Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Ini Rahasia Mitsubishi L300 Mampu Bertahan 40 Tahun di Indonesia

Tak bisa dipungkiri bahwa Mitsubishi L300 menjadi salah satu legenda dengan kisah tersendiri pada sejarah transportasi Indonesia. Bukan urusan mudah mempertahankan keberadaan sebuah model kendaraan selama 40 tahun, tapi Mitsubishi L300 telah membuktikan itu. Apa rahasia umur panjang pikap andalan Mitsubishi Indonesia ini?

BestCar Indonesia – Mitsubishi L300! Rasanya hampir tak ada yang tidak mengenal kendaraan niaga ringan berlogo ‘tiga berlian’ yang satu ini. Mobil ini dengan mudah dapat ditemui hampir di seluruh pelosok Tanah Air dan cukup erat dengan transportasi barang dan penumpang umum. Bayangkan, 40 tahun sudah L300 malang melintang dalam industri otomotif dan menjadi bagian dari perjalanan bisnis jasa angkutan di Indonesia, membuatnya jadi kendaraan niaga ringan paling fenomenal di Tanah Air. Sejauh ini tidak ada kendaraan sejenis lainnya di Indonesia yang mampu menyaingi reputasi L300.

Mulai ‘mengaspal’ sejak tahun 1981 silam, Mitsubishi L300 terus menoreh catatan penjualan yang tak pernah mati. Penjualannya selalu bagus, bahkan ketika model-model lain bertumbangan dihantam badai pandemi Covid-19 yang melanda sejak 2020 lalu. Mitsubishi L300 bahkan menjadi penyumbang penjualan terbanyak ketiga dari line-up Mitsubishi Motors yang dipasarkan di Indonesia pada Agustus 2021, setelah Mitsubishi Xpander dan Mitsubishi Pajero Sport. Mitsubishi L300 berkontribusi lebih dari 26%, mempertahankan posisinya sebagai pemimpin segmen Small Pick-Up 4×2 dengan pangsa pasar sekitar 66%, dengan penjualan retail mencapai 2.268 unit di  Agustus 2021.

Permintaan pasar yang tinggi terhadap Mitsubishi L300 sejak pertama diperkenalkan hingga saat ini membuat PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) masih terus memproduksinya hampir tanpa mengalami ubahan desain dasar. “Penerimaan pasar yang tetap baik terhadap model tersebut, dibuktikan dengan peningkatan penjualan dan pangsa pasar di segmennya,” ungkap Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI, beberapa waktu lalu.

Lalu, apa rahasia Mitsubishi L300 mampu bertahan selama empat dekade dan begitu popular di pasar Indonesia, terutama di kalangan pebisnis menengah-kecil?

Tentu, ada sejumlah faktor keunggulan di sela minimnya fitur dan penampilan Mitsubishi L300 yang sederhana. Mobil ini dikenal dengan performa mesinnya yang tangguh, tahan banting, dengan daya angkut besar yang didukung suspensi ‘badak’ dan chassis tangga (ladder frame) yang tak mudah rusak melibas berbagai kondisi jalan. Lainnya adalah pemeliharannya yang praktis dan biaya perawatan yang ringan, disamping harganya yang relatif terjangkau bagi para pengusaha menengah-kecil, selain kemudahan dalam sisi penjualan maupun purna jual. O ya, fleksibilitas body yang sederhana juga membuat L300 sangat mudah dijadikan kendaraan multifungsi, mulai dari angkutan distribusi barang dan jasa, atau antar jemput penumpang dan travel antarkota, ambulans, hingga angkutan kota.

Berikut beberapa keunggulan Mitsubishi L300 Pickup yang menjadi ‘rahasia’ umur panjang kendaraan niaga ringan berlogo tiga berlian ini:

 

  • Ketangguhan yang Telah Teruji di Segala Medan

Mitsubishi L300 terkenal dengan performanya yang mumpuni untuk segala kebutuhan bisnis di berbagai medan di Indonesia. Model pikapnya dikenal paling mampu mendistribusikan berbagai jenis logistik barang-barang pasar dari kota hingga ke pelosok dan sebaliknya, memobilisasi hasil perkebunan dari pelosok dengan berbagai jenis jalan bermedan berat.

Rahasia ketangguhan Mitsubishi L300 di antaranya pada mesin diesel 4-silinder segaris berkode 4D56 dengan kapasitas 2.477cc (2.5-liter) SOHC. Mampu meletupkan tenaga maksimal hingga 73hp pada 4.200rpm dan torsi puncak 142Nm yang mampu digapai pada putaran mesin relatif rendah (2.500rpm). Berkat keandalan mesin bertorsi besar ini, L300 mampu bermanuver dengan beban angkut maksimal hampir 3 ton (2.950kg) di berbagai medan jalan.

Baik versi penumpang atau pikap angkutan barang, L300 dikenal jago melahap tanjakan. Ini karena tenaganya yang selalu terisi dari putaran bawah hingga putaran tinggi, sehingga L300 bisa diajak lari kencang juga walau sering overload muatan. Apalagi konsumsi bahan bakarnya cukup irit dengan mesin diesel yang mampu menelan solar biasa (Biosolar maupun Dexlite), menjadi alasan para pengusaha angkutan barang memilih pikap racikan Mitsubishi ini.

Di pasar Indonesia, Mitsubishi L300 yang awalnya ditujukan sebagai penerus kesuksesan ‘Si Raja Jalanan’ Colt T100 dan Colt T120, hanya dibekali dengan mesin bensin 1.4-liter. Karena performanya dianggap kurang, pada tahun 1984 Mitsubishi Indonesia mengganti mesin 1.4L ini dengan mesin bensin terbaru berkode 4G32 Saturn berkapasitas 1.6-liter. Mesin yang sama dengan yang digunakan pada model sedan Mitsubishi Galant 1.6 liter ini mampu memproduksi tenaga hingga 71hp pada 5.000rpm dan torsi maksimal 127Nm pada 3.000rpm.

Pada tahun yang sama, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) yang menjadi APM saat itu, juga merilis L300 bermesin diesel 2.3 liter sebagai alternatif. Meskipun tenaganya hanya 64hp pada 4.200rpm, mesin peminum solar ini memiliki torsi lebih besar, yaitu 137Nm pada 2.000rpm, sehingga sangat cocok dan andal sebagai kendaraan pengangkut barang. Selama empat tahun mesin diesel ini bertahan, sebelum digantikan oleh mesin diesel 2,5L 4D56 Astron yang menghasilkan tenaga dan torsi lebih besar lagi.

Ketangguhan L300 di berbagai medan juga ditunjang oleh desain dasar chassis utamanya yang model tangga (ladder frame), dengan kombinasi per daun (leaf spring) di bagian belakang dan torsion beam di bagian depan. Seperti kebanyakan truk dan kendaraan angkut lainnya, chassis tangga yang dikenal sangat kuat plus per daun di bagian belakang merupakan kombinasi sempurna untuk menahan beban berat yang diangkut mobil ini. Sudah bukan rahasia lagi bahwa masyarakat Indonesia sering memuat barang hingga overload, namun L300 telah membuktikan chassis dan kaki-kakinya mampu mengatasi tanpa masalah berarti.

Kelebihan lain yang dimiliki Mitsubishi L300 adalah ground clearance setinggi 200mm (20cm). Cukup tinggi untuk menghindari benturan di kolong mobil ketika melewati permukaan jalan yang tidak rata. Sistem pengereman L300 sudah menggunakan cakram berventilasi di bagian depan, meski bagian belakang masih menggunakan rem teromol. Radius putar setirnya juga efektif, hanya 4,4 meter, apalagi sejak 2007 Mitsubishi Indonesia telah menyematkan fitur power steering yang sangat membantu pengemudi mengendalikan setir untuk bermanuver di medan sempit.

 

  • Fleksibilitas yang Multifungsi

Meski umumnya digunakan untuk angkutan distribusi barang, Mitsubishi L300 juga dikenal dengan kepraktisannya untuk dijadikan berbagai model multifungsi, mulai dari kendaraan antar-jemput penumpang dan travel antarkota, ambulans, hingga dipakai sebagai mobil angkutan kota. Ini juga salah satu kelebihan Mitsubishi L300.

Dimensi L300 tergolong ideal dan proporsional untuk angkutan penumpang dan barang. Tidak terlalu besar tapi juga tidak kekecilan. Mitsubishi memahami bahwa kapasitas kabin adalah kunci keberhasilan suatu kendaraan niaga. Karena itu dimensi L300 dirancang dengan panjang total 4.170mm, lebar 1.700mm dan tinggi 1.845mm. Sementara jarak wheelbase 2.200mm dengan ground clearance 200mm. Dimensi ini tergolong sangat lega di kelasnya.

Luas bak belakang (cargo bed) menjadi salah satu keunggulan dari Mitsubishi L300 Pick-Up, meski harus mengurangi space pada kabin pengemudi dan penumpang yang dibuat tidak begitu lega. Ukuran bak belakangnya memiliki panjang 2.430mm, Lebar 1.600mm, dan Tinggi 360mm (standar) atau 310mm (flatbed). Dimensi ini membuat cargo bed Mitsubishi L300 mampu mengangkut beban hingga 1,26 ton, memperlihatkan bahwa pada dasarnya L300 memang didesain khusus untuk dijadikan mobil pengangkut barang.

Keuntungan lain dari dimensi bak belakang yang besar dan simpel plus kabin berbentuk yang simple menjadikan L300 juga amat fleksibel dan gampang dimodifikasi untuk berbagai kebutuhan, baik sebagai kendaraan angkutan barang maupun sebagai kendaraan angkut penumpang. Mitsubishi L300 kerap dikaroseri menjadi minibus yang menawarkan kabin cukup lega untuk bisa memuat 10 – 12 orang penumpang dengan konfigurasi kursi 4 baris x 3 penumpang. Bila digunakan sebagai mobil travel eksekutif, maka kapasitasnya menyusut jadi 8-10 penumpang saja.

  • Harga dan Biaya Kepemilikan Terjangkau bagi Pengusaha Kecil-Menengah

Ditawarkan dalam tiga varian, yakni Pick-Up Standar, Pick-Up Flat Bed dan Cab Chasis, secara segmentasi Mitsubishi L300 memang ditujukan  menjangkau seluruh segmen pengusaha kecil & menengah di Indonesia. Harganya yang berada di rentang Rp 189,5 juta untuk tipe cab chasiss, Rp 194 juta untuk pick-up standar, Rp 194,5 juta untuk tipe pick-up flat bed (OTR DKI Jakarta) sangat kompetitif dibandingkan kompetitor lainnya. Ini membuat keberadaan L300 ikut membantu usaha-usaha kecil di Indonesia yang secara kuantitas jumlahnya terus bertumbuh tahun demi tahun.

Kabin Mitsubishi L300 memang tidak dilengkapi berbagai fitur canggih layaknya mobil penumpang modern, namun untuk urusan harga tentu L300 menawarkan solusi bisnis dengan biaya yang lebih terjangkau. Toh kabin L300 saat ini setidaknya telah dibekali AC Double Blower, reclining seat untuk tiap kursi, dan head unit untuk memutar cd/mp3 player.

 

  • After Sales Service Hingga ke Pelosok

Mitsubishi tercatat sebagai salah satu brand di Indonesia yang sangat serius dalam urusan pelayanan purna jual. Reputasi Mitsubishi L300 sebagai kendaraan niaga dengan penjualan yang sangat positif di Indonesia tentu saja amat ditunjang oleh pelayanan after sales-nya.

Eksis selama 40 tahun, tak heran jika penjualan Mitsubishi L300 didukung penuh oleh jaringan service yang merata dan meluas di Indonesia. Apalagi untuk urusan ketersediaan suku cadang yang mudah ditemukan dengan harga terjangkau, bahkan di derah pelosok sekalipun. Tak heran banyak model kendaraan niaga dan penumpang dari Mitsubishi lainnya yang ikut ‘mendompleng’ ketersediaan part-nya di bengkel-bengkel kecil Mitsubishi L300 yang berada di pelosok. Mudahnya menemukan bengkel resmi Mitsubishi juga menjadi alasan lain bagi para pebisnis angkutan barang dan penumpang di daerah, dan secara tidak langsung hal ini membuat resale value (harga jual kembali) Mitsubishi L300 tidak terpaut jauh dari harga pembelian di awal. Inilah yang menjadi nilai plus lain dari Mitsubishi L300.

 

Tak bisa dipungkiri bahwa Mitsubishi L300 menjadi salah satu legenda dengan kisah tersendiri pada sejarah transportasi Indonesia. Bukan urusan mudah mempertahankan keberadaan sebuah model kendaraan selama 40 tahun, tapi Mitsubishi L300 telah membuktikan itu.

Teks: Yusran Hakim

 

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga