Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Toyota New Yaris 2018 Meluncur, Fitur Safety ‘Tergila’ di Semua Tipe

Meski tergolong ‘facelift’, Toyota New Yaris 2018 pada dasarnya berubah secara mayoritas (major change). Boleh dibilang, inilah model kedua Toyota — setelah All New Rush 2018 — yang membuat kejutan lewat sederet selling point yang makin kuat.

BestCar Indonesia – PT. Toyota Astra Motor yang(TAM) akhirnya secara resmi me meluncurkan Toyota New Yaris 2018 di Jakarta, Selasa (20/02-2018), setelah small hatchback ini debut terlebih dulu di Thailand tahun lalu. Meski tergolong ‘facelift’, Toyota New Yaris 2018 pada dasarnya berubah secara mayoritas (major change). Tak sekadar sektor eksterior dan interior yang berubah, namun New Yaris terbaru kini mengusung sederet fitur safety dan fitur kenyamanan yang tak pernah disediakan Toyota di kelas hatchback sebelumnya.

Toyota New Yaris 2018 boleh dibilang produk kedua, setelah Toyota All New Rush, yang membuat kejutan. Dengan sederet selling point yang semakin kuat, mulai dari perubahan besar-besaran, tambahan fitur (baik safety maupun kenyamanan) terlengkap di kelasnya, hingga banderol yang sangat kompetitif, New Yaris 2018 seolah mengikis habis kesan ‘minus’ pada small hatchback andalan Toyota ini sebelumnya dibanding para pesaingnya.

“New Yaris hadir untuk memenuhi kebutuhan konsumen di segmen medium hatchback – Toyota memang menyebutnya sebagai medium hatchback, bukan small hatchback — untuk tampil lebih dinamis. DNA Yaris yang memberikan excitement serta Fun to Drive kepada para konsumen, terutama bagi mereka yang ‘Young at hearts’, dipertahankan untuk meningkatkan value terhadap New Yaris dengan Sporty & Aggressive Design serta Top Class Safety terlengkap yang tersedia pada seluruh grade New Yaris,” ujar President Director PT Toyota-Astra Motor, Yoshihiro Nakata, dalam sambutannya pada launching Toyota New Yaris 2018.

Foto: Esa Wijayantoro

Foto by Esa Wijayantoro

Toyota New Yaris 2018 kini hadir hanya dalam 3 grade (trim level), yaitu TRD Sportivo, G, dan E, masing-masing dengan transmisi otomatis (CVT) 7-speed dan Manual 5-speed (MT). Grade E merupakan trim entry level, sementara grade G menjadi tipe menengah, dan grade TRD Sportivo menjadi tipe teratas. Sedangkan varian Heykers yang ada pada model sebelumnya, kini ditiadakan. Alasannya, selain pasarnya sangat kecil, varian Heykers dianggap telah terwakili oleh varian TRD Sportivo pada New Yaris 2018.

Yang menarik, Toyota Indonesia mampu menekan harga Yaris terbaru dengan kelengkapan di atas rata-rata ini hanya naik tipis dari banderol model sebelumnya. Rata-rata hanya naik sekitar sekitar tiga jutaan rupiah, untuk grade E dan G. Sedangkan untuk grade TRD Sportivo justru hanya naik Rp 1,5 juta. Bandingkan dengan sederet fitur dan perubahan yang ditawarkan New Yaris 2018 ini.

Toyota New Yaris 2018 yang hadir dengan mengedepankan semangat emotional design pada eksterior dan interior, membuat penampilannya kian sporty dan lebih stylish. Dalam balutan konsep desain Advance and Emotional, salah satu mobil terlaris di segmennya ini terlihat lebih futuristik dan dinamis, mewakili semangat sporty kalangan yang berjiwa muda.

Foto by Esa Wijayantoro

Foto by Esa Wijayantoro

Lekukan desain yang memiliki sudut-sudut tajam dengan detail yang lebih agresif, mulai dari headlamp hingga ke lower grille menjadikan New Yaris tampil lebih segar. Kesan sporty dapat terlihat dari tampilan depan yang mengalir dari front grille, menyatu dengan lampu utama hingga buritan.

Lampu DRL (Daytime-Running Lights) yang menyatu apik dengan grille menjadikan tampilan semakin berkarakter, ditambah dengan black piano lower grille. Khusus pada New Yaris TRD Sportivo, aura racing dan sporty diperkuat dengan red lining accent pada bumper spoiler dan sekaligus menjadi special signature pada grade teratas ini.

Tema desain floating roof pada New Yaris semakin menonjol dengan melakukan perubahan pada area pilar belakang. Untuk tipe TRD Sportivo, dilengkapi TRD sticker dan TRD side skirt, juga menggunakan outer mirror berwarna hitam sehingga terlihat lebih menyatu dengan jendela.

Foto by Esa Wijayantoro

Di sektor kaki-kaki, New Yaris menggunakan velg 16” alloy dengan two-tone machining agar selaras dengan desain eksterior secara keseluruhan. Semua grade New Yaris dilengkapi dengan antena shark fin, agar lebih aerodinamis sekaligus untuk memperkuat aura stylish dan modern.

Pada bagian belakang, desain lampu yang berlapis dan tipis dengan alur horizontal memberikan efek lebar pada tampilan New Yaris. Desainnya dibuat seolah menyatu dengan pintu belakang. Kesan sporty terlihat kian menonjol pada New Yaris TRD Sportivo karena kini dilengkapi dengan rear-roof spoiler dan diffuser dengan desain bernuansa racing.

Foto by Yusran Hakim

Perubahan besar juga dilakukan pada bagian interior yang hadir dengan complete features. Dashboard-nya kini dirancang lebih menarik dan menciptakan kesan lebih lapang. Paling mencolok terlihat di bagian konsol tengah yang menonjol ke depan, dengan desain lebih menantang seperti gelombang selancar (surf wave). Penggunaan warna silver pada beberapa ornamen interior menjadikan suasana kabin New Yaris terasa lebih modern, seperti pada konsol bagian depan, speaker, register knob, dan pengatur AC.

Interior New Yaris didukung oleh Entertainment System yang terdiri dari HD Display, DVD, Radio FM/AM, USB, AUX, Bluetooth (audio dan phone). Khusus untuk tipe G danTRD Sportivo, dilengkapi dengan iPod ready, miracast, weblink, internet connectivity serta multitasking window dan remote apps melalui smartphone.

Foto by Esa Wijayantoro

Foto by Esa Wijanatoro

Foto by Esa Wijayantoro

Di balik bonnet-nya, New Yaris mempertahankan mesin 2NR-FE yang yang digunakan pada Toyota Yaris model sebelumnya, Toyota Vios, dan Toyota All New Sienta. Mesin 4-silinder 1,5liter berteknologi dual VVT-I ini mampu menyemburkan tenaga maksimal 107ps dan torsi 14,3kgm. Seluruh daya mesin disalurkan ke roda depan (FWD) melalui transmisi otomatis (CVT) 7-speed atau manual 5-speed.

Yang menarik, khusus untuk grade TRD Sportivo CVT kini dibekali pengaturan berkendara dengan pilihan moda SPORT dan ECO, untuk memperoleh sensasi Fun to Drive yang lebih. Saat ingin berkendara secara efisien, pengendara dapat mengaktifkan ECO mode. Sementara untuk mendapatkan sensasi sporty, tinggal pindahkan ke SPORT mode. Bukan cuma itu, Toyota bahkan menambahkan fitur paddle shift yang dapat membantu pengemudi merasakan pergantian gigi bagai seorang pembalap.

Mesin 2NR-FE 4-silinder 1,5liter Dual VVTi – Foto by Esa Wijayantoro

Tapi kejutan paling ‘gila’ yang disuguhkan Toyota Indonesia lewat New Yaris 2018 adalah pada fitur safety-nya yang ‘top class’. Lihat saja faktanya: New Yaris terbaru ini dibekali 7 SRS Airbag, 3-point seatbelt for all passengers, Vehicle Stability Control (VSC), Hill-Start Assist (HSA), Seatbelt Warning untuk pengemudi dan penumpang depan, Emergency Brake Signal (pada grade TRD Sportivo), Whiplash Injury Lessening, Anti-lock Breaking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA).

Dengan sederet selling point yang semakin kuat, utamanya fitur yang komplit dengan harga menarik, Toyota Yaris 2018 dipastikan bakal membuat pasar di segmen small hatchback Tanah Air semakin sengit. Para rival utamanya, seperti Honda Jazz facelift dan Suzuki Baleno Hatchback — sudah mengalahkan penjualan Toyota Yaris sebelumnya – bakal ikut terpicu meningkatkan performa masing-masing model.

“Kami menghadirkan New Yaris tidak hanya untuk memperkuat posisi di segmen medium hatchback yang kian dinamis, tapi juga untuk meningkatkan Total Ownership Experience bagi pelanggan. Didukung oleh 317 outlet di seluruh Indonesia, kami berharap kehadiran New Yaris dapat memberikan kepuasan lebih kepada pelanggan,” pungkas Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto.

Teks: Yusran Hakim

Foto: Esa Wijayantoro

 

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *