Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Tunggu Tahun Depan, Toyota GT86/Subaru BRZ Gen 2 Bakal Lebih Bertenaga

Generasi kedua mobil sport kolaborasi Toyota-Subaru ini bakal dibekali power 255bhp plus dari mesin ‘Boxer’ 4-silinder flat Subaru dan dibangun di atas platform TNGA Toyota. Tunggu kedatangannya tahun depan!

BestCar Indonesia – Kabar gembira bagi para pecinta sportscar Jepang. Pasalnya, saat ini Toyota dan Subaru sedang meningkatkan pengembangan penerus mobil sport ‘kembar’ hasil kolaborasi keduanya, GT86 dan BRZ — dan versi Toyota kabarnya akan berganti nama menjadi GR86.

Seperti diketahui, sportscar ‘kembar’ Toyota GT86 dan Subaru BRZ diluncurkan pada 2012, namun masa depan keduanya diragukan karena penjualannya yang relatif rendah. Tetapi kedua pabrikan asal Jepang itu telah berkomitmen untuk mengembangkan pengganti kedua sportscar tersebut, dengan versi Toyota menjadi bagian penting dari jajaran mobil performa tinggi dari brand berlogo dua elips yang sedang bertumbuh itu.

Bos Toyota Akio Toyoda adalah pendukung utama menggunakan model performa tinggi untuk meningkatkan citra merek di bawah divisi Gazoo Racing, yang juga mencakup berbagai program motorsport Toyota.

Toyota GT86

 

Toyota GT86 orisinal adalah model pertama yang dikembangkan murni oleh Gazoo Racing (GR), sebelum divisi performa milik Toyota itu memulainya dengan nomenklatur GR pada Supra (GR Supra) dan kemudian Yaris (GR Yaris). GT86 berikutnya akan diganti namanya agar sesuai dengan nomenklatur GR itu.

Sejauh ini memang belum ada ‘bocoran’ detil mengenai GT86 generasi berikut ini. Namun baik Toyota maupun Gazoo Racing menjanjikan bahwa mobil sport penerus GT86 itu akan menampilkan beberapa perubahan besar dari model pertamanya.

Jika GT86 orisinal dulu dibangun pada platform Subaru, arsitektur pabrikan yang ada saat ini tidak cocok untuk mobil berpenggerak belakang. Jadi, bias dipahami bahwa model baru GT86 nantinya kemungkinan besar akan dibangun pada platform TNGA Toyota.

Jika benar platform dari Toyota yang akan digunakan, Subaru diharapkan untuk sekali lagi untuk mengembangan powertrain sportscar GT86 dan BRZ generasi berikut ini. Kedua sportscar baru ini kemungkinan akan mempertahankan mesin ‘Boxer’ flat-empat silinder, mengingat laporan di Jepang menyebutkan bahwa unit mesin 2.0-liter naturally aspirated (non-turbocharger) akan digantikan oleh powerplant 2.4 liter turbocharged yang saat ini digunakan pada model Ascent, Legacy, dan Outback.

Mesin itu menghasilkan 255bhp di sedan Subaru Ascent, angka yang akan mewakili peningkatan output daya yang cukup signifikan dari kedua sportscar hasil kolaborasi Toyota-Subaru terdahulu. Sistem forced induction (induksi paksa) juga akan memberikan peningkatan torsi yang substansial dari GT86/BRZ lama, dan ini akan menyenangkan mereka yang tidak puas dengan kinerja GT86 dan BRZ generasi pertama. Kedua brand asal Jepang itu mungkin ingin mempertahankan drivability dan karakter khas dari unit mesin naturally aspirated (tanpa turbo) seperti GT86/BRZ lama, tetapi ini perlu diseimbangkan dengan apa yang diminta pembeli — dan itu sepertinya adalah ‘siulan’ dari unit turbocharger.

Subaru BRZ

 

Toyota dan Subaru juga ingin meningkatkan daya tarik estetika sportscar baru mereka, baik di dalam maupun luar. GT86 dan BRZ lama banyak dikritik karena kualitas kabinnya yang dianggap murah, jadi berharaplah ada peningkatan dalam teknologi,  penggunaan material, serta kesesuaian dan finishing pada kedua sportscar yang akan datang. Apakah kedua sportscar baru ini nantinya akan menjadi model empat-kursi sejati, untuk benar-benar membantunya melawan para rivalnya yang lebih praktis, itu masih belum jelas.

Perubahan seperti itu — terutama peningkatan daya mesin — kemungkinan akan membuat harga kedua sportscar generasi mendatang itu meningkat. Baik Toyota maupun Subaru juga menyadari kemungkinan dekatnya pricing GT86/BRZ generasi baru itu dengan model-model yang lebih premium, seperti Audi TT dan BMW Z4. Toyota tentu tidak akan mau GT86 barunya nanti merusak harga pasar GR Supra-nya sendiri, terutama di Jepang, dimana versi empat silinder dari mobil sport legendaris reborn itu dijual.

Terlepas dari semua kemungkinan, yang pasti BRZ dan GT86 generasi kedua akan dibangun di atas hubungan yang diperluas antara Subaru dan Toyota. Selain mobil sport, kedua perusahaan bekerja sama untuk mengembangkan platform kendaraan listrik (EV) baru dan SUV listrik.

 

Jajaran Gazoo Racing

Toyota GR Super Sports – Dijadwalkan masuk pasar di tahun 2021: versi ‘road-legal’ dari mobil balap Le Mans yang akan datang akan diposisikan sebagai model ‘halo’ kasta tertinggi dan dibuat dalam jumlah yang sangat kecil.

GR Yaris – Bakal tiba di penghujung tahun 2020: hothatch berpenggerak empat-roda (all-wheel-drive) dengan tenaga lebih dari 247bhp ini membawa ‘DNA’ World Rally Championship ke Yaris.

GR Supra – Beredar di pasar saat ini: grand tourer dua-kursi yang kondang ini telah dilahirkan kembali melalui kemitraan dengan BMW.

GR86 – Diperkirakan meluncur pada tahun 2021: Generasi kedua coupe berpenggerak roda-belakang (RWD) ini akan beredar di pasar dengan branding GR baru.

 

Teks: Yusran Hakim

Sumber: Autocar.co.uk

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *