Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
TOYOTA KERAWANG PLANT 3

Toyota Resmikan Kerawang Plant 3

BestCar Indonesia – PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) resmi membuka pabrik mesin baru, TMMIN Kerawang Plant 3 di Kerawang, hari ini (Senin, 7/3-2016). Pabrik seluas 20hektare ini akan memproduksi khusus mesin Toyota tipe R-NR yang nantinya akan digunakan pada model kendaraan penumpang terbaru yang akan diperkenalkan pada pertengahan 2016 mendatang.

Mesin terbaru ini akan diproduksi sebanyak 216 ribu unit per tahun untuk memenuhi kebutuhan ekspor lima negara Asia dan juga domestik. “Saya sangat senang untuk menyampaikan bahwa pabrik mesin terbaru di Kerawang ini merupakan salah satu pabrik mesin Toyota terkini di dunia. Dilengkapi dengan desain dan teknologi terbaru, pabrik ini akan memproduksi mesin bensin aluminum R-NR yang merupakan jajaran mesin baru TMC (Toyota Motor Corporation) yang akan diekspor ke negara-negara Asia,” ungkap Presiden TMMIN, M. Nonami.

Investasi sebesar Rp 2,3 triliun digunakan untuk membangun infrastuktur pabrik yang modern dan biaya pengoperasian sekitar 1.000 karyawan baru. TMMIN Kerawang Plant 3 ini merupakan pabrik mesin pertama di dunia yang mengadopsi “Trough Line”, yakni sistem produksi yang mencangkup casting/pengecoran, machining/permesinan dan assembling/perakitan dalam satu atap. Dengan proses produksi ‘Trough Line’, waktku proses pembuatan dan perakitan akan lebih singkat dan juga mengurangi stok barang dalam produksi.

Mesin seri R-NR 1,3-liter dan 1,5-liter terbaru yang diproduksi oleh TMMIN telah memiliki tingkat kandungan lokal mencapai 80 persen. Kandungan lokal tersebut melibatkan 12 perusahan lokal sebagai pemasok komponen baru tingkat pertama, sehingga supplier TMMIN tingkat pertama total berjumlah 135 perusahaan. “Kami berkerjasama erat dengan para pemasok lokal kami dan juga pemasok lokal baru yang akan meningkatkan kandungan lokal di setiap mesin kendaraan Toyota Indonesia. Sebelumnya TMMIN telah meningkatkan kandungan lokal pada mesin Toyota Kijang Innova dan Fortuner di Januari lalu, mencapai 85 persen. Dan kami akan terus berupaya untuk meningkatkan kandungan lokal yang terfokus pada lokalisasi industri hulu,” papar Wakil Presiden Direktur TMMIN Warih ANdang Tjahjono.

Indonesia adalah negara ketiga yang telah memproduksi Mesin seri R-NR, setelah Jepang dan Cina yang lebih dulu memproduksi mesin ultraringan (87kg) ini. Sebagai Negara ke-3 yang dipercayai untuk memproduksi mesin terbaru ini, posisi Toyota Indonesia kian menguat sebagai salah satu basis produksi dan ekspor global. Rencananya, sebagai tahap awal, Toyota Indonesia akan mengekspor mesin seri R-NR ke 5 negara di kawasan Asia dengan jumlah 79.000 unit pada tahun 2016 ini. “Toyota memposisikan Indonesia sebagai basis produksi dan pemasok utama tidak hanya kendaraan, tapi juga mesin. Selama 45 tahun Toyota berbisnis di Indonesia, kami yakin pada kemampuan Toyota Indonesia untuk dapat memenuhi tuntutan baik dari pasar otomotif domestik maupun global,” pungkas TMC SMO, K. Saga.

Teks: OKA  |  Foto: Edi Weente

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *