Mitch Evans Hantar Jaguar Juarai Jakarta E-Prix 2022

Kemenangan Mitch Evans di ajang balap mobil listrik internasional Formula E-Prix 2022 atau Jakarta E-Prix 2022 menambah catatan podium bagi Jaguar, usai menjuarai dua seri Rome E-Prix pada April 2022 lalu. Kemenangan Evans dan kehadiran Jaguar di ajang balap mobil listrik internasional Jakarta E-Prix 2022 ini sekaligus juga menjadi momentum bagi Jaguar Land Rover untuk segera menghadirkan Jaguar all-electric I-PACE di Indonesia.  

BestCar Indonesia – Pebalap Jaguar TCS Racing Mitch Evans asal Selandia Baru akhirnya keluar sebagai juara ajang balap mobil listrik internasional Formula E-Prix 2022 atau Jakarta E-Prix 2022, setelah berhasil finis di urutan pertama dalam balapan yang berlangsung di Jakarta E-Prix International Circuit (JIEC), Sabtu (04/06/2022). Dua hari sebelumnya, Mitch Evans Bersama race driver dari Jaguar TCS Racing lainnya, Sam Bird dan principle team James Barclay telah menyatakan kesiapannya pada acara Re:Charge Event yang diadakan oleh Jaguar Land Rover Indonesia di The Brassey Club House, Pantai Indah Kapuk (PIK).

Evans menyelesaikan 40 lap dengan selisih waktu hanya 0,733 detik dari pebalap DS Techeetah, Jean-Eric Vergne yang start di urutan pertama. Kemenangan Evans menambah catatan podiumnya usai menjuarai dua seri Rome E-Prix pada April 2022 lalu. “Balapan tadi sangat ketat. Senang dapat menang pada akhirnya, dan tim semua sangat senang,” ujar Evans dalam wawancara Formula E usai balapan seperti dikutip kantor berita Antara, Sabtu (04/06/2022).

Balapan Jakarta E-Prix 2022 dimulai tepat pukul 15.04 WIB, dengan Vergne yang memimpin di tikungan pertama dengan kecepatan 25,320 detik di depan Da Costa yang hanya terpaut 0,341 detik dari rekan setimnya, Antonio Felix Da Costa.

Lap pertama terpaksa berjalan dengan lebih lambat akibat kendaraan pebalap Mahindra Racing, Oliver Rowland yang terdepan dalam sesi latihan bebas pertama, Sabtu pagi, mengalami masalah yang membuat dia harus keluar dari jalur sirkuit. Hal ini sempat membuat safety car turun ke sirkuit.

Sekitar sepuluh menit balapan berlangsung, drama mulai terjadi di sirkuit Jakarta E-Prix 2022 ketika Mitch Evans yang mengendarai Jaguar I‑TYPE 5 race car menggeser Vergne untuk berada di urutan pertama. Namun, hal itu tidak berlangsung lama, karena Vergne kembali mengambil alih urutan pertama.

Lap ke-13 menjadi momen bagi pemuncak klasemen Formula E pebalap Mercedes-EQ Stoffel Vandoorne yang start di urutan ketujuh berhasil naik ke urutan keenam. Pertarungan semakin memanas pada lap ke-15, ketika Evans kembali berhasil menyalip Vergne, sementara Edoardo Mortara dari Rokit Venturi Racing mengungguli Da Costa di urutan ketiga.

Perubahan urutan kembali terjadi pada lap ke-17 saat Vandoorne perlahan naik ke urutan kelima. Delapan lap setelahnya, Da Costa berhasil merebut urutan ketiga dengan menggeser Mortara, namun hal itu tidak berlangsung lama saat Mortara kembali ke urutan ketiga. Sementara Mitch Evans membuat kejutan di lap ke-31 dengan menyalip Vergne untuk mendapatkan urutan pertama, yang bertahan hingga lap terakhir.

 

Jaguar All-Electric I-PACE Segera Hadir di Indonesia

Jaguar memiliki sejarah yang panjang dan membanggakan dalam dunia motorsport, dan masuknya Jaguar ke dalam Formula E akan melanjutkan warisan ini dengan mengarah pada penggunaan kendaraan listrik masa depan. Dirancang untuk memberikan keseimbangan daya dan efisiensi tertinggi, all-electric Jaguar I‑TYPE 5 race car yang dikendarai Mitch Evans di sirkuit Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) ini mampu berakselerasi dari 0-60mph (0-100km/jam) dalam waktu hanya 2,8 detik dan memiliki daya maksimum 250kW.

“Reputasi Jaguar terkait kinerja, teknologi, dan desain ditempa dalam sirkuit dan kejuaraan paling menantang di dunia. Kami bangga dapat berpartisipasi dalam kesempatan ini, terutama saat Indonesia menjadi tuan rumah Formula E. Tentu saja hal ini juga menjadi awal yang baik dalam menyambut mobil listrik dari Jaguar dan Land Rover ke pasar Indonesia,” ungkap Gerry C. Kertowidjojo, Presiden Direktur PT JLM Auto Indonesia dalam acara Re:Charge Event yang berlokasi di The Brassey Club House, Pantai Indah Kapuk, Kamis (02/06/2022).

Di acara Re:Charge Event ini untuk pertama kalinya pula dihadirkan line-up penuh mobil Jaguar Indonesia yang telah tersedia bagi konsumen, termasuk F-Pace ini. Berikutnya segera dihadirkan Jaguar all-electric I-PACE.

Mengusung strategi “Reimagine”, Jaguar Land Rover mengajak para pengguna setia dan calon pengguna untuk merasakan pengalaman unik melalui kemewahan teknologi modern yang berkelanjutan serta memberikan dampak positif bagi lingkungan dan sosial. Strategi ini menandai awal perjalanan perusahaan untuk mewujudkan komitmen menjalankan bisnis dengan nol emisi karbon di seluruh rantai pasokan, produk, hingga operasional pada tahun 2039.

“Jaguar Land Rover akan menjalankan bisnis dengan mengeksplorasi potensi sinergi pada energi bersih. Kami akan berfokus pada pengembangan teknologi kendaraan listrik mewah dan strategi ‘Reimagine’ akan menciptakan tolak ukur baru dalam industri ini,” timpal Susilo Darmawan, Head of Retail Network PT Indomobil Trada Nasional di acara yang sama.

Setelah sukses membuka pop-up display untuk memanjakan para pengguna dan calon pengguna dengan beragam kendaraan Land Rover yang menarik, di acara Re:Charge Event tersebut untuk pertama kalinya pula dihadirkan line-up penuh mobil Jaguar Indonesia yang telah tersedia bagi konsumen, yaitu F-TYPE, F-PACE, dan XF. “Kami senantiasa menyuguhkan berbagai tipe kendaraan yang sesuai dengan perkembangan zaman dan preferensi konsumen. Sejalan dengan strategi ‘Reimagine’, segera akan kami hadirkan Jaguar all-electric I-PACE di Indonesia,” tutup Irvino Edwardly, Director of Sales & Marketing PT JLM Auto Indonesia.

Guna memberikan pengalaman dan kepuasan pelanggan yang lebih baik, Jaguar memberikan garansi 5 tahun bagi konsumen Indonesia dan pada bulan Juli mendatang, Jaguar Land Rover akan membuka showroom permanen di Pantai Indah Kapuk yang siap menjadi rumah bagi kendaraan all-electric Jaguar maupun Land Rover yang akan segera hadir di Indonesia.

 

Teks: Yusran Hakim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *