Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Ini Dia Sederet Keunggulan Teknologi dan Fitur Suzuki All New Ertiga Hybrid

Bukan hanya karena menjadi mobil hybrid pertama di kelas Low Multi Purpose Vehicle (L-MPV) yang diproduksi di dalam negeri, All New Ertiga Hybrid yang dibekali teknologi pintar Suzuki Smart Hybrid dan sederet fitur canggih lainnya ini ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau, hanya sekitar Rp 11 juta lebih mahal dari Suzuki All New Ertiga standar yang beredar saat ini. Apa saja keunggulan teknologi dan fitur-fitur LMPV Hybrid Suzuki ini?

BestCar Indonesia – Ketika PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan produk unggulan terbarunya, All New Ertiga Hybrid, Jumat lalu (10/06/2022), respon masyarakat luar biasa. Bukan hanya karena menjadi mobil hybrid pertama di kelas Low Multi Purpose Vehicle (L-MPV) yang diproduksi di dalam negeri, All New Ertiga Hybrid yang dibekali teknologi pintar Suzuki Smart Hybrid dan sederet fitur canggih lainnya ini ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau, hanya sekitar Rp 11 juta lebih mahal dari Suzuki All New Ertiga standar yang beredar saat ini.

Suzuki All New Ertiga sendiri merupakan mobil Low Multi Vehicle Purpose (LMPV) yang diproduksi oleh Suzuki Indonesia sejak tahun 2012 dengan nama Ertiga. Kini, dengan menyematkan teknologi Suzuki Smart Hybrid, All New Ertiga Hybrid yang memiliki kapasitas 7 orang penumpang hadir dengan menggabungkan mesin konvesional berbahan bakar bensin dan Integrated Starter Generator (ISG) yang menggantikan alternator konvensional untuk membantu kerja mesin bahan bakar.

Mengapa Suzuki memilih LMPV untuk hybrid pertamanya di Indonesia?

Tentu, pertama, karena Low-Multi Purposes Vehicle (LMPV) menawarkan kemampuan kendaraan dalam menampung banyak penumpang. All New Ertiga mampu menampung hingga 7 penumpang dewasa dengan nyaman hingga baris ke-3 ketika berkendara, namun dapat dialihfungsikan sebagai tempat menaruh barang jika tidak sedang membawa 7 penumpang. Ini karena All New Ertiga menggunakan sasis monokok sehingga lebih nyaman berkat suspensinya yang empuk. Secara keseluruhan, LMPV cocok untuk menunjang aktivitas keluarga karena didesain dengan mengutamakan kenyamanan dalam penggunaan sehari-hari, serta harga yang relatif terjangkau untuk banyak kalangan.

Kedua, untuk pasar Indonesia, segmen LMPV merupakan pasar terlaris yang sejauh ini justru belum diisi oleh produk elektrifikasi yang harganya cukup terjangkau. Suzuki melihat peluang untuk mendobrak pasar otomotif nasional dengan produk kendaraan elektrifikasi pertama di segmen LMPV nasional berupa All New Ertiga Hybrid yang harganya terjangkau.

Sebagai LMPV, All New Ertiga Hybrid memiliki sederet keunggulan khas LMPV seperti:

  • Kabin lega dan nyaman untuk orang dewasa hingga baris ke-3,
  • Fitur keselamatan canggih (baik aktif maupun pasif) saat berkendara, seperti Cruise Control, Gear Shift Indicator; Guide Me Light; Electronic Stability Programme (ESP); Hill Hold Control (HHC); dan Auto Retractable Outside Mirror.
  • Mengutamakan kenyamanan berkendara untuk penumpang dan pengendara, dengan fitur sasis monokok dan suspensi empuk; Keyless + push start/stop button untuk memudahkan pengendara; 2 nd row armrest untuk penumpang baris tengah untuk memanjakan penumpang; ventilated cup holder; kapasitas bagasi yang besar; dan head unit ukuran 8inci
  • Efisiensi bahan bakar.
  • Sparepart pendukung atau pengganti yang mudah dicari

 

FITUR ALL NEW ERTIGA HYBRID    
NO. FITUR ALL NEW ERTIGA HYBRID  
  Mesin  
1 New Engine K15B with Suzuki Smart Hybrid  
  Eksterior  
2 New Design Front Grille (GX)  
3 New Auto Retractable Outside Mirror (GX, SS)  
4 New Antenna Type  
5 New Alloy Wheel Black Polished (SS)  
6 New Backdoor Garnish Design  
7 New Emblem “Hybrid”  
8 New Color Mellow Deep Red  
  Interior  
9 New Design MID (Multi Information Display)  
10 New Color Interior Ambience Grey  
11 New Interior Ornament GX – Ornament Charcoal  
SS – Ornament Carbon Fiber  
12 New Color Seat Material GX – Black  
SS – Black Red Stitch  
13 AC Auto Climate with Heater  
14 Rear Camera (SS)  
15 Halogen Projector Headlamp with DRL (SS)  
16 Armrest 2nd Row  
17 Bagasi Luas  
18 Kabin Lapang  
19 Engine Push Start Stop  
20 One Touch Folding 2nd Row  
21 Ventilated Cup Holders  
  Fitur Keselamatan  
22 New Cruise Control  
23 New Gear Shift Indicator (GSI) MT Only  
24 New Autolight with Guide Me Light  
25 New ESP® (GX)  
26 New Hill Hold Control (now also available on GX-AT)  
27 Dual SRS Airbags  
28 ABS + EBD  
29 ISOFIX  
30 Platform HEARTECT  
31 Penggerak Roda Depan  

 

Dengan teknologi Suzuki Smart Hybrid, keunggulan yang ada pada LMPV All New Ertiga Hybrid bertambah menjadi :

  • Irit Bahan Bakar
  • Biaya Operasional yang lebih terjangkau
  • Nyaman saat berada di jalanan yang macet
  • Ramah Lingkungan

Sebagai kendaraan Hybrid, Suzuki All New Ertiga memiliki faktor pendukung dalam efisiensi bahan bakar, yaitu mesin K15B yang lebih bertenaga dan irit bahan bakar dengan standar EURO4 yang dipadukan dengan Integrated Starter Generator (ISG) yang dapat membuat konsumsi bahan bakar lebih irit karena dapat menghidupkan komponen kelistrikan saat mesin dalam posisi engine auto stop. Di sisi lain, pengendara dapat memantau kondisi pengendaraan yang berkaitan dengan efisiensi konsumsi bahan bakar melalui MID (Multi Information Display) yang menampilkan informasi rata-rata konsumsi BBM, real time konsumsi BBM, dan informasi temperatur luar.

Dengan kelebihan-kelebihan tersebut, tak heran jika All New Ertiga Hybrid juga cocok digunakan dalam menunjang aktivitas keluarga saat kondisi perjalanan di perkotaan sedang macet, seperti di Jakarta, Bandung, Surabaya, dan kota lainnya yang terkenal dengan kemacetannya.

Menurut Yulius Purwanto, Head of 4W Product Development PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS), pada dasarnya Suzuki Smart Hybrid berupa sistem SHVS (Smart Hybrid Vehicle System) yang dikembangkan Suzuki untuk mendukung kendaraan generasi berikutnya yang lebih efisien dan kompetitif. Sistem SHVS juga merupakan sistem elektrifikasi yang diklaim paling terjangkau dari segi biaya. Sistem ini mengemas baterai utama yang ringan dan ringkas, dirancang untuk masa pakai yang lebih lama. Karena itu Suzuki Smart Hybrid dinilai ringan, compact, dan hemat energi, sehingga sangat ideal untuk compact car dengan kemampuan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien.

Suzuki Smart Hybrid mengoptimalkan efisiensi kendaraan dengan mengandalkan 2 komponen utama sebagai pendamping mesin pembakaran internal, yaitu Integrated Stater Generator (ISG) dan Lithium-Ion Battery. ISG sendiri merupakan pengembangan teknologi pertama yang dilakukan Suzuki dalam menciptakan kendaraan yang irit bahan bakar dengan harga terjangkau.

Secara bersamaan dengan mesin pembakaran internal, penyematan teknologi Suzuki Smart Hybrid akan menambah keunggulan fitur lain seperti Auto Start-Stop, restart yang halus dan senyap setelah auto start-stop aktif, bantuan tenaga untuk akselerasi yang lebih responsif, serta kemudahan regenerasi daya baterai selama pengurangan laju kendaraan.

Prinsip mekanisme kerja dari Suzuki Smart Hybrid untuk mencapai efisiensi sangat praktis bagi pengendara. Ketika pengendara melakukan akselerasi, komponen ISG akan memberikan bantuan tenaga kepada mesin bila dibutuhkan untuk meringankan beban pada putaran mesin. Dengan begitu, pengendara bisa memperoleh tenaga yang diperlukan secara lebih cepat. Saat pengendara harus melakukan perlambatan kecepatan (deselerasi) menggunakan rem, fungsi ISG akan mengubah energi kinetik menjadi energi listrik yang kemudian akan disimpan dalam Lithium-Ion Battery.

Di sisi lain, kondisi mobil yang telah berhenti akan mengaktifkan fitur Auto Start-Stop, sehingga mesin mobil akan mati secara otomatis untuk menghemat konsumsi bahan bakar. Sementara dalam saat yang sama, seluruh komponen elektrikal yang berada di dalam kabin seperti head unit, instrument cluster, Multi Information Display, power window dan lampu kabin akan tetap berfungsi berkat pasokan listrik dari Lithium-Ion Battery 6Ah. Sedangkan AC dan lampu eksterior juga tetap aktif lewat pasokan listrik dari Lead Acid Battery 55Ah, sehingga pengendara dan penumpang pun akan tetap merasa nyaman.

Peran ISG akan kembali bekerja secara halus untuk menyalakan mesin dengan otomatis ketika pengendara melepaskan injakan kaki di pedal rem (untuk mobil bertransmisi otomatis) atau pedal kopling (untuk mobil bertransmisi manual), sehingga mobil dapat kembali digunakan untuk berakselerasi.

Teknologi Suzuki Smart Hybrid akan lebih terasa manfaatnya saat digunakan dalam kemacetan lalu lintas yang sering terjadi di kota-kota besar di Indonesia. Sehingga, kehadiran Suzuki Smart Hybrid terasa tepat guna karena dengan adanya fitur auto-stop dan bantuan akselerasi dari ISG, maka akan memberikan dampak pada efisiensi konsumsi bahan bakar secara akumulatif.

“Kami melakukan pengembangan produk sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini, termasuk kebutuhan akan teknologi ramah lingkungan yang hemat bahan bakar dan harganya terjangkau. Untuk itulah, kami yakin bahwa Suzuki Smart Hybrid bisa menjadi solusi tepat dan pilihan smart bagi masyarakat,” tutup Yulius.

Dengan teknologi terbaru dan fitur-fitur terkini, All New Ertiga Hybrid diyakini akan menjadi pelopor mobil elektrifikasi yang terjangkau masyarakat dan sesuai dengan kebutuhan saat ini, terutama bagi yang tinggal di kota-kota besar. “Di tengah kenaikan harga bahan bakar yang terus terjadi, All New Ertiga Hybrid adalah pilihan pintar yang sangat cocok untuk kondisi saat ini. Manfaatnya pun akan terasa lebih optimal saat digunakan dalam kondisi kemacetan. Apalagi All New Ertiga Hybrid sudah dilengkapi berbagai fitur terbaru seperti cruise control, ESP, dan smart phone mirroring technology yang akan memberikan pengalaman baru dalam berkendara. Untuk hari yang lebih baik, kami mengajak Anda menggunakan All New Ertiga Hybrid yang nyaman digunakan, ramah lingkungan, dan membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien,” papar Hady S Halim, Deputy Director Sales & Marketing 4W PT SIS beberapa waktu lalu.

 

Teks: Yusran Hakim

Foto: Tito B. Setiawan

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *