Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Permintaan Meningkat, Suzuki Optimalkan Platform Digital untuk Service dan Spareparts

Permintaan service Suzuki justru meningkat sejak pandemi Covid-19 dalam dua tahun terakhir. Selain akibat banyaknya kendaraan yang lama tidak terpakai dan hendak dipakai sehingga harus melalui screening service terlebih dahulu agar tidak terjadi masalah, peningkatan permintaan service ini juga terjadi karena adanya kemudahan dan keamanan pelayanan melalui platform digital yang dioptimalkan Suzuki, seperti Halo Suzuki dan SERA (Suzuki Emergency Road Assistance).

BestCar Indonesia – Sama seperti yang dilakukan banyak perusahaan industri untuk bertahan dalam kondisi pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung hampir 2 tahun, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) terus menerus  memaksimalkan penggunaan platform digital dalam sales, marketing, dan aftersales mereka. di setiap industri. Otimalisasi pelayanan lewat platform digital tersebut dilakukan Suzuki Indonsia melalui Call Center Halo Suzuki (0800 1100 800), SERA (Suzuki Emergency Road Assistance), serta digitalisasi lewat aplikasi MySuzuki dan website resmi.

Di tahun 2021, kinerja bengkel dan service Suzuki mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Menurut Hariadi, Service Asst. to Dept. Head PT SIS, permintaan service Suzuki meningkat ketika terjadi pandemi Covid-19. “Hal ini karena banyaknya kendaraan yang lama tidak terpakai dan hendak dipakai sehingga harus melalui screening service terlebih dahulu agar tidak terjadi masalah ketika digunakan dan mesin dapat bekerja secara optimal. Selain itu, peningkatan permintaan service ini juga terjadi karena adanya kemudahan dan keamanan pelayanan melalui platform digital yang dioptimalkan Suzuki, seperti Halo Suzuki dan SERA (Suzuki Emergency Road Assistance),” ungkap Hariadi dalam acara Media Discussion di ajang pameran otomotif GIIAS 2021, Jumat (19/11/2021).

Saat ini, Suzuki memiliki 462 bengkel resmi yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk service mobil dan sepeda motor, Suzuki telah melayani 1.041.571 unit intake yang terdiri dari 770.985 mobil di total 234 bengkel dan 270.568 sepeda motor di total 228 bengkel. Dari total unit mobil tersebut, 39% masuk ke dalam kategori perbaikan ringan, 60% masuk ke dalam kategori perbaikan menengah, dan 2% masuk ke dalam kategori perbaikan berat.

Selain service, Suzuki juga mengoptimalkan layanan pembelian suku cadang melalui aplikasi MySuzuki. Pemilik kendaraan Suzuki dapat melakukan transaksi pembelian suku cadang asli, seperti suku cadang mesin, transmisi, kelistrikan, suspensi, bodi, pembelian oli dan chemical Suzuki. Tahun ini, Suzuki mencatatkan peningkatan sebesar 33% dalam penjualan spareparts mobil & sepeda motor yang didominasi oleh Suzuki Genuine Parts dan Suzuki Genuine Oil. Suku cadang yang sudah dibeli lewat aplikasi MySuzuki dapat dikirim langsung atau diambil dari diler terdekat. Saat ini, diler-diler yang melayani pengiriman suku cadang masih berada di area Jabodetabek, Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali. Namun Suzuki dapat melakukan pengiriman ke seluruh Indonesia dengan jaminan sistem 1 harga atau tidak ada perbedaan harga suku cadang dari Sabang sampai Merauke.

“Sepanjang tahun 2021, Suzuki mencatat transaksi melalui MySuzuki mengalami peningkatan sebesar 33%. Di tahun 2022, Suzuki menargetkan penjualan spareparts dapat tumbuh 5–10% dibandingkan dengan tahun 2021. Kami menjamin keamanan pelayanan dan transaksi melalui digitalisasi seperti pada aplikasi MySuzuki yang terpercaya, karena kami terus berkomitmen untuk memberikan kemudahan, keamanan, dan kenyamanan bagi pelanggan Suzuki,” tambah Christiana Yuwantie, Spareparts Dept. Head PT SIS.

 

Teks: Tito B. Setiawan

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga