Ini Dia Konsep Branding Terbaru Mitsubishi untuk Masyarakat Indonesia

Konsep “Life Adventure” merupakan sebuah interpretasi arah dan sikap Mitsubishi Motors di Indonesia dalam menjalankan proses bisnisnya sebagai brand yang mendukung petualangan hidup setiap orang yang menjalani hidupnya untuk menghadapi tantangan, mengejar passion, dan menikmati perjalanan hidup yang menakjubkan dan juga menantang.

BestCar Indonesia – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memperkenalkan konsep branding terbarunya, yaitu “Life Adventure” kepada masyarakat Indonesia. Konsep “Life Adventure” merupakan sebuah interpretasi arah dan sikap Mitsubishi Motors di Indonesia dalam menjalankan proses bisnisnya sebagai brand yang mendukung petualangan hidup setiap orang yang menjalani hidupnya untuk menghadapi tantangan, mengejar passion, dan menikmati perjalanan hidup yang menakjubkan dan juga menantang.

Konsep “Life Adventure” ini dilatarbelakangi oleh komitmen MMKSI dalam meningkatkan pengalaman konsumen, dimana digitalisasi, peningkatan kualitas dan juga branding menjadi pilar utamanya. Kepuasan konsumen menjadi hal yang paling mendasar dalam menjalankan bisnis MMKSI yang dapat membuka peluang-peluang baru ke depannya.

Menurut President Director MMKSI, Naoya Nakamura, sebelum memutuskan branding ini pihaknya banyak melakukan diskusi. “Dan kami menemukan bahwa konsumen Mitsubishi secara relatif bukanlah orang-orang yang harus mengikuti trend. Kustomer kami juga piunya filosofi sendiri dan mereka selalu berani untuk memilih apa yang menurut mereka baik. Dan kita juga melihat mereka dinamis dan berani mengambil risiko untuk kehidupan mereka. Itu persona yang kami dapatkan dari diskusi-diskusi mengenai konsumen target kami,“ ungkap Naoya Nakamura dalam acara virtual Mitsubishi “MMKSI New Branding Concept Press Conference” pada Selasa (22/03/2022).

“Covid-19 hadir pada tahun 2020, saat Mitsubishi merayakan ulang tahun ke-50 di Indonesia. Kami sangat berharap bahwa pelanggan, kolega, dan mitra kami serta keluarga yang berharga akan bertahan dari situasi sulit ini, dan secara bersamaan mengingatkan kami tentang kehidupan kami. Pada saat itu, kami kembali menyadari bahwa dalam lingkungan apapun selalu terdapat petualangan indah pada kehidupan sehari-hari setiap orang. Dan, itu juga merupakan kesenangan hidup yang nyata untuk menikmatinya dan bergerak maju sambil mendapatkan rasa kepuasan. Kami bangga bahwa kami telah berkontribusi pada pembangunan ekonomi Indonesia dan terwujudnya kehidupan masyarakat yang makmur selama 50 tahun. Dan kami berjanji untuk menjadi merek yang dapat berkontribusi pada kebahagiaan dan kualitas hidup yang lebih kaya kedepan bagi pelanggan, kolega, mitra, dan keluarganya dengan mendukung petualangan hidup setiap orang Indonesia,” papar Nakamura.

Dalam kondisi normal, lanjut Nakamura, ada hal yang dianggap biasa saja dan tidak diperhatikan, namun setelah pandemi baru terasa berharganya. ”Dan saya menyadari banyak momen spesial dalam hari-hari normal yang ternyata patut kita syukuri dan nikmati. Tentu ini bukan buat saya saja, tapi semua orang di dunia. Kami melakukan bisnis di Indonesia, dan saya berpikir, sebagai brand kami harus mendukung kehidupan yang ada di Indonesia. Jadi setiap momen adalah sesuatu yang spesial, jadi kita bisa melihat sesuatu yang baru dalam kehidupan sehari-hari yang unik dan penting. Sesuatu yang baru dan unik kita anggap sebagai sebuah petualangan. Dan saya juga melihat Mitsubishi sebagai brand yang bisa mendukung kualitas kehidupan konsumen di Indonesia agar semakin berani berpetualang. Jadi kami memutuskan untuk mengangkat branding ini, Life Adventure,” paparnya.

Naoya Nakamura juga menyadari bahwa brand image bukan hanya untuk periode singkat tapi juga untuk jangka panjang. ”Karena kami sadar bahwa branding itu adalah bisnis jangka panjang yang tidak bisa secara singkat diimplementasikan. Untuk mendukung petualangan konsumen Indonesia itu adalah pekerjaan besar dan harus dilakukan dengan berkelanjutan dan juga memikirkan bagaimana bisa memperkaya kehidupan konsumen kami,” ujarnya.

Masih menurut Nakamura, pentingnya untuk mengenal nilai sebuah brand yang dipautkan dengan pemahaman terhadap target konsumen yang tepat, dapat membentuk sebuah hubungan personal dan membangun kedekatan emosional antara konsumen dengan brand. Hal ini akan memberikan beragam keuntungan yang tidak tampak, namun dapat memperkuat brand image serta membedakan Mitsubishi Motors dengan brand lain. Dan ini bisa menjadi salah satu keuntungan dalam memperkenalkan produk dan layanan Mitsubishi Motors.

“Ada begitu banyak hal yang memengaruhi Life Adventure seseorang, dan Mitsubishi Motors ingin menjadi partner bagi siapa saja yang melihat tantangan hidup sebagai petualangan yang luar biasa, dengan komitmen untuk menyediakan produk dan layanan yang mendukung perjalanan pelanggan yang menakjubkan dan penuh tantangan. Dengan menginformasikan karakteristik dan mentalitas brand Mitsubishi Motors melalui berbagai aktivitas, diharapkan calon konsumen yang masih dalam tahap penentuan karakter hidup dapat bergabung menjadi konsumen Mitsubishi Motors,“ tandas Nakamura.

Sementara Tetsuro Tsuchida, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI, menyebut ada beberapa program yang akan dijalankan untuk sosialisasi, khususnya untuk jangka panjang. “Untuk jangka pendek kami akan luncurkan movie brand Life Adventure di berbagai platform. Aktivitas digital dan off-line juga akan dilakukan yang sama. Konsumen juga akan diajak berpartisipasi. Contohnya, kami akan memberikan pengalaman yang berbeda pada konsumen di ajang pameran otomotif nasional IIMS akhir Maret ini. Kami berharap teman-teman bisa melihat langsung dan melihat apa yang kami buat,” paparnya.

”Tentu kami ingin memberikan pengalaman langsung pada kosnumen agar bisa dipahami dan dirasakan. Sayangnya karena adanya pandemi dan pembatasan yang masih belum bisa dipastikan, jadi kami masih memikirkan terlebih dulu untuk melakukan on ground activity,” timpal Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI.

Jadi, lanjut Tetsuro Tsuchida, konsep Life Adventure itu bukan hanya untuk one off tapi satu bagian dari upaya atau inisiatif untuk seluruh dealer di Indonesia untuk meningkatkan pelayanan ke konsumen dan calon konsumen. Pelayanan pelanggan bukan sekadar promo saja, tapi juga untuk meningkatkan kualitas kehidupan konsumen Mitsubishi. Pada intinya, Life Adventure adalah gagasan yang lebih besar daripada sekadar promo.

 

Teks: Yusran Hakim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *