Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

VW Tarok Concept, Pikap D-Cab dengan Area Kargo yang Adaptif

Tampil di ajang Sao Paulo Motor Show 2018, VW Tarok Concept menjadi pikap pertama yang menggabungkan elemen gaya sebuah SUV perkotaan dengan desain off-road yang otentik.  Desain kunci yang membuat pikap Volkswagen ini sangat mudah beradaptasi terletak pada area kargo yang dapat diperpanjang.

BestCar Indonesia – Volkswagen telah meluncurkan mobil pikap konsep VW Tarok di ajang pameran Sao Paulo International Motor Show 2018 yang saat ini sedang berlangsung. Versi produksi dari mobil konsep eksebisi ini nantinya akan menjadi rival langsung Fiat Toro, dan akan diposisikan di antara VW Saveiro dan VW Amarok dalam line-up model VW untuk pasar Brasil.

“Dengan roof bar yang terinspirasi Targa, front end karismatik, lampu LED tiga dimensi di bagian belakang, dan panel samping yang tampak berotot namun stylish, desain ekspresif dari Tarok Concept membuatnya menjadi pikap pertama yang menggabungkan elemen gaya sebuah SUV perkotaan dengan desain off-road yang otentik,” ungkap Klaus Bischoff, Kepala Volkswagen Global Design, ketika mengomentari VW Tarok Concept.

Tampilan VW Tarok Concept disebut-sebut tak bakal jauh melenceng dari pencapaian kesiapan versi produksinya nanti. Pikap kabin-ganda terbaru dari VW ini akan menjadi saingan langsung Fiat Toro dan Renault Duster Oroch.

Desain kunci yang membuat pikap Volkswagen ini sangat mudah beradaptasi terletak pada area kargonya yang dapat diperpanjang. Dalam konfigurasi standar, panjang ruang muat bak belakangnya adalah 1.206mm (47,48 inci). Namun area kargo ini dapat diperluas hingga 1.861mm (73,27 inci) dengan melipat kursi belakang dan membuka palka. Sesuai spesifikasi perusahaan, versi produksi VW Tarok nanti akan memiliki kapasitas muatan sekitar 1.000 kilogram (2.205 pon).

Uniknya, eksterior bagian depan VW Tarok Concept juga dilengkapi dengan pengaturan pencahayaan yang berbeda, antara lain pencahayaan di bilah grille dan di sekitar saluran intake udara di bumper depan. Sentuhan lain yang unik adalah finishing metalik pada pilar-C. Selain itu, pikap konsep VW ini juga dibekali fitur sunroof panoramic, velg alloy dua warna (dual-tone), skid plate dengan finishing alumunium brushed, dan cladding plastik hitam.

Dalam konfigurasi standar, panjang ruang muat bak belakang VW Tarok Concept adalah 1.206mm. Namun area kargo ini dapat diperluas hingga 1.861mm, dengan melipat kursi belakang dan membuka palka.

Di bagian dalam kabin, interior Tarok Concept mencuat lewat crossbar dalam balutan kelir Cypress Metallic yang ditempatkan melintang pada dashboard. Crossbar stylish ini membingkai layar sentuh (touchscreen) sistem infotainment, kontrol AC digital dan instrumen digital binnacle.

Namun berbeda dengan pikap VW Amarok yang menggunakan sasis ladder-frame, VW Tarok justru mengaplikasi platform MQB monocoque. Di balik bonnet-nya, versi konsep pikap Tarok dibekali mesin TSI berkapasitas 1,4liter yang mampu meletupkan tenaga maksimal hingga 150 PS. Mesin bensin empat silinder ini kompatibel dengan etanol murni (E100) serta campuran bensin-etanol (E22). Lalu, sebagai penerus daya mesin ke roda, VW Tarok mengusung transmisi/gearbox otomatis 6-speed yang menggerakkan keempat rodanya melalui sistem penggerak all-wheel drive permanen 4MOTION.

Media-media di Brazil sendiri menyebutkan bahwa versi produksi VW Tarok kemungkinan besar akan siap tahun depan dan mulai dijual dengan mesin yang lebih besar, yaitu 2,0liter turbo-diesel direct injection bertenaga maksimal 150 PS.

Sumber: Netcarshow.com, indianautoblogs.com

 

Teks: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *