Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Hino Luncurkan Truk dan Bus Euro4 Serta Hino Dutro Facelift

PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menegaskan bahwa saat ini semua kendaraan Hino telah diproduksi dengan teknologi mesin Euro4 untuk memenuhi semua kebutuhan bisnis, mulai dari light-duty truck Hino Dutro, medium-duty truck Hino Ranger, heavy-duty truck Hino Profia dan Hino Bus.

BestCar Indonesia PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) secara resmi meluncurkan semua lini kendaraan Hino dengan standar mesin emisi Euro4. Dalam event Grand Launching Hino EURO 4 yang digelar di Hino Total Support Customer Center, Purwakarta, Rabu (09/03/2022) itu, HMSI menyebutkan bahwa saat ini semua kendaraan Hino telah diproduksi dengan teknologi mesin Euro4 untuk memenuhi semua kebutuhan bisnis, mulai dari light-duty truck Hino Dutro, medium-duty truck Hino Ranger, heavy-duty truck Hino Profia dan Hino Bus.

Bukan cuma itu, pengembangan dan infrastruktur juga telah disiapkan secara matang oleh Hino, mulai dari lini produksi, jaringan outlet, sistem teknologi, peralatan teknis, layanan purna jual, hingga SDM dan mekanik yang terlatih. Dan tentu saja yang terpenting, mesin baru common rail yang lebih tangguh, ekonomis dan ramah lingkungan, memenuhi regulasi Euro4.

“Kendaraan yang hari ini kami luncurkan tidak hanya untuk memenuhi regulasi Euro4, tetapi juga untuk menguatkan posisi Hino sebagai pemimpin pasar yang terus berkontribusi untuk kemajuan dan pengembangan transportasi di Indonesia yang lebih ramah lingkungan,” ungkap Masato Uchida, Presiden Direktur PT Hino Motors Manufactruing Indonesia (HMMI) dalam acara Grand Launching Hino EURO 4 di Hino Total Support Customer Center, Purwakarta, Rabu (09/03/2022).

Untuk pengembangan kendaraan Euro4 ini, Hino tetap berkomitmen mempertahankan ‘DNA’ Hino yaitu Quality Durability Reliability atau QDR. Seperti diketahui, selama 40 tahun hadir di Indonesia, seluruh kendaraan Hino sudah terbukti diterima dengan baik oleh konsumen. Hino menjadi market leader di segmen medium duty truck berturut-turut selama 22 tahun hingga saat ini, dengan pangsa pasar di atas 50%.

Berbagai fitur canggih tetap disematkan pada kendaraan Hino Euro4. Mulai dari sasis yang kuat teruji di lapangan, gross vehicle weight (GVW) yang lebih optimal, sistem pengereman yang reponsif menggunakan full air brake dan ABS, hingga sistem bahan bakar dengan mekanisme 3 kali penyaringan bahan bakar dan injektor dengan full Diamond Like Carbon (DLC) untuk meningkatkan ketahanan aus.

“Truk dan Bus Hino Euro4, memiliki transmisi dan mesin baru common rail yang tentunya tidak hanya kuat dan tangguh di segala medan operasi, namun juga memiliki emisi gas buang ramah lingkungan,” ungkap Santiko Wardoyo, COO – Director HMSI.

Mesin common rail Hino, lanjut Santiko Wardoyo, sudah dilengkapi Diesel Oxidation Catalyst (DOC) untuk mengurangi emisi gas buang karbon monoksida (CO), dan Hidrokarbon (HC). Selain itu terdapat Exhaust Gas Recirculation (EGR) untuk menurunkan kadar emisi gas buang NOx, dan Selective Catalytic Reduction (SCR) untuk model tertentu. Mesin common rail Hino Euro4 juga memiliki Variable Nozzle Turbo (VNT) untuk meningkatkan suplai udara ke ruang bakar yang akan menghasilkan tenaga secara responsif, serta ECU generasi terbaru yang telah terintegrasi dengan EDU. Dengan beragam teknologi di dalamnya, mesin common rail Hino memiliki emisi gas buang ramah lingkungan, efisiensi bahan bakar yang baik, dan menghasilkan suara mesin halus dan minim getaran.

“Untuk mencapai target emisi gas buang yang ditetapkan, sebaiknya menggunakan bahan bakar solar dengan minimal Cetane Number 51 dan kandungan sulfur maksimal 50ppm. Untuk itu HMMI memberikan jaminan kualitas atas kendaraan Hino yang dihasilkan saat ini, karena Hino Indonesia telah berpengalaman dalam memproduksi kendaraan EURO4 untuk pasar ekspor,” papar Masahiro Aso, Presiden Direktur PT Hino Motors Manufactruing Indonesia (HMMI).

Tampilan Terbaru Hino Dutro

Khusus di Euro4 ini, exterior Hino Dutro hadir dengan beberapa perubahan seperti desain grill depan dan perubahan cover atas lampu yang kini menyatu dan lebih stylish, serta perubahan bumper depan yang dirancang menyesuaikan posisi fog lamp yang membuat tampilan secara keseluruhan lebih dinamis. Selain itu ada penambahan cover spion pada dudukan kaca spion yang berguna untuk mencegah pencurian.

Perubahan desain juga terdapat pada bagian interior. Terdapat perubahan warna dashboard, door trim dan kursi yang kini berwarna coklat, memberi kesan mewah, nyaman dan modern. Semua perubahan desain baru ini memberikan tampilan yang lebih segar dan dinamis. Hino Dutro sendiri memiliki sasis yang tangguh, karena dirancang tanpa sambungan, terdapat keling penguat di atas frame dan profil sasis yang tebal.

“Hino lebih dari siap melayani kebutuhan bisnis Anda, karena kami berkomitmen untuk memberikan best fit product serta layanan purna jual terbaik sesuai dengan prinsip Total Support, yaitu layanan yang andal untuk memberikan keuntungan yang maksimal bagi pelanggan. Dengan memaksimalkan operational kendaraan dan minimalkan operational cost, kami yakin konsumen akan merasa lebih nyaman,” tutup Santiko Wardoyo.

 

Teks dan Foto: Tito B. Setiawan

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *