Daimler Truck Resmi Luncurkan Mercedes-Benz Axor EURO 4 di Indonesia

Mercedes-Benz Axor Euro 4 yang dirakit di Indonesia kini dengan standar emisi Euro 4, karena mesin OM 906 LA yang diusungnya telah dilengkapi dengan sistem pembakaran selective catalytic reduction (SCR) dan Adblue yang telah lama digunakan oleh Daimler Trucks, serta ZPD pump untuk  memenuhi standar emisi Euro 4. Kombinasi kedua fitur ini dinilai sangat cocok untuk dioperasikan di Indonesia, karena mampu menghasilkan pencapaian efisiensi maksimal bagi operator. 

BestCar Indonesia – Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) resmi meluncurkan Mercedes-Benz Axor Euro 4 di ICE BSD, Tangerang, Selasa (07/06/2022). Kehadiran truk Mercedes di segmen medium duty ini merupakan bentuk komitmen DCVI untuk memenuhi kepedulian lingkungan yang berkelanjutan, serta mendukung regulasi pemerintah dalam menerapkan standar emisi Euro 4 pada mesin kendaraan diesel yang telah resmi diimplementasikan sejak 7 April 2022 lalu.

Mercedes-Benz Axor Euro 4 dirancang dengan mesin OM 906 LA yang telah terbukti tangguh untuk masyarakat Indonesia. Meski kapasitas kubikasi mesin ini tergolong kecil, namun mampu menyemburkan tenaga dan torsi maksimal pada putaran mesin rendah, dan ini menjadi ciri khasnya yang tidak dimiliki mesin diesel para kompetitornya dari pabrikan Jepang. DCVI sendiri telah menyematkan mesin OM 906 LA ini pada truk Axor Euro 2 dan bus Mercy OH 1626, OH 1526, dan OF 1623.

Pada Mercedes-Benz Axor Euro 4, mesin berbasis OM 906 LA yang diusungnya telah dilengkapi dengan sistem pembakaran selective catalytic reduction (SCR) dan Adblue yang telah lama digunakan oleh Daimler Trucks, serta ZPD pump untuk memenuhi standar emisi Euro 4. Kombinasi kedua fitur ini dinilai sangat cocok untuk dioperasikan di Indonesia, karena mampu menghasilkan pencapaian efisiensi maksimal bagi operator.

  • Selective Catalytic Reduction (SCR), dan AdBlue®, yang akan menurunkan emisi setelah diproses di ruang bakar mesin. Sehingga, konsumen tidak perlu khawatir terhadap performa mesin selama beroperasi.
  • Zero Pressure Drain Unit Pump (ZPD Pump), yang menjadi global standar dari Jerman. Fungsi fitur ini untuk mengurangi kebocoran bahan bakar (fuel leaking) di area plunger,sehingga bahan bakar tidak tercampur dengan oli.

Dengan adanya kombinasi dari SCR dan ZPD Pump, DCVI percaya Mercedes-Benz Axor Euro 4 akan memberikan waktu operasi (uptime) yang tinggi dengan interval perawatan yang lebih panjang hingga 50.000km, serta meningkatkan efisiensi bahan bakar dengan emisi yang lebih bersih berkat teknologi SCR. Selain menurunkan emisi gas buang, teknologi SCR juga memberikan keunggulan lain seperti:

  • Respon mesin terhadap pedal gas yang lebih baik karena proses pembakaran yang optimal
  • Mesin lebih awet karena rendahnya risiko deposit karbon di dalam mesin
  • Meminimalkan risiko bahan bakar berkualitas buruk

“Inilah kombinasi teknologi terbaik DCVI yang dihadirkan untuk produk Axor, Semakin Terbukti, Semakin Teruji untuk konsumen Indonesia. Sebagai bentuk dukungan Daimler Truck untuk pemerintah Indonesia, kami berkomitmen untuk terus melakukan proses transisi dengan melakukan penyempurnaan pada produk-produk unggulan. Kami sangat senang dapat berkontribusi dalam babak baru era transportasi kendaraan niaga di Indonesia yang lebih ramah lingkungan,” papar Naeem Hassim, General Manager Daimler Commercial Vehicles Indonesia dalam acara Grand Launching Mercedes-Benz Axor Euro 4 di ICE BSD, Tangerang, Selasa (07/06/2022).

Mercedes-Benz Axor Euro 4 dirakit oleh PT Daimler Commercial Vehicles Manufacturing Indonesia (DCVMI) di Wanaherang, Bogor, melalui proses produksi dan sistem mutu berstandar global dari Daimler Truck. Mercedes-Benz Axor Euro 4 hadir dengan beberapa model yaitu:

  • Construction/Mining: Mercedes-Benz Axor 1623C (4×2), 2528C,2528CH
  • Logistic:Mercedes-Benz Axor 1623R, 2523R, 2528R, 2528R
  • Tractor Head:Mercedes-Benz Axor 4028T, 4928T
  • Ditambah dengan dua tipe terbaru yaitu: Mercedes-Benz Axor 2528 CX dan 4023T

DCVI berkomitmen untuk melanjutkan beberapa model tambahan yang akan diproduksi di Indonesia untuk mendukung industri dalam negeri.

“Mercedes-Benz Axor Euro 4 membawa kami melangkah maju dan bangga dengan dua strategi utama, yaitu penyempurnaan sebagai bentuk komitmen bisnis kami dalam menjawab suara konsumen di Indonesia yang membutuhkan truk dengan kemampuan andal, tangguh, efisien, dan ramah lingkungan. Di sisi lain, Axor Euro 4 juga telah membawa kami kepada peningkatan produksi rakitan dalam negeri dengan menambah jajaran model baru pada akhir tahun 2022 yang mencapai tujuh model dan akan terus berlanjut hingga tahun mendatang. Hal ini sejalan dengan strategi pemerintah Indonesia untuk terus mendorong peningkatan komponen dalam negeri dalam dunia otomotif dan lead time yang lebih rendah dalam memenuhi permintaan pelanggan kami,” tambah Naeem Hassim.

Saat ini, Mercedes-Benz Axor Euro 4 sudah bisa dipesan di dealer resmi DCVI. “Begitu juga dengan AdBlue® sebagai cairan katalisator untuk teknologi SCR, tersedia di seluruh jaringan dealer resmi kendaraan niaga Mercedes-Benz di Indonesia,” papar Faustina, Head of Product & Marketing PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia.

Selain itu, DCVI juga meluncurkan call center resmi Daimler Truck Connect Indonesia yang dapat dihubungi melalui telepon dan WhatsApp di  021 -3000 1971 serta e-mail mbcv-indonesia@daimler.com, untuk mendapatkan seluruh informasi seputar penjualan kendaraan, bengkel dan suku cadang Mercedes-Benz Truk dan Bus di Indonesia. Hal ini bertujuan agar DCVI selangkah lebih dekat lagi dengan konsumen Mercedes-Benz Truk dan Bus Indonesia dimana pun konsumen berada.

 

Teks & Foto: Tito B. Setiawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *