Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

INEOS Automotive Akuisisi Pabrik Mercedes-Benz, akan Produksi Granadier 4X4

Pabrik milik Mercedes-Benz di Hambach yang saat ini memproduksi kendaraan listrik smart EQ fortwo, oleh INEOS akan dilanjutkan produksinya bersama-sama dengan mobil 4X4 dari INEOS, Grenadier, atas dasar kontrak produksi.

BestCar Indonesia INEOS  Automotive telah mengakuisisi fasilitas produksi Mercedes-Benz di Hambach dan akan memulai pembuatan Grenadier 4X4 di sana pada akhir 2021. Akuisisi ini mengamankan masa depan pabrik dan melindungi banyak lowongan pekerjaan yang mungkin akan hilang jika akuisisi ini tidak dilakukan.

Hambach dinilai merupakan fasilitas produksi yang ideal untuk Grenadier.  Sebagai salah satu pabrik produksi otomotif paling modern di Eropa, Hambach memiliki tenaga kerja yang sangat mumpuni dan berpengalaman, dengan jejak rekam luar biasa di antara pabrik Mercedes karena k,alitas hasil produksinya. Dan baru-baru ini Hambach memanfaatkan investasi besar yang memungkinkan produksi kendaraan yang lebih besar. Selain itu, lokasi pabrik di perbatasan Prancis-Jerman, yang hanya berjarak 200km dari Stuttgart, memberikan akses terbaik ke rantai pasokan, tenaga kerja berbakat di bidang otomotif, dan pasar sasaran. Melakukan proses produksi di Hambach memastikan INEOS tetap dengan rencananya menghadirkan Grenadier ke pelanggan pada awal 2022.

“Hambach memberi peluang unik yang tidak bisa kami abaikan begitu saja; membeli fasilitas produksi otomotif modern dengan tenaga kerja berkelas internasional. INEOS Automotive menetapkan visi untuk memproduksi mobil 4X4 serbaguna terbaik di dunia, dan di pabrik kami yang baru di Hambach, semua akan terwujud,” ujar Sir Jim Ratcliffe, INEOS Group Chairman.

Berdasarkan ketentuan akuisisi, Mercedes-Benz akan mengontrak INEOS untuk melanjutkan produksi smart EQ fortwo dan sebagian komponen Mercedes-Benz di Hambach. Bila dikombinasikan dengan rencana INEOS untuk Grenadier, hal ini berarti tersedianya 1.300 lowongan pekerjaan di Hambach, termasuk komitmen kepada pemasok yang bertempat di pabrik.

“Akuisisi ini menandai tonggak sejarah terbesar kami dalam pengembangan Grenadier. Seiring dengan program pengujian saksama yang saat ini berlangsung untuk kendaraan-kendaraan prototipe kami, kini kami dapat memulai persiapan di Hambach untuk memproduksi mobil 4X4 mulai akhir tahun depan untuk dikirim kepada pelanggan di seluruh dunia,” timpal Dirk Heilmann, Chief Executive Officer INEOS Automotive.

INEOS Granadier 4X4

Seperti diketahui, pada tahun 2017, Chairman INEOS Jim Ratcliffe menemukan celah di pasar untuk mobil 4X4 yang tangguh, serbaguna, dan minimalis yang dirancang agar sesuai dan andal untuk digunakan di era modern. Jim Ratcliffe sendiri merupakan seorang penggemar mobil dan petualang berpengalaman. INEOS Automotive Limited didirikan dan tim senior yang beranggotakan tenaga profesional di bidang otomotif untuk mewujudkan visi mereka dengan perspektif baru dalam pengembangan dan pembuatan mobil 4X4.

Sebagai perpaduan semangat dan desain Inggris yang tangguh dengan presisi teknis ala Jerman, Grenadier akan menjadi mobil 4X4 luar biasa yang dibangun dari nol. Dirancang untuk menghadapi semua kondisi, mobil ini akan menghadirkan kemampuan, ketangguhan, dan keandalan off-road terbaik di kelasnya bagi mereka yang mengandalkan kendaraan sebagai sarana kerja, di mana saja mereka berada di seluruh dunia.

INEOS Automotive adalah anak perusahaan INEOS Group (www.ineos.com), produsen terkemuka petrokimia, bahan kimia khusus, dan produk berbahan dasar minyak. INEOS mempekerjakan 22.000 karyawan di 34 bidang usaha, dengan jaringan produksi yang tersebar di 183 fasilitas manufaktur di 26 negara. Mulai dari cat hingga plastik, tekstil hingga teknologi, obat-obatan hingga telepon seluler, bahan-bahan yang diproduksi INEOS menyempurnakan hampir setiap aspek kehidupan modern. Pada tahun 2019, penjualan INEOS mencapai sekitar USD 61 miliar dengan EBITDA sekitar USD 6 miliar.

 

Teks: Tito B. Setiawan

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *