Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Membedah Teknologi Terkini di Wuling Almaz RS: Apa dan Bagaimana Fungsi IoV dan ADAS?

Rangkaian teknologi terbaru WISE yang terdiri dari Internet of Vehicle (IoV) dan Advanced Driver Assistance System (ADAS) pada Wuling Almaz RS ini memungkinkan terwujudnya ekosistem cerdas yang saling terhubung antara Almaz RS dan penggunanya. Apa dan bagaimana cara kerja serta fungsinya?

BestCar Indonesia  – Sejak meluncurkan Almaz RS pada akhir Maret lalu, Wuling Motors (Wuling) terus melakukan sosialisasi dengan menyajikan pengenalan lebih lengkap mengenai inovasi Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) yang disematkan pada SUV andalannya. Rangkaian teknologi terbaru yang terdiri dari Internet of Vehicle (IoV) dan Advanced Driver Assistance System (ADAS) ini memungkinkan terwujudnya ekosistem cerdas yang saling terhubung antara Almaz RS dan penggunanya.

“Dalam menghadirkan WISE, kami memungkinkan penggunanya untuk mengeksplor lebih mendalam serta melakukan personalisasi. Mengenai fitur-fitur yang tergabung dalam Internet of Vehicle. Karena itu konsumen harus dapat mengetahui keseluruhan fungsi agar dapat menggunakan beragam fitur yang dimiliki secara optimal,” papar Dimas Agus, App Operation Wuling Motors dalam kegiatan Media Briefing secara virtual untuk memberikan pengenalan lebih dalam mengenai teknologi WISE, Rabu (21/04/2021).

 

Internet of Vehicle (IoV)

Berbicara Internet of Vehicle (IoV), fitur ini memberikan berbagai kendali dalam genggaman pengguna dengan adanya koneksi antara smartphone dengan Almaz RS yang dimilikinya. Inovasi ini menghubungkan pengguna dengan kendaraan melalui aplikasi MyWuling+ serta head unit.

Adapun menu IoV pada aplikasi MyWuling+ ini memiliki kemampuan untuk menghubungkan pengguna dengan mobilnya melalui smartphone. Berbagai fitur yang bisa dikendalikan dengan aplikasi MyWuling+ terdiri dari Vehicle PositioningVehicle Remote ControlGeo-Fencing Security hingga Bluetooth Key. Pengguna dapat mengecek status bahan bakar dan jarak tempuh tersisa melalui tampilan ponsel hingga mengakses fitur-fitur IoV seperti Vehicle Remote Control, Bluetooth Key, Vehicle Positioning, dan Geo-fencing Security melalui sentuhan jari pada aplikasi ini. Selain itu, pengguna juga dapat mengakses Online NavigationOnline Music, dan Internet Messaging App melalui head unit yang didukung oleh perintah suara berbahasa Indonesia, Wuling Indonesian Command (WIND).

“Kehadiran inovasi IoV pada Almaz RS memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai kendali serta mengetahui lokasi kendaraannya melalui MyWuling+ sehingga rasa aman dapat selalu terjaga. Selain itu, pengguna juga dapat dengan mudah memberikan perintah suara untuk mengakses fasilitas navigasi, musik, serta berkirim pesan,” papar Dimas Agus, App Operation Wuling Motors.

Pengguna diharuskan melakukan registrasi akun, mengikat kendaraan, serta mendaftarkan kunci Bluetooth via My Wuling+. Jika ingin meminjamkan kendaraan ke orang lain, pengguna bisa melakukan pengaturan pada pilihan ‘Manajemen Otorisasi Kunci’. Pastikan orang lain yang diberikan otorisasi akses kunci telah memiliki email akun My Wuling+ yang sudah diaktivasi.

Pengguna juga bisa melakukan preset navigasi untuk bisa menentukan terlebih dahulu tujuan navigasi bahkan sebelum memasuki kendaraan. Navigasi akan aktif secara otomatis sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya saat setelah ponsel terinterkoneksi secara screen cast dengan headunit. Fitur menarik lainnya ialah interkoneksi ponsel yang memungkinkan pengguna untuk memproyeksikan aplikasi pada smartphone ke layar headunit yang dapat dilakukan secara nirkabel dan kabel.

Wuling telah melakukan pembaharuan untuk aplikasi MyWuling+ untuk mendukung fasiltas Internet of Vehicle (IoV) yang terdapat dalam WISE di Almaz RS. Selain itu, beberapa ubahan lainnya juga tersedia dalam aplikasi ini yang dapat dinikmati setiap pengguna. “Seiring dengan kehadiran Almaz RS di Tanah Air, kami melakukan pembaharuan untuk MyWuling+. Pada awal kehadirannya di tahun 2019 lalu, aplikasi ini dihadirkan dalam rangka menghubungkan layanan Wuling dengan pelanggan dan kini kami menambahnya dengan menu IoV dan juga tampilan antar muka yang lebih modern,” ujar Taufik S. Arief, Aftersales Director Wuling Motors.

Selain itu, update terbaru pada aplikasi MyWuling+ ini mencakup tampilan antarmuka serta pada sisi fungsionalnya. Secara visual, aplikasi ini diberikan sentuhan baru dengan dominasi warna putih untuk menyediakan laman yang jelas dan bersih serta memudahkan pengguna untuk melihat ikon pada aplikasi. Aksen merah turut hadir sebagai identitas kuat Wuling, menambah kesan menarik pada layar.

Komitmen Wuling bagi pelanggan setianya juga turut diwujudkan melalui update pada MyWuling+ dengan tambahan fitur khusus komunitas resmi pengguna lini produk Wuling. Pembaruan dilakukan pada laman Wuling Official Community Exclusive Page yang terdiri dari laman utama, galeri kegiatan, hingga daftar anggota komunitas. Melalui aplikasi ini, Wuling juga semakin interaktif dengan komunitas-komunitas resminya dengan special activities, undangan kegiatan, point reward, hingga program-program menarik lainnya.

Menu pada MyWuling+ yang memberikan kemudahan layanan pelanggan baik untuk penjualan maupun purna jual tetap tersedia pada versi pembaharuan ini. Menu lain yang ditampilkan terdiri dari akses Customer Service secara onlinebertanya langsung kepada teknisi profesionalmelakukan Booking Service dan test drive serta panggilan Emergency Service 24 jam. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai aplikasi MyWuling+ silahkan kunjungi websitwuling.id

 

Advanced Driver Assistance System (ADAS)

Beralih ke Advanced Driver Assistance System (ADAS), sistem ini berisi berbagai fitur yang membantu mengurangi beban kerja pengemudi sehingga meningkatkan aspek keselamatan sekaligus kenyamanan. Sensor berupa radar dan kamera resolusi tinggi berperan sebagai indera tambahan untuk membaca kondisi lalu lintas dan situasi lingkungan sekitar yang akan diproses oleh sistem sehingga kendaraan memberi respon yang sesuai.

Fitur ini terbagi dalam empat kategori. Kategori pertama adalah Adaptive Cruise yang terdiri dari Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Assistance (BCA), Traffic Jam Assistance (TJA), dan Intelligent Cruise Assistance (ICA). Kategori selanjutnya ialah Lane Recognition yang didukung Lane Departure Warning (LDW) dan Lane Keeping Assistance (LKA). Kemudian, kategori ketiga, yaitu Safe Distance & Braking Assistance yang dibekali Safe Distance Warning (SDW), Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB), Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA), Collision Mitigation System (CMS). Sedangkan kategori terakhir yakni Automatic Light, diakomodasi melalui Intelligent Head Beam Assistance (IHMA).

Fitur-fitur ADAS memiliki beberapa syarat dan batasan agar dapat aktif. Oleh karena itu, pengguna Almaz RS sangat perlu mempelajari dan memahami buku manual kendaraan sebelum berkendara. Misalnya, untuk mengaktifkan fitur bantuan jelajah adaptif (adaptive cruise), seluruh pintu harus tertutup rapat, pengemudi harus menggunakan sabuk pengaman, transmisi ada di posisi D, sistem ESC aktif, dan rem parkir tidak aktif.

Salah satu yang menarik adalah fitur Adaptive Cruise Control (ACC) yang diaktifkan melalui tombol di dashboard yang posisinya ada di sebelah kanan bawah lingkar kemudi. Begitu tombol diaktifkan, indikator ACC di instrument cluster menyala dalam bentuk lingkaran berwarna biru, menunjukkan fitur ini aktif. Lalu kita bisa mengatur kecepatan jelajah melalui tombol di lingkar kemudi bagian kiri, misalnya sampai 45 km/jam . Fitur ini secara otomatis akan menyesuaikan kecepatan jelajah dengan kecepatan kendaraan di depannya, sekaligus menjaga jarak aman.

Selama fitur ACC ini aktif, mobil bisa melaju tanpa harus menginjak pedal gas, dan bahkan dapat melakukan pengereman sendiri, menyesuaikan dengan kondisi kendaraan yang ada di depan. Selain itu, kita juga bisa mengatur jarak antar mobil untuk pengereman otomatis ini hingga jarak terpendek pada kecepatan 30 km/jam sebelum rem otomatis bekerja.

Nah, yang paling menarik adalah ketika mengombinasikan fitur ACC dengan Lane Keeping Assist (LKA). Diaktifkan melalui tombol MODE di lingkar kemudi bagian kiri, fitur ini akan bekerja bersama ACC untuk mengoreksi arah kemudi kembali ke lajur yang benar. Fitur LKA yang bekerja pada kecepatan 10-180 Km/jam ini menggunakan dua sensor di bagian atas grille dan di bawah bumper untuk membaca garis marka jalan. Selama fitur ini aktif (ditandai dengan indikator berupa dua garis berwarna hijau di instrument cluster), pengemudi bisa melepas genggaman pada lingkar kemudi, tak perlu menginjak pedal gas dan rem, membuat mobil berkendara sendiri tanpa dipiloti. Cuma, Anda tetap harus memantau indikator LKA, karena fitur ini akan non-aktif dengan sendirinya ketika marka jalan hilang atau tak terpantau oleh sensor, sehingga kemudi kembali ke mode manual.

Fitur lain yang sangat berguna adalah Traffic Jam Assistance (TJA), sangat membantu ketika Anda berkendara di tengah jalanan macet. Cukup dengan mengaktifkan fitur ACC jika kondisi jalan macet, pengemudi tidak perlu menginjak pedal rem dan gas. Mobil akan melaju dan berhenti (stop-and-go) sesuai dengan tingkat kemacetan. Tetapi, fitur ini akan non-aktif sementara waktu jika mobil berhenti lebih dari 5 detik. Untuk mulai melaju lagi, Anda harus kembali menginjak pedal gas sekali saja lalu biarkan fitur TJA akan mengambil alih lagi.

Perihal penggunaan fitur WISE, Danang Wiratmoko menyebut bahwa fitur WISE di Almaz RS haruslah digunakan secara bijak dan bertanggung jawab. Setiap pengguna produk ini hendaknya memahami prosedur dan batasan pengoperasian WISE sebelum berkendara dengan menggunakan buku manual sebagai referensinya. Teknologi ini disajikan untuk memberikan kemudahan lebih dalam berkendara, namun pengemudi tetap harus mengawasi dan mengontrol kendaraannya setiap saat demi menjaga keselamatan. “ADAS pada dasarnya bersifat sebagai bantuan, dan tidak menggantikan peran utama pengemudi. Jadi, bagaimanapun, tiap pengemudi harus selalu waspada dan bertanggung jawab terhadap kondisi lalu lintas dan tetap aktif merespon keadaan sekitar,” tegasnya.

Wuling juga memberikan pembaharuan pada tampilan head unit 10.4” touchscreen Almaz RS serta menambahkan beberapa fitur lainnya yang dapat dikendalikan melalui perintah suara WIND, yakni pengoperasian wiper serta membuka tutup seluruh jendela dan empat mode pendingin udara yang terbagi menjadi mode hujan, mode segar, mode sejuk, dan mode langit.

 

Teks: Yusran Hakim

 

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga