Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
Toyota Sienta

Toyota Sienta Hadir Pada Pertengahan 2016?

BestCar Indonesia – Rumor bakal munculnya Toyota Sienta pada pertengahan tahun ini kian terang benderang. Pasalnya, mesin tipe R-NR yang mulai diproduksi di pabrik baru PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) – Karawang Plant 3 – bakal digunakan untuk model terbaru Toyota yang bermesin depan dan berpenggerak roda-depan (FWD). Nah, spesifikasi model terbaru Toyota yang diakui bakal meluncur pada pertengahan tahun 2016 itu memberi sinyalemen kuat kepada Toyota Sienta.

“Iya betul, mesin tipe R-NR yang diproduksi oleh TMMIN memiliki spesifikasi untuk mobil berpenggerak roda-depan (FWD) dan akan digunakan untuk model terbaru Toyota,” tegas Yui Hastoro, Direktur Technical Toyota Motor Manufacturing Indonesia. Yui juga menambahkan bahwa model tersebut akan muncul di pertengahan tahun 2016. Namun saat didesak apakah model terbaru yang dimaksud itu adalah Toyota Sienta, Yui hanya menanggapinya dengan senyuman.

TOYOTA SIENTA

Senada dengan Yui, Dimas Aska, Public Relation Toyota Astra Motor, juga tidak membantah kemungkinan itu, meski juga tak mengakuinya secara langsung. “Mesin seri N-RN adalah mesin yang hebat, dan tidak menutup kemungkinan Sienta  menggunakan mesin tersebut, atau bahkan untuk Yaris generasi terbaru,” ungkapnya kepada BestCar Indonesia di sela acara peresmian pabrik Karawang Plant 3 di Karawang, Senin lalu. Toyota C-HR? “Belum dapat dipastikan,” tambahnya.

Mesin seri R-NR merupakan mesin bermaterial aluminum yang memiliki bobot sangat ringan. Dibandingkan tipe mesin TR yang berbobot 163kg, mesin baru seri R-NR hanya memiliki bobot 87kg. TMMIN memperoduksi dua tipe mesin R-NR, yaitu 1NR-FE 1,3-liter dual VVT-I yang memproduksi tenaga maksimal 97hp pada 6.000rpm dan torsi puncak 120Nm pada 3.800rpm, serta 2NR-FE 1,5-liter yang mampu meletupkan tenaga hingga 104hp pada 6.000rpm dan torsi pucak 139Nm pada 4.200rpm.

TOYOTA SIENTA

Gosip akan kehadiran MPV 7-seater penantang Honda Freed ini menjadi berita hangat sejak awal tahun 2015 lalu. Informasinya, MPV yang diposisikan sebagai ‘adik kandung’ Toyota Kijang Innova ini akan diproduksi di pabrik Toyota yang bertempat di Karawang (kini disebut Karawang Plant 3). Awalnya New Toyota Sienta diproduksi hanya untuk pasar Jepang, namun belakangan Toyota memutuskan Sienta juga dipasarkan di beberapa Negara, termasuk Indonesia.

Sejak diproduksi untuk pertama kalinya pada tahun 2003 silam, Toyota Sienta masih laris di Jepang hingga saat ini. Mungkin banyak yang mengira bahwa Honda Freed merupakan pelopor MPV 7-seater dengan sliding door alias pintu geser. Tapi faktanya, Honda Freed justru diluncurkan untuk melawan dominasi Toyota Sienta sebagai MPV kompak dengan pintu geser – sejauh ini MPV andalan Honda tersebut belum mampu menyaingi Sienta dari sisi penjualan di Jepang.

TOYOTA SIENTA

Jika melihat sosok Toyota all-new Sienta terbaru yang beredar di Jepang, MPV yang pertama kali diproduksi pada tahun 2003 ini tetap menggunakan pintu geser (sliding door) superlebar, sama seperti model sebelumnya. Ia juga tampil dengan desain eksterior bagian depan yang lebih segar, seperti grille dan lampu utama yang kini dibuat lebih runcing, dan didukung dengan teknologi LED. Secara dimensi, panjang totalnya mencapai 4.235mm, dengan lebar 1.695mm, dan tinggi 1.470mm. Di bagian dalam kabinnya tersemat teknologi terkini meliputi layar sentuh, serta kontrol iklim otomatis yang menjadi fitur standar Sienta.

TOYOTA SIENTA

TOYOTA SIENTA

Toyota Sienta terbaru yang beredar di Jepang mengusung mesin 2NR-FE empat silinder berkapasitas 1.5-liter yang dikombinasikan dengan teknologi dual VVT-I (Variable Valve Timing) dengan output daya 109hp pada 6.000rpm dan torsi maksimum 136Nm pada 4.400 rpm. Seluruh daya mesin disalurkan ke roda-depan melalui transmisi CVT. Konsumsi bahan bakar Toyota Sienta diklaim dapat mencapai 20,6km/liter.

Teks: OKA

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *