Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Toyota Ungkap Lebih Detail SUV Kompak Baru untuk Pasar Eropa

Model SUV kompak berbasis Toyota Yaris ini dirancang untuk menyaingi Nissan Juke, menjanjikan gaya khas dan dimensi ramah kota.

 

BestCar Indonesia – Toyota dipastikan bakal meluncurkan SUV kompak berbasis Yaris untuk pasar Eropa, memanfaatkan popularitas model-model kompak ber-ground clearance tinggi yang sedang berlangsung di Benua Biru itu.

Model baru yang belum disebutkan namanya itu sempat diumumkan pada acara showcase Toyota, dan pabrikan berlogo dua-elips asal Jepang itu mengungkapkan akan menggunakan platform TNGA-B yang sama dengan All-New Yaris yang sosoknya terungkap akhir tahun lalu.

Yang pasti, wakil presiden Toyota Eropa, Matthew Harrison berjanji bahwa SUV kompak baru itu tidak akan “hanya Yaris dengan body dan suspensi yang ditinggikan”. Sebaliknya, ia akan menjadi “model B-SUV yang sama sekali baru dan khas” dengan “desain yang kompak, dinamis, dan karakter tersendiri”.

Toyota All-New Yaris IV Hybrid

Toyota sendiri mengatakan bahwa nama, rencana volume, dan waktu pengenalan SUV kompak barunya itu akan diumumkan di masa mendatang tetapi menegaskan bahwa ia akan menggunakan powertrain hybrid (hibrida) bensin-listrik 1,5 liter yang sama dengan All-New yaris. Tidak disebutkan tentang mesin bensin 1,0 liter yang digunakan di berbagai varian yang lebih rendah dalam jajaran Yaris, dan itu menunjukkan bahwa SUV baru berbasis Yaris ini akan diluncurkan sebagai model hybrid saja.

Diposisikan tepat di bawah C-HR, SUV kompak baru untuk pasar Eropa ini disebut-sebut akan lebih panjang, lebih lebar dan lebih tinggi dari Yaris, dengan wheelbase yang juga lebih panjang. SUV kompak Toyota ini, menurut perwakilan Toyota Eropa, juga menawarkan sistem penggerak empat-roda yang ‘cerdas’ dan suspensi off-road yang tepat,

Bakal dibangun berdampingan dengan Yaris di pabrik Toyota di Onnaing, Prancis, Toyota berharap model SUV kompak barunya tersebut mampu meraup sekitar 30% dari volume penjualan Eropa, bersama dengan Yaris, pada tahun 2025. Tentu, di segmen yang sedang populer ini Toyota akan menghadapi persaingan ketat dari Nissan Juke, Renault Captur, dan Ford Puma.

 

Teks: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *