Pameran Kendaraan Listrik PEVS 2022 Resmi Dibuka, Industri Otomotif Indonesia Sambut Era Elektrifikasi

Mengusung tema “Advancing & Civilizing The Electric Vehicle Industry”, pameran khusus kendaraan listrik yang diinisiasi oleh  PERIKLINDO dan bekerjasama dengan Dyandra Promosindo serta JIExpo ini memang menargetkan edukasi dan literasi kendaraan listrik, hingga membentuk ekosistem elektrifikasi di Indonesia ke depannya.

BestCar Indonesia – Event pameran khusus kendaraan listrik, PERIKLINDO Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 yang digelar di JIExpo Kemayoran Jakarta secara resmi dibuka untuk umum, Jumat (22/07/2022) hingga berkahir pada 31 Juli 2022 mendatang. Mengusung tema “Advancing & Civilizing The Electric Vehicle Industry”, pameran khusus kendaraan listrik yang diinisiasi oleh  PERIKLINDO dan bekerjasama dengan Dyandra Promosindo serta JIExpo ini  memang menargetkan edukasi dan literasi kendaraan listrik, hingga membentuk ekosistem elektrifikasi di Indonesia ke depannya.

Beragam brand Electric Vehicle (EV) turut serta dalam pagelaran PEVS 2022 baik dari lini brand roda empat dan roda dua serta industri pendukungnya. Di antaranya adalah DFSK, Erolis, K-EVCBU, Smuth EV dan Prestige yang menghadirkan Renault, Tesla dan Taksi Terbang E-hang, Wuling hingga Commercial Vehicle seperti Bus MAB dan kereta gantung Aerobus, line-up truck listrik dari Fuso. Tidak ketinggalan ada juga Utility Vehicle yaitu Alke dan Glutton.

Selain memamerkan berbagai kendaraan elektrifikasi yang berasal dari brand-brand terkemuka, mulai dari Hyundai Genesis, Hyundai IONIQ 5 serta Wuling Air EV, event PEVS 2022 juga menampilkan beberapa lini kendaraan yang siap menjadi Sarana Transportasi dan Logistik pada perhelatan KTT G20 seperti DFSK Gelora E dan Bus listrik Mobil Anak Bangsa (MAB).

Di segmen commercial, Truck Listrik Fuso pun hadir di PEVS 2022. Kehadiran lini kendaraan listrik KTT G20 pada PEVS 2022 sekaligus menandakan industri otomotif Indonesia siap menyongsong era elektrifikasi.

Kendaraan roda dua dan kendaraan niaga diikuti oleh Benelli-Keeway, Davigo, Energica, Gesits, Niu, Nozomi, Rakata, Regen, Selis, SMARTBY, Smoot, dan Trolis. Sementara brand komponen pendukung kendaraan listrik diwakili oleh ABC Lithium, ACMIC, Alton, Camp, Birubatt, B&D, Element, Evolusi 3D, Groen, Oyika, Police, PMB, Von Dutch serta Vixmo hingga sederet produk lokal lainnya.

Kegiatan ini juga didukung oleh perusahaan BUMN, yakni Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebagai Sponsor, Mandiri Tunas Finance (MTF) sebagai Official Leasing Partner, dan Authenticity serta didukung pula oleh Garuda Indonesia.

PEVS 2022 juga menghadirkan area EV – Track Zone sebagai salah satu program spesialnya, yaitu Test Drive & Ride di dalam ruangan/indoor, sehingga pengunjung dapat merasakan secara langsung mengemudikan kendaraan listrik di dalam ruangan. Selain itu area ini menghadirkan deretan program yang memberikan pengalaman terbaik, seperti Mini 4WD Championship, Push Bike Race dan Remote Control Drift.

“Hadirnya program special yaitu Test Drive & Ride secara indoor di dalam Hall adalah yang pertama kali di Indonesia, dan ini diharapkan menjadi bukti bahwa kendaraan listrik merupakan solusi alternatif dalam mengurangi tingkat polusi yang selama ini menjadi problematika bagi seluruh elemen masyarakat,” ujar Rudi MF, Project Manager PEVS 2022.

Tak cukup sampai disitu, keseruan PEVS 2022 juga makin terasa berkat hadirnya beragam program futuristik yang memberikan pengalaman terbaik, bebas polusi serta menggembirakan di area ‘EV Track Zone’ yang terdiri Mini 4WD Championship, Push Bike Race dan Remote Control Drift.

Belum lagi beragam program lainnya seperti Air Wheel Fun Ride, Electric Board Ride, EV Fest, EV Fun Rally, EV Riding, Formula Student Show Off, Test Drive & Ride di outdoor area, dan VR Game. Sementara Media edukasi dan sosialisasi Electric Vehicle (EV) akan dilaksanakan melalui seminar & talkshow yang akan dilaksanakan mulai tanggal 25 – 29 Juli 2022 dengan beragam topik dan narasumber seputar Electric Vehicle (EV).

Selain dimeriahkan banyak program yang patut dinanti, beragam penawaran menarik dihadirkan pada PEVS 2022. Salah satunya adalah Free Ticket Khusus pada perayaan Hari Anak Nasional, tanggal 23 Juli 2022. Anak berusia dini hingga 13 Tahun akan mendapatkan tiket gratis, dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Ajang pameran kendaraan elektrik pertama oleh PERIKLINDO ini diadakan di JIExpo Kemayoran pada 22-31 Juli 2022, selama pukul 11.00 s/d 21.00 WIB untuk weekdays dan pukul 10.00 s/d 21.00 untuk weekend. PEVS 2022 dibuka untuk seluruh masyarakat umum, dengan membayar Rp30.000 untuk harga tiket masuk pada Hari Senin s/d Kamis, dan Rp50.000 untuk harga tiket masuk pada Hari Jumat s/d Minggu.

“Pameran PEVS 2022 merupakan pameran yang dapat menjadi pemicu dan pemacu. Pemicu seluruh pihak yang akan menggunakan mobil listrik di Indonesia dimana, program pemerintah ada 2, yaitu; transisi kendaraan konvensional menuju kendaraan listrik dan kedua, konversi dari mobil existing menuju kendaraan listrik. Apa yang terjadi hari ini akan menjadi pemicu bagi teman-teman yang ingin mengubah diri, meskipun tidak mudah. Melalui PEVS 2022, juga ingin menunjukkan kepada masyarakat umum bahwa penggunaan mobil listrik tidak sulit seperti yang dibayangkan selama ini, karena penggunaan mobil listrik sangat simple. Sebagai pemacu; PEVS 2022 bisa menjadi pemacu bagi teman industri semuanya, karena semua pelaku industri listrik bisa memamerkan seluruh produknya,” papar Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (PERIKLINDO), Jend. TNI (Purn.) Dr. H. Moeldoko, S.I.P dalam Opening Ceremony yang dilaksanakan di Indoor Stage Hall C2, JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (22/07/2022).

Menurut Moeldoko, mobil listrik menjawab 2 tantangan global saat ini, yaitu tantangan kelangkaan energi atau krisis energi. Dimana, harga komoditas energi meningkat luar biasa dan tantangan ketersediaan lingkungan yang bersih. Dengan mobil listrik, seluruh tantangan global terjawab karena mobil listrik memberikan efisiensi energi serta berdampak untuk lingkungan yang bersih.

“Indonesia punya sumber daya luar biasa atas pengembangan mobil listrik dunia. Kita harus mengambil lompatan ini dan tidak boleh ketinggalan dalam pengembangan mobil listrik. PEVS 2022 harus bisa menjadi semangat pemicu dan pemacu bagi semua. Diharapkan semua memiliki kesadaran yang sama dengan mobil listrik, tantangan global bisa kita tangani,” pungkas Moeldoko.

Teks: Yusran Hakim

Foto: Tito B. Setiawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *