Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Toyota Raize Laris Manis, Indennya Membuat TAM Minta Maaf

Inden yang cukup panjang ini disebabkan permintaan yang lebih besar secara total dari rencana awal Toyota, karena antusiasme masyarakat yang sangat besar terhadap Toyota Raize, khususnya untuk model GR Sport. Kondisi ini mengakibatkan inden menjadi lebih lama dibandingkan dengan model non GR Sport lainnya.

BestCar Indonesia – Memasuki tahun 2021, sejalan dengan situasi yang lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya, penjualan ritel Toyota juga mencatatkan peningkatan yang signifikan. Optimisme Toyota akan pencapaian yang semakin membaik pada bulan-bulan berikutnya, salah satunya berasal dari Toyota Raize yang mendapatkan respon positif dari konsumen di Tanah Air. Sejak diluncurkan pada akhir April lalu hingga 14 Juni 2021, Toyota Raize membukukan total angka SPK sebanyak 6.179 unit.

Dari total SPK tersebut, Toyota Raize tipe 1.0T GR Sport CVT membukukan SPK terbesar dengan total komposisi sebesar 57,4% dan tipe 1.0T GR Sport CVT TSS sebesar 25,7%. Kedua tipe ini menjadikan model GR Sport memiliki komposisi terbesar yaitu 83,1%.

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, menyebutkan bahwa Toyota bersyukur dan berterima kasih atas antusiasme yang sangat besar dari pelanggan terhadap Raize. Namun di sisi lain, ia juga menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi akibat antusiasme yang sangat besar ini mengakibatkan inden yang cukup panjang di model tertentu, terutama untuk model 1.0T GR Sport TSS CVT.

“Inden yang cukup panjang ini disebabkan permintaan yang lebih besar secara total dari rencana awal Toyota, karena antusiasme masyarakat yang sangat besar terhadap produk Raize, khususnya untuk model GR Sport. Kondisi ini mengakibatkan inden menjadi lebih lama dibandingkan dengan model non GR Sport lainnya. Namun saat ini kami terus melakukan komunikasi intensif dengan manufacturing dan dealer agar pelanggan bisa segera berkendara dengan Toyota Raize, termasuk dengan menambahkan alokasi produksi di beberapa bulan ke depan,” kata Anton dalam media gathering secara virtual, Kamis (17/06/2021).

Seprti diketahui Toyota Raize hadir dalam 6 varian, yaitu 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS, 1.0 Turbo GR Sport CVT, 1.0 Turbo G CVT, 1.0 Turbo G M/T, serta varian 1.2 G CVT dan 1.2 G M/T. Masing-masing memiliki daya tarik sendiri untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang juga beragam. Total terdapat 7 pilihan warna bodi single-tone dan 5 pilihan warna bodi two-tone, termasuk Turquoise Blue Mica Metallic sebagai salah satu hero color yang menekankan karakter aktif Toyota Raize.

Bagi pelanggan yang ingin tampilan SUV lebih sporty maka dapat memilih varian GR Sport yang terdapat di 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS dan 1.0 Turbo GR Sport CVT. Aslinya, kode ‘GR’ mengindikasikan bahwa mobil lincah dan powerful ini dikembangkan secara khusus oleh TOYOTA GAZOO Racing (TGR), divisi balap Toyota yang memiliki prestasi mengagumkan di ajang balap ketahanan dunia (WEC) dan reli dunia (WRC) sejak berdiri di tahun 2015. Namun tak seperti Toyota GR Yaris, GR Supra dan segera diikuti oleh GR 86 yang merupakan hasil pengembangan langsung oleh TGR, All New Raize hanya mengambil pendekatan yang sama pada konsep mesin kompak dengan dorongan turbo.

Jadi, embel-embel ‘GR’ di GR Supra dan GR Yaris ini berbeda dengan ‘GR’ pada Raize. Sama-sama GR, memang. Bedanya, yang satu merupakan Sports Car, dan satunya lagi lebih ke Sporty Car. Yang disebut dengan Pure GR Sports Car, seperti GR Supra dan GR Yaris, memang menunjukkan bahwa mobil tersebut didesain untuk performance. Untuk Pure GR ini, penyebutan kode GR-nya ada di depan — sehingga disebut GR Supra dan GR Yaris. Sedangkan yang disebut GR Sport, seperti pada Toyota Raize GR Sport, menggambarkan bahwa mobil ini lebih diperuntukkan bagi konsumen yang suka style yang lebih sporty. Dan penyebutan kode GR-nya ada di bagian belakang.

Secara keseluruhan, penjualan ritel Toyota Indonesia juga mencatatkan peningkatan yang signifikan sejak memasuki tahun 2021. Secara total, di lima bulan pertama tahun ini penjualan ritel Toyota mencapai lebih dari 101 ribu unit dengan market share 31,4%. Angka penjualan ini tumbuh 23,9% jika dibandingkan dengan tahun 2020 di periode yang sama. Sementara untuk pencapaian di bulan Mei sendiri, jika dibandingkan dengan dengan Mei tahun lalu, penjualan ritel Toyota meningkat 213,9% dan mencetak market share 32,9%.

Melihat pencapaian di tahun ini terutama dalam tiga bulan terakhir, Toyota optimis secara bertahap penjualan Toyota maupun pasar otomotif nasional bisa bangkit dan perlahan-lahan pulih kembali. Hal itu salah satunya berkat dukungan relaksasi PPnBM dari pemerintah yang mampu mendorong kenaikan penjualan pada beberapa model.

 

Teks: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *