Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
NewHilux2017-1

Toyota Luncurkan Hilux 4×4 Bermesin Fortuner

Untuk memperkuat pasar di segmen 4×4, Toyota melakukan penyegaran pada semua line-up Hilux varian 4×4 (4WD), yaitu Extra Cabin dan Double Cabin (trim level E, G, dan V), dengan mesin diesel baru 2GDHI — sama seperti yang digunakan pada Toyota All-New Innova dan All-New Fortuner — yang lebih bertenaga, menggantikan seri mesin sebelumnya, 2 KD-FTV VNT.

BestCar Indonesia – Toyota Indonesia meluncurkan pikap New Hilux varian 4×4 (berpenggerak empat-roda) dengan beberapa penyegaran (facelift), terutama melalui mesin diesel baru 2GDHI — sama seperti yang digunakan pada Toyota All-New Innova dan All-New Fortuner — yang lebih bertenaga. Penyegaran pada New Hilux lebih difokuskan pada line-up 4×4, baik pada varian Double Cabin maupun Extra Cabin, yang merupakan kontributor terbesar dari penjualan Toyota Hilux. Sedangkan Hilux varian 4×2 (2WD) masih menggunakan mesin diesel lama 2 KD-FTV VNT – generasi kedua mesin seri KD yang mulai diproduksi tahun 2001 dan mesin bensin seri TR.

Hingga Agustus lalu, total penjualan line-up 4×4 ini sudah mencapai 3.419 unit atau naik 92,7% dibandingkan periode yang sama pada 2016 sebesar 1.774 unit. Sementara itu  total penjualan line up 4×2 atau Single Cabin mencapai 2.279 unit atau meningkat 41,6% dibandingkan periode Januari-Agustus 2016 sebesar 1.610 unit. “Berdasarkan hasil survei yang kami lakukan, penyegaran kali ini memang lebih dikhususkan untuk melengkapi kebutuhan pelanggan line-up 4×4, baik untuk penggunaan pribadi maupun komersial,” ungkap Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto.

Secara keseluruhan, dalam delapan bulan pertama tahun ini (Januari-Agustus) pikap Toyota Hilux secara total mampu mencapai penjualan sebesar 5.698 unit atau naik 68,4% dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu (2016) sebesar 3.384 unit.

“Sebagai bentuk apresiasi terhadap pelanggan, Toyota secara terus menerus melakukan penyegaran guna menghadirkan kendaraan dengan  performance terbaik bagi pelanggan dalam memenuhi kebutuhan transportasi dan gaya hidup mereka, termasuk bagi pelanggan Hilux,” tambah Soerjopranoto.

 

Mesin Baru dan Penyegaran

Kini, semua line-up Hilux varian 4×4 (4WD), yaitu Extra Cabin dan Double Cabin (trim level E, G, dan V), menggunakan mesin diesel baru 2GDHI yang lebih bertenaga, menggantikan seri mesin sebelumnya, 2 KD-FTV VNT. Sebagai perbandingan, engine baru 2GDHI mampu menghasilkan power maksimum sebesar 149,6PS pada 3.400 rpm, meningkat dibandingkan power mesin sebelumnya, 2 KD-FTV VNT yang hanya 144PS. Begitu pula dengan torsi puncaknya yang mencapai 400Nm pada putaran mesin hanya 1.600-2.000 kali per menit (40,8kgm) alias meningkat dari torsi mesin sebelumnya yang hanya 343Nm (35kgm). Tentu saja, sangat jauh dibandingkan output daya mesin 2 KD-FTV non-VNT (variable nozzle turbo) pada Hilux generasi sebelumnya yang hanya memproduksi 102PS dan 260Nm.

Selain itu, pemakaian bahan bakar engine 2GDHI juga lebih efisien. Pergantian engine ini, menurut TAM, dilakukan untuk menyesuaikan kebutuhan pelanggan Hilux 4×4 di segmen private maupun komersial. Pengguna di segmen ini lebih menyukai kendaraan dengan power lebih besar dan desain yang lebih kokoh.

Untuk menunjang kinerja engine 2GDHI, transmisi pun turut diubah untuk meningkatkan efisiensi penyaluran tenaga dari mesin ke empat rodanya, yaitu dengan menggunakan model RC60 untuk transmisi manual dan AC 60 untuk transmisi otomatis 6-speed yang digunakan hanya pada tipe V.

Sementara di sisi eksterior, penyegaran New Hilux 4×4 membuat sosoknya tampil lebih kokoh dan emosional. Bonnet Hilux 4×4 terbaru ini tidak lagi menggunakan air scoop. Secara dimensi, semua varian Hilux 4×4 kini mempunyai ukuran yang sama dengan panjang total 5.335mm, lebar 1.885mm, dan tinggi 1.815mm. Semua line-up Hilux 4×4 kini juga dibekali velg dan roda berukuran 265/65 R17, diklaim lebih nyaman dikendarai dalam berbagai kondisi, baik on-road maupun off-road.

Untuk semakin memberikan kesan kokoh dan emosional, New Hilux hadir dalam 5 pilihan warna, yaitu Super White II, Silver Metallic, Gray Metallic, Attitude Black Mica dan Crimson Red Metallic yang sebelumnya hanya tersedia pada trim level V.

NewHilux2017-2

New Hilux juga semakin kokoh dengan body structure dan suspensi yang dikembangkan agar mampu menahan beban berat dan mampu melewati berbagai medan berat. Selain itu, semua varian Double Cabin 4×4 sudah dilengkapi dengan fitur ‘differential lock’ yang meningkatkan kapabilitasnya di medan off-road berat. Khusus pada varian V, terdapat pula tambahan fitur Hill Start Assist (HSA) yang berfungsi untuk mengatur kendaraan agar tidak meluncur saat turunan dan tidak mundur saat sedang menanjak.

Fitur keamanan pada New Hilux pun lengkap dengan ABS dan EBD untuk semua tipe dan trim, dan Brake Assist (BA) serta Vehicle Stability Control (VSC) pada trim V. Sementara di dalam kabin, pengemudi dan penumpang lebih aman berkat adanya SRS Airbag depan, kaki, serta Curtain dan Side Airbag (khusus pada trim V).

 

Sejarah Pikap Hilux

Toyota Hilux merupakan model global Toyota yang sudah dipercaya untuk digunakan oleh pelanggan dari berbagai negara di lima benua, dari Amerika, Eropa, Afrika hingga Asia-Australia. Dalam sejarahnya, di era 50-60an, konsumen di Jepang banyak yang membutuhkan kendaraan komersial untuk membawa hasil bumi dan komoditi lainnya, dan Toyota hadir dengan berbagai model, baik yang berupa heavy truck hingga light truck. Antara lain Toyopet RK23 Truck yang diperkenalkan pada tahun 1956. Nah, ‘DNA’ Hilux dikembangkan dari Toyopet RK23 Truck yang diluncurkan pada tahun 1956 untuk memenuhi kebutuhan konsumen kendaraan komersial.

NewHilux2017-3

Pada tahun 1959, Toyopet RK23 mengubah namanya menjadi Toyopet Stout. Dan untuk memenuhi berbagai kebutuhan konsumen, Stout memiliki ‘turunan’ berupa Toyopet Light Stout dan Toyota Briska. Model-model tersebut inilah yang kemudian menjadi cikal bakal pengembangan Hilux, terutama dalam bidang durabilitas.

Generasi pertama Hilux diluncurkan pada bulan Maret 1968 dan mendapat sambutan yang baik dari konsumen. Sampai saat ini Hilux sudah memasuki generasi ke delapan dan pengembangannya berada di bawah IMV (Innovative International Purpose Vehicle), yaitu proyek yang dikembangkan Toyota untuk menghadirkan kendaraan pick-up dan multiguna untuk memenuhi permintaan pelanggan di lebih dari 140 negara.

NewHilux2017-4

Dalam rentang waktu hampir 50 tahun, Hilux menjadi kendaraan yang diminati oleh konsumen di dunia. Delapan generasi Hilux tersebar di berbagai wilayah dunia; dari Amerika, Eropa, Afrika hingga Asia-Australia.

Proyek IMV yang dicanangkan sejak 2004 bersama Innova dan Fortuner, membuat Hilux semakin mendapat penggemar di Tanah Air. Tidak hanya mereka yang antusias dengan dunia petualangan 4×4, namun juga bagi kalangan bisnis yang menggunakan Hilux sebagai kendaraan proyek serta kepentingan komersial. Pada perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015, All New Hilux diluncurkan untuk konsumen Indonesia. Pikap andalan Toyota ini muncul dengan desain yang semakin modern serta fitur yang kian canggih.

Generasi ke-8 Hilux memiliki desain gagah dan memiliki kesan tangguh, namun para desainer New Hilux tetap mengedepankan unsur kenyamanan pada semua line-up-nya. Desain dashboard misalnya, memberi kesan lapang, apalagi dipadu dengan lingkar kemudi anyar yang memberikan kenyamanan saat menggenggam.

Pada paruh kedua 2017, PT Toyota-Astra Motor memberikan pengembangan signifikan pada Hilux untuk memberikan benefit lebih kepada konsumen, sesuai dengan misi Toyota untuk selalu menghadirkan ‘Ever Better Cars’.

Teks: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *