Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Wuling Luncurkan Formo, Mobil Niaga Ringan dengan Fitur Lebih Banyak

 

Hadir dalam dua varian, Blind Van untuk angkutan barang dan Minibus dengan pilihan tujuh dan delapan penumpang, Wuling Formo yang berbasis Confero dengan mesin 1.200cc ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 135.800.000 (ontheroad, Jakarta).

BestCar Indonesia – Wuling Motors (Wuling) secara resmi meluncurkan produk terbarunya, model light commercial vehicle (LCV) alias kendaraan niaga ringan pertamanya yang diberi nama Formo, di atrium ITC Cempaka Mas, Jakarta, Rabu (07/11/2018). Hadir dalam dua varian, Blind Van untuk angkutan barang dan Minibus dengan pilihan tujuh dan delapan penumpang, Wuling Formo bermesin 1.200cc ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 135.800.000 (on-the-road, Jakarta).

Bagi Wuling Motors, kehadiran Formo – khususnya varian Blind Van – yang merupakan produk perdananya di segmen komersial menandakan APM asal Cina itu telah menjadi pilihan baru di segmen Light Commercial Vehicle Tanah Air dengan harga sangat kompetitif. “Perekonomian Indonesia terus bertumbuh seiring dengan bertambahnya peluang usaha. Dengan didukung oleh semangat Drive of A Better Life dan melihat potensi tersebut, kami optimis Wuling seri Formo dapat memberikan kontribusi untuk membentuk masa depan yang lebih baik bagi para pelaku usaha kecil dan menengah,” papar Vice President Vehicle Sales, Service and Marketing of  Wuling Motors, Cindy Cai di sela peluncuran Wuling Formo, di ITC Cempaka Mas, Jakarta, Rabu (07/11).

Meski berbasis sama dengan MPV Wuling Confero, Fromo justru mengusung mesin yang lebih kecil, 4-silinder segaris DOHC, i-VVT berkapasitas 1.206cc (1,2liter). Mesin bensin dengan standar emisi Euro 4 ini mampu meletupkan tenaga maksimal 77,5PS pada 5.600rpm dan torsi puncak hingga 110Nm yang dituai pada 3.600-4.000rpm. Seluruh daya mesin disalurkan ke roda belakang (rear wheel-drive/RWD) melalui satu pilihan transmisi, yaitu manual 5-tingkat kecepatan.

Mesin 4-silinder segaris DOHC, i-VVT berkapasitas 1.206cc (1,2liter). Mesin bensin ini telah mengusung standar emisi Euro 4

Tak ada perbedaan mesin antara varian Minibus dan Blind Van. Begitu pula dengan transmisinya, termasuk rasio antar-gigi dan rasio gigi akhir (final gear ratio) yang cukup ‘kasar’ (4,128 : 1). Dimensi kedua varian Fromo juga sama persis, panjang total 4.493mm, lebar total 1.691mm, tinggi total 1.715mm, serta wheelbase 2.720mm. Radius putar minimum kedua varian ini juga sama, 5,4meter, dengan kapasitas tangki sama-sama 42liter. Yang membedakan tentu saja pada kapasitas tempat duduk alias kapasitas penumpang. Varian minibus yang diperuntukkan sebagai kendaraan angkut penumpang mampu menampung 7-8 penumpang, sementara varian Blind Van yang diperuntukkan sebagai angkutan kargo dan barang hanya dibekali 2 tempat duduk.

Wuling Formo Varian Minibus

Wuling Formo varian Minibus (tampak samping)

Sebagai angkutan kargo dan barang, varian Blind Van memiliki kabin bagian belakang yang difungsikan sebagai ruang kargo dengan daya tampung 3.200 liter dan kapasitas angkut (load capacity) mencapai 595 kilogram. Sementara varian Minibus dengan 7-8 kursi di dalam kabinnya, secara teori tentu saja memiliki kapasitas angkut (load capacity) yang lebih kecil, karena bobotnya yang lebih berat dari tambahan kursi-kursi di dalamnya.

Meski diperuntukkan sebagai mobil angkut penumpang dan barang dengan mesin kecil yang hanya berkapasitas 1,2liter, Wuling Motors sepertinya cukup yakin kombinasi output mesin (77,5PS/110Nm) dan rasio gigi akhir (final gear ratio) sebesar 4,128 : 1 mampu menghela bobot kedua varian Formo dalam keadaan penuh muatan.

Wuling Formo varian Blind Van

Agak berbeda dengan para kompetitor sekelasnya di segmen kendaraan niaga ringan (light commercial vehicle) yang cenderung ‘miskin’ fitur kenyamanan namun lebih fokus pada sisi fungsionalitas, Wuling Formo lebih berani menawarkan fitur kenyamanan disamping sisi fungsionalitas. Setidaknya ada 8 fitur kenyamanan yang diusung kedua varian Formo. Fitur electric power steering (EPS) dan meter cluster dengan Multi Information Display (MID), misalnya. Lalu ada pula pendingin udara (AC) – meski hanya dengan single blower —  dan power window. Selain itu, terpasang pula head unit untuk multimedia, musik dan radio FM.

Dashboard dengan fitur kenyamanan lumayan banyak

Kemudi telah dilengkapi fitur electronic power steering

Meter cluster dengan MID

Di konsol tengah terpasang head unit dan pendingin udara single blower

Pada varian Minibus, kenyamanan bagi penumpang diciptakan melalui konfigurasi tiga baris bangku dengan akses yang mudah ke baris ketiga. Bangku baris kedua dan ketiga pada varian Minibus juga telah dilengkapi seat belt untuk menunjang keselamatan penumpang, namun sayang tak dibekali head rest. Padahal, selain untuk kenyamanan penumpang, head rest juga berguna untuk mengabsorbsi benturan pada leher dan kepala penumpang ketika terjadi tabrakan.

Wuling juga mengklaim kekedapan kabin kedua varian Formo lebih senyap dan minim getaran, berkat posisi mesin di bagian depan dibanding para kompetitornya yang ‘tanpa hidung’. Apalagi suspensi Formo juga telah mengadopsi model McPherson Strut dan per spiral (coil spring) di bagian depan serta suspensi semi-independent dengan per spiral di bagian belakang.

Bangku baris ketiga pada varian Minibus dilengkapi seat belt untuk menunjang keselamatan penumpang, namun sayang tak dibekali head rest.

Konfigurasi tiga baris bangku dengan akses mudah ke bangku baris ketiga pada varian Minibus

Bagian belakang Formo Blind Van difungsikan sebagai ruang kargo dengan daya tampung 3.200 liter dan kapasitas angkut 595 kilogram

Seperti Wuling Confero dan Cortez, kedua varian Formo juga didukung dengan layanan purna jual yang prima seperti garansi umum 3 tahun atau 100.000 kilometer, garansi komponen utama mesin dan transmisi selama 5 tahun atau 100.000 kilometer, gratis biaya jasa service berkala sampai 50.000 kilometer atau 2,5 tahun, Wuling Insurance, Wuling Mobile Service (WMS) hingga Wuling Customer Assistance yang dapat dikontak melalui nomor 0800-100-5050.

Dikemas dalam dua pilihan warna, Pristine White (putih), dan Starry Black (hitam), Wuling Formo dibanderol dengan harga Rp135,8 juta (on the road, Jakarta). Selain memperkenalkan model niaga Formo, Wuling juga menggelar pameran dengan menampilkan lini lengkap produk andalan Wuling, yaitu seri Confero, The Real Spacious Family MPV dan Cortez, The New Choice of MPV. Pameran ini diselenggarakan pada 7-10 November 2018 di Atrium Utama – Ground Floor ITC Cempaka Mas. “Kami berharap lini produk baru ini dapat diterima oleh masyarakat dan bisa menjadi bagian dari cerita sukses para wirausaha di Tanah Air,” tambah Cindy Cai.

 

Teks: Yusran Hakim

Foto: Tito B. Setiawan

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *