Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Video Teaser Toyota Yaris GR-4 Beredar, 3-Silinder Turbo?

Diperkirakan bakal mulai dijual pada pertengahan tahun depan, Yaris GR-4 konon mengusung mesin bensin tiga-silinder turbocharged. Namun selain versi ‘jalan raya’ (road-going), Toyota juga akan membangun GR-4 versi kompetisi untuk seri seperti kelas WRC R5 dan All Japan Rally Championship, dengan mesin bensin empat-silinder 1,6 liter turbocharged.

BestCar Indonesia – Sebuah video teaser baru yang dilansir oleh divisi kendaraan performance milik Toyota, Toyota Gazoo Racing (TGR) pada tanggal 4 Desember 2019 lalu cukup mengagetkan para pencinta Toyota Yaris sedunia. Merski sangat singkat, hanya berdurasi 24 detik, video teaser tersebut  memberikan tampilan terbaik sosok hatchback Toyota Yaris mendatang yang tampaknya bakal mengusung emblem ‘GR-4’. Yang jelas, ini adalah ‘mesin’ yang terinspirasi oleh reli, lengkap dengan mud flap besar dan fender flare besar.

Awalnya Toyota bermaksud untuk debut Yaris GR-4 di ajang Rally Australia yang digelar dari 14 hingga 17 November 2019. Namun, kebakaran hutan memaksa pabrikan asal Jepang ini untuk menunda peluncuran ‘hot hatch’ GR-4. Dalam tweet-nya tanggal 4 Desember lalu, TOYOTA GAZOO Racing (@TOYOTA_GR) mengatakan “Master driver TGR, Morizo, sedang menjalani ‘tes terakhir’ Yaris GR. Get ready for it.” #GR4 #GRYaris #TOYOTAGAZOORacing #WRC #TGRWRT pic.tweeter.com/CitCKRiNQu.

Sebelumnya, telah beredar beberapa foto ‘spy shoot’ yang dilansir motor1.com, memperlihatkan sosok hot hatch yang diduga Yaris GR-4 dalam balutan sticker kamuflase. Mirip seperti penampakannya dalam video teaser TOYOTA GOOZO Racing, sosok Yaris GR-4 di dalam foto juga memperlihatkan fender besarnya di bagian depan, serta velg berkelir warna perunggu (bronze) yang dibalut ban berprofil tipis. Ketinggian pengendaraan (ride height) – yang tergambar melalui ground clearance — GR-4 juga terlihat lebih rendah dari Yaris standar, dan ini menunjukkan suspensi hot hatch Yaris baru ini diseting lebih agresif.

Sejauh ini Toyota memang belum mengkonfirmasikan apapun tentang powertrain Yaris GR-4, tetapi apa yang ditunjukkan pabrikan berlambang dua elips itu terlihat sangat menarik. Dalam video teaser tersebut, mesin Yaris GR-4 yang dikendarai Morizo terdengar ‘menggerendeng’ dengan tone yang dalam dan tampaknya tengah melakukan ‘launch’ (melejit dari titik diam) dengan moda gerak empat-roda all-wheel-drive (AWD) di atas permukaan jalan berpasir.

Jadi, apa yang ada di balik bonnet hot hatch Toyota ini? Sebuah laporan dari Jepang yang dilansir Japan’s Motor Magazine menyebut Yaris GR-4 mengusung mesin bensin tiga-silinder turbocharged. Namun selain versi ‘jalan raya’ (road-going), Toyota juga akan membangun versi kompetisi untuk seri seperti kelas WRC R5 dan All Japan Rally Championship. Bedanya, Yaris GR varian balap ini akan menggunakan mesin bensin empat-silinder 1,6 liter turbocharged.

“Hot hatch mungil yang terinspirasi dari mobil rally ini sepertinya menjanjikan sederet kesenangan”

Kabar baiknya, Toyota berniat menjadikan GR-4 sebagai bagian reguler dari jajaran Yaris, bukan memproduksi versi terbatas seperti halnya Yaris GRMN sebelumnya. Seperti dikutip Motor Magazine, Toyota konon bakal memproduksi sekitar 1.000 unit Yaris GR-4 per bulan. Tanggal debut baru untuk Yaris GR-4 adalah sebuah misteri, namun Motor Magazine memperkirakan peluncuran perdana GR-4 bisa terjadi sebelum akhir tahun ini. Namun, jika tidak, tunggu kedatangannya di Tokyo Auto Salon yang digelar pada bulan Januari 2020, sebelum mulai dijual di pasar Jepang pada pertengahan 2020.

Tidak jelas kapan GR-4 dijadwalkan akan tiba di pasar Eropa, namun sepertinya tidak akan beredar untuk pasar Amerika. Karena adanya perbedaan spesifikasi antara Toyota Yaris yang berbasis Mazda di pasar Amerika dan versi global yang dikembangkan oleh Toyota di seluruh dunia, Yaris GR-4 tidak akan datang ke Amerika Serikat. Hot hatch Yaris terbaru ini akan tetap menjadi buah terlarang bagi orang Amerika di masa mendatang. Bagaimana dengan pasar Indonesia?

 

Teks: Yusran Hakim

Sumber: TOYOTA GAZOO Racing via YouTube; Motor MagazineCar View, motor1.com

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *