Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Serunya Para Duta Mitsubishi Indonesia Berbagi Petualangan Hidup

Konsep branding terbaru Mitsubishi Indonesia, “Life Adventure” merupakan investasi jangka panjang yang butuh waktu untuk dilakukan secara menyeluruh dan mendalam agar lebih berkembang. Dalam konteks inilah peran para Duta Mitsubishi menjadi amat penting, sebagai salah satu ujung tombak untuk menginformasikan karakteristik dan mentalitas brand Mitsubishi Motors melalui konsep branding terbaru itu. Nah, simak bagaimana kerennya petualangan hidup para Duta Mitsubishi ini bersama kendaraan mereka.

BestCar Indonesia – Sebelum meluncurkan konsep branding terbarunya, “Life Adventure”, Mitsubishi Indonesia banyak melakukan diskusi. “Dan kami menemukan bahwa konsumen Mitsubishi secara relatif bukanlah orang-orang yang harus mengikuti trend. Kustomer kami juga punya filosofi sendiri dan mereka selalu berani untuk memilih apa yang menurut mereka baik. Dan kita juga melihat mereka dinamis dan berani mengambil risiko untuk kehidupan mereka. Itu persona yang kami dapatkan dari diskusi-diskusi mengenai konsumen target kami,“ ungkap President Director MMKSI, Naoya Nakamura beberapa waktu lalu.

Konsep “Life Adventure” sendiri merupakan sebuah interpretasi arah dan sikap Mitsubishi Motors di Indonesia dalam menjalankan proses bisnisnya sebagai brand yang mendukung petualangan hidup setiap orang yang menjalani hidupnya untuk menghadapi tantangan, mengejar passion, dan menikmati perjalanan hidup yang menakjubkan dan juga menantang.

Masih menurut Nakamura, pentingnya untuk mengenal nilai sebuah brand yang dipautkan dengan pemahaman terhadap target konsumen yang tepat, dapat membentuk sebuah hubungan personal dan membangun kedekatan emosional antara konsumen dengan brand. Hal ini akan memberikan beragam keuntungan yang tidak tampak, namun dapat memperkuat brand image serta membedakan Mitsubishi Motors dengan brand lain. Dan ini bisa menjadi salah satu keuntungan dalam memperkenalkan produk dan layanan Mitsubishi Motors.

“Ada begitu banyak hal yang memengaruhi Life Adventure seseorang, dan Mitsubishi Motors ingin menjadi partner bagi siapa saja yang melihat tantangan hidup sebagai petualangan yang luar biasa, dengan komitmen untuk menyediakan produk dan layanan yang mendukung perjalanan pelanggan yang menakjubkan dan penuh tantangan. Dengan menginformasikan karakteristik dan mentalitas brand Mitsubishi Motors melalui berbagai aktivitas, diharapkan calon konsumen yang masih dalam tahap penentuan karakter hidup dapat bergabung menjadi konsumen Mitsubishi Motors,“ tandas Nakamura.

Masih menurut Nakamura, pentingnya untuk mengenal nilai sebuah brand yang dipautkan dengan pemahaman terhadap target konsumen yang tepat, dapat membentuk sebuah hubungan personal dan membangun kedekatan emosional antara konsumen dengan brand. Hal ini akan memberikan beragam keuntungan yang tidak tampak, namun dapat memperkuat brand image serta membedakan Mitsubishi Motors dengan brand lain. Dan ini bisa menjadi salah satu keuntungan dalam memperkenalkan produk dan layanan Mitsubishi Motors.

Bagaimanapun, Naoya Nakamura menyadari bahwa brand image bukan hanya untuk periode singkat tapi juga untuk jangka panjang. ”Karena kami sadar bahwa branding itu adalah bisnis jangka panjang yang tidak bisa secara singkat diimplementasikan. Untuk mendukung petualangan konsumen Indonesia itu adalah pekerjaan besar dan harus dilakukan dengan berkelanjutan dan juga memikirkan bagaimana bisa memperkaya kehidupan konsumen kami,” ujarnya.

Karena itulah PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menggelar acara ‘MMKSI Virtual Interview’ yang bertajuk ‘Sharing session with Duta Mitsubishi’, Kamis lalu (07/04/2022). Meski secara virtual, acara ini menghadirkan langsung tiga Duta Mitsubishi Indonesia, yaitu Rifat Sungkar, Journey of Wonder Family, dan Yoesteyfan yang dianggap mampu mewakili  konsep branding terbaru Mitsubishi Motors Indonesia.

Seperti dikatakan Bintar Prakoso, Manager Customer Experience Management Sales Marketing Division PT MMKSI, bahwa secara umum saat ini PT MMKSI masih dalam proses penjajakan upaya pengalaman pelanggan Mitsubishi. “Maka itu, setiap tahapan perkembangan dalam customer experience menjadi penting. Kami berupaya melihat lebih detil, dan ada 4 aspek penting dalam Customer Experience ini yakni Pra-Pembelian, tahapan di purchase, ownership experience dan tahapan perawatan kendaraan. Itu yang paling penting,” ujar Bintar Prakoso dalam acara acara ‘Sharing session with Duta Mitsubishi’.

Branding itu tidak bisa diimplementasikan langsung ke dalam bentuk promo, karena branding adalah investasi jangka panjang. Investasi jangka panjang ini butuh waktu untuk dilakukan secara menyeluruh dan mendalam agar lebih berkembang. Nah, nantinya Life Adventure bukan hanya sebuah message buat kostumer saja, tapi juga semangat untuk menghasilkan pengalaman yang menyenangkan dan dapat dirasakan oleh kosnumen,” timpal Gian Prayogi, Customer Experience Management Marcomm Department PT MMKSI di acara yang sama.

Menurut Gian Prayogi, pada tahapan launching, konsep branding Mitsubishi ini akan dibuat dalam beberapa fase, seperti teaser, rangkaian video petualangan Duta Mitsubishi seperti Journey of Wonder (JoW), Rifat Sungkar, Ringgo Agus Rahman, dan Yoestefan. “Nah, implementasi yang kita jalankan itu pasti akan diikuti oleh kegiatan lain, tidak hanya marketing dan PR tapi juga di sales marketing dan after sales.

Sementara di kami sendiri juga terus memberikan pemahaman kepada teman teman di MMKSI dan dealer agar selalu ada layanan berupa customer journey, sehingga menghasilkan pengalaman yang lebih baik kepada seluruh konsumen. Karena ini investasi jangka panjang, pasti akan ada layanan baru dari masing masing tim di MMKSI dan akhirnya menuju ke satu titik, yakni customer experience,” papar Gian Prayogi .

Nah, dalam konteks inilah peran para duta Mitsubishi menjadi amat penting sebagai salah satu ujung tombak untuk menginformasikan karakteristik dan mentalitas brand Mitsubishi Motors melalui konsep branding Life Adventure. Mereka ini dikenal sebagai pengguna kendaraan yang sangat loyal, sehingga mengerti hingga sangat detil terkait kendaraan Mitsubishi.

 

Petualangan Hidup Para Duta Mitsubishi

Salah satu bentuk petualangan hidup dicontohkan oleh pengguna sekaligus Brand Ambassador Mitsubishi adalah keluarga petualang ‘Journey of Wonder‘ (JoW) Koudijs yang terdiri dari Eelco Koudijs, Iyel Koudijs, dan dua anak mereka, Raneesya dan Tyo. ‘Life Adventure’ yang mereka jalani tergolong luar biasa, karena sudah puluhan negara di benua Asia, Eropa, hingga Afrika yang mereka kunjungi bersama Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4×4 lansiran 2017 yang diberi nama ‘Cappuccino‘.

Petualangan keluarga JoW sempat terhenti akibat pandemi Covid-19 yang melanda dunia dua tahun lalu. Baru setelah kondisi pandemi mulai mereda mereka kini kembali menjalankannya. Namun karena di berbagai negara masih memberlakukan aturan yang ketat, keluarga JoW kini fokus untuk berkeliling Indonesia.

Uniknya, menurut Eelco, sepanjang petualangan yang dijalani hingga berbagai pelosok negara dan daerah nyaris tak pernah mengalami kendala teknis pada Pajero Sport ‘Cappuccino‘ yang mereka kendarai. “Seingat saya Cappucino tak pernah rusak. Pajero Sport ini memang sempat mogok, tapi itu akibat bahan bakar yang ternyata terkontaminasi oleh air. Sempat dikuras tangki bahan bakarnya, namun karena kandungan airnya sudah terlalu parah, kami terpaksa menguras habis dan mengosongkan tangki di samping SPBU. Dan berhasil, Cappucino akhirnya kembali bertugas setelah tangka dibersihkan dan diisi dengan BBM yang bersih,” ungkap.

Eelco yang telah sangat berpengalaman dalam petualangan bermobil memang paham benar bagaimana memperlakukan kendaraannya untuk berpetualang jarak jauh. Ia mengaku tak pernah absen melakukan pengecekan rutin sebelum perjalanan. Eelco bahkan kerap melakukannnya sendiri, selain melakukan servis rutin di bengkel sepanjang perjalan mereka. Panggilan ‘Cappuccino’ untuk Pajero Sport 4×4 keluarga JoW itu sendiri terinspirasi dari warna coklat akibat debu jalan yang melaburi sekujur tubuh SUV Mitsubishi yang yang sejatinya berwarna putih itu dalam setiap perjalanan adventure-nya. “Waktu berangkat mobil ini selalu kita cuci bersih terlebih dulu, namun dalam perjalanan warnanya selalu berubah menjadi coklat Cappucino…makanya kita namakan seperti itu,” ungkap Eelco.

Duta Mitsubishi lainnya adalah Yoesteyfan. Kecintaannya pada brand Mitsubishi berawal dari Lancer SL lansiran 1982 yang ia gunakan saat kuliah pada tahun 1986. Yoesteyfan menilai Mitsubishi Lancer memiliki karakter istimewa, dengan mesin lebih unggul dibandingkan sedan sekelasnya saat itu. Tak heran jika sejak dulu ia selalu memilih Lancer sebagai kendaraan andalannya, mulai dari DanGan hingga model ‘Evo 4’. “Saya itu benar-benar penggemar sedan. Setelah Lancer tidak lagi diproduksi, saya merasa sangat kecewa. Bahkan gara-gara itu saya sempat pindah ke sedan brand lain,” kenang Yoesteyfan.

Namun pada pada akhirnya Yoesteyfan kembali ke Mitsubishi yang sudah memberikan kesan dan kenangan tersendiri. Saat ini keluarga Yoesteyfan bisa dibilang sebagai keluarga Mitsubishi. Untuk keperluan keluarga ia mengandalkan Xpander. Ia sendiri  mengandalkan Pajero Sport atau Outlander untuk kegiatan sehari-hari.

“Setelah Mitsubishi Lancer SL 1982 yang saya pakai saat masih kuliah, saya kemudian menggunakan Lancer DanGan pada tahun 1990. Selanjutnya saya juga menggunakan Lancer Evo 3 sampai Evo 4. Tapi setelah itu saya sempat tidak pakai Mitsubishi, karena kurang suka modelnya. Lalu sekitar tahun 2000-an saya sempat menggunakan Mitsubishi Kuda. Sebetulnya banyak model yang saya suka tapi tidak diteruskan peredarannya oleh Mitsubishi, jadi saya beralih ke brand tetangga. Setelah keluar Pajero pada tahun 2013, saya baru kembali ke Mitsubishi dan kemudian pada tahun 2015 saya kembali ganti Pajero model yang baru. Ganti lagi pada tahun 2019 dengan Pajero yang paling baru. Sekarang untuk ke kantor saya pakai Outlander dan anak-anak saya pakai MPV Mitsubishi seperti Xpander. Jadi saya itu sejak awal sudah pakai Mitsubishi, saya kalah nasib saja dengan Rifat Sungkar,” pungkas Yoesteyfan.

 

Teks: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga