MINI Indonesia Luncurkan MINI Electric, BEV Premium Kompak Pertama di Indonesia

Merupakan kendaraan full listrik (BEV) pertama dari MINI Indonesia dan merupakan kendaraan full listrik kompak premium pertama di Indonesia, MINI Electric menghadirkan sensasi berkendara go-kart khas MINI yang mampu melejit 0-100 km/jam dalam 7,3 detik tanpa jeda dan tanpa gangguan perpindahan gigi, kecepatan maksimum 150km/jam dan jarak tempuh 232km, desain ikonik, bebas emisi, serta kualitas premium yang khas dari MINI. Ditawarkan dalam dua varian: MINI Electric dan MINI Electric Collection, masing-masing dibanderol Rp 945.000.000 dan 955.000.000 (off-the-road).

BestCar Indonesia – MINI Indonesia kembali membuktikan komitmennya sebagai yang terdepan di segmennya dalam hal inovasi teknologi dan sustainability. Brand ikonik asal Inggris ini secara resmi meluncurkan kendaraan full listrik premium kompak pertama di Indonesia: MINI Electric, di Jakarta, Rabu (08/06/2022). Kendaraan ini menggabungkan mobilitas berkelanjutan dengan mesin penggerak listrik murni dan keseruan berkendara a la go-kart, desain yang modern dan ekspresif, serta kualitas premium yang khas dari MINI.

MINI Electric ditawarkan dalam dua varian: MINI Electric dan MINI Electric Collection, masing-masing dengan banderol Rp 945.000.000 dan 955.000.000 (off-the-road). MINI full listrik premium kompak ini dapat mulai dipesan oleh pelanggan secara langsung di MINI Exhibition yang berlokasi di Main Atrium PIK Avenue mulai dari 8 hingga 12 Juni 2022. Pelanggan bahkan dapat mengetahui lebih lanjut seputar brand MINI dan mencoba secara langsung rangkaian kendaraan terbaru dari MINI, mulai dari MINI 3 Door, MINI 5 Door, dan MINI Countryman.

“MINI memulai tahun 2022 dengan luar biasa, membuka tahun dengan peningkatan penjualan signifikan sebesar 39% dan bersama BMW Group Indonesia kembali menjadi pemimpin brand premium di Indonesia dengan mencatatkan penjualan tertinggi di segmen kendaraan premium berdasarkan data GAIKINDO. Angka penjualan hingga bulan Mei tahun ini juga terus meningkat dibandingkan tahun lalu. Hari ini MINI kembali membuat pencapaian penting dengan menjadi brand otomotif premium pertama di segmennya yang meluncurkan kendaraan full listrik, dan mulai hari ini MINI Electric telah tersedia untuk pelanggan di Indonesia,” papar Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia pada peluncuran MINI Electric di MINI Exhibition, Main Atrium PIK Avenue, Jakarta, Rabu (08/06/2022).

“Dengan hadirnya MINI Electric, sekali lagi MINI menjadi pelopor dalam mobilitas perkotaan. MINI Electric membuka jalan menuju pengalaman berkendara yang berkelanjutan dan tetap menawarkan desain yang unik khas MINI serta sekaligus menegaskan komitmen BMW Group Indonesia untuk menjadikan tahun 2022 sebagai The Year of E-Mobility,” tambah Ramesh Divyanathan.

Sementara Kidd Yam, Head of MINI Asia yang turut hadir di acara peluncuran MINI Electric menyebutkan bahwa MINI Electric adalah MINI ikonik dan tetap mempertahankan semua nilai historis MINI, namun ditambahkan dengan sentuhan masa depan. “Kendaraan ini memadukan sensasi go-kart legendaris, desain khas, dan kualitas premium dengan pengalaman mengemudi bebas emisi. Motor listrik bertenaga 135kW/184hp yang dipasang di bagian bawah memberikan pusat gravitasi ekstra rendah, yang tidak hanya meningkatkan stabilitas dan pengendalian tetapi juga membuat setiap tikungan lebih menyenangkan dari sebelumnya. Ini adalah MINI yang paling intens dan paling berevolusi,” ungkapnya.

Banyak fitur baru dan pengalaman istimewa yang hanya bisa didapatkan dari sebuah kendaraan full listrik, seperti penyaluran tenaga yang spontan dari motor listrik, dan pengalaman berkendara dengan torsi penuh, 0-100 km/jam dalam 7,3 detik tanpa jeda dan tanpa gangguan perpindahan gigi. “Dinamis namun lembut, MINI Electric menawarkan pengalaman berkendara yang benar-benar baru. MINI Electric merupakan sebuah representasi sempurna dari berkendara go-kart khas MINI dengan sentuhan sustainability dan menjawab kebutuhan kaum urban muda modern,” tambah Kidd.

 

MINI Electric

Secara garis besar, berikut inilah ringkasan fitur dari MINI Electric:

  • Kendaraan full listrik (BEV) pertama dari MINI Indonesia, dan merupakan kendaraan full listrik kompak premium pertama di Indonesia.
  • Ditenagai oleh motor listrik dengan tenaga 135kW/184hp dan torsi maksimum 270Nm.
  • Baterai lithium-ion khusus memungkinkan jangkauan hingga 232km (WLTP) tanpa mengurangi volume kompartemen bagasi.
  • Wallbox charging dan biaya pemasangan sudah termasuk dalam paket pembelian. Pengisian daya bisa dilakukan di rumah pelanggan ataupun di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Dapat menggunakan Fast Charging menggunakan CCS DC Charging hingga 50kW.
  • Kelincahan yang luar biasa khas MINI dengan penyaluran daya spontan, pusat gravitasi rendah, penggerak roda-depan (FWD).
  • Akselerasi dari 0-60 km/jam dalam 3,9 detik dan 0-100 km/jam dalam 7,3 detik.
  • Desain khas MINI 3 Door dengan aksentuasi khas MINI Electric.

 

Tenaga Baterai: Konsep dan Perbedaan dengan Model Konvensional.

Konsep kendaraan full listrik pertama dari brand Inggris ini direalisasikan pada MINI 3 Door – dimensi, desain, ruang, dan interiornya diambil dari kendaraan bertenaga konvensional, yang pengembangannya telah memperhitungkan perluasan model berkisar untuk menyertakan versi bertenaga listriknya.

Baterai dari MINI Electric merupakan baterai tegangan tinggi dengan konfigurasi model khusus terdiri dari sel lithium-ion yang dibagi menjadi 12 modul. Pada akhirnya membentuk unit berbentuk T yang diposisikan di lantai kendaraan, dan memberikan energi sebesar 28,9kWh (kapasitas bersih). Dengan penggunaan motor listrik yang jauh lebih kecil dan ringan dibandingkan mesin pembakaran konvensional, terdapat distribusi beban yang luar biasa dari MINI Electric. Kendaraan ini memiliki pusat gravitasi yang lebih rendah dibandingkan dengan MINI 3 Door – dengan kata lain, model bertenaga listrik ini menawarkan handling yang lebih gesit.

Pada saat yang sama, ruang kompartemen bagasi sama sekali tidak ada perubahan – volume bagasi adalah 211 liter, yang dapat ditingkatkan menjadi 731 liter ketika sandaran belakang dilipat ke bawah (sama seperti MINI 3 Door). Satu-satunya perbedaan adalah pada ketinggian kendaraan: untuk memastikan ground clearance yang relevan untuk baterai tegangan tinggi yang dipasang di dasar kendaraan, bodi MINI Electric diposisikan sekitar 18mm lebih tinggi daripada model konvensionalnya.

Semua komponen penggerak listrik dilindungi oleh fitur struktural khusus model full listrik ini. Daya elektronik dilindungi oleh penyangga bumper yang diperkuat dan rangka penyangga motor, sedangkan baterai tegangan tinggi dilindungi oleh pelat dasar yang kokoh. Pada situasi darurat tabrakan, penggerak listrik segera dimatikan. Dengan bobot tanpa muatan 1.365 kilogram, MINI Electric hanya lebih berat sekitar 150 kilogram dari MINI Cooper S 3 Door.

 

Elektrifikasi: Proses Pengisian Daya.

MINI Electric dapat diisi daya baik di rumah atau di fasilitas pengisian daya umum. Status proses pengisian dapat dilihat di bagian dalam tutup pengisian.

  • Berikut adalah beberapa cara untuk mengisi daya MINI Electric. Type 2 dengan MINI Wallbox di rumah ataupun pengisian umum seperti di mall, café, hotel, dsb dengan daya pengisian hingga 11kW membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam untuk mengisi 80% daya kendaraan.
  • Menggunakan travel charger dengan daya pengisian 2,3kW membutuhkan waktu sekitar 12 jam untuk mengisi 80% daya kendaraan.
  • DC atau fast charging dengan daya pengisian hingga 50kW membutuhkan waktu sekitar 36 menit untuk mengisi 80% daya kendaraan.

 

Eksterior.

Secara eksterior, MINI Electric memiliki beberapa elemen ikonik khusus hanya di MINI Electric. Model ini menggunakan bahasa desain terbaru, meningkatan estetika dan memastikan bahwa fitur desain utama MINI menjadi lebih nyata dan modern.

Tampilan depan sangat ekspresif dan berciri khas lampu depan MINI yang bulat dengan teknologi LED. Lampu kabut depan sebelumnya diganti dengan lubang udara vertikal yang ditempatkan jauh ke luar, berfungsi sebagai bukaan tirai udara dan mengoptimalkan aerodinamis kendaraan. Strip bumper tengah, yang juga berfungsi sebagai dudukan plat nomor, kini hadir dalam warna bodi.

Ringkasan fitur eksterior MINI Electric:

  • Bumper depan tampil modern dan grille
  • Foglamp yang diganti dengan vertical air curtains
  • Rumah lampu depan LED kini hadir dalam warna hitam
  • Desain scuttle samping baru
  • Bumper belakang berikan tampilan kendaraan listrik yang khas

 

Interior.

MINI Electric mengalami peningkatan teknologi dan fitur yang menarik. Banyak fungsi dan elemen desain yang baru, tetapi tetap mempertahankan dimensi yang sama dengan MINI Cooper S konvensional, termasuk bagasi. MINI menawarkan desain interior yang eksklusif khusus MINI Electric.

  • Desain setir yang baru dilengkapi dengan tombol multifungsi yang terintegrasi dalam warna Piano Black
  • Instrument cluster yang baru. Desain panel baru berwarna hitam juga diterapkan pada layar 8,8inci di MINI Electric
  • Ventilasi udara dalam dan luar juga hadir dengan desain modern
  • Dekorasi baru untuk panel kokpit dengan tampilan horizontal, desain baru untuk permukaan interior dengan dekorasi bezel pintu Piano Black
  • Ambient light warna baru kian menarik dan ekspresif untuk menerangi kokpit

 

MINI Electric Collection.

Selain MINI Electric, MINI Indonesia juga menghadirkan varian MINI Electric Collection.

MINI Electric Collection menawarkan aksen desain istimewa dan fitur baru. MINI Electric Collection menggabungkan visual yang dikembangkan untuk edisi terbaru MINI, seperti desain front-end dan Multitone Roof, serta fitur desain eksklusif di eksterior dan interior serta detail equipment berkualitas tinggi.

Bahasa desain yang baru memastikan bahwa lampu depan dan gril radiator heksagonal dipertegas sebagai fitur desain khas bagian depan kendaraan pada MINI Cooper SE.  Kelengkapan MINI Electric Collection mencakup balutan cat eksterior Island Blue metallic, yang ditawarkan untuk pertama kalinya untuk MINI Cooper SE. MINI Electric Collection juga mendapatkan Multitone Roof yang unik, dan dengan bantuan teknik pengecatan baru, produksi MINI di Oxford telah menciptakan gradasi warna yang menarik dari San Marino Blue ke Pearly Aqua hingga Jet Black, memanjang dari rangka kaca depan hingga ke belakang.

Kap desain eksklusif dan garis-garis samping juga berkontribusi pada penampilan ekspresif kendaraan ini. Penutup kaca spion luar berwarna hitam dan dengan velg ringan 17inci MINI Electric Collection Spoke, elemen eksterior dalam balutan Piano Black gloss yang hadir di grille, lampu depan, dan lampu belakang, logo MINI, huruf model di belakang, gagang pintu, dan scuttle samping untuk tampilan yang berkarisma dan sporty.

Selain itu, MINI Electric Collection menghadirkan lampu depan LED Adaptive, door sill dengan logo MINI Electric, sport seats dengan kombinasi Light Grey fabric/leatherette, interior dengan finishing Aluminium MINI Yours dan  lapisan atap berwarna antrasit. Kendaraan ini kian premium dengan setir yang dilapisi finishing kulit Nappa, serta dilengkapi logo MINI Electric.

 

Instrumen Digital Cluster.

Layar informasi canggih ini kini tampil lebih modern, dengan mode mengemudi bertambah menjadi: Sport, Mid, Green, dan Green+. Informasi lain yang ditampilkan mencakup: Tingkat pengisian baterai, MINI Driving Mode yang saat ini dipilih, status sistem driver assistance, dan pesan Check Control.

Selain itu, detail lain yang tersedia antara lain: jangkauan yang tersedia, daya penggerak saat ini, suhu luar, waktu dan jarak tempuh dan petunjuk dari sistem navigasi. Selama pengisian daya, panel instrumen digital juga menyediakan informasi penting. Jika kendaraan tersambung ke soket daya stasiun pengisian daya, memungkinkan untuk membaca waktu dan suhu luar, kisaran tenaga yang tersedia dan status pengisian daya dalam persentase.

 

Drivetrain All Electric.

MINI Electric ditawarkan dalam satu mesin dan varian transmisi dengan ukuran baterai. Fitur gandar depan 135kW (184hp) motor listrik dan baterai dengan kapasitas 28,9kWh nett (32,6kWh gross). Dayanya setara dengan MINI 3 Door mesin konvensional. Meski bobotnya lebih berat sekitar 150 kg, MINI Electric memiliki pusat gravitasi (center of gravity) lebih rendah. MINI Electric dapat mencapai kecepatan maksimum 150km/jam dan jarak mengemudi hingga 232km.

Torsi yang muncul secara spontan saat pedal akselerator diinjak dan penyaluran daya yang berkelanjutan yang tidak terganggu oleh perpindahan gigi, adalah karakteristik dari teknologi penggerak yang dipasang pada MINI Electric. Ini memastikan keseruan berkendara MINI yang khas dalam bentuk baru yang menawarkan pengalaman yang sangat intens.

Sumber tenaganya adalah versi terbaru dari motor listrik sinkron yang sangat bertenaga yang dikembangkan oleh BMW Group. Prinsip desain khusus memungkinkan pengembangan daya tingkat tinggi, yang juga berlaku hingga kecepatan tinggi, tingkat efisiensi yang sangat tinggi dan kelancaran, rendah getaran. Daya sudah tersedia dari keadaan diam, yang merupakan karakteristik motor listrik. Transmisi tenaga ke roda depan terjadi melalui transmisi dengan konfigurasi satu tahap dan diferensial terintegrasi.

“Saya ingin mengundang semua pelanggan dan fans MINI untuk datang ke MINI Electric Exhibition: Charged for Tomorrow untuk mengetahui lebih lanjut seputar MINI Electric. Exhibition ini akan hadir mulai hari ini hingga hari Minggu. Setelah kegiatan ini, MINI Indonesia juga akan hadir di Gaikindo Indonesia International Auto Show yang akan berlangsung di bulan Agustus, jadi terus nantikan inovasi dari MINI Indonesia,” tutup Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia.

 

Ketersediaan dan Harga.

MINI Electric dan MINI Electric Collection masing-masing ditawarkan dengan harga Rp 945.000.000,- (off-the-road) dan 955.000.000,- (off-the-road). Harga ini sudah termasuk MINI wallbox, kabel untuk public charging, serta travel charger, termasuk biaya pemasangannya.

Pembelian MINI Electric dapat dilakukan melalui MINI Electric Certified Dealership, Plaza MINI.

Selain itu, pelanggan juga akan mendapatkan:

  • Garansi Baterai: 8 tahun/100.000km
  • Wallbox atau aksesoris pendukung: 2 tahun – hanya berlaku bila pemasangan dilakukan oleh vendor resmi yang ditunjuk oleh BMW Group Indonesia.
  • Service Inclusive: perawatan regular tanpa biaya selama enam (6) tahun tanpa batasan jarak tempuh.
  • Warranty: selama tiga (3) tahun tanpa batasan jarak tempuh.
  • Tire Coverage: selama 2 tahun, termasuk penggantian hingga 4 ban per tahun yang mencakup biaya pembelian ban dan tenaga kerja 100%. Perlindungan ini mencakup kerusakan yang disebabkan oleh tusukan, menggembung, torehan, ledakan, robek dan kerusakan akibat kendaraan terus berjalan di atas ban kempes. Ban akan diganti dengan yang asli dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Bagi pelanggan yang melakukan pembelian unit MINI di MINI Exhibition, PIK Avenue selama periode 8 hingga 12 Juni akan mendapatkan hadiah langsung berupa voucher belanja MAP senilai Rp 1 juta dan berbagai voucher belanja lainnya (*syarat dan ketentuan berlaku, serta selama persediaan masih ada). Untuk informasi lebih lanjut hubungi +62 21 2927 9677 atau email contact-us@mini.com. Info lebih lanjut kunjungi www.mini.co.id dan follow Instagram @mini_indonesia.

 

Teks: Tito B. Setiawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *