Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
LAUNCH2

Toyota Mendominasi Hemisfer Konsumen Otomotif Indonesia

BestCar Indonesia – Lima produk andalan Toyota Astra Motor, yaitu Toyota Avanza, Toyota Kijang Innova, Toyota Fortuner, Toyota Rush, dan Astra Toyota AGYA, meraih gelar prestisius dalam ajang Top Brand Award 2016.

Dalam penyerahan penghargaan yang digelar oleh Frontier Consulting Group di Jakarta, hari ini, Toyota Avanza dan Toyota Kijang Innova meraih penghargaan di kategori MPV Car, Toyota Fortuner dan Toyota Rush menang untuk kategori SUV Car, serta AGYA di kategori City Car.

Top Brand Award 2016 (1)

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto, menyebutkan bahwa predikat Top Brand menjadi apresiasi atas upaya Toyota dalam memelihara kepercayaan berbagai pihak terhadap produk, teknologi, dan layanan yang dihadirkan Toyota selama ini.

“Terpilihnya Avanza, Kijang Innova, Fortuner, Rush, dan AGYA dalam Top Brand Award 2016 menjadi salah satu bukti bahwa produk-produk andalan kami tetap menjadi pilihan utama konsumen di segmennya masing-masing,” ujar Henry, seusai menerima Top Brand Award 2016.

Sehingga, tutur Henry, sebagai bentuk apresiasi kami kepada pelanggan setia Toyota, di masa mendatang Toyota akan terus menghadirkan produk, teknologi, dan layanan terbaik yang melebihi ekspektasi pelanggan, yang merupakan bagian dari semangat Toyota Let’s Go Beyond.

“Penghargaan Top Brand Award 2016 merupakan sebuah awal yang baik bagi TAM dan juga sebagai pemacu semangat untuk terus menghasilkan sesuatu yang lebih baik di masa depan,” ucapnya.

Toyota Avanza dan Toyota Kijang Innova, berhasil membawa Toyota merajai segmen MPV di pasar otomotif nasional. Sepanjang tahun lalu, MPV menjadi kontributor terbesar dengan total penjualan 176.326 unit (wholesales) atau berkontribusi sekitar 54,79% dari total penjualan Toyota.

Top Brand Award 2016 (2)

Kinerja segmen MPV Toyota didukung oleh Toyota Avanza yang membukukan total penjualan 129.205 unit (wholesales) dan market shares 46,4% dan Toyota Kijang Innova dengan total penjualan 43.444 unit (wholesales) dengan market shares 88,9%. Pencapaian ini, semakin mempertegas dominasi Toyota pada kategori MPV yang merupakan tulang punggung industri otomotif Indonesia.

Tahun lalu, untuk memenuhi kebutuhan pasar dan sebagai apresiasi kepada pelanggan, Toyota melakukan inovasi dan pengembangan pada produk Grand New Avanza dan Grand New Veloz yang dilengkapi dengan teknologi mesin baru Dual VVT-i. Tidak hanya itu, Toyota juga meluncurkan generasi terbaru dari keluarga Toyota Kijang, yaitu All New Kijang Innova.

Sementara itu, sepanjang tahun lalu Toyota Fortuner membukukan total penjualan 9.587 unit dengan pangsa pasar 22,6% di segmen high MPV, sedangkan Toyota Rush membukukan total penjualan 26.848 unit dengan pangsa pasar mencapai 36,5%.

Di lain pihak, Astra Toyota AGYA juga membukukan kinerja penjualan yang menggembirakan sepanjang tahun lalu. Pada 2015, AGYA mencatatkan total penjualan 57.646 unit dengan market shares 39,5% di segmen entry hatchback.

Top Brand Award pertama kali diselenggarakan oleh Frontiers Consulting Group pada 2007. Sejak pertama kali digelar, Toyota-Astra Motor tidak pernah absen mendapatkan penghargaan di ajang ini. Pada 2007, TAM mendapatkan gelar di kategori MPV.

Top Brand Award

Top Brand Award 2016 diberikan kepada lebih dari 100 merek di Indonesia yang telah berhasil meraih 3 parameter merek, yakni Top of Mind Share, Top of Market Share, dan Top of Commitment Share.

Dalam bahasa konsumen, merek-merek peraih Top Brand adalah merek yang dikenal luas oleh konsumen di Indonesia, banyak dibeli oleh konsumen, dan menciptakan loyalitas bagi konsumen.

Pemenang Top Brand Award 2016 diperoleh melalui riset dan survei yang melibatkan 14.000 responden. Metodologi pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara langsung (face to face interview) dengan menggunakan kuesioner yang dikembangkan khusus untuk survei Top Brand Index.

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *