Jurus Digitalisasi Mitsubishi Makin Kencang dalam Menghadapi Tantangan Pasar 2022

Di tengah kondisi penuh tantangan dan kompetisi yang dipicu pandemi Covid-19 namun juga penuh dengan berbagai kesempatan baru sepanjang tahun 2021 lalu, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) berhasil membukukan penjualan yang meningkat hingga 90,6% dibandingkan dengan tahun 2020, dan hal tersebut memotivasi MMKSI untuk meningkatkan strategi digitalisasinya di tahun 2022 ini.

BestCar Indonesia – Di tengah kondisi penuh tantangan dan kompetisi yang dipicu pandemi Covid-19 namun juga penuh dengan berbagai kesempatan baru sepanjang tahun 2021 lalu, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) berhasil membukukan capaian positif untuk penjualan retail kendaraan penumpang maupun niaga ringan Mitsubishi Motors di Indonesia. Penjualan pada tahun lalu meningkat hingga 90,6% dibandingkan dengan tahun 2020, dan hal tersebut memotivasi MMKSI untuk meningkatkan strategi digitalisasinya di tahun 2022 ini.

Keberhasilan dalam menjaga posisi di pasar otomotif Indonesia juga menjadi bukti nyata komitmen MMKSI untuk para konsumen. Komitmen untuk memberikan yang terbaik dari yang paling baik untuk masyarakat meskipun dalam keterbatasan yang ada.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memproyeksikan penjualan mobil baru di 2022 sebanyak 900.000 unit. Target tersebut memberikan dorongan bagi MMKSI untuk terus mempertahankan eksistensi dan memacu untuk meramaikan kompetisi pasar otomotif baik dalam sisi produk, layanan penjualan, dan purna jual terbaik kepada konsumen.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh pihak yang telah mendukung proses perkembangan bisnis MMKSI dan melewati berbagai tantangan yang ada di tahun 2021. Upaya MMKSI di tahun lalu pun terjawab dengan capaian penjualan yang positif dan menjadi motivasi kami untuk meraih lebih baik lagi. Dan pengalaman pada tahun lalu mengajarkan kami untuk terus berinovasi demi memberikan layanan terbaik untuk meningkatkan kepuasan konsumen,” ungkap Naoya Nakamura, President Director of PT MMKSI dalam acara MMKSI Virtual Annual Media Gathering 2022, Kamis (17/03/2022).

Tahun ini MMKSI terus melakukan inovasi dalam menjalankan bisnisnya, dan terus memberikan pengalaman yang lebih baik untuk para konsumen Mitsubishi Motors baik dari sisi penjualan maupun purnajual. Setelah memperkenalkan serta beberapa perkembangan fitur pada aplikasi MMID tahun lalu, pada tahun 2022 ini MMKSI akan memonitor dan melakukan pengembangkan serta perbaikan pada seluruh inovasi yang telah dihadirkan sebelumnya, sehingga konsumen dapat merasakan manfaat dari kemudahan mendapatkan layanan MMKSI.

Perluasan akses pun akan terus dilakukan, salah satunya yaitu dengan membuka official store spare part Mitsubishi Motors di beberapa e-commerce. Hal tersebut ditujukan agar konsumen dapat dengan mudah melakukan transaksi tanpa harus merasa khawatir, karena spare part yang disediakan sangat terjamin kualitas serta keasliannya.

Sebagai hal yang paling penting dalam bisnis MMKSI, kepuasan konsumen sangat diutamakan. Oleh karena itu, di tahun 2022 MMKSI akan lebih fokus untuk memberikan apresiasi untuk konsumen yang telah memberikan kepercayaannya kepada MMKSI meskipun dalam situasi yang sulit.

“Melihat tren sejak pandemi hingga saat ini, daya beli dan penerimaan pasar berangsur-angsur meningkat. Hal ini tentunya tidak terlepas dari dukungan pemerintah melalui insentif PPnBM sejak awal tahun lalu yang secara signifikan menstimulus pasar. Kami optimistis masa endemik dan normal yang kita tuju saat ini akan mendukung pertumbuhan industri otomotif,” ujar Nakamura.

Masih menurut Nakamura, pandemi mengubah banyak aspek dalam bisnis serta perilaku pelanggan. Oleh karena itu, MMKSI telah menerapkan program perjalanan pelanggan yang berkesinambungan ke dalam operasi bisnis sepanjang tahun, yang terus ditingkatkan. “Perubahan perilaku konsumen online selama pandemi mendorong kami untuk mempercepat optimalisasi saluran dan aspek digital. Mitsubishi Motors terus berupaya menyempurnakan sistem digitalnya, mulai dari optimalisasi media sosial, website, aplikasi, iklan online, serta kanal-kanal lain untuk memberikan layanan bagi seluruh proses kepemilikan kendaraan. Meski demikian, kegiatan offline juga sudah mulai dilaksanakan secara bertahap, sehingga kegiatan terintegrasi antara online dan offline sebagai bagian dari customer journey,” paparnya lagi.

Sebagai langkah selanjutnya, lanjut Nakamura, pihaknya akan memperkuat branding Mitsubishi Motors di Indonesia, untuk memberikan kepuasan yang lebih baik terhadap perjalanan pelanggan dengan merek Mitsubishi Motors dengan citra ‘Mitsubishi-ness’ yang kuat, dalam jangka panjang, dan hubungan yang loyal dengan pelanggan. “Ini akan menjadi strategi utama untuk operasi bisnis secara keseluruhan untuk membuat merek kami menjadi top of mind pelanggan kami. Selanjutnya, tim Sales, After Sales, dan Product Strategy kami akan membagikan informasi umum tentang kinerja perusahaan dari tahun fiskal lalu dan rencana kami berikutnya untuk tahun fiskal mendatang,” pungkasnya.

 

Performa 2021

Merujuk pada data penjualan retail Gaikindo tahun 2021, kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi Motors di Indonesia mencatat angka penjualan sebanyak 104.407 unit (Jan 2021 – Dec 2021) yang terdiri dari penjualan model kendaraan penumpang sebanyak 68.152 unit dan kendaraan niaga ringan sebanyak 36.225 unit. Adapun rincian penjualan retail model kendaraan Mitsubishi Motors di Indonesia tahun 2021 adalah sebagai berikut:

 

KATEGORI MODEL CY2021 (JAN – DEC 2021)
UNIT PANGSA PASAR SEGMEN
Kendaraan Penumpang (PC) Xpander 28.424 31% Small MPV
Xpander Cross 22.383
Pajero Sport 17,137 40% Medium SUV (2.500cc)
Eclipse Cross 183 6% 5-Seats Compact SUV
Outlander PHEV 20 1% xEV
Total PC 68.152 10.9%  
Kendaraan Niaga Ringan (LCV) Triton 9.009 57.6% Small Pick-Up 4×4
L300 27.110 65% Small Pick-Up 4×2
Total LCV 36.255 21.7%  
Total PC + LCV 104.407    

 

Dari sisi purnajual, MMKSI juga mendapatkan pencapaian positif. Sepanjang tahun 2021, pertumbuhan penjualan suku cadang naik sebesar 29% dibandingkan dengan tahun 2020. Hal tersebut tentunya menjadi motivasi MMKSI untuk terus memperbaiki dan menyempurnakan layanan yang sudah ada.

Sepanjang tahun 2021 MMKSI juga tercatat telah banyak memberikan inovasi untuk produk serta layanannya. Dari sisi produk, MMKSI telah menghadirkan New Pajero Sport, Xpander Rockford Fosgate Black Edition, Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition, serta New Xpander dan New Xpander Cross. Tidak hanya itu, sebagai bentuk kontribusi MMKSI dalam mempercepat perkembangan mobil listrik di Indonesia, MMKSI juga menghadirkan Minicab MiEV pada ajang GIIAS 2021, sebuah kendaraan niaga yang sepenuhnya menggunakan tenaga listrik.

Dari sisi pelayanan, MMKSI tetap secara aktif memperluas fasilitas diler serta bodi dan cat di beberapa daerah di Indonesia. Selain itu, MMKSI juga menghadirkan MIRA (Mitsubishi Virtual Assistant) serta beragam inovasi pada fitur-fitur My Mitsubishi Motors ID (MMID) yang memberikan warna baru dalam dunia digital dan mengutamakan kenyamanan bagi penggunanya untuk mendapatkan layanan terbaik MMKSI.

Dan sebagai perusahaan yang memiliki tanggung jawab sosial, MMKSI terus aktif melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang dikemas dalam 3 (tiga) jenis kegiatan yaitu Mitsubishi CSR Children Program (MCP), Mitsubishi CSR Education Program (MEP), dan Mitsubishi CSR Humanity Program (MHP). Pada MCP, MMKSI memberikan bantuan berupa set alat pembelajaran jarak jauh, perlengkapan sekolah dan juga kebutuhan pokok untuk panti asuhan di Jabotabek dan dilakukan 2 (dua) kali dalam setahun. Untuk MEP, MMKSI telah memberikan 5 (lima) unit kendaraan praktikum kepada 5 (lima) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia. Sedangkan untuk MHP, MMKSI terus aktif dalam memberikan bantuannya untuk dunia kemanusiaan seperti mendonasikan 3 (tiga) unit Outlander PHEV kepada 3 (tiga) instansi berbeda untuk pendistribusian vaksin Covid-19, donasi alat antigen atas nama Mitsubishi Krama Yudha Automotive Group, donasi untuk penanggulangan Covid-19 kepada Wisma Atlet, serta yang terakhir adalah memberikan bantuan untuk para korban erupsi gunung Semeru.

Seluruh kegiatan tersebut merupakan salah satu langkah nyata MMKSI dalam mengejar ambisinya sebagai brand yang reliable dan dapat dipercaya oleh konsumen, serta memiliki kontribusi sosial kepada masyarakat Indonesia.

 

Teks: Yusran Hakim

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *