Mitsubishi Fuso Resmi Luncurkan Truk Listrik eCanter Generasi Berikut

Resmi diluncurkan di Jepang sekaligus sebagai debut dunia (World Premiere), truk listrik Fuso ‘eCanter’ Generasi Berikut mengusung sederet teknologi dan fitur canggih, mulai dari Konsep baterai modular yang memungkinkan pelanggan untuk memilih tiga rentang jarak tempuh yang berbeda, eAxle, ePTO, Active Sideguard Assist®1.0, Active Brake Assist 5 (ABA®), Active Attention Assist®, Intelligent Headlight Control (IHC), Traffic Sign Recognition (TSR), hingga solusi telematika eRange.

BestCar Indonesia – Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) secara resmi meluncurkan model generasi berikut dari truk ringan bertenaga listrik sepenuhnya, eCanter, di Kawasaki City, Prefektur Kanagawa, Jepang, Rabu (07/09/2022). Peluncuran eCanter generasi terbaru di Jepang ini sekaligus debut dunia (World Premiere) pionir truk-ringan bertenaga listrik dari Mitsubishi Fuso tersebut.

Sejak diluncurkan pada 2017 sebagai seri pertama truk light-duty bertenaga listrik sepenuhnya yang diproduksi di Jepang, truk listrik perintis ini juga telah beroperasi di Eropa, Amerika Utara, Australia, dan Selandia Baru. Dengan pengalaman operasional selama 5 tahun, MFTBC telah mengembangkan Next Generation eCanter terbaru ini, yang diklaim mampu menjawab kebutuhan logistik yang lebih beragam dengan jajaran kendaraan yang diperluas secara signifikan. Penjualan eCanter Generasi Berikut di pasar Jepang dijadwalkan pada Musim Semi tahun depan (2023), dan menyusul di pasar luar negeri pada tahun-tahun berikutnya.

Tentu saja, banyak pembaruan dan penyematan fitur-fitur modern yang lebih canggih pada Fuso eCanter generasi terbaru ini. Salah satunya, MFTBC telah mengadopsi eAxle di eCanter generasi terbaru ini, mengintegrasikan motor listrik dengan gardan belakang dan memungkinkan struktur drivetrain yang lebih ringkas. Dengan perubahan struktural ini, perluasan yang signifikan dari jajaran produk lebih dimungkinkan. Jajaran eCanter Next Generation mencakup 28 varian untuk pasar Jepang dan sekitar 80 varian untuk pasar luar negeri, sehingga mampu memenuhi kebutuhan logistik yang lebih luas.

Selain model 7,5 ton (GVW) saat ini, kendaraan baru ini hadir dalam kelas bobot mulai dari 5 ton hingga 8 ton untuk pelanggan Jepang, dan mulai dari kelas 4 ton untuk model luar negeri. Variasi kabin juga telah diperluas. Fuso eCanter terbaru kini menawarkan kabin lebar (2.130mm) yang dapat menampung lebih banyak kargo, selain lebar kabin standar (1.700mm) yang memberikan lebih banyak fleksibilitas untuk rute yang mencakup jalan sempit. Variasi wheelbase pun telah diperluas, dari 2.500mm menjadi 4.750mm.

MFTBC juga memperkenalkan konsep modular baru untuk baterai eCanter generasi Berikut ini, memungkinkan truk listrik ringan ini dapat menampung satu hingga tiga baterai, berdasarkan jarak sumbu roda. Fuso eCanter yang dilengkapi dengan baterai tunggal dengan kapasitas terukur 41 kWh dapat menempuh jarak sekitar 80km dengan sekali pengisian daya, sedangkan varian dengan dua baterai dapat menempuh jarak sekitar 140km, dan varian dengan tiga baterai dapat menempuh jarak sekitar 200km. Selain itu, pelanggan di Jepang memiliki akses ke fungsi V2X yang memungkinkan baterai eCanter memasok listrik ke rumah dan peralatan lain jika terjadi keadaan darurat.

Model baru Fuso eCanter ini juga dilengkapi dengan unit power take-offePTO” yang memungkinkan aplikasi tujuan khusus bagi pelanggan yang ingin mengoperasikan eCanter mereka dengan tipper, derek belakang, atau bodi van yang dilengkapi sistem pendingin climate-control.

Mitsubishi Fuso eCanter Generasi Berikut juga dilengkapi dengan fungsi khusus EV yang disempurnakan. Pengereman regeneratif kini dapat dikontrol pada empat tingkat, sangat berkontribusi pada penghematan daya dan peningkatan kemampuan berkendara. Selain itu, Battery Pre-Conditioning, yang memungkinkan baterai untuk dipanaskan terlebih dahulu melalui pengaturan timer selama pengisian daya AC, serta fitur Heater Cut Switch untuk menghemat konsumsi energi, kini telah terintegrasi. Fungsi Pemanas Hemat Energi, yang hanya menghangatkan area yang paling dibutuhkan seperti kursi dan roda kemudi, juga telah ditambahkan.

 

Fitur Keselamatan Canggih

Fuso eCanter generasi terbaru juga dilengkapi dengan sederet fitur keselamatan canggih tambahan untuk mendukung keamanan berkendara truk listrik terbaru ini. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Active Sideguard Assist®1.0: adalah fitur yang ditujukan untuk mendukung perilaku pengereman yang akan mengurangi risiko dan kerusakan akibat tabrakan dengan pejalan kaki atau pengendara sepeda yang bergerak sejajar dengan kendaraan. Fitur ini merupakan rangkaian sistem keselamatan yang mengintegrasikan radar untuk memantau titik buta di sisi kendaraan. Sistem ini juga membunyikan alarm dan mengeluarkan peringatan melalui lampu ketika sinyal belok diaktifkan atau setir diputar ke arah titik buta. Ketika sistem menentukan ada risiko tabrakan yang tidak dapat dihindari dengan objek seperti pengendara sepeda atau pejalan kaki yang bergerak sejajar dengan kendaraan, sistem akan mengaktifkan sistem pengereman mitigasi kerusakan untuk menghentikan kendaraan secara darurat. (Kendaraan harus melaju dengan kecepatan di bawah 20km/jam agar Active Sideguard Assist 1.0 beroperasi normal). Fitur tidak boleh dianggap sebagai perlindungan pencegahan terhadap setiap tabrakan.

  • Active Brake Assist 5 (ABA®5): ABA®5 adalah sistem pengereman darurat buatan MFTBC yang mampu mendeteksi risiko tabrakan langsung dan mengurangi kerusakan dengan peringatan dan rem. ABA®5 dilengkapi kamera dan radar pengenalan obyek dan kondisi di depan untuk mendeteksi kondisi lalu lintas dengan akurasi tinggi, sehingga memungkinkan untuk mengurangi kemungkinan dan kerusakan tabrakan dengan pejalan kaki dan kendaraan yang melaju di depan di jalan raya.
  • Active Attention Assist®: Fitur baru opsional untuk pasar Jepang ini menggabungkan informasi yang diperoleh dari kamera pengenal garis putih marka jalan, berbagai sensor yang dipasang di kaca depan, dan kamera pengenal wajah. Sistem yang didesain untuk mendukung pencegahan insiden akibat kelelahan pengemudi ini memperingatkan berkurangnya perhatian pengemudi dengan suara ‘bip’ dan tampilan di dasbor.

  • Intelligent Headlight Control (IHC): Fitur baru yang merupakan kelengkapan standar untuk pasar Jepang ini secara otomatis mengalihkan lampu depan ke sorot jauh (tinggi) dalam gelap dan ke sorot dekat (rendah) di lingkungan terang, berdasarkan deteksi melalui kamera yang dipasang di kaca depan.

  • Traffic Sign Recognition (TSR): Fitur baru yang menjadi standar di model eCanter terbaru untuk pasar Jepang ini memang dirancang khusus untuk rambu lalu lintas di Jepang. Kamera akan mengenali rambu lalu lintas yang datang dengan menggunakan teknologi pengenalan gambar dan menampilkan rambu lalu lintas yang relevan pada tampilan instrumen.
  • Fitur keselamatan lainnya termasuk Electric Parking Brake yang menjaga kestabilan gaya pengereman di tanjakan, dan Back Eye Camera System yang membantu pengemudi menghindari tabrakan saat berjalan mundur.

 

Desain Baru Eksterior dan Interior

The Next Generation eCanter menampilkan desain baru interior dan eksterior, sesuai dengan pergeseran industri transportasi ke mobilitas listrik. Truk all-electric ini telah ditata ulang dengan motif FUSO Black Belt di wajah depannya, dengan sentuhan elemen desain oranye dan biru. Lampu depan LED dan lampu daytime running, serta lampu kombinasi belakang LED terbaru, menawarkan visibilitas yang lebih andal.

LED headlamps with daytime running lights
LED rear combination lamp

Desain interior juga telah ditingkatkan untuk kenyamanan berkendara. Dasbor baru dan sedikit lebih rendah untuk memberikan lebih banyak ruang, lebih banyak ruang vertikal di dalam kabin, dan panel LCD 10 inci baru yang terhubung ke sakelar roda kemudi telah dipasang. “FUSO Easy Access Key” (“Kunci Akses Mudah FUSO”) juga tersedia untuk pelanggan Jepang untuk hari kerja yang lebih lancar.

Di luar semua fitur tersebut, MFTBC juga menawarkan solusi telematika melalui Truckonnect® dengan menghadirkan fitur khusus EV eRange yang baru ditambahkan pada eCanter generasi terbaru ini. Fitur eRange menampilkan sisa jarak tempuh, sisa kapasitas baterai EV, dan juga akan tersedia untuk dilacak di portal Truckonnect. Selain itu, model baru ini akan kompatibel dengan fungsi Charging Management System, yang memungkinkan operator menyetel timer untuk mengisi baterai kendaraan saat biaya listrik paling rendah.

 

FUSO eMobility Solutions  

MFTBC is not only limited to vehicle development, but is instead fully committed to accelerating the introduction of electric trucks through auxiliary services. FUSO eMobility Solutions provide comprehensive support by offering a full range of services covering the entire electric truck ecosystem. As a frontrunner in the electrification of vehicles and carbon neutral transportation, MFTBC will offer the following to customers considering an eCanter:

MFTBC tidak hanya terbatas pada pengembangan kendaraan, tetapi juga berkomitmen penuh untuk mempercepat pengenalan truk listrik melalui layanan tambahan. Lewat program FUSO eMobility Solutions, MFTBC memberikan dukungan komprehensif dengan menawarkan berbagai layanan yang mencakup seluruh ekosistem truk listrik. Sebagai pelopor dalam elektrifikasi kendaraan dan transportasi tanpa emisi, MFTBC akan menawarkan hal berikut kepada pelanggan yang menggunakan Fuso eCanter:

  • Layanan Pengisi Daya & Pemasangan: Bersama dengan mitra bisnis, MFTBC akan memperkenalkan kepada pelanggan pengisi daya yang paling sesuai dari jajaran produknya yang luas dan mendukung pelanggan untuk memasang pengisi daya di tempat mereka.
  • Zero Emission Solutions (Solusi Nol Emisi): MFTBC akan mendukung pelanggan dalam mencapai netralitas karbon dengan memvisualisasikan emisi CO2 dan mengusulkan rencana pengurangannya, bekerja sama dengan mitra eksternal.
  • eConsulting Services (Layanan eConsulting): Pelanggan akan diberitahu tentang peralihan ke eMobility dengan cara termudah dalam perencanaan rute dan lingkungan pengisian daya batere mereka. Bersama dengan mitra eksternal, MFTBC akan mengevaluasi dan mengoptimalkan solusi sumber daya.
  • Battery Life Cycle Management (Manajemen Siklus Hidup Baterai): MFTBC bekerja membangun sistem untuk mendukung seluruh siklus hidup baterai truk listrik.
  • Financial Services (Layanan Keuangan): Untuk meringankan beban pelanggan yang beralih ke EV, MFTBC bersama dengan Daimler Truck Financial Services Asia (DTFSA) akan mengusulkan menu kontrak sewa yang mencakup segala hal, mulai dari kendaraan dan pengisi daya hingga layanan purna jual dan panduan terkait.
  • eDigital Services (Layanan eDigital): MFTBC akan menawarkan layanan manajemen armada yang unik untuk truk listrik melalui platform telematika Truckconnect, yang memungkinkan pemantauan kondisi baterai dan status pengisian daya secara real-time.
  • eCustomer Service (Layanan Pelanggan): MFTBC akan menyediakan sistem yang memungkinkan pelanggan untuk menggunakan truk listrik dengan tenang melalui jaminan dan dukungan pemeliharaan lainnya.

 

Teks: Yusran Hakim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *