebar juga menawarkan kenyamanan lebih baik karena kabin menjadi lebih luas.

Visual sebuah sedan modern Toyota bergaya Keen Look yang sporty dan powerful terlihat nyata pada bagian depan All New Vios. Grille trapezoidal ekstra besar mendominasi wajahnya, dengan bilah hitam kokoh dan bergaya tiga dimensi. Di atasnya, terdapat grille tipis melintang yang tampak serasi dengan lampu depan L-shape LED yang diperkuat oleh lekukan kokoh dan aerodinamis, membentuk air dam di sudut bumper depan. Lekukan kokoh terus berlanjut pada kap mesin dan dipertegas oleh garis bahu samping yang maskulin.

Velg alloy 17inci bergaya futuristis tampak mendominasi bagian samping mobil dan posisinya yang mendekati ujung fender, membuat All New Vios tampak powerful dan berwibawa. Kehadiran jendela ketiga di belakang pintu samping (6-light window) untuk menegaskan kabin yang lebih mundur ke belakang dan membuat All New Vios terlihat lebih elegant. Selain itu,  Fastback Style dengan jendela belakang melandai mendekati ujung bagasi memberikan siluet khas sedan mewah. Nuansa sedan yang berkelas terus berlanjut pada desain buritan yang simpel dan modern dengan sentuhan lampu belakang LED L-shape, aksen diffuser, antena shark fin, dan lubang udara mungil di ujung bumper belakang.

Paduan tema desain elegant dan powerful terus berlanjut ke dalam kabin All New Vios. Dominasi warna hitam pada interior membuat kesan berkelas dan nyaman. Desain dashboard baru yang modern menggunakan bahan soft touch yang selaras dengan desain door trim. Pada Vios varian G, penggunaan bahan serupa berlanjut pada panel instrumen, knee pads, serta arm rest di pintu dan konsol tengah.

 

Desain kokpit driver-oriented serta posisi duduk pengemudi yang pas menyediakan visibilitas keluar memadai dan menjaga kenyamanan mobilitas harian. Nuansa sedan berkelas juga dinikmati oleh penumpang belakang yang mendapatkan ruang duduk lebih lapang seperti Medium Sedan, berkat wheelbase ekstra dan atap Fastback Style.

Selain itu, jarak sumbu roda yang semakin jauh juga memastikan penambahan aspek kenyamanan sekaligus memperkuat handling di jalan. Bodi lebih rendah juga memberikan pusat gravitasi lebih baik, untuk meningkatkan kualitas berkendara tanpa mengurangi kenyamanan penumpang karena ruang kepala tetap memadai.

All New Vios kini mengadopsi engine bensin baru 4-silinder berkode 2NR-VE 1.496cc yang tangguh dan andal. Penggunaan teknologi Dual VVT-i yang efisien membuat mesin kompak ini sanggup melontarkan tenaga dan irit bahan bakar di berbagai kondisi jalan dan gaya berkendara. Sebagai catatan, dapur pacu All New Vios menyediakan tenaga 106PS pada 6.000rpm dan torsi 138Nm pada 4.200rpm. Distribusi tenaga ke roda depan disalurkan melalui opsi transmisi manual 5-speed atau CVT.

 

“Trend dan preferensi masyarakat dalam memilih sebuah mobil sebagai partner bermobilitas kini telah berubah. Toyota sebagai perusahaan mobilitas berusaha untuk memenuhi harapan pelanggannya. Bersama dengan tim engineer kami kembangkan All New Vios berdasarkan tiga pilar: Proudful, Comfortable, serta Valuable, namun tetap mempertahankan DNA sedan Vios yang memiliki Quality, Durability, dan Reliability yang tinggi. Oleh karena itu, meskipun All New Vios dilengkapi dengan berbagai teknologi baru dan lebih canggih, All New Vios tetap mempertahankan DNA-nya untuk memberikan nilai lebih bagi pelanggannya. Kami harap All New Vios dapat memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat modern terhadap mobil sedan yang lega dan memberikan kenyamanan dan keamanan lebih bagi seluruh penggunanya,” kata Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Fumitaka Kawashima.

 

Fitur Comfort dan Safety Terbaik di Kelasnya

Untuk makin mewujudkan fun to drive dan kenyamanan berkendara yang semakin kental, pada All New Vios telah disematkan panel instrumen TFT berukuran 7inci dan Digital LED Speedometer yang terlihat menyatu dan modern, serta dilengkapi Multi Information Display (MID) dengan pilihan tampilan antarmuka 4 pattern yang mengikuti selera pengemudi. Sementara, area kokpit driver-oriented memudahkan siapapun yang berada di balik kemudi supaya lebih fokus dalam mengendalikannya.

 

Untuk menambah kenyamanan pengemudi, Electric Parking Brake diaplikasikan pada seluruh grade All New Vios. Selain itu, handling All New Vios varian G yang mantap diperkuat oleh pilihan mode berkendara Eco, Normal, dan Sport lewat tombol di kemudi.

Sistem audio menggunakan layar sentuh 9 inci model floating di tengah dashboard, yang menyajikan kemudahan dan kenyamanan akses pada sistem hiburan kendaraan. Semakin menyesuaikan dengan trend terkini, Toyota meng-update entertainment system dengan meningkatkan smartphone connection di head unit melalui pengaplikasian Apple CarPlay dan Android Auto Support (AACP) di seluruh varian All New Vios yang kini terdiri atas varian G CVT TSS (Toyota Safety Sense), G CVT, dan E M/T. Varian G sangat pas untuk keluarga modern dan dinamis yang ingin tampil bergengsi dan terdepan. Sementara Varian E sangat pas untuk kebutuhan corporate atau komersil.

 

Fitur Safety dengan Toyota Safety Sense (TSS)

All New Vios kini dilengkapi dengan teknologi keselamatan terbaik Toyota, yaitu Toyota Safety Sense (TSS). TSS pada All New Vios terdiri atas 9 fitur safety.  Pre-Collision Warning and Braking Assist (PCWBA) adalah fitur pertama untuk mengurangi risiko menabrak kendaraan lain yang ada di depan dengan memberikan peringatan hingga pengereman, bahkan berhenti darurat jika dibutuhkan. Berikutnya adalah Pedal Misoperation Control (PMC) yang mengurangi potensi kecelakaan akibat kesalahan penerapan pedal gas dengan menyalakan alarm peringatan, melakukan pengereman, dan membatasi distribusi tenaga sehingga laju mobil tertahan.

Ketiga adalah Lane Departure Warning (LDW) yang membaca marka jalan untuk selanjutnya memberikan alarm peringatan jika terjadi deviasi atau pergerakan mobil yang menjauh dari posisi seharusnya. Lane Departure Prevention (LDP) mencegah mobil pindah lajur di jalan dengan memberikan suara alarm saat mobil bergerak menyamping di jalan lurus. Kelima, Auto High Beam (AHB) yang bekerja dengan menyalakan lampu jauh atau high beam untuk meningkatkan daya pandang pengemudi di malam hari dan mengembalikan ke lampu utama (low beam) ketika terdeteksi ada kendaraan di depan.

Tidak berhenti di situ, fitu Blind Spot Monitoring (BSM) juga disematkan untuk dapat memberikan sinyal lewat grafis di kaca spion samping sebagai peringatan ketika ada mobil lain di area blind spot, sehingga pengemudi lebih waspada. Rear Cross Traffic Allert (RCTA) mendeteksi kendaraan atau obyek lain yang mendekat di belakang ketika parkir untuk selanjutnya memperingatkan pengemudi dengan suara dan konfirmasi visual.

Fitur Adaptive Cruise Control (ACC) dapat memantau keberadaan kendaraan lain di depan dan menjaga jarak aman dengannya sehingga sangat efektif ketika cruising di jalan tol. Terakhir, Front Departure Alert (FDA) memberikan peringatan suara ketika mobil di depan tiba-tiba mundur saat mengantri di jalan macet untuk mencegah tabrakan.

 

Selain TSS, All New Vios juga memiliki Safety features lainnya, mulai dari fitur rem ABS+EBD+BA yang dimaksimalkan oleh piringan cakram di seluruh roda. Terdapat pula Dual Airbags, Parking Sensors, Rear Parking Camera, Hill Start Assist (HSA), dan Vehicle Stability Control (VSC) pada semua tipe All New Vios. Khusus untuk flagship All New Vios CVT, TSS masih ditambahkan dengan Traction Control (TC) untuk membantu safety driving di jalan.

All New Vios juga didukung oleh fitur advance berbasis teknologi telematik, yaitu T Intouch. T Intouch menghadirkan pengalaman konektivitas digital dalam kehidupan sehari-hari, dengan menghubungkan pengguna All New Vios ke seluruh layanan Toyota, untuk mendapatkan solusi dan manfaat terintegrasi.

 

Harga, Aftersales, dan Total Mobility Solution

Ditawarkan dalam 2 varian (G dan E) dan 5 tipe/grade dengan banderol mulai dari Rp 314,9 juta hingga Rp 369,9 juta, All New Vios hadir dengan lima (5) pilihan warna yang terdiri dari Platinum White Pearl, Attitude Black, Metal Stream Metallic, Grey Metallic, dan Red Mica Metallic.

Berikut adalah tipe dan daftar harga Toyota Vios:

All New Vios 1.5 E MT                                                Rp 314,9 juta

All New Vios 1.5 G CVT (Non Premium Color)           Rp 355,2 juta

All New Vios 1.5 G CVT (Premium Color)                    Rp 356,7 juta

All New Vios 1.5 G TSS CVT (Non Premium Color)     Rp 368,4 juta

All New Vios 1.5 G TSS CVT (Premium Color)            Rp 369,9 juta

 

Toyota Indonesia juga menghadirkan solusi mobilitas yang mudah dan fleksibel bagi pelanggan, salah satunya melalui KINTO yang menawarkan kemudahan dan fleksibilitas bagi pelanggan untuk menggunakan mobil yang diinginkan hanya dengan berlangganan, tanpa perlu memikirkan perawatan kendaraan yang digunakan (hassle-free).

Melalui KINTO One maupun KINTO One Syariah, pelanggan dapat menggunakan All New Vios hanya dengan berlangganan mulai dari 8 juta rupiah per bulan. Paket berlangganan KINTO One berdurasi 36 bulan dan sudah meliputi layanan full service, yaitu biaya service berkala, perpanjangan pajak & STNK, asuransi, emergency roadside assistance, dan penggantian aki & ban.

All New Vios kini juga telah masuk dalam program aftersales terbaru Toyota yaitu T-CARE, yang mampu memberikan kemudahan dalam perawatan kendaraan. Sehingga, pelanggan tidak perlu lagi memikirkan kebutuhan service berkala, karena secara otomatis sudah mendapatkan manfaat program Bebas Biaya Servis Berkala (Biaya Jasa dan Suku Cadang) hingga servis berkala ke-7 (maksimal 3 tahun atau 60.000 kilometer, mana yang lebih dulu). Selain itu, masih ada tambahan benefit berupa extended warranty 1 tahun / 20.000 km, jika pelanggan rutin melakukan servis tepat waktu sesuai rekomendasi TAM. Benefit program ini dapat dinikmati di seluruh outlet resmi Toyota di Indonesia.

 

Teks: Yusran Hakim

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *