Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
BESTCAR NEWS - Toyota Resmi Luncurkan New Yaris dan Yaris Heykers

Toyota Resmi Luncurkan New Yaris dan Yaris Heykers

Mengusung konsep ‘Urban Adventure’, Yaris Heykers menjadi mobil pertama hasil desainer lokal TAM. Sinyal Toyota Indonesia bakal bermain di segmen crossover?

BestCar Indonesia – PT Toyota Astra Motor (TAM) secara resmi meluncurkan  tampilan baru produk andalan mereka di segmen hatchback, New Yaris, berbarengan dengan New Yaris Heykers, varian baru berkarakter urban adventure yang menjadi icon terbaru Yaris, di Jakarta, Kamis (03/11-2016).

“Dengan tambahan varian Heykers, New Yaris kini ditawarkan dalam 8 line-up untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan mobil hatchback dengan karakter stylish, sporty dan adventure,” kata President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Hiroyuki Fukui dalam peluncuran New Yaris di Jakarta, Kamis (03/11).

BESTCAR NEWS - Toyota Resmi Luncurkan New Yaris dan Yaris Heykers

New Yaris dan Yaris Heykers hadir membawa konsep stylish dan fun bagi masyarakat urban, dengan menonjolkan agresifitasnya lewat bumper spoiler, roof spoiler, side stripe serta new design alloy wheel. Sematan spoiler TRD Sportivo hadir pula dengan warna merah, menambah kesan sporti.

BESTCAR NEWS - Toyota Resmi Luncurkan New Yaris dan Yaris Heykers

Tapi tak hanya perubahan kosmetik eksteriornya yang menonjol, baik New Yaris maupun Yaris Heykers sama-sama dibekali mesin baru oleh Toyota, yakni 2NR-FE berkapasitas 1.496cc dengan teknologi dual VVT-i. Mesin anyar ini menggantikan mesin tipe 1NZ yang dipakai pada Yaris terdahulu.

BESTCAR NEWS - Toyota Resmi Luncurkan New Yaris dan Yaris Heykers
Selain mesin, transmisi otomatis yang digunakan juga ada pergantian. Seluruh varian yang menggunakan transmisi otomatis kini dibekali transmisi CVT –speed sequential shiftmatic  yang yang lebih halus dalam perpindahan antargiginya serta meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar.

BESTCAR NEWS - Toyota Resmi Luncurkan New Yaris dan Yaris Heykers

Toyota mengklaim, mesin baru ini meningkatkan efisiensi hingga 17 persen pada varian transmisi manual. Sementara pada tipe otomatis CVT 7-kecepatan bisa lebih hemat hingga 30 persen.

Dari sisi interior, New Yaris kini dilengkapi dengan advanced audio 7” full touchscreenmiracast/mirroring, internet, dan bluetooth (pada varian Heykers, TRD Sportivo, G) yang merupakan bagian dari konsep terbaru desain audio New Yaris. Selain itu, untuk semua tipe/grade juga mendapat sentuhan penambahan aksen silver pada kisi-kisi AC yang memberikan kesan luxury pada interior, serta kehadiran seat pattern baru dengan motif highlight garis vertikal yang menambah nuansa modern dari interior New Yaris tipe G.

BESTCAR NEWS - Toyota Resmi Luncurkan New Yaris dan Yaris Heykers

New Yaris Heykers

Dari seluruh line-up New Yaris, varian Heykers tampil paling menonjol dan berbeda. Beberapa ubahan memang dilakukan Toyota untuk membuat Yaris Heykers lebih cocok dengan kondisi jalanan di Indonesia. PT Toyota Astra Motor (TAM) menyediakan dua tipe hatchback Yaris Heykers, yaitu bertransmisi manual (M/T) dan bertransmisi CVT, dengan banderol masing-masing Rp 266,5 juta dan Rp 277,3 juta. Heykers menjadi varian Yaris dengan kasta tertinggi dan diklaim memiliki karakter urban adventure.

Secara keseluruhan tampilan luar Heykers jauh lebih sporty dibanding varian New Yaris lainnya, bahkan cenderung terlihat sebagai crossover SUV ketimbang hatchback. Gaya crossover yang sporty terlihat pada tarikan garis lebih tebal dan tajam yang memberikan kesan lebih kuat dan tangguh, juga lewat desain bumper depan yang agresif, over fender, roofrail, side protection moulding, sticker heykers, side kirt, spoiler belakang, bumper belakang, serta velg alloy 16inci beraksen dual tone silver dan dark titanium.

BESTCAR NEWS - Toyota Resmi Luncurkan New Yaris dan Yaris Heykers

Sinyal ke arah crossover SUV semakin kental karena Toyota sengaja meninggikan ground clearance Heykers sebanyak 20mm menjadi 184mm lewat penggunaan TRD Suspension dan ukuran ban yang lebih besar 195/55 R16 yang meningkatkan ketinggian hingga 15mm. Dengan ground clearance yang hanya lebih rendah 1mm saja dari kebanyakan SUV crossover, Yaris Heykers diklaim lebih mampu melahap segala medan jalan dibanding Yaris hatchback standar.

Masuk ke dalam interior, Yaris Heykers juga telah dibekali dengan advanced audio 7″ full touchscreen, miracast/mirroring, internet dan Bluetooth.

“Dengan berbagai kelebihannya, menjadikan New Yaris Heykers menjadi hatchback yang modern, sporty sekaligus adventurous serta aman dikendarai untuk berbagai medan jalan. New Yaris Heykers memberikan sensasi berkendara yang berbeda,” ujar Presiden Direktur TAM, Hiroyuki Fukui dalam sambutannya.

BESTCAR NEWS - Toyota Resmi Luncurkan New Yaris dan Yaris Heykers

Pertanyaannya, apakah Yaris Heykers sengaja disiapkan Toyota sebagai ‘sinyal’ untuk bermain di segmen SUV crossover? Meski mengakui model ini memang berbeda dibandingkan hatchback kebanyakan, namun pihak TAM memastikan Yaris Heykers tetap masuk dalam kategori hatchback seperti Yaris sebelumnya. ‪”Sebelum tahun 2015 kita sudah melakukan survei secara berkala. Hasilnya, pasar hatchback nasional ternyata terbagi menjadi dua. Pertama yang memperhatikan fun dan stylish seperti Yaris sebelumnya, dan kedua yang ingin tampilan mobilnya sporty dengan nuansa adventure seperti New Yaris Heykers,” ungkap Product General Manager Yaris, Sri Agung Handayani. Dengan kata lain, Toyota Yaris Heykers menyasar anak muda yang ingin tampil berbeda.

Sementara dari sisi harga, menurut Executive General Manager Vehicle Sales Planning TAM, Fransiscus Soerjopranoto, banderol Yaris Heykers juga belum masuk ke harga model SUV crossover  di Indonesia yang bermain di angka Rp 300 jutaan.

“Kita bukan masuk ke SUV crosssover. Kita masih di hatchback, karena harganya tidak sampai Rp 300 juta. Walaupun ground clearance-nya cuma beda 1mm dari SUV crossover yang 185mm,” kata Soerjo.

BESTCAR NEWS - Toyota Resmi Luncurkan New Yaris dan Yaris Heykers

Tapi berita baiknya adalah, Yaris Heykers merupakan hasil rancangan dan karya anak bangsa dari tim Produk Planning Division – TAM Design yang dikomandoi oleh Donny A. Yuwono, Head C & A Accessories Planning & Styling Design TAM dan telah disetujui oleh principal (Toyota Motor Corporation/TMC). Itu artinya Heykers menjadi mobil pertama yang disetujui oleh prinsipal Jepang, Toyota Motor Corporation, untuk di produksi massal. “Yaris Heykers diharapkan mampu memperkuat posisi penjualan TAM di segmen hatchback,” kata Hiroyuki Fukui Presiden Direktur PT TAM.

Harga Toyota New Yaris & Yaris Heykers (OTR DKI Jakarta)
Yaris 1.5 E M/T                 Rp, 228.300.000
Yaris 1.5 E CVT                 Rp, 240.100.000
Yaris 1.5 G M/T                 Rp, 236.600.000
Yaris 1.5 G CVT                 Rp, 247.600.000
Yaris 1.5 S M/T TRD         Rp, 258.500.000
Yaris 1.5 S CVT TRD         Rp, 270.300.000
Yaris Heykers M/T            Rp, 265.500.000
Yaris Heykers CVT            Rp, 277.300.000

Teks: Yusran Hakim   |   Foto: Esa Wijayantoro dan TAM

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *