Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Toyota Tetapkan Harga Final All New Rush Sama dengan Model Sebelumnya

Pertanyaannya kemudian, bagaimana Toyota Indonesia bisa menekan harga All New Rush serendah itu, di tengah kondisi ‘panas’ di tahun politik yang sedikti banyak akan mempengaruhi ekonomi dan daya beli masyarakat, serta persaingan yang makin ketat di segmen SUV?

BestCar Indonesia – Sesuai janjinya setelah meluncurkan Toyota All New Rush pada 23 November 2017 lalu, PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya menetapkan harga resmi SUV medium andalannya itu mulai awal Januari 2018 ini, sekaligus mulai menyerahkan unit All New Rush kepada para pelanggannya. Cukup mengagetkan, karena banderol resmi All New Rush ditetapkan sama seperti model sebelumnya alias tidak mengalami kenaikan. Bahkan untuk varian 1.5 TRD Sportivo A/T, harganya lebih rendah Rp 3 juta dibandingkan model sebelumnya.

“Mulai Januari ini, pelanggan sudah bisa menikmati empat varian All New Rush yang diluncurkan pada November tahun lalu. Didukung peningkatan efisiensi dan proyeksi ekonomi makro yang lebih stabil pada 2018 ini, harga All New Rush ditetapkan sama seperti model sebelumnya alias tidak mengalami kenaikan. Bahkan untuk varian 1.5 TRD Sportivo A/T, harganya lebih rendah Rp 3 juta dibandingkan model sebelumnya,” ungkap Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

Keputusan TAM yang menetapkan harga All New Rush tak berubah dari model sebelumnya memang di luar perkiraan banyak orang, mengingat di sela acara peluncuran Toyota All New Rush pada 23 November 2017 lalu, Presiden Direktur TAM Yoshihiro Nakata sempat memberikan indikasi kenaikan harga sekitar Rp 3-4 jutaan dari harga model lama Rush yang masih beredar saat ini. Soal alasan TAM belum merilis harga jual All New Rush pada saat peluncurannya, menurut Yoshihiro Nakata, karena masih menunggu perubahan tarif pajak pada tahun 2018 ini. Tarif pajak yang dimaksud adalah bea balik nama (BBN). “Kami masih menunggu perubahan tarif pajak dulu pada awal tahun depan (2018), sebelum menentukan harga final All New Rush. Karena itu kami baru akan mengumumkan harga All New Rush pada Januari 2018,” paparnya saat itu.

Seperti diketahui, Toyota All New Rush tersedia dalam dua varian, yakni G sebagai tipe terendah dan TRD Sportivo sebagai tipe tertinggi. Masing-masing varian ditawarkan dalam dua pilihan transmisi, yaitu Manua 5-speed dan otomatis 4-speed. Mengambil patokan harga empat varian Toyota Rush model lama dari yang paling murah Rp 239,9 juta hingga yang termahal Rp 264,6 juta, maka harga masing-masing tipe Toyota All New Rush adalah sebagai berikut:

  • All New Rush G M/T : Rp 239.900.000
  • All New Rush G A/T : Rp 249.900.000
  • All New Rush TRD Sportivo M/T : Rp 251.300.000
  • All New Rush TRD Sportivo A/T : 261.300.000

Dari daftar harga Toyota All New Rush tersebut terlihat bahwa pembeli tipe tertinggi TRD Sportivo A/T yang mengusung fitur terbanyak adalah yang paling diuntungkan, karena harganya lebih murah Rp 3 juta dari harga varian tertinggi TRD Sportivo A/T pada Toyota Rush lama yang dipatok Rp 264.600.000. Dengan asumsi harga baru yang relatif sama dengan model terdahulu ini, tak bisa dipungkiri langkah TAM akan memberikan value for money tinggi kepada para pelanggannya, mengingat model terbaru Rush ini mengusung perubahan desain eksterior, interior, mesin, serta sederet tambahan fitur yang jauh lebih lengkap dibanding pendahulunya. “Dengan berbagai penambahan fitur, pelanggan All New Rush mendapatkanTotal Ownership Experience dan Value for Money yang lebih tinggi, karena harga tidak mengalami kenaikan atau sama seperti model sebelumnya,” tambah Henry.

Pertanyaannya kemudian, bagaimana TAM bisa menekan harga All New Rush serendah itu? Menurut sumber kami di TAM, secara teknis sebetulnya harga All New Rush seharusnya naik, jika hanya berpatokan pada kenaikan cost produksi yang sekitar Rp 3 jutaan per unit. Namun, lanjutnya, ada beberapa faktor lain yang memungkinkan  production cost bisa lebih ditekan, sehingga harga akhir All New Rush tak perlu naik dari harga lamanya. Ia mencontohkan volume produksi yang digenjot hingga ke titik maksimal, sehingga biaya produksi bisa ditekan. Selain itu, ada beberapa komponen utama model lama yang masih tetap digunakan, seperti chassis, sehingga mampu memangkas cost.

Ini juga diakui Presiden Direktur TAM Yoshihiro Nakata. Menurutnya, TAM menargetkan penjualan All New Rush mencapai 36.000 unit per tahun, sedangkan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menargetkan penjualan Daihatsu All New Terios – yang merupakan saudara kembar All New Rush, mencapai 24.000 unit per tahun. Dengan demikian, total penjualan duo medium SUV yang diproduksi di pabrik Astra Daihatsu Motor ini mencapai 60.000 unit per tahun. “Volume ini sangat tinggi dan dapat memangkas biaya produksi. Selain itu, ada beberapa komponen utama model lama yang masih tetap digunakan, sehingga mampu memangkas cost,” ungkapnya di sela peluncuran Toyota All New Rush, November tahun lalu.

Faktor lainnya, jika merujuk pada pernyataan Yoshihiro Nakata bahwa harga final All New Rush masih menunggu perubahan tarif pajak pada tahun 2018, adalah tidak terjadi perubahan yang signifikan pada bea balik nama (BBN) tahun ini. Hal ini tentu akan memberi ‘ruang’ bagi TAM untuk menekan harga jual All New Rush. Seperti dikatakan Vice President TAM Henry Tanoto, penetapan harga All New Rush sama seperti model sebelumnya alias tidak mengalami kenaikan berkat peningkatan efisiensi dan proyeksi ekonomi makro yang lebih stabil pada 2018 ini.

Peningkatan efisiensi, oke lah. Tapi jika merujuk pada proyeksi ekonomi makro yang diperkirakan akan lebih stabil pada 2018 ini, sepertinya agak bertolak belakang. Seperti yang Anda tahu, tahun ini merupakan ‘tahun politik’ di Indonesia, terkait dengan diselenggarakannya Pilkada Serentak di seluruh wilayah Indonesia dan ajang pemanasan menuju Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun depan (2019). Situasi ini diperkirakan bakal memicu naiknya suhu politik di dalam negeri sepanjang tahun ini, dan akan mencapai puncaknya menjelang Pilpres tahun depan. Di atas kertas, kondisi ini bakal mempengaruhi banyak keputusan ekonomi masyarakat di dalam negeri, termasuk pertimbangan untuk membeli mobil, membuat kondisi ekonomi secara makro di dalam negeri cenderung kurang stabil. Apalagi penurunan daya beli masyarakat sepanjang tahun 2017 lalu, diperkirakan masih bakal berlajut hingga tahun ini, sehingga akan mempengaruhi juga wholesales otomotif secara keseluruhan.

Jadi? Apakah faktor tersebut – selain peningkatan efisiensi yang dilakukan Toyota plus makin ketatnya persaingan terutama di segmen MPV dan SUV di pasar otomotif nasional – juga yang membuat TAM memutuskan harga final All New Rush tak mengalami kenaikan dari model sebelumnya? Wallahualam. Tapi terlepas apapun alasannya, yang jelas ‘keberanian’ Toyota Indonesia mematok harga jual All New Rush yang tak mengalami kenaikan serupiahpun, jelas merupakan kabar baik bagi konsumen untuk memperoleh SUV medium berkelas yang kaya fitur, tanpa harus merogoh kocek lebih dalam.

Toyota Indonesia tampaknya bakal menggenjot penjualan All New Rush secara maksimal, agar target volume 36.000 unit per tahun bisa tercapai. Tak heran menyusul launching di Jakarta pada 23 November tahun lalu, All New Rush juga telah mendatangi pelanggan Toyota di berbagai daerah melalui regional launching seperti Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Pekanbaru, dan Medan. Untuk bulan ini, regional lauching akan dijadwalkan di Makassar, Palembang, Balikpapan, Padang, dan Manado.

SUV 7-Seater yang Kaya Fitur

Seperti diketahui, penampilan All New Rush berubah total dibandingkan generasi sebelumnya. Dimensinya semakin panjang, ruang kabin meluas, menggunakan mesin baru, dan semakin aman dengan penambahan fitur keselamatan.

Dengan desain lebih stylish dan dimensi yang lebih besar, penampilan All New Rush sebagai real Medium SUV terlihat lebih kokoh. Untuk memberi ruang kabin yang lebih luas, panjang All New Rush bertambah 230mm menjadi 4.435mm. Sementara untuk menjaga kelincahan dengan DNA sebagai real Medium SUV, lebar All New  Rush dipertahankan 1.685mm, begitu juga tinggi 1.705mm dan jarak antarroda (wheel base) 2.685mm.

 

HargaAllNewRush-3

Dipadu dengan sistem penggerak roda-belakang, engine baru berteknologi Dual VVT-i (2NR), serta ground clearance yang tinggi, All New Rush diklaim siap melewati berbagai rintangan dan kondisi jalan. Teknologi dual VVT-i (2NR), membuat performa All New Rush lebih efisien dalam pemakaian bahanbakar,dengan tenaga maksimal mencapai 104 PS dan torsi puncak 13,9kgm.

Untuk meningkatkan kenyamanan, system suspensi All New Rush menerapkan pengaturan (setting) yang lebih baik, dengan stabilizer di bagian depan dan belakang. Tingkat kekedapan dan peredaman di dalam kabin juga menjadi lebih baik dibandingkan model sebelumnya.

Interior didesain untuk 7 penumpang dengan tiga baris bangku. Dalam dimensi yang baru, membuat interior menjadi jauh lebih luas — jarak antara dashboard dengan bangku ketiga kini mencapai 2.525mm. Ini memberi ruang yang luas dalam mendesain posisi bangku, karena jarak antara bangku depan dengan baris kedua menjadi 925mm atau lebih longgar 45mm dibandingkan model sebelumnya.

Sementara jarak bangku baris kedua dengan bangku baris ketiga 700mm, sehingga penumpang baris ketiga jauh lebih nyaman dibandingkan model sebelumnya. Dan ini masih menyisakan ruang yang luas untuk tempat bagasi. Panjang bagasi All New Rush mencapai 450mm atau lebih panjang 150mm dibandingkan model sebelumnya.

Semua varian All New Rush dilengkapi LED headlamp, integrated LED rear combination lamp, tombol start-stop mesin, AC double blower, head unit 7 inci, kamera parkir mundur, grille chrome hitam, pengaturan naik-turun kemudi, 6 kantong udara, Vehicle Stability Control (VSC), indikator pengingat 7 sabuk pengaman, Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD), Hill Start Assist (HSA), dan Emergency Stop Signal (ESS).

Sementara untuk tipe TRD hadir lebih eksklusif dan gagah dengan TRD aerokit dan ban ukuran 17”. Selain itu terdapat soft touch ornament, leather steering wheel & shift knob lever, fitur smart entry serta fungsi Auto A/C dengan layar digital untuk memberikan kenyamanan serta kemudahan dalam berkendara.

Fitur entertainment, All New Rush tipe TRD Sportivo dilengkapi DVD AVX 7″ with Internet, USB, Bluetooth, Ipod/Iphone Connect, Physical Remote, Miracast, Weblink, Support Multitasking dan Smart Phone Remote App.  Sedangkan untuk tipe G, fitur entertaintment-nya dilengkapiDVD AVX 7″, USB, Bluetooth, Ipod/Iphone Connect, Physical Remote, HDMI, dan Miracast. Kemewahan ini didukung surround audio system dengan 8 speaker untuk tipe TRD Sportivo dan 6 speaker untuk tipe G.

All New Rush hadir dalam dalam 6 warna menarik, yaitu white, silver mica metallic, black mica, bronze mica metallic, red mica metallic, dan bordeaux mica. Didukung desain yang sama sekali baru, dan performa yang lebih meyakinkan, All New Rush diharapkan mampu mengikuti kinerja pendahulunya sebagai motor penggerak pasar segmen medium SUV.

Teks: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *