Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Wuling Almaz RS Resmi Dijual, Harga ‘Promosi’ Hanya Rp 340,8 – 354,8 Juta

Dipasarkan dalam dua varian, yakni EX (Exclusive) dan Pro dengan pilihan konfigurasi bangku 5-seater dan 7-seater, Wuling Almaz RS dibanderol dengan harga promosi bersubsidi mulai dari Rp340,8 juta hingga Rp354,8 Juta yang berlaku hanya selama periode 29 Maret sampai 30 April 2021.

BestCar Indonesia – Wuling Motors (Wuling) secara resmi meluncurkan produk terbaru di segmen SUV, Almaz RS, di Hall 5 International Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan, Senin (29/03/2021). Digadang-gadang sebagai mobil cerdas yang didukung oleh teknologi Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE), Wuling Almaz RS dipasarkan dalam dua varian, yakni EX (Exclusive) dan Pro dengan pilihan konfigurasi bangku 5-seater dan 7-seater.

Tapi yang mengagetkan adalah harga jualnya. Dalam acara peluncuran Almaz RS yang juga disiarkan secara online tersebut Wuling Motors mengumumkan harga jual resmi SUV flagship Wuling itu dalam dua versi: Harga Spesial dan Harga Subsidi. Semua harga tersebut adalah on-the-road (OTR) DKI Jakarta, yang merupakan harga promosi khusus yang berlaku hanya selama periode 29 Maret sampai 30 April 2021.

 

Varian Harga OTR Spesial (Jakarta) Harga OTR Subsidi (Jakarta)
Almaz RS EX 5-Seater Rp355.800.000 Rp340.800.000
Almaz RS EX 7-Seater Rp365.800.000 Rp350.800.000
Almaz RS Pro 7-Seater Rp370.800.000 Rp354.800.000

 Jadi, sekali lagi, kedua versi harga yang dipatok pada peluncuran Almaz RS ini pada dasarnya adalah harga promosi untuk dua tipe Almaz RS varian EX (5-seater dan 7-seater) dan satu tipe Almaz RS varian PRO (7-seater), yang berlaku hanya selama periode 29 Maret sampai 30 April 2021. Artinya, setelah masa promosi itu habis, maka per 1 Mei 2021 harga Almaz RS akan naik kembali yang besarannya akan ditentukan kemudian.

Pertanyaannya kemudian, versi harga promosi mana yang berlaku saat ini hingga 30 April mendatang? Nah tentu saja yang berlaku adalah yang dicantumkan terakhir, yaitu versi harga promosi Subsidi. Penjelasannya begini. Menurut Chief Financial Officer (CFO) Wuling Motors Indonesia James Wu, awalnya Wuling memang mematok harga khusus (harga promosi) berupa harga Special untuk konsumen, yang berlaku hanya selama periode 29 Maret sampai 30 April 2021 untuk tiga tipe Almaz RS, yaitu Rp355.800.000 untuk Almaz RS EX 5-seater, Rp365.800.000 untuk Almaz RS EX 7-seater, dan Rp370.800.000 untuk Almaz RS Pro 7-seater. Namun harga ini kemudian didiskon lagi dalam bentuk harga Subsidi, yang membuat banderol Almaz RS EX 5-seater menjadi hanya Rp340.800.000, Almaz RS EX 7-seater menjadi Rp350.800.000, dan tipe termahal Almaz RS Pro 7-seater menjadi hanya Rp354.800.000.

Masih menurut James Wu, penetapan harga Subsidi tersebut diambil mengingat Wuling Almaz RS tidak termasuk dalam produk yang mendapatkan insentif relaksasi Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) dari Pemerintah RI. Karenanya, Wuling Motors Indonesia akan memberikan sendiri subsidi PPnBM untuk Almaz RS. “Jadi, dengan (swa)subsidi PPnBM tersebut harga Wuling Almaz RS tipe Exclusive 7-seater menjadi hanya Rp 350,8 juta dan tipe PRO 7-seater menjadi Rp 354,8 juta,” ujarnya.

“Seiring dengan perkembangan teknologi, kami ingin menghadirkan kendaraan yang tidak hanya mampu untuk memenuhi kebutuhan mobilitas, namun juga memberikan kemudahan dalam berkendara bagi penggunanya. Berlandaskan hal itu, kami menghadirkan Almaz RS ‘Drive Unlimited Way’ yang merupakan mobil digital cerdas yang mampu memperbaharui definisi dari sebuah kendaraan. Kami berharap, produk ini dapat menghadirkan pengalaman berkendara yang semakin nyaman menuju kehidupan yang lebih baik, sejalan dengan semangat ‘Drive For A Better Life’,” ujar James Wu dalam acara peluncuran Wuling Almaz RS, Senin (29/03/2021).

Wuling menyematkan embel-embel ‘RS’ setelah nama Almaz, yang merupakan kependekan dari Rising Star. Almaz RS merupakan flagship model dari Wuling yang dibekali beragam teknologi terkini, yakni Wuling Indonesian Command (WIND) dan Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE). Selain itu, desain eksterior dan interior yang modern, pengalaman berkendara yang unik, serta fitur kenyamanan dan keamanan yang kompetitif di kelasnya, dinilai mampu mendeskripsikan SUV ini sebagai Rising Star.

Sebagai fitur andalan yang dimiliki Almaz RS, teknologi WISE terbagi dalam dua fitur, yakni Internet of Vehicle (IoV) dan Advanced Driver Assistant System (ADAS). IoV dapat menghubungkan pengguna dengan kendaraan melalui aplikasi MyWuling+ dan head unit yang didukung dengan perintah suara berbahasa Indonesia WIND. ADAS pun hadir untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan selama berkendara bersama Almaz RS yang terbagi dalam empat kategori, yaitu Adaptive CruiseLane RecognitionSafe Distance & Braking Assistance, dan Automatic Light.

Secara ekstrior, SUV Wuling ini diberikan beragam sentuhan baru, mulai dari aksen two-tone pada bagian eksterior, bahasa rancang bangun dynamic design yang terlihat dari integrated future eyes LED, futuristic grille hingga dynamic tail design. Sementara di sektor interior, Almaz RS juga dibekali dengan desain yang modern ditambah dengan fitur wireless charging padbuilt in air ionizer, pembaharuan pada tampilan head unit, serta beberapa tombol tambahan pada lingkar kemudi yang membantu pengguna untuk mengaktifkan berbagai fitur.

Tentu saja Almaz RS juga diakomodasi oleh sederet fitur pendukung lainnya, seperti panoramic sunroofstart-stop button360o Camera, Electric Parking Brake (EPB) dan Auto Vehicle Holding (AVH), serta fitur keselamatan dan keamanan yang lengkap di kelasnya.

Lantas, dengan selisih harga yang hanya Rp 4 juta, apa yang membedakan fitur pada Wuling Almaz RS Exclusive 7-seater dan Pro 7-seater? Nah menurut Product Planning Wuling Motors, Danang Wiratmoko, perbedaan antara keduanya terletak pada fitur Advaced Driver Assistance System (ADAS) yang diusung kedua tipe Almaz RS ini. ADAS di Wuling Almaz RS EX maupun Pro 7-seater sama-sama bekerja menggunakan sensor, namun pada tipe Pro 7-seater sensornya dikombinasikan dengan kamera. Karena itu ADAS pada tipe Pro 7-seater dilengkapi dengan fitur Traffic Jam Assistance (TJA), Intelligent Cruise Assistance (ICA), Lane Departure Warning (LDW), Lane Keeping Assistance (LKA), dan Intelligent Head Beam Assistance (IHMA). Adanya fitur-fitur tersebut membuat Almaz RS tipe teratas ini mampu berkendara secara semi otonom, sehingga mobilitas pengemudi menjadi semakin maksimal.

Sementara untuk fitur lainnya, baik Wuling Almaz RS Exclusive maupun Pro 7-seater memiliki fitur yang sama. Termasuk, fitur Internet of Vehicle (IoV) untuk online navigation, online music, online messaging, dan bluetooth key yang bisa diakses via smartphone menggunakan aplikasi MyWuling+. Begitu pula dengan fitur safety and security, keduanya juga tak memiliki perbedaan.

“Kehadiran inovasi IoV pada Almaz RS memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai kendali serta mengetahui lokasi kendaraannya melalui MyWuling+ sehingga rasa aman dapat selalu terjaga. Selain itu, pengguna juga dapat dengan mudah memberikan perintah suara untuk mengakses fasilitas navigasi, musik, serta berkirim pesan,” terang Product Planning Wuling Motors, Suhendri Laiman.

 

Program Khusus Subsidi

Almaz RS EX (5-seater dan 7-seater) ditawarkan dalam lima pilihan warna, yakni Pristine White, Dazzling Silver, Aurora Silver, Starry Black, dan Carnelian Red. Sedangkan untuk Almaz RS Pro 7-seater terdapat pilihan warna yang terdiri dari Pristine white with black roof, Carnelian Red with black roof, Dazzling Silver with black roof, Aurora Silver with black roof, dan Starry Black.

Wuling Almaz RS turut didukung dengan layanan purna jual mulai dari garansi umum kendaraan 3 tahun atau 100.000 kilometer, garansi komponen utama mesin dan transmisi selama 5 tahun atau 100.000 kilometer, gratis biaya jasa servis berkala sampai 50.000 kilometer atau 4 tahun, dengan syarat dan ketentuan berlaku. Selain itu Wuling juga memiliki layanan Wuling Mobile Service (WMS), hingga Wuling Customer Assistance yang dapat dikontak melalui nomor 0800-100-5050.

Tak hanya itu, Wuling memberikan program khusus berupa subsidi untuk Almaz RS selama periode peluncuran hingga 30 April 2021 dan memberikan gratis biaya servis berkala hingga 50.000 kilometer atau 4 tahun dengan syarat dan ketentuan berlaku. Selain melalui dealer resmi Wuling, Almaz RS juga dapat dipesan melalui Wuling Smart Showroom.

 

Teks: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *